Top Ad 728x90

Monday, March 9, 2015

, ,

Skizofrenia dalam Drama Komedi

K-Drama, Korea Selatan, It's Okay That's Love, Skizofrenia


Sumber: Koreandrama.org
Satu lagi drama populer Korea Selatan yang mampu menghipnotis saya – sebagai penggemar drama seri dari negeri gingseng tersebut. Saluran televisi Seoul Broadcasting System (SBS) kembali menyusuhkan percintaan “tak biasa” dalam kehidupan normal. It’s Okay, That’s Love menjadi salah satu drama yang mengambil tema lumanyan “berat” namun disuguhkan dengan sangat ringan. Drama ini sendiri ditayangkan oleh SBS dari 23 Juli sampai 11 September 2014. Drama ini tayang pada Rabu dan Kamis pukul 21:55 waktu Korea dan lokasi syuting di Korea dan Jepang (Okinawa).

Tema skizofrenia cukup berat dipahami untuk kalangan tertentu. Namun, sang penulis, Noh Hee Kyung dan Sutradara, Kim Kyu Tae, cukup mampu menarik beban panyakit ini menjadi sangat ringan. Skizofrenia juga dikenal penyakit mental, di mana tidak bisa membedakan ilusi dan kehidupan nyata. Saya sangat mengingat pesan yang menggunakan dua kata, ilusi dan kontradiksi. Dua kata itu cukup ampuh dalam mengobati orang yang menderita penyakit tak berbentuk fisik ini.

Tanpa bisa menampik, Jo In Sung dapat membawa serta Jang Jae Yeol dalam dirinya. Penafsiran seorang penderita sakit mental ditelan habis-habisan oleh aktor yang memerankan sosok lebih “antagonis” dalam That’s Winter, The Wind Blows ini. Di episode awal, saya masih meraba-raba apakah Jang Jae Yeol ini cuma sebagai penulis dan penyiar radio playboy saja, tanpa beranjak sebagai pasien skizofrenia. Penguatan ini muncul setelah talkshow televisi yang menyukseskan Jang Jae Yeol menjadi playboy sejati. Penerawangan saya, Jang Jae Yeol menjadi perusak gelar psikiater Ji Hae Soo yang diperankan oleh Gong Hyo Jin.

Nyatanya? Bukan demikian. Jang Jae Yeol sendiri malah seorang penderita skizofrenia itu sendiri. Inilah daya tarik yang memutar semua kenyataan drama picisan. Biasanya, tokoh utama akan happy saja, paling pengaruh orang tua yang menentang atau harta kekayaan.
Sumber: Asianwiki.com
Gong Hyo Jin terlihat begitu natural memerankan sosok psikiater. Dibanding Master’s Sun, penokohan Ji Hae Soo terasa lebih menarik. Ji Hae Soo tidak hanya sosok pelengkap penderita sakit mental. Sosok perempuan idaman melekat dalam dirinya. Tidak bisa muluk-muluk. Kita lupakan tempelan penyakit (trauma) Ji Hae Soo terhadap laki-laki. Saya menggaris-bawahi poin penting dari penokohan Ji Hae Soo oleh Gong Hyo Jin. Sikap dewasa bisa dikarenakan dirinya seorang psikiater. Sikap tak mau mengambil keuntungan dari pacar menjadi bagian penting dari sebuah hubungan. Masih ingat saat Ji Hae Soo dan Jang Jae Yoel ke Okinawa, Jepang?
Sumber: Asianwiki.com
Ji Hae Soo menempatkan Jang Jae Yoel sebagai pacar yang tak mau disusahkah; mulai dari pembelian tiket pesawat masing-masing, penginapan murah sampai urusan pengeluaran lain yang direncanakan seminimal mungkin oleh Ji Hae Soo. Sosok perempuan begini masih sukar sekali didapatkan dalam sebuah drama Korea. Pendewasaan Ji Hae Soo terbilang sukses diperankan oleh Gong Hyo Jin tanpa kendala.

Sosok lain yang membuat saya geram adalah Do Kyung Soo. Walaupun drama ini merupakan hentakan pertamanya tetapi tak bisa dinafikan bahwa kehadiran Han Kang Woo tak hanya pelengkap saja. Terkadang, saya kesal karena sebentar-sebentar Han Kang Woo bersama Jang Jae Yeol. Apalagi setelah mengetahui Han Kang Woo adalah bocah khayalan, kehadirannya menjadi sangat “tak ada apa-apa” karena dia harus ada. Saya mengenal Do Kyung Soo sebagai seorang vokalis utama EXO dengan suara berat dan tingginya. Memang, sebagai aktor jam tayangnya belum seberapa dibanding Jo In Sung maupun Gong Hyo Jin, namun sosoknya dalam drama ini cukup berpengaruh. Do Kyung Soo tak terlihat sebagai anak baru, malah sudah bisa disamakan dengan aktor lama dalam seni peran.
Sumber: Kdramastars.com
Dua orang pelengkap drama ini adalah Jo Dong Min dan Park Soo Kwang. Tanpa mereka berdua, It’s Okay, That’s Love sedikit jadi hambar. Perpaduan dokter dengan penderita sindrom tourette mengantarkan mereka berdua dalam keintiman. Sung Dong Il adalah dokter yang lumayan cerewet untuk kategori dokter/psikiater. Perannya bertolak belakang dengan Gong Hyo Jin yang lebih tenang dalam bersikap saat bersama pasien. Lee Kwang Soo justru semakin menarik di drama ini. Keluguan dan kelucuannya tentu berbeda dengan Running Man. Lee Kwang Soo tak hanya penyemarak saja namun memiliki peranan penting dalam menjadi penengah antara Gong Hyo Jin, Jo In Sung dan Sung Dong Il.

Tokoh-tokoh lain menjadi seduhan manis dalam memuluskan drama ini. Namun sang kakak yang dipenjara lebih kurang 14 tahun juga memiliki daya tarik. Yang Ik June berhasil memerankan Jang Jae Beom dengan sempurna.
 
Sumber: Koreanindo.net

It’s Okay, That’s Love adalah drama yang lebih ringan dibandingkan tema ceritanya. Penulis dan Sutradara tidak menghadirkan tokoh antagonis yang berarti sehingga cerita tidak lari dari isu utama. Drama ini fokus pada Jang Jae Yeol si penderita skizofrenia dan Ji Hae Soo si psikiater. Saya tidak bosan menonton drama ini, biasanya sebuah drama akan terasa bosan di beberapa episode awal. Barangkali, drama ini bisa jadi pilihan menemani waktu senggang Anda, karena ada beberapa bagian yang membuat kita tertawa. Selamat menonton dan menikmati Best Luck yang dinyanyikan oleh sahabat Do Kyung Soo, Chen EXO. 

Sumber: Youtube.com

8 komentar:

  1. Semoga film ini mampu membuat gue tertarik nonton film drama komedia :)

    ReplyDelete
  2. Wah nonton di mana nih? Idenya bagus juga skizfrenia dibikin 'ringan'.

    ReplyDelete
  3. The best Drama of 2014, selain Misaeng. Tetapi Misaeng, aku belum nonton

    ReplyDelete
  4. @Dwi Kresnoadii:Saya download ni, ada di share di beberapa blog penggemar K-Drama :)

    ReplyDelete
  5. @Fardelyn Hacky: Setuju Ki. Drama ini ringan dan gk bikin kepala puyeng nontonnya.
    Misaeng belum nnton, siapa yang main?

    ReplyDelete
  6. Suka banget ma drama ni, keren ulasannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya, semoga bermanfaat :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90