Top Ad 728x90

Sunday, September 21, 2014

, , ,

Keunggulan SNSD Karena SM.Entertaiment

SNSD, Girls Generation, SM Entertaiment, Musik,


Siapa yang tidak mengenal SNSD? Grup yang populer di seluruh dunia dengan nama internasional Girls Generation ini mampu mendongkrak popularitas negara mereka sendiri. SNSD sendiri dibentuk oleh SM. Entertaiment dan memulai debut mereka pada tahun 2007 dengan single unggulan Into The World. Sembilan perempuan cantik ini telah menghipnotis penggemar mereka yang disebut Sone. Masih ingat dengan lagu pertama mereka? Jika mungkin sudah lupa, saya putarkan kembali di sini.


Lantas, bagaimana bisa grup band dari negara berbahasa hangul menjadi terkenal? Pertanyaan ini sempat muncul dari benak saya sebelum mengenal cara kerja orang-orang Korea Selatan dalam mengorbitkan generasi muda mereka ke seluruh dunia. Grup band tersebut bukan dikenal karena mereka melagukan nyanyian dalam bahasa inggris, mereka tetap menggunakan bahasa ibu untuk dikenal masyarakat luar. Butuh usaha besar dalam merampungkan sebuah pengorbanan menjadi kesuksesan ditengah gempuran barat yang lebih menjual video klip vurgar. Saya tidak mengatakan SNSD tidak mengumbar hal tersebut, namun beberapa video klip barat banyak sekali yang mengundang mata untuk segera ditutup. Tingkat vulgar seseorang akan berbeda, namun Anda bisa bandingkan video klip SNSD dengan Miley Cyrus misalnya, atau dengan penyanyi dunia lain. 

SNSD bukanlah siapa-siapa jika tidak berasal dari SM. Entertaiment. Agensi terbesar Korea Selatan ini mencetak penyanyi, artis bahkan aktor tak sedikit. Dan sebagian dari mereka sukses merajai dunia hiburan dalam negeri sendiri bahkan seluruh dunia. Jauh sebelum SNSD go internasional, aktor Jang Dong Gun sudah terlebih dahulu merambah perfilman dunia. Sudah menjadi rahasia umum, para artis maupun aktor di bawah naungan SM. Entertaiment ditraining dalam jangka waktu lama. Personel SNSD sendiri lebih kurang memakan waktu 5 tahun sebelum mereka mulai debut. Sebuah perjuangan panjang bukan?


Kesuksesan grup yang baru sukses dengan single Mr.Mr ini sudahkah cukup? Ternyata tidak. SM. Entertaiment tampaknya sudah jauh-jauh hari menyiapkan setiap personel menjadi seperti diri mereka masing-masing. Di sinilah terlihat, sebuah perjuangan menjadi trainer bertahun-tahun menghasilkan penyanyi, host bahkan artis secara bersamaan.

Saya mencoba mengulik sedikit seleksi SM. Entertaiment kepada SNSD sesuai bakat mereka masing-masing. Kita mulai dari yang paling populer dari semua member dan merupakan visual grup ini.

Kesuksesan SNSD membawa gadis cantik ini menjadi artis papan atas Korea Selatan. Tidak tanggung-tanggung, Yoona sudah memainkan puluhan drama populer dan menjadi bintang iklan berbagai produk. Dari sembilan personel, Yoona termasuk salah satu yang paling sukses dan kaya raya dibandingkan yang lain. Kesibukan Yoona bermain dalam sebuah drama sudah diatur dengan rapi oleh agensi sehingga mampu menyeimbangkan antara menyanyi dan berakting. SM. Entertaiment sangat selekif menempatkan setiap personel grup ini sehingga mampu mewarnai seluruh lini jagad hiburan. Yoona sendiri tidak hanya didapuk menjadi penyanyi, model maupun artis saja, gadis dengan tinggi 172 cm ini juga presenter. Agaknya, SM. Entertaiment memanfaatkan setiap kesempatan dan bakat Yoona yang baby face.

Yoona memegang peran penting dalam grup, bahkan bisa dikatakan ikon grup dari segi penampilan fisik. Tokoh Nam Da-jung dalam drama Prime Minister and I bisa membuat Sone menjingkrat-jingkrat melihatnya beraksi dalam dance bersama Yuri dan Hyoyeon.


Personel yang dikenal paling tinggi di grup ini mengikuti jejak Yoona menjadi pelakon drama. Artis yang baru saja merampungkan drama terbaru, My Spring Day, termasuk salah satu personel yang memiliki banyak kelebihan. Selain cantik dan tutur bahasa yang lebih teratur dibandingkan yang lain, Sooyoung mampu memainkan alat musik seperti drum dan gitar. Walaupun tidak pernah menetap lama di luar negeri, Sooyoung mampu menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

Bakat Sooyoung dengan segenap daya tariknya membuat SM. Entertaiment menjadikan sebagai bintang drama, artinya mereka tidak mau berjibaku pada kesuksesan Yoona yang terlebih dahulu sukses. Sooyoung membuktikan bahwa bakat akting dalam dirinya bisa mengimbangi Yoona.


Personel ini dikenal karena memiliki bentuk tubuh yang aduhai. Banyak Sone laki-laki yang kemudian menjadikan Yuri sebagai personel yang seksi dari fisik dan suara. Benar saja, Yuri memiliki dua hal tersebut. Sebagai personel yang pintar menulis lagu, bermain alat musik seperti piano dan biola, Yuri pun memiliki bakat luar biasa saat dance.

SM. Entertaiment benar-benar jeli menempatkan personel SNSD sebagai bintang drama maupun film. Setelah Yoona dan Sooyoung, Yuri pun terlibat dalam bidang akting. Sedikit berbeda dengan dua personel di atas, Yuri tidak hanya difokuskan sebagai bintang drama saja namun ikut ambil bagian dalam film. Sebut saja film No Breathing yang diperankan bersama Lee Jong-suk dan Seo In-guk.


Gadis yang pernah tinggal di Amerika bersama kedua orang tua dan adik perempuan, Krystal f(x), merupakan vocal kedua dari SNSD setelah Taeyeon. Jessica lebih dikenal sebagai arah fashion grup ini. Memiliki wajah yang cantik (walau isu operasi plastik kerap menyertainya), Jessica masuk ke dalam jajaran model untuk berbagai majalah fashion di Korea Selatan. Walaupun Jessica pernah bermain di beberapa drama sebagai pendukung dan pemeran utama, sepertinya keberuntungan belum memihak padanya. SM. Entertaiment menyadari hal tersebut lantas menjadikan Jessica sebagai ikon kecantikan serta solois. Dengan suara yang tidak mungkin bisa di operasi plastik, Jessica terbilang sukses membawakan beberapa lagu untuk mengisi soundtrack drama, sebut saja Dating Agency;  Cyrano, yang diperankan rekan satu grup, Sooyoung.

Tidak bisa dipungkiri, Jessica selalu menempati rangking tertinggi untuk pemilihan busana. SM. Entertaiment paham betul kelebihan personel SNSD sehingga tidak lagi mencasting Jessica menjadi ikon drama. Artinya, saat agensi butuh artis maka mereka akan menyuguhkan Yoona maupun Sooyoung, lantas saat diminta mengisi halaman majalah kecantikan bahkan majalah dewasa maka Jessica adalah tolak ukur kemapanan tersebut.


Gadis ini paling imut dan paling ceria di antara personel lainnya. Di antara personel lain, Sunny termasuk personel yang paling dekat dengan SM. Entertaiment, selain pemilik agensi adalah pamannya sendiri, menurut isu yang beredar orang tuanya juga memiliki sedikit saham di perusahaan tersebut.

Memiliki pembawaan yang selalu ceria, Sunny lebih difokuskan menjadi presenter dan penyiar radio. Sunny pernah memerankan drama namun tidak sesukses yang diinginkan. Selain itu, Sunny pun terlibat di beberapa soundtrack drama dengan suara renyahnya seperti untuk drama Oh! My Lady yang diperankan Choi Siwon.


Agaknya, Hyoyeon merupakan personel paling minim prestasi di antara kesembilan lainnya. Namun, SM. Entertaiment tidak meninggalkan kesan menganak-tirikan setiap personal. Dancer utama SNSD ini didapuk menjadi penari di berbagai kesempatan dan akhir-akhir ini sempat menjadi presenter di berbagai acara.


Terakhir, sub-grup yang baru saja mengeluarkan single Holler ini sengaja saya letakkan di bagian penutup. Taeyeon, Tiffany dan Seohyun membentuk TTS pada tahun 2012 dengan merilis mini album, Twinkle. Setelah itu, ketiga personel menjadi lebih kuat satu sama lain dalam solois.

Sang leader, Taeyeon, mengisi soundtrack drama populer seperti That Winter The Wind Blows yang diperankan Song Hye Gyo dan Jo In Sung. Tidak hanya itu, Taeyeon kerap hadir di berbagai acara tanpa disertai SNSD maupun TTS. Menjadi vocal utama dan memiliki rank suara yang tinggi, menempatkan Taeyeon sebagai penyanyi papan atas Korea Selatan.



Personel yang dipilih masuk ke dalam TTS selanjutnya adalah Tiffany. Gadis ini termasuk personel paling pintar berbahasa inggris selain Jessica. Tiffany memiliki rank vocal tak jauh dibandingkan dengan Jessica. Namun, SM. Entertaiment memiliki pertimbangan tersendiri dalam menempatkan Tiffany dalam sub-grup. Setelah diamati, memang benar pilihan agensi tersebut, Jessica lebih kalem untuk masuk ke TTS. Pun demikian, selain menjadi vocal yang diperhitungkan, Tiffany tak pula melupakan dunia fashion. Tiffany kerap menjadi model walaupun tidak serutin Jessica.


Personel paling muda dari SNSD, paling lembut pembawaannya, dan paling hangat suaranya, dialah Seohyun. Memang, rank vocal Seohyun tidak sebanding dengan Teoyeon. Vocal ketiga dari grup utama ini mempunyai peran penting dalam menyatukan suara antara tinggi dan rendah. Suaranya yang khas mampu membuat sejak suasana. Sejauh ini, Seohyun lebih banyak menghabiskan waktu untuk fokus ke pendidikan dan dibuktikan telah lulus sebagai sarjana di salah satu universitas. Seohyun pernah memerankan drama namun sepertinya belum dijadikan patokan utama oleh SM. Entertaiment.


TTS adalah pembuktian SNSD akan sebuah cita rasa dalam bermusik. SM. Entertaiment ingin menampilkan kepada seluruh fans bahwa grup ini tidak hanya menjual goyangan semata. Sebenarnya, dalam grup utama saja sudah terlihat pembagian suara, namun agaknya agensi ingin menambah bukti bahwa mereka tidak main-main dalam menelurkan artis-artis mereka. Jika di SNSD ada TTS, maka di Super Junior kita tentu mengenal Yesung, Kyuhyun dan Ryeowook. Berikut saya sertakan MV terbaru dari TTS. 


Begitulah SM. Entertaiment memiliki kebijakan yang tidak dimiliki oleh agensi di negara kita. Kesembilan personel memiliki bakat masing-masing dan ditempatkan menurut keahlian mereka tersebut. Ketika dibutuhkan pemain drama ada Yoona, Sooyoung maupun Yuri, walaupun mereka merangkap menjadi presenter. Ketika dunia fashion membutuhkan ikon maka Jessica pilihannya. Penyiar radio dengan suara renyah ada Sunny. Penari yang paling berbakat adalah Hyoyeon. Dan suara memukau tentu saja ada pada pilihan terakhir, TTS, bisa solois bisa bertiga. SM. Entertaiment mencuri kesempatan mempopulerkan bintang-bintang mereka. Keuntungannya, tidak hanya para artis yang dikenal dan mendapatkan bayaran tinggi, agensi pun ikut mendapatkan imbasnya. Kesabaran SM. Entertaiment maupun personel selama masa training membuahkan hasil tidak sedikit. Mereka dikenal seluruh dunia dan dijadikan ikon berbagai acara.

Dengan memisahkan personel sesuai takaran kemampuan mereka, agensi menjadwalkan kegiatan mereka masing-masing selain jadwal di grup utama. Agaknya, hal yang dilakukan SM. Entertaiment belum terealisasikan di Indonesia mengingat agensi di negara kita masih serba instan. Pertahanan grup band (girl band) di negeri ini masih sebatas menyanyi dalam satu suara. Saya belum berani menyebutkan girl band Indonesia yang sudah berani tampil dengan suara tinggi seperti Teoyeon bahkan menjadi solois. Namun, satu hal yang bisa dilakukan oleh pelaku seni di Indonesia, setidaknya dapat belajar dari sebuah negara yang dahulu bahkan hilang dari peta dan sekarang menguasai jagad hiburan dunia. Barangkali dari sebuah pembelajaran ini, artis atau aktor Indonesia bisa lebih mudah mencapai sebutan “go internasional!”

4 komentar:

  1. Lagu Holler itu adalah remake dari lagu Jepang yang berjudul Hello.
    Coba dengar ini lagu Jepangnya, rilis tahun 2007;
    http://www.youtube.com/watch?v=r6Mov2bDPNs

    ReplyDelete
  2. @Fardelyn Hacky:

    Katanya sih gitu. Pihak SM sudah memberikan konfirmasinya kok; lagu ini diciptakan oleh orang yang sama dan diremake ulang oleh TTS. Btw, SM benar-benarlah ya, mau rongoh kocek bayar musisi barat!

    ReplyDelete
  3. kurang setuju sama kalimat yang menyatakan kalau Barat lebih mengumbar hal-hal bersifat vulgar. pembandingnya jangan Miley Cyrus coba. Amerika nggak cuman Miley lho. pernah bandingin SNSD dengan Taylor Swift? lebih vulgar SNSD menurutku. :) #peacee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada benarnya. Tp perbandingan ini secara kasar dn tdk disurvey aja. Kita bisa bandingkan sndiri saja.
      Tp makin k sini, Korea jg sdh mengumbar bnyk keseksian.

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90