Top Ad 728x90

Thursday, January 19, 2012

Secangkir Ekspresi Kopi


Feature Radio Suara Perempuan, Banda Aceh, 2010.
Reporter          : Vina
Naskah            : Ibay
Voice               : Arin
Narasumber     : Farah

Aceh memang terkenal dengan kekhasan kopi. Sebut saja nama Kopi Ulee Kareng yang membahana kemana-mana. Tidak hanya terkenal dengan kopi, aktivitas berkumpul di warung kopi juga seperti sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh. Tidak hanya laki-laki, perempuan juga sudah banyak menghabiskan waktu di warung kopi.
Pada dasarnya, warung kopi memang identik dengan laki-laki. Hampir setiap sudut kota Banda Aceh yang sudah banyak dihiasi warung kopi, digandrungi laki-laki. Namun ada yang menarik perhatian, di antara lelaki di warung kopi. Ketika perempuan bernama Farah yang berumur dua puluh lima tahun ini, ia sangat menikmati saat-saat berada di warung kopi. Baik itu sendiri maupun bersama teman-temannya. Sebagian waktu yang ia miliki, dihabiskan untuk sekedar ngopi ditempat kesukaannya, terutama di malam hari.
Farah mengatakan, “Karena kalau di warung kopi bebas berekspresi, lain kalau di cafĂ© nggak bisa terlalu bebas berekspresi.”
Farah juga merasa senang karena sudah banyak warung kopi yang memberikan fasilitas memuaskan untuk pengunjung. Apalagi untuk penggila internet. Dimana-mana kita menjumpai Wifi untuk mengakses internet gratis.
Farah merasa bahwa warung kopi adalah tempat menyenangkan untuk menghilangkan penat dan stress. Disini kita bisa tertawa bebas, mendiskusikan hal-hal konyol.
Meski berlatar belakang pendidikan tinggi, Farah tidak boleh ke warung kopi. Farah merasa warung kopi bahkan banyak disukai oleh mahasiswa dan pekerja.
Duduk di warung kopi tidak menjadikan Farah merasa malu. Warung kopi bukan lagi tempat nongkrong laki-laki saat ini. Yang terpenting sama-sama senang dan tidak menganggu orang lain sudah menjadi prioritas yang utama.
Ujar Farah “Ada tanggapan orang yang positif, ada yang negatif. Sebenarnya mungkin dari penampilan, jika terlalu berlebihan orang akan memperhatikan.”
Ngopi memang enak. Apalagi untuk menghilangkan lelah setelah seharian Anda beraktivtas. Anda bermiat?
***

0 komentar:

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90