Top Ad 728x90

Wednesday, May 14, 2014

,

Tongkat Pintar Permudah Jalan Tunanetra

Tongkat Pintar, Teknologi



Pegiat teknologi terus mengembangkan inovasi terbarukan untuk menunjang aktivitas. Setelah melahirkan smartwach; pertama kali saya lihat di seri drama ketangkasan fisi Power Rangers, sekarang sudah dikembangkan dalam bentuk fisik oleh Samsung melalui Galaxy Gear maupun Sony melalui Sony SW. Kedua vendor raksasa dari Korea Selatan dan Jepang ini bahkan sudah memasarkan jam pintar tersebut. Tidak mau ketinggalan dengan rekan kerjanya, Google kemudian melahirkan kacamata pintar yang sudah dijual terbatas dengan harga yang fantatis.

Sekarang, seperti di kutip di laman DetikNet penyandang tunanetra barangkali bisa berlega hati karena Fujitsu Laboratories yang berada di Kawasaki, Jepang sedang mengembangkan tongkat pintar tersebut. Tongkat ini pun diyakini akan mampu membantu penyandang tunanetra bahkan lansia dalam menjalankan aktivitas masing-masing. Informasi yang sedang beredar tongkat ini akan dilengkapi LED dan di bagian bawah terdapat sensor yang bisa mendeteksi bahaya, artinya bisa memberitahukan kepada pengguna akan batu, lubang di jalan, maupun hal-hal krusial lainnya. Sedangkan LED berfungsi salah satunya bisa mendeteksi jantung si pengguna ketika sedang berjalan kaki.


Dalam pengembangannya, tongkat ini terus dilakukan pemberitahuan dan Fujitsu berharap akan dapat diciptakan dalam jumlah besar di masa mendatang. Dan pastinya harapan kita pengembangan tongkat pintar ini bisa membantu para penyandang tunanetra maupun lansia dalam melakukan aktivitas mereka. Harapan lain bahwa semoga saja tongkat ini bisa sesuai dengan kantong Asia yang masih negara berkembang, termasuk Indonesia yang masih belum mampu membeli harga lumanyan tinggi. 

0 komentar:

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90