Top Ad 728x90

Saturday, September 14, 2013

,

Gulai Masam[1] Keueng[2]



Lidah setiap orang tentu berbeda dalam mengecap rasa, orang Aceh cenderung suka makanan asam dan pedas. Hal ini ditandai dengan terkenalnya masakan khas Aceh, tidak ada orang Aceh yang tidak mengenal penganan satu ini. Jika pun ada yang tidak tahu, patut dipertanyakan jiwa keacehan dalam dirinya.

Gulai Masam Keueng, merupakan salah satu masakan khas Aceh yang begitu terkenal. Setiap rumah tangga di Aceh pasti pernah memasak masakan ini. Kenapa masakan ini dinamai masam keueng? Jawabannya tidak akan jauh dari arti kedua kata ini. Asam dan pedas. Gulai ini diturunkan secara turun-temurun oleh keturunan Aceh sehingga masih bertahan sampai sekarang. Masyarakat Aceh pun tidak mau ketinggalan mencicipi masakan masam keueng ini.


Apa saja yang bisa dimasak masa keueng? Tidak ada patokan pasti dalam memasak masakan ini. Di Aceh Barat, kebanyakan orang memasak ikan dengan resep masam keueng ini.  Resep ini tidak susah seperti yang dipamerkan oleh chef di beberapa program televisi, tidak perlu resep khusus untuk membuat rasa masakan yang bisa membuat liur menetes kencang saat membayangkannya. Orang Aceh bisa makan dua piring jika resep ini dimasak dengan benar dan ikan yang dimasak pun menarik selera. Percaya atau tidak, bisa lakukan penelitian tentang ini di Aceh!

Begitu teguhnya orang Aceh memegang resep masam keueng sampai sekarang masih dinikmati oleh semua orang. Ke depan pun hal ini tidak akan luntur, karena generasi muda sekarang pun masih menyukai resep khas nanggroe Aceh ini.

Resep masam keueng tidaklah rumit, cukup mencampur bahan penting lalu dimasak. Semudah itukah? Mungkin iya, mungkin tidak. Bahan yang diperlukan adalah bahan dasar dalam memasak, seperti bawang merah, garam, cabai sesuai takaran pedas dan selera keluarga masing-masing, kunyit tak boleh lupa biar warnanya kekuningan, rasa asam tergantung dari daerah dan ketersediaan; ada yang menggunakan belimbing wuluh dipotong kecil-kecil, ada pula yang menggunakan asam sunti. Asam sunti sendiri ciri khas bumbu dapur di Aceh yang tidak terdapat di daerah lain. Bumbu dapur ini berasal dari belimbing wuluh yang dijemur dan diberi garam sampai kering berwarna kecoklatan. Masakan ini sangat tergantung pada belimbing buluh atau asam sunti, banyaknya campuran kedua bumbu ini membuat masakan masam keueng jadi sangat asam dan menyerupai Tom Yam. Namun semua tergantung selera lidah masing-masing.

Sebelum memulai memasak masam keueng, tentukan terlebih dahulu lauk yang akan digunakan, bisa udang maupun ikan. Orang Aceh di kampung kebanyakan, hampir semua ikan di masak masam keueng lantaran tak bisa resep lain.

Langkah pertama adalah membersihkan ikan atau udang, ikan bisa dipotong sesuai selera masing-masing. Setelah ikan bersih dimasukkan ke dalam wajan, boleh dicampur sedikit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis bawaan ikan dari asalnya. Cara mencampur bumbu yang sudah dihaluskan pun tergantung daerah masing-masing, dari ajaran yang saya dapatkan dari Ibu, saya mencampur semua bumbu penting yang sudah dihaluskan seperti bawang, asam sunti, kunyit, garam dan sedikit air. Jika sudah mencampur asam sunti tak perlu lagi belimbing buluh dipotong kecil-kecil, rasanya akan sangat asam.

Langkah berikutnya adalah memanaskan gulai masam keueng ini, waktu yang ditunggu adalah saat air yang kita tuangkan tersebut hampir mengering sebelum menambah takaran air lagi untuk menambah kuah. Penambahan air tentu sesuai banyak sedikitnya ikan yang kita masak. Tidak ada resep yang mengharuskan orang menaruh takaran bumbu tertentu. Seperti yang sudah saya katakan, jika ingin pedas tambah cabai lebih banyak, jika ingin lebih asam banyakkan asam sunti dan lain-lain.

Rasa masakan masam keueng ini memang dahsyat, untuk orang yang suka Tom Yam masakan ini bisa jadi alternatif.

Untuk Anda yang ingin memasak ikan masam keueng bisa saya bagikan sedikit resep, namun semua tergantung takaran dan kemauan lidah Anda!

Bahan:
1.      Ikan (boleh apa saja sesuai selera)
2.      Belimbing wuluh atau asam sunti (pilih salah satu)
3.      Jeruk nipis (sesuaikan dengan banyak ikan, jika ikan teri misalnya sebanyak 4 ekor cukup 1 saja jeruk nipisnya).
4.      Daun jeruk sebagai pewangi (cukup 2 helai saja)
5.      Bawang merah
6.      Bawang bombay (tidak wajib)
7.      Cabai (tambahkan sesuai selera pedasnya)
8.      Jahe 1 ruas atau lebih
9.      Merica secukupnya
10.  Lada secukupnya
11.  Kunyit secukupnya
12.  Garam secukupnya
13.  Minyak goreng (jika tak suka tumis tak apa)

Cara memasak:
1.      Potong ikan sesuai keindahan mata Anda
2.      Cuci lalu beri garam dan perasan jeruk nipis
3.      Tumis bawang putih dan bawang bombay (jika tidak suka masakan berminyak hal ini tidak perlu).
4.      Untuk yang tidak suka minyak, campur semua bahan tambah air sedikit lalu panaskan, tambahkan air jika sudah hampir mengering.
5.      Masukkan air sesuai kemauan banyak sedikit kuah masakan Anda
6.      Tunggu sampai mendidih baru masukkan ikan
7.      Ikan yang sudah dicampur semua bumbu dimasukkan ke dalam wajan dengan air memanas.
8.      Tunggu sampai ikan benar-benar matang baru diangkat.

Selamat menikmati gulai masam keueng khas Aceh!


[1]Rasa asam
[2]Pedas

0 komentar:

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90