Top Ad 728x90

Friday, April 25, 2014

, ,

The Heirs Plagiat Boy Before Flower


Sumber: www.asianwiki.com
Barangkali, penggemar drama Korea Selatan akan marah membaca tulisan ini. Namun perhatikan baik-baik, beberapa bagian tampak sekali antara kedua drama korea ini saling mencontoh satu sama lain.

Awalnya, saya begitu antusias mendengar drama termasuk yang diperankan oleh Lee Min Ho. Sejujurnya, saya tidak termasuk dalam kategori pencinta aktor tersebut, tetapi daya tariknya bagi hampir semua wanita mampu membuat saya ingin menonton aktingnya, terlebih setelah melawak dan bersedih ria di Personal Taste.

Ketertarikan saya pada drama yang digadang-gadang memiliki rating tertinggi tersebut, membuat saya mencari tahu apa istimewa drama itu. Dapatlah saya tahu judulnya The Heirs dengan jumlah 20 episode diputar di stasiun SBS mulai 09 Oktober 2013 sampai 21 Desember 2013 setiap Rabu dan Kamis pukul 21.55 waktu Korea Selatan. Semula saya mengira, dari judulnya saja, bahwa drama ini akan beradu pedang, setting di masa antah-berantah, rambut palsu panjang sepinggang dengan gaun melambai-lambai diterpa angin. Tetapi perkiraan saya salah sasaran, drama ini tak lain merupakan kisah picisan remaja yang perlu tercipta dalam Boy Before Flower tahun 2009 yang diputar di stasiun KBS 2.

Apa yang menarik dari The Heirs ini? Tentu saja tidak ada bagi saya pribadi, mungkin akan banyak sekali bagi mereka yang memuja dan mendamba sosok Lee Min Ho. Perbedaan yang mencolok dari kedua drama tersebut adalah perbedaan tokoh pembantu Lee Min Ho. Sebut saja begitu, karena memang hanya Lee Min Ho seorang yang memiliki peran penting sama halnya seperti di Boy Before Flower.

Dalam The Heirs hadir sosok gadis miskin anak pembantu bisu Park Shin Hye, di Boy Before Flower juga terdapat gadis miskin Koo Hye Sun. Park Shin Hye berperan sebagai Cha Eun Sang, seorang pelayan part time, sedangkan Koo Hye Sun sebagai Geum Jan Di gadis lugu di sekolah elit. Kisahnya tentu berbeda dari satu dua sisi, tetapi secara garis besar keduanya memiliki ikatan yang tak bisa dipisahkan.

Yaitu, Lee Min Ho sebagai Kim Tan di The Heirs anak orang kaya raya, dan Lee Min Ho sebagai Gu Jun Pyo di Boy Before Flower juga sebagai anak orang kaya pewaris grup Shinhwa.

Lantas, kedua drama ini ada laki-laki gagah berani yang selalu menghalangi Lee Min Ho mendapatkan cintanya. Ada Kim Wo Bin yang populer setelah bermain di School 2013 sebagai Choi Young Do di The Heirs, lantas ada Kim Hyun Joong sebagai Yoon Ji Ho yang pintar main biola, gitar, piano dan cucu presiden yang tergila-gila pada gadis miskin.

Kedua drama ini memiliki keunggulan masing-masing dalam segi tertentu. Tetapi secara garis besar sama-sama mengambil tema si kaya dan si miskin. Jika di The Heirs terdapat kisah cinta abu-abu antara Krystal Jung member f(x) sebagai Lee Bo Na yang lugu dan drummer CNBlue Kang Min Hyuk sebagai Yoon Chan Young kalem, lalu ada Kim Ji Won sebagai Rachel Yoo yang judes dan egois.


Intinya bahwa, kedua drama tersebut tidak menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Sama-sama mengedepankan kekayaan tokoh utama, kemiskinan tokoh utama, dan kehidupan mewah serta kesenggaraan tokoh. Barangkali, karena Lee Min Ho sebagai pemain sehingga The Heirs bisa booming dan dikenal luas, seandainya pemain pendatang baru dengan namanya belum setenar aktor tersebut bisa jadi tidak ada yang lirik kisah cinta yang membosankan ini. 

Tokoh Populer dalam The Hiers
Sumber: www.encrypted-tbn3.gstatic.com
Sumber: www.encrypted-tbn3.gstatic.com
Sumber: www.encrypted-tbn3.gstatic.com
Tokoh Populer dalam Boy Before Flower
Sumber: www.4.bp.blogspot.com
Sumber: www.nungki.files.wordpress.com
Sumber: www.t1.gstatic.com

6 komentar:

  1. Woww..siap-siap di-bully sama penggemar The Heirs, wkwkwkwkw...

    ReplyDelete
  2. @Fardelyn Hacky:

    Kita tunggu aja ada yang ajak perang atau gak :)

    ReplyDelete
  3. Belum pernah nonton The Heirs :D
    Lucu juga sih klo memang benar jadi ada banyak versi berbeda daerah tetapi mengadopsi cerita yang sama. Katakan saja; Siapa Takut Jatih cinta (lp tahunnya) versi Indonesianya, Boy Before Flower (2009) versi koreanya, Hana Yori Dango (2005) versi Jepangnya dan semua diawali dari drama Taiwan yaitu Meteor Garden (2001) dan sekarang adalagi The Heirs. Hohoho *cm bs ketawa* :D

    ReplyDelete
  4. @SunDhe:

    Iya Des, coba deh nonton, pasti akan ketawa sendiri. Pokoknya perbedaan cuma dikit aja menurut aku.
    Eh, kata di Fardelyn, Indonesia malah jiplak drama sukses yang dimainkan Kim Soo Hyun tu!

    ReplyDelete
  5. belum pernah liat the heirs :| jadi baru tau kalo dikira plagiat. heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nonton aja pasti akan tahu gmn rupanya :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90