Top Ad 728x90

Friday, April 11, 2014

, , , , , , ,

Negeri Adidaya Asia Bernama Korea Selatan


Tidak bermaksud mempromosikan brand maupun negera tertentu, boleh dikatakan saya termasuk salah seorang penggemar apapun berbau negeri gingseng tersebut. Jika ditanya negara mana yang ingin saya kunjungi, Korea Selatan merupakan negara kedua setelah negara kiblat saya sebagai seorang muslim. Mencium Ka’bah tetap menjadi mimpi-mimpi tak terperikan yang tidak mungkin tertulis sampai kapan pun. Tetapi untuk Korea Selatan, barangkali saya masih bisa berandai-andai sesuatu yang indah berkenaan dengan negara beribu kota Seoul tersebut.

Bagi saya pribadi, Korea Selatan sudah menjadi satu-satunya negara berkekuatan tinggi dalam berbagai aspek selain Cina dan Jepang. Kedua negara terakhir sudah lebih dulu menjadi acuan individu manapun dalam meraih cita-cita mereka dalam bidang teknologi. Untuk negeri dengan julukan tirai bambu saja sudah terlebih dahulu dianjurkan Muhammad saw. supaya kita berkunjung dan belajar di sana. Cina termasuk satu-satunya negara penuh peradaban dan disegani banyak negara, sehingga sampai kini mereka masih kokoh sebagai negara besar. Untuk Jepang, negara yang dikata sebagai timbunan tanah hasil peperangan dan kalah di Perang Dunia II, di mana Hiroshima dan Nagasaki menjadi dua kota besar luluh-lantak kala itu, tetap menjadi negara besar karena kekuatan sumber daya manusia yang luar biasa.

Sekarang! Hampir – bahkan – seluruh mata dunia berpaling pada negara tetangga Jepang dan Cina. Korea Selatan yang diapit dua negara besar justru ikut-ikutkan berkembang menjadi satu-satunya negara dengan berbagai mahakarya luar biasa. Kita lupakan perseteruan antara Korea Selatan dengan Korea Utara, kita diamkan juga masalah perseteruan paten antara Samsung dengan Apple. Saya memetik beberapa point sehingga negara ini benar-benar diterima seluruh dunia.

Kebudayaan
Sudah bukan omong kosong lagi saat semua orang mengenal drama korea. Jelas sekali. Drama korea ibarat telenovela era 1990-an. Berbeda dengan telenovela yang penuh hiasa percintaan dan dunia barat yang gramor, drama korea bisa lebih menang satu peringkat dari itu. Masalah percintaan memang tidak bisa ditinggalkan karena bumbu pemanis sebuah cerita yang tidak akan menjadi basi.

Pemerintah Korea Selatan secara terang-terangan mendukung drama televisi menjamur dan digemari oleh warga negaranya. Dukungan pemerintah ini pun dijadikan sebagai sponsor tak tertulis sehingga kita mengenal beberapa drama yang mengangkat kebudayaan korea. Drama-drama yang mengambil setting sejarah maupun kebudayaan korea laku keras, tidak hanya di negara mereka sendiri, di luar negeri termasuk Indonesia mengenal drama-dram tersebut. Kisah kerajaan yang di ramu dengan manis membuat kita terkesan dan mengetahui bagaimana bentuk pemerintahan mereka kala itu. Adat-istiadat dikemas dengan apik sehingga kita paham benar bahwa negara ini sangat menjunjung tinggi peninggalan nenek moyang mereka. Sebut saja Faith yang dibintangi Lee Min Ho, salah satu drama perbaduan antara kebudayaan modern dengan tradisional. Terdapat pula drama-drama dengan tema unik dan menarik seperti My Girl Friend is Gumiho, Good Doctor maupun drama dengan setting sekolah yang sangat apik dan inspiratif seperti Dreams High dan School 2013.

Melalui drama pula Korea Selatan dikenal sebagai ladangnya ide brilian, sehingga ada pula drama yang memiliki kemiripan dengan mereka di negara lain, termasuk Indonesia yang terkesan mencontek habis-habisan drama Korea tersebut. Pemerintah Korea sadar betul bahwa budaya mereka harus dikenal oleh seluruh dunia. Dan terlepas dari berbagai drama yang semakin bertaburan dengan cara penayangan tidak sampai 100-1000 episode, salah satu drama yang mengangkat drama-drama lain menjadi dicari sampai sekarang adalah Full House. Drama yang dibintangi oleh Rain dan Song Hye Kyo menjadi ikon dan laris manis.
Sumber: www.youtube.com
Bahasa
Saat semua orang berlomba-lomba mengejar popularitas tingkat dunia dengan bahasa inggris, Korea Selatan malah mewajibkan warga negaranya dengan bahasa sendiri. Tak bisa dipungkiri, bahasa korea sangat dikenal di kalangan remaja dan pencinta drama dan lagu-lagu korea. Dari bahasa pula suatu bangga akan dikenal dan disegani oleh banyak orang. Korea Selatan tidak segan-segan menelurkan artis-artis dengan tampang memukau (walau belakangan isu operasi plastik menjadi pemicu utama), mereka bermain di drama dengan bahasa mereka sendiri, bernyanyi dengan bahasa mereka juga.

Saya rasa semua orang sangat setuju bahwa beberapa penyanyi Korea Selatan sudah go internasional tanpa perlu mengubah bahasa dalam syair mereka. Sebut saja Girls Generations yang mendapatkan Video of the Year dari Youtube Music Award, aktor Rain tetap bernyanyi dalam bahasa korea walaupun sudah membintangi film skala hollywood, Super Junior tetap bernyanyi dalam bahasa korea walaupun penggemar mereka hampir di seluruh dunia, aktor Jang Dong Gun tetap terbata-bata berbicara dalam bahasa inggris walaupun sudah disegani di barat. Bahasa adalah puncak segala, mengetahui bahasa maka peradaban akan diajak serta. Korea Selatan sudah membuktikannya.
Sumber: www.youtube.com

Sumber: www.youtube.com


Teknologi
Anda mengenal Samsung atau LG? Dua vendor ponsel besar dunia ini tak lain berasal dari Korea Selatan. Keduanya pun tidak hanya melahirkan smartphone maupun tablet kelas atas, mereka juga menciptakan televisi LCD dengan layar besar dan harga ratusan juta rupiah, mereka juga termasuk pemasok utama perangkat ponsel lain, seperti processor, layar maupun kamera yang dipakai oleh vendor besar seperti Apple.

Korea Selatan tahu benar bahwa peperangan yang terjadi saat ini bukan lagi urusan tembak-menembak. Pertahanan keamanan negara ini sudahlah bisa diacungi jempol. Tetapi kekuasaan mereka di ranah teknologi tidak bisa dianggap sepele lagi melawan kedigdayaan barat selama ini. Tidak hanya itu, kuatnya kedua vendor tersebut bukan tidak ada dukungan pemerintahnya. Justru karena didukung pula mereka habis-habiskan mengeluarkan biaya besar untuk mempromosikan produk mereka. Belum lama ini Samsung terlibat dalam perhelatan Oscar yang tak lain satu-satunya acara paling bergensi dunia. Selain itu, setiap ada drama terbaru kita pasti akan melihat Samsung maupun LG dipamerkan aktor maupun aktis dalam akting mereka. Hal ini menunjukkan bahwa kerja sama yang terjadi antara pemerintah, insan perfilman dan pelakon teknologi sadar betul negara mereka akan menjadi hebat jika disatukan.

Penyatuan tiga hal tersebut memberi imbas tidak main-main bagi kita sebagai penikmat. Kita mengenal bagaimana kebudayaan mereka, bahasa, arsitektur, merk terbaru hasil ciptaan negeri mereka. Hal ini menandakan bahwa Korea Selatan benar-benar telah menjadi salah satu negara kaya sumber daya alam dan manusia.

Sumber: www.youtube.com

Sumber: www.youtube.com


Lain-lain
Terakhir, tidak berniat membanding-bandingkan, tetapi begitulah adanya. Korea Selatan tetap mengedepankan sopan santun dalam beretika. Bahasa tubuh yang mereka berikan menandakan bahwa mereka benar-benar tahu tata krama, saat, sedang berbicara dengan siapa.

Jika di dunia hollywood urusan tinggal bersama pasangan tanpa ikatan pernikahan lalu punya anak merupakan hal biasa, Korea Selatan malah sebaliknya. Jika saja salah satu dari mereka kedapatan punya pasangan, maka akan dianggap memiliki skandal. Sangat jarang sekali kita mendengar gosip aneh-aneh tentang aktis dan aktor dari Korea. Entah karena ditutup-tutupi atau memang begitu adanya. Saya mengetahui aktor sekelas Jang Dong Gun baru menikah di usia 40 tahun. Kemudian Kim Min Jong malah masih bertahan dalam kesendirian dalam usia 40 tahun. Seakan untuk urusan ini mereka benar-benar tidak ingin dicampuradukkan dengan keartisannya. Sehingga benar adanya saat Yoona dan Lee Seung Gi atau Tiffany dan Nickhun merahasiakan hubungan mereka.

Tetapi bukan itu yang menjadi acuan. Kebiasaan warga Korea Selatan yang kemudian memiliki nilai tambah untuk mengetahui peradaban mereka. Negara yang dulu sempat kacau dan bisa jadi tidak memiliki apa-apa, sekarang malah menjadi negara kaya raya dengan berbagai pemasukan negara.


25 komentar:

  1. Keren! Saya sngt ingn k korea!

    ReplyDelete
  2. Korea negara maju indonesia hrus mencontoh korea.

    ReplyDelete
  3. Artis-artis korea aduhai...

    ReplyDelete
  4. Aku suka drama korea. Kecelah.

    ReplyDelete
  5. Lagu2 korea asik2lah. Musiknya tiada dua. Keren tulisannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Enaklah smp menang penghargaan dunia

      Delete
  6. Alah paling contek lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samsung contek apple!

      Delete
    2. Hahaha. Sudahlah mas, kita tdk sdang membicarakan ini :)

      Delete
  7. Siapa yang menguasai bahasa niscaya dia menguasai dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Dan korea membuktikan itu, kita mengenal bahsa mereka :)

      Delete
  8. Keren ulasannya Bai, lengkap juga.
    bentar lagi eike mau posting tentang Korea juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Eki. Eki suka juga negeri ini ayo buat ulasan menarik :)

      Delete
  9. Korban drama!!!! Hahaha... byk lg yg bru pny 2014 lho...pdhl bru bln 4 ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Tahu aja lu Di. Pas k bna ak culek semua :)

      Delete
  10. rata2 drama korea walo cuma berapa episode tapi digarap dengan bagus. jadi bisa mengenalkan sisi budaya dan bahasa yang ada di sana. ini yang mungkin belum kita punya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Mrk tdk kejar rating ttp kualitas dan kuantitas sebuah drama.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Korea Selatan, keren lah...Padahal Thn 80-90 an ngga ada kedengaran nama negara ini. TApi sekarang, teknologinya, Dramanya, Pariwisatanya..keren semua...Salut buat negara ini, rakyat dan pemerintah bekerja keras demi kemajuan negara. Hebat!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak. Negara kita tdk akn prnah begini selama masih bnyk org egoistis dlm brbagai aspek; ujung2nya uang.

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90