Top Ad 728x90

Sunday, April 5, 2015

,

Adu Smartphone RAM 4GB Produsen Asia

Teknologi, Smartphone, High End, RAM 4GB, 4GB RAM, Prosesor, Asus Zenfone 2, Xiaomi Mi Note Pro, Oppo Find 9, Sony Xperia Z4, Mobile World Congress (MWC), Samsung Galaxy S6 Edge, Andreno, MP, Megapixel, Kamera belakang, Selfie, Kamera depan.

Salah satu perang dingin selama sepuluh tahun terakhir adalah hadirnya teknologi terkini yang mumpuni. Para pegiat teknologi dunia berlomba menghadirkan inovasi demi memanjakan pelanggan setia. Umumnya, nama-nama besar tersebut justru berada di Asia, bukan di Eropa maupun Amerika Serikat yang terkenal dengan software teknologi itu sendiri. Para pencipta perangkat lunak mau tidak mau “harus” ikut dalam permainan produsen Asia yang sudah lebih maju melangkah. Produsen Asia tak bisa dianggap enteng. Samsung adalah punggawa prosesor dan memori. Asus telah melahirkan motherboard handal. Huawei adalah lawan tangguh dalam hal jaringan. Tak bisa dihindari, Microsoft, Apple, Facebook maupun Twitter bertekuk lutut di hadapan produsen Asia.

Produsen Asia menggebrak awal tahun 2015 dengan melahirkan smartphone kelas tinggi. Memang, selama ini sudah banyak smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga beragam meramaikan dunia. Spesifikasi dimaksud lebih pada penyempurnaan kinerja prosesor. Ketika produsen perangkat keras ini telah melangkah ke prosesor 64-bit, mereka tidak berhenti berinovasi. Tidak puas dengan kinerja prosesor kelas atas. Para produsen ini menanamkan RAM tinggi pula supaya smartphone mereka benar-benar berjalan mulus tanpa lubang terjal. Hadirlah RAM berkapasitas 4GB di beberapa smartphone andalan mereka. Smartphone apa saja yang telah membenamkan RAM besar tersebut? Saya merangkumnya di artikel ini.

Asus Zenfone 2
Kita mulai dengan varian terbaru dari produsen asal Taiwan. Belum lama ini, Asus memperkenalkan Zenfone 2 yang disinyalir mampu melampaui smartphone kelas atas dari produsen lain dengan harga tinggi. Zenfone 2 merupakan smartphone berkapasitas 4GB pada RAM. Keluarga Zenfone terbaru ini termasuk smartphone berkemampuan tinggi. Zenfone 2 dibekali CPU Intel Atom Z3580, Quad-core 2.3 GHz, CPU PowerVR G6430, dengan Android terbaru 5.0 lollipop. Zenfone 2 ditawarkan dengan kapasitas memori internal 16 GB, 32 GB dan 64 GB serta dapat ditambahkan dengan memori eksternal sampai 64 GB. Zenfone 2 cukup “canggih” untuk ukuran kelas atas dan harga terjangkau. Smarphone dengan daya tahan baterai 3000 mAh  memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Dengan layar 5.5 inci, Zenfone 2 menjadi pesaing di ranah smartphone high end.
Sumber: www.tabloidpulsa.co.id 
Xiaomi Mi Note Pro
Produsen “murah” dari Tiongkok ini memang terkenal dengan sistem penjualan online yang menarik. Sukses dengan varian murah dan spesifikasi tinggi, Xiaomi ternyata tak mau dicap murahan. Produsen yang dijuluki Apple Asia ini ikut terjun bebas ke ranah smartphone high end dengan harga mahal. Benar, Mi Note Pro termasuk smartphone mahal dari Xiaomi. Barangkali, Xiaomi menghadirkan smartphone murah diawal kehadiran mereka hanya untuk menarik minat konsumen dunia. Walaupun smartphone Xiaomi tergolong tangguh sejauh ini. Mi Note Pro merupakan awal Xioami menggunakan RAM 4GB. Smartphone berukuran 5,7 inci ini dibekali CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2 GHz Cortex-A57 serta Andreno 430. Mi Note Pro menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 810. Sayangnya, smartphone kelas atas ini hanya menawarkan memori internel sampai 64 GB tanpa bisa ada slot tambahan. Mi Note Pro memiliki kamera belakang 13 MP dan depan 4 MP serta daya tahan baterai 3000 mAh.  
Sumber: www.gsmarea.com
Oppo Find 9
Sejak awal kehadirannya, produsen yang juga berasal dari Tiongkok ini sudah masuk ke dalam ranah premium. Kehadiran generasi terbaru dari keluarga Find sempat mencuri perhatian. Find 9 hadir dengan suguhan lebih menarik di kalangan kelas atas. Walaupun belum dirilis, besar kemungkinan Find 9 akan hadir dengan RAM 4GB dan memori 64 GB serta bentang layar antara 5.5 sampai 6 inci. Belum ada penjelasan pasti dari Oppo, namun biasanya produsen “mahal” Tiongkok ini cukup sering berinovasi dalam melahirkan mahakarya mereka.
Sumber: www.beritaseluler.com
Sony Xperia Z4
Tampaknya, Sony harus benar-benar jeli untuk mempertahankan nama baik mereka. Setelah diterpa kebangkrutan, Sony masih belum mampu bangkit dari keterpurukan. Hal ini terlihat dari tidak adanya gebrakan dari produsen Jepang menjelang pertengahan 2015. Kabar yang beredar, Sony akan melahirkan penerus Xperia dengan melahirkan Z4. Sony menawarkan spesifikasi kelas atas untuk smartphone terbarunya. Selain RAM 4GB, dukungan memori pun antara 32 dan 64 GB dengan tambahan slot sampai 128 GB. Xperia Z4 kemungkinan menggunakan layar 5.2 inci dengan prosesor CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2 GHz Cortex-A57 serta Andreno 430. Tampaknya, selain menambah kelebihan di RAM, Sony masih berkutat dengan kemampuan kamera yang mumpuni. Sony menawarkan kamera belakang sebesar 20.7 MP dan kamera depan 5 MP.
Sumber: www.gsmarea.com 

Tak lama lagi kapasitas RAM 4GB akan menjadi trend tersendiri di kalangan para produsen smartphone. Produsen besar seperti Samsung maupun LG belum masuk ke dalam kelas ini karena berinovasi dengan cara lain. Samsung sendiri telah membuat mata dunia terbelalak dengan hadir Galaxy S6 Edge. LG terlanjur kaku karena belum mampu melawan perang smartphone high end telah dimulai semenjak Mobile World Congress (MWC) di Barcelona Maret 2015. 

2 komentar:

  1. Punya RAM gede-gede pun rasanya cumak buat pebisnis handal aja.. Yang multitasking.. Soalnya orang biasa ngga butuh-butuh amat deh kayaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak. Apalagi kalau gk pernah ngegame kan?

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90