Top Ad 728x90

Thursday, February 19, 2015

, ,

Manisan Jambu Klutuk

Jambu Klutuk, Guava Crystal, Buah,

 
Sumber: TribunNews.com
Siang hari yang panas, terkadang kita membutuhkan makanan segar. Salah satu alternatifnya adalah buah-buahan. Banyak buah yang dijual di swalayan, supermarket sampai pinggir jalan. Kita tinggal memilih sesuai selera, mulai dari buah-buahan dalam negeri sampai buah-buahan impor. Tak ada salahnya kita lebih sering memilih buah-buahan yang dipetik dari pohon langsung di negeri sendiri.

Salah satu contohnya adalah jambu klutuk. Buah ini juga dikenal dengan Guava Crystal. Pohon jambu klutuk banyak sekali tumbuh liar di Indonesia, termasuk di Aceh. Budidaya jambu klutuk belum mendapat perhatian khusus karena kurangnya konsumtif terhadap buah ini. Padahal, jambu klutuk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Walaupun rasanya tidak selembut apel namun jambu klutuk dapat meningkatkan imunitas tubuh maupun mencegah kanker.

Di pedalaman, mendapatkan jambu klutuk cukup mudah jika ada pohonnya yang tumbuh dan berbuah. Kita cukup meminta pada pemilik, memetik lalu menyantap buah segar setelah dicuci terlebih dahulu. Di perkotaan, buah ini malah lebih sulit didapatkan. Sekarang ini di Banda Aceh saja, jambu klutuk dijual di beberapa sudut kota. Sayangnya, buah yang dijual Rp.1000 perpotong dan Rp.10.000 perbuah didatangkan dari Medan. Padahal, pohon jambu klutuk sangat mudah tumbuh di tanah Aceh.

Saya termasuk salah seorang penyuka jambu klutuk. Semasa kuliah di Banda Aceh, enam tahun lalu, saya sering mampir di tempat salah seorang penjual buah berwarna hijau muda ini. Langganan saya, berjualan di trotoar Simpang Jambo Tape. Sungguh menyesal waktu itu saya belum memiliki handphone berkamera maupun kamera digital. Momen berharga itu hanya melekat dalam ingatan karena hampir sebulan sekali saya pasti membeli jambu klutuk di sana.

Apa istimewanya jambu klutuk di pinggir jalan itu?

Ternyata, jambu klutuk yang dijual oleh pasangan suami istri itu sudah dibuat manisan. Mereka menjual jambu klutuk yang sudah dikupas dan dipotong-potong kepada penikmat buah. Tidak hanya jambu klutuk saja; salak, pepaya dan beberapa buah lain juga berjejer di dalam box kaca persegi empat. Minat saya hanya membeli jambu klutuk. Saya tidak punya alasan khusus kenapa hanya jambu klutuk saja yang dibeli. Waktu itu, jambu klutuk diharga Rp.5000 perbuah dengan tambahan sambal khusus, tentu saja setelah dipotong-potong kecil Barangkali, karena sudah sangat kenal dengan penjual, pernah sekali saya bertanya resep sambal yang terdiri dari campuran cekap dan kacang. Saya hanya mendapatkan sebuah senyuman saja; rahasia dapur!

Memang, tidak hanya jambu klutuk saja yang menarik tetapi rajikan sambalnya jauh lebih enak. Di lain kesempatan saya membeli pada penjual lain namun tidak mendapatkan rasa yang sama. Lepas dari semua itu, seperti apapun rajikan sambalnya, jambu klutuk satu-satunya alasan membeli buah di sana. Jambu klutuk yang sudah dijual berubah lebih lembut dibandingkan jambu klutuk yang tidak dibuat jadi manisan.

Dari itu, budidaya jambu klutuk bisa dipertimbangkan bukan? Daya konsumtif masyarakat memang masih kurang namun dengan berjejernya iklan di media masa, buah ini lambat-laun akan semakin banyak dikonsumsi. Kita mengenal juice guava yang dikembangkan oleh perusahaan besar. Jauh lebih hebat dari itu dan tanpa bahan pengawet adalah mengonsumsi guava mentah.

Kita bisa menentukan pilihan. Konsumsi buah juga salah satu pilihan hidup sehat. Berminat?
***

Sumber:

Sunpride (Guava Crystal), online à http://www.sunpride.co.id/catporto/guava-crystal-2/

15 komentar:

  1. keren bai. oya skrg udah jarang ibuk tu jualan d situ :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya Kak. Semoga rejeki mereka lebih luas di tempat lain ya :)

      Delete
  2. Eh aq inget benr ibuk itu suka kali buahnya. nostalgia ne bai makasih dah sharing ya.

    ReplyDelete
  3. @Anonymous:Wah ada teman yang juga suka makan buah ini :)
    Semoga bermanfaat ya.

    ReplyDelete
  4. pengenlah makan jambu klutuk-a bg

    ReplyDelete
  5. enak banget jambunyaaa!

    ReplyDelete
  6. bagus info nya gan...bermanfaat dan bisa jadi ide usaha..hehe
    http://goo.gl/19qzUP

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90