Top Ad 728x90

Sunday, April 20, 2014

,

Masjid Orange Johan Pahlawan

Photo by Bai Ruindra

Wisata religi menjadi satu-satunya pilihan setiap orang saat mendapati dirinya dalam keadaan butuh kedamaian. Banyak pilihan yang menjadi dasar berkunjung ke tempat-tempat khusus dalam suatu agama. Bagi seorang muslim, masjid merupakan salah satu tempat paling istimewa di antara tempat lain di bumi ini. Tidak wajib pula seorang muslim memaksa kehendak ke tanah suci dalam rangka wisata religi, jika dalam tanda kutip belum mampu dalam segi keuangan. Banyak masjid yang bisa disinggahi dan merenung apa yang sudah dikerjakan.

Jika Anda melewati lintasan barat Aceh, tidak elok rasanya tanpa mampir sebentar di masjid berwarna orange kebanggaan warga Aceh Barat ini. Masjid ini sudah berdiri sebelum tsunami 2004, tetapi masa itu pembangunannya masih belum megah seperti yang terlihat saat ini. Bahkan, shalat tarawih pertama dilakukan di masjid ini sekitar tahun 2000. Masjid ini pula menjadi saksi begitu banyaknya korban tsunami berteduh di dalamnya. Masjid yang belum berwarna dan masih dalam proses pembangunan menjadi satu-satunya tempat berlindung dan memohon pertolongan di hari musibah tersebut.

Kita tinggalkan luka Aceh yang tidak pernah mampu dilupakan tersebut. Saat ini, masjid orange ini sudah berdiri dengan mewahnya di tengah kota Meulaboh. Masjid Baitul Makmur atau dikenal juga dengan sebutan Masjid Agung terletak di jantung kota Meulaboh, dibangun atas ide Bupati Malik Ridwan Badai di mana peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 1987. Masjid yang dirancang oleh arsitek Alwin Abdullah ini berdiri di atas tanah seluas 5,2 hektar dengan luas bangunan 3500 persegi, diperkirakan dapat menampung 7000 jamaah. Pada tahun 2008 masjid ini termasuk salah satu masjid terindah yang terdapat di Indonesia. Menariknya lagi, masjid ini berada di kota kecil Meulaboh yang merupakan satu salah kota besar di Aceh setelah Banda Aceh dan Lhokseumawe.

Photo by Bai Ruindra

Photo by Bai Ruindra

Photo by Bai Ruindra

Arsitertur masjid ini memang termasuk salah satu bentuk rupa yang tiada tanding untuk kawasan Aceh. Setiap masjid di pusat kabupaten/kota seluruh Aceh memiliki gaya masing-masing dan menarik sesuai takaran masing-masing. Masjid ini memiliki gerbang yang hampir mirip dengan gerbang Arch de Triomphe di pusat kota Paris, Perancis. Dari gerbang ini kita dapat melihat megahnya masjid berwarna orange mulai dari kubah sampai seluruh bangunan. Terdapat satu kubah besar di tengah di apit dua kubah sedang setelah itu, dan dua kubah lagi berukuran lebih kecil di sebelah kiri dan kanan serta dua kubah paling kecil di bagian depan. Selain itu, terdapat pula dua menara yang masing-masing memiliki kubah di atasnya.

Photo by Bai Ruindra

Photo by Bai Ruindra

Photo by Bai Ruindra

Photo by Bai Ruindra

Photo by Bai Ruindra


Memasuki masjid dengan lantai keramik berukuran besar, kita dapat melihat lukisan arab di setiap sudut. Masjid dua lantai ini memiliki ukiran-ukiran indah di setiap dinding bangunannya. Masjid ini tidak akan sama dengan apa yang saya tulis sebelum Anda berkunjung ke mari, beda yang dilihat tentu beda yang dirasa. Selamat berkunjung! 

Photo by Bai Ruindra

6 komentar:

  1. bagus bangunannya. seperti gaya-gaya persia

    ReplyDelete
  2. Uboy hebat.. mengangkat semua hal tentang Aceh. trutama mesjid agung ini, dc suka x dan kangen luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Desi, tunggu aj kisah unik lain ya. Paling gk bisa ngobati rindu orang Aceh yang diluar daerah spt dirimu :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90