Smartphone China Masa Kini; Oppo Atau Xiaomi

oppo vs xiaomi bagus mana
Oppo dan Xiaomi - mobilegeeks.com
Sejak dulu, China sudah menguasi dunia. Tidak heran jika sekarang mereka mampu berkuasa dari berbagai sektor; pendidikan, teknologi; kemandirian; kebudayaan maupun kekayaan intelektual yang mereka miliki. Gempita kelebihan yang mereka punyai menjadikan China sekarang salah satu negara paling dikagumi seluruh dunia. Tidak bisa dipungkiri bahwa China menempati posisi paling tinggi sebagai negara kuat di Asia. Bahkan, negara adidaya yang mengaku sangat berkuasa di dunia pasrah saja mendapat gempuran China.

Dalam hal teknologi mutakhir, China masih menempati posisi tertinggi sampai saat ini. Barangkali, mereka yang mengaku sangat bangga dengan salah satu produk teranyar dan dengan nilai jual tinggi, tetap saja diproduksi oleh Foxconn yang notabene merupakan perusahaan piranti terbesar di dunia. Tanpa Foxconn, maka sederetan produk berteknologi tinggi tak akan pernah hadir di dunia ini. 

Maka, tidak tepat rasanya saat produk-produk unggulan China hadir lantas dikaitkan dengan produk yang sudah terlebih dahulu populer. Dua produk terunggul yang dikaitkan dengan produk dengan logo buah apel tergigit adalah Oppo dan Xiaomi.

Oppo
Nama besar Oppo sudah sangat diakui dunia. Beragam produk menengah ke atas dihadirkan oleh perusahaan ini. Oppo menawarkan pengalaman yang tidak main-main untuk jajaran produk mereka. Kualitas smartphone Oppo bisa bertanding dengan produk unggulan seperti pemain lama Samsung, Sony, maupun HTC. Dari hardware maupun software yang digunakan memberikan identitas tersendiri bagi mereka. 

Oppo terkenal sangat aktif dalam merancang beragam produk mereka. Karena terkenal sebagai produsen kelas premium, Oppo berani tampil beda dengan beragam produk mereka. Semula, Oppo dipandang sebelah mata sehingga produsen lain mengejeknya dan menganggap bukan lawan tangguh. Lantas, benarkah Oppo sebagai produk China kelas teri? Sebagai contoh, produk terbaru Oppo adalah Oppo Find 7. Apa kelebihan Oppo Find 7 yang dibanderol hampir 7 juta di Indonesia? Melalui layar IPS LCD capacitive, berukuran 5.5 inci sudah dibekali Corning Gorilla Glass 3. Oppo Find 7 mempunyai kapasitas internal sebesar 32 GB dengan RAM 3 GB dan bisa ditambahkan memori 128 GB.

Hal yang menarik untuk era smartphone terletak pada pemilihan kamera. Oppo Find 7 sudah dibekali kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP, untuk kamera depan, generasi Oppo ini tergolong besar untuk ukuran smartphone premium mengingat produsen lain masih berada di angka 2 MP. Oppo Find 7 diberi kekuatan 3000 mAh sehingga bisa awet dalam berinternet. Sayangnya, penetrasi Android masih membenamkan Jelly Bean dan belum ada informasi akan diupgrade ke Kitkat. Namun, dengan kekuatan yang dihadirkan oleh Oppo Find 7, sudah bisa disandingkan dengan produk unggulan lain seperti Samsung S5 maupun iPhone 6 yang sedang hangat dibicarakan.

Xiaomi
Lawan tangguh kedua adalah Xiaomi. Produsen ini tidak tanggung-tanggung dalam melawan gentaran produk kelas tinggi produsen lain. Xiaomi berani bertaruh melawan lawan dengan menghadirkan smartphone berspesifikasi tinggi namun dijual dengan harga sangat murah. 

Belakangan, Xiaomi menjadi pusat perhatian dunia bahkan di Indonesia. Xiaomi tidak tanggung-tanggung dalam melawan gempuran produk unggulan produsen lain, termasuk melawan Oppo yang sudah terlebih dahulu berjaya. Memang, Xiaomi Redmi 1S tergolong smartphone premium yang terlambat datang. Tetapi Redmi 1S, berkat promosi besar-besaran Xiaomi, berhasil didongkrat penjualannya dengan harga 1,5 juta saja di Indonesia.

Sebenarnya, apa kelebihan smartphone murah ini? Apakah tergolong murahan? Dibekali layar IPS LCD capacitive dengan Gorilla Glass 2 dan sebesar 4,7 inci, Redmi 1S sudah sangat berjaya di ukuran harga tersebut. Kapasitas penyimpanan internal adalah 8 GB dengan RAM 1 GB, merupakan terobosan teranyar mengingat produsen lain bermain di atas 2 juta untuk hal ini. Belum lagi kamera belakang sebesar 8 MP dan kamera depan 1,3 MP, walaupun belum ada yang mereview keunggulan kamera smartphone ini namun bisa dikatakan sudah berada di kelas tinggi untuk ukuran smartphone murah. Daya tahan Redmi 1S menggunakan Li-Ion 2000 mAh. Versi Android yang sudah ditanam adalah Jelly Bean dan kemungkinan akan ditingkatkan menjadi Kitkat. 

Sama-sama berasal dari dataran China, Oppo dan Xiaomi merupakan lawan yang sangat tangguh untuk produsen lain. Tak heran saat konsumen berlomba-lomba membeli kedua produk ini karena mereka sudah percaya bahwa China sudah banyak berubah. Di antara banyak produsen China yang “mencontek” habis-habisan produk lain, Oppo dan Xiaomi malah berinovasi dan melawan kekuasaan Samsung maupun Apple yang masih berada di jajaran nomor satu dunia. Kita tunggu saja gebrakan apalagi yang akan dilakukan Oppo maupun Xiaomi – China.

Comments

  1. Bai, sekarang gak boleh lagi tulis Cina bai, sebagai gantinya, Tiongkok :D

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Untuk harga segitu speknya sdh lumanyan.

      Delete
    2. Iya. Tp produknya begitulah :)

      Delete
    3. begitu gimana Kak? pengen ganti xiami karna kayanya lg rame...tp jd agak ragu. saat ini si saya sedang pakai OPPO

      Delete
    4. begitu gimana Kak? pengen ganti xiami karna kayanya lg rame...tp jd agak ragu. saat ini si saya sedang pakai OPPO

      Delete
  3. Bisa di cek sendiri ya Lolita, hardware dn softwarenya :)

    ReplyDelete
  4. gue pake xioami bagus sihh tapi pass cek kamera dengan lampu kedip2
    ketemu deh bugnya.
    nggak bisa nangkep gambar yang cerahhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Satria, kameranya belum begitu maksimal :)

      Delete
  5. Menurut kakak xiaomi mi4i sm oppo mirror5 mending yg mn ya?
    Bingung nih

    ReplyDelete
  6. Menurut kakak xiaomi mi4i sm oppo mirror5 mending yg mn ya?
    Bingung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keduanya ada kekurangan tersendiri Mbak Ika. Sebaiknya disesuaikan kantong aja, trus perawatannya kembali pada kita.

      Delete
  7. Xiaomi dan oppo kayaknya masih kalah dengan produk handphone china lainnya. liat saja smartphone UMI, Elephone, Oukitel dsb, semunya spek nya lebih bagus dengan harga yang reltif sama, malah ada yg lebih murah. kalau OPPO menurut saya kemahalan dengan spek yg dibawa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang. Xiaomi kurang bagus dari segi kepuasan konsumen dan bahkan ada yang keluhan di blog barang gk bisa dipakai setelah dibeli. Oppo terlalu mahal padahal masih spesifikasi standar dan mirip dengan hp lain.

      Delete
    2. Betul bang. Xiaomi kurang bagus dari segi kepuasan konsumen dan bahkan ada yang keluhan di blog barang gk bisa dipakai setelah dibeli. Oppo terlalu mahal padahal masih spesifikasi standar dan mirip dengan hp lain.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. Intinya enakan mana Mas Oppo atau Xiaomi dari segi kualitas nya, jadi bingung nih hehe

    ReplyDelete
  9. Xiaomi menurutku, tapi semua kembali pada kita nya, sesuai kebutuhan kita. Selara kan relatif :)

    ReplyDelete
  10. Xiaomi menurutku, tapi semua kembali pada kita nya, sesuai kebutuhan kita. Selara kan relatif :)

    ReplyDelete
  11. Xiaomi jos gandos top markotop..

    ReplyDelete
  12. Adalagi infinix spek tinggi. Lg buming. Saya lg coba juga

    ReplyDelete
  13. Kalau ASUS ZENFONE gimana, apakah secara spec dan kualitas bisa diandalkan, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asus bagus, ada kok bebrpa review di blog ini.

      Delete
  14. Kalau xiaomi di banding dengan lenovo gimana spec nya

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Salah harga=kualitas
      Sekarang mah Xiaomi liat aja 4x sma prime dri pda oppo Wes mahal specnya jelek lgi

      Delete
  16. Replies
    1. Beda OS mas, Oppo Android dan iPhone iOS (mahal).

      Delete
  17. Kl saya cari yang aman pokoke samsung mungkin lbh mhl dikit tp kualitasnya bikin tenang ga takut rusak

    ReplyDelete
  18. Kl saya cari yang aman pokoke samsung mungkin lbh mhl dikit tp kualitasnya bikin tenang ga takut rusak

    ReplyDelete
  19. Xiaomi sama lenovo bagus mana ya ? Klo lenovo saya pengen beli yg lenovo vibe shot, tp klo untuk xiaomi masih bingung .

    ReplyDelete
  20. kalo sony m4 aqua sama oppo f1s mending mana kak?

    ReplyDelete
  21. Saya suka sama Xiaomi mas...tapi ada beberapa kekurangan yang menurut saya lumayan mengganggu..salah satunya adalah smartphone dengan logo "mi" ini sedikit banget yang masuk ke negeri kita secara resmi...kebanyakan garansinya berasal dari distributor. Ya memang sih secara hukum barang tersebut legal tapi kan kasian juga konsumen kalo lagi butuh perbaikan atau klaim garansi...maaf curhat..hehe

    ReplyDelete
  22. Klo asus vs samsung baguasan mana?
    Trus oppo vs xiaomi bagusan mana? Referensi dong? Bingung soalnya mau pilih yg mana. Sekarang pakai samsung sih tp suka over heat hpnya

    ReplyDelete
  23. kalo misalnya perbedaan Oppo dengan Xiomi sih utk saat ini,sepertinya menang Oppo lqh.
    Bahan allmetal(bisa menyebarkan panas pada Hp dengan rata,meningkatkan 10% koneksi,),layar corning gorilla glass 4,jaringan lancar no lelet, baterai awet tahan lama,karena baterai oppo udah Li-po bukan Li-ion,ukuran lensa mantap,penangkapan gambar resolusi tinggi,sensor dan pixel nya juga udah mantap,screenshoot on dan off gesture lengkap plus free screenshoot(screenshoot halaman). dan masih banyak lagi.

    tapi itu sih tergantung kita yg make.
    soalnya saya pecinta Oppo,saat ini pake oppo F1s,

    ReplyDelete
  24. Kl saya sih xiomi redmi 3s pro ..sdh mencakukup semua mulai dr OS, ram, memori internal,,kamera dan sistem keamann dll pokoknya mantab dah

    ReplyDelete
  25. Mas saya sekarang pake asus zenfone go zb500kl tapi saya pengen gati hp tapi samsung j5 2016 apa xiaomi redmi 4 prime.menurut mas awet yang mana?

    ReplyDelete
  26. Mas saya sekarang pake asus zenfone go zb500kl tapi saya pengen gati hp tapi samsung j5 2016 apa xiaomi redmi 4 prime.menurut mas awet yang mana?

    ReplyDelete
  27. Saya prnh menggunakan Xiaomi Redmi 1s lbh krg 2 thn & Redmi Note 2 sktr 1 thn..Dan mdh2an Hmpr gk prnh ada mslh.. Saat ini sy sdg menggunakan Redmi Note 4 n cukup puas dgn kinerjanya.. So, klo ad yg blg Xiaomi itu gak bagus..hmm..

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"