Top Ad 728x90

Monday, March 23, 2015

, ,

Untuk Apa Balon Udara Google?

Google, Balon Udara, Project Loon, HBAL436, knot, 35.000 kaki, 40.000 kaki, 67.000 kaki

 
Sumber: telkomflexi.com
Google tak berhenti menguasai dunia teknologi dengan berbagai layanan gratis. Perusahaan milik Larry Page dan Sergey Brin telah mengepakkan sayapnya jauh meninggalkan kompetitor. Selama ini, Google dikenal sebagai penyedia produk-produk gratis seperti Gmail, Youtube sampai sistem operasi smartphone nomor satu dunia, Android.

Google mempunyai ambisi memerantas buta internet di seluruh dunia. Ekspansi Google ditandai dengan salah satu proyek mesin pencari raksasa ini yang dikenal Project Loon. Proyek ini merupakan salah satu impian Google dalam rangka memperluas jaringan internet di lokasi terpencil melalui wahana balon udara yang berperan sebagai satelit.  

Balon yang mendukung jaringan WIFI ini menggunakan tenaga surya sebagai nyawanya. Google berambisi seluruh daerah terpencil di muka bumi ini dapat dijangkau oleh internet sehingga informasi bisa dengan mudah diperoleh. Keseriusan Google terhadap Project Loon ini dengan diluncurkannya Balon Udara sejak Juni 2013. Sampai tahun 2014 setidaknya balon-balon udara Google telah mengelilingi sejumlah negara seperti Brazil dan Australia, serta terlihat di Indonesia Maret 2015. Proyek ini terus dikembangkan oleh Google dengan tujuan akhir membentuk lingkaran yang melingkari Bumi sehingga koneksivitas internet yang diterapkannya tidak terputus.

Kenapa balon udara yang mengudara di ketinggian 67.000 kaki ini bermanfaat? Google menyadari bahwa internet sangat dibutuhkan oleh seluruh umat. Di era teknologi mutakhir, semua kebutuhan disediakan oleh internet, baik dan buruk. Google memberikan solusi terbaik dengan menghadirkan proyek ini. Balon udara yang melintasi wilayah Indonesia berkode HBAL436. Kecepatan balon udara ini dicatat oleh Flighradar24 dengan 14 knot (26 km/jam) di langit Indonesia.
 
Sumber: flightradar.com
Balon udara yang tidak menganggu lalu-lintas pesawat komersil ini masih dalam masa percobaan dan belum diterapkan dalam kehidupan sebenarnya (pesawat komersil terbang di atas ketinggian 35.000 kaki sampai 40.000 kaki). Namun tidak tertutup kemungkinan proyek Google akan cepat dirasakan dalam waktu dekat. Selama ini, Google tidak main-main dalam bermain peran penting di dunia teknologi.


Dalam menilai proyek Google ini, sepatutnya kita memberikan pandangan positif. Google sudah terbukti membantu banyak persoalan sejauh ini. Layanan gratis yang dimilikinya dimanfaatkan oleh seluruh pengguna internet di dunia. Pemanfaatan internet memang ada positif dan negatif. Google sendiri menyadari hal ini, namun proyek balon udara mereka bertujuan memberantas kebutaan terhadap internet. Ke depan, kita tidak tahu apa yang terjadi dengan proyek Google. Saya hanya percaya, dari hal kecil yang pernah dilakukan dua sahabat ini akan menjadi besar. Dahulu, Google hanya mesin pencari kecil. Sekarang, Google meraksasa dengan beragam proyek yang diterima pengguna teknologi. Anda termasuk pengguna layanan Google juga bukan? 
*** 
Simak video Google tentang Project Loon di bawah ini. 
Sumber: youtube.com

2 komentar:

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90