Top Ad 728x90

Friday, February 6, 2015

, ,

Satu Gmail Hubungkan Semua Perangkat Android

1 Gmail Hubungkan Semua Perangkat Android, Google, Android, Gmail

Sumber: support.google.com

Bagi Anda pengguna Android tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu dengan salah satu perangkat yang dimiliki. Google sebagai pengembang Android memberikan solusi yang sangat mudah. Solusi ini menjadi keunggulan tersendiri bagi pengguna Android yang semakin meningkat.

Barangkali, selama ini kita terlalu menganggap simpel perkara “nyawa” sebuah smartphone berbasis Android. Sehingga kita mengaktifkan perangkat Android dengan akun email abal-abal. Asalkan hidup ya sudah. Namun, jika Anda punya rencana menambah perangkat Android di kemudian hari, Anda patut mempertimbangkan satu akun email yang penting saja.

Benar. Satu akun Gmail dapat digunakan untuk banyak perangkat Android. Tidak perlu khawatir akan salah sinkronisasi. Sistem yang dihadirkan Google akan “mudah” melacak perangkat utama. Misalnya, Anda sudah punya smartphone salah satu merek, kemudian Anda membeli satu lagi dan mengaktifkan dengan email yang sama. Sistem Android akan “membaca” masing-masing perangkat secara terpisah terutama saat membuka Google Play. Artinya, aplikasi yang diinstal pada perangkat pertama belum tentu terinstal otomatis di perangkat kedua, kecuali Anda menginstal manual.

Lalu, apa kelebihan satu Gmail untuk semua perangkat Android?

Android mensinkronisasikan semua data dari semua perangkat dari satu akun Gmail. Sinkronisasi yang tampak nyata adalah nomor kontak (nomor telepon) akan sama dari satu perangkat dengan lainnya, jika nomor kontak disimpan di akun Gmail. Jangan khawatir jika menyimpan nomor kontak di satu ponsel tidak akan terbaca otomatis di ponsel lain. Android yang dikoneksikan dengan internet akan melakukan pembaharuan tersendiri sehingga kontak yang disimpan di perangkat sebelumnya akan terbaca di perangkat lain.

Selain itu, Google Drive merupakan layanan penyimpanan data online yang menjadi suguhan menarik lainnya. Saya menganjurkan untuk menginstal Google Drive di setiap perangkat Android, baik smartphone maupun tablet. Jika kita mengerjakan suatu tugas di salah satu perangkat, kemudian ingin membaca kembali di perangkat lain, Google Drive akan mensinkronkan data yang tersimpan. Contohnya, saat di rumah kita menggunakan tablet, karena terburu-buru kita mengambil smartphone saja. Saat tiba di tempat kerja, data yang perlu kita ubah atau kita kirim tersimpan di tablet. Nah, jika kasus demikian kita tinggal membuka Google Drive di smartphone lalu mengedit yang perlu, langsung dikirim atau ditransfer terlebih dahulu ke komputer.


Banyak keuntungan lain yang ditawarkan Google di layanan gratis Android mereka. Selama masih disupport oleh Google dengan banyak kemudahan untuk apa mahal? Intinya, serius saja menggunakan satu akun Gmail di semua perangkat Android. 

0 komentar:

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90