Top Ad 728x90

Saturday, April 4, 2015

,

Si Matic yang Gagah dan Irit

Honda, One HEART, Astra Honda Motor (AHM), Astrea Grand, Supra X, Honda Vario, Honda Beat, Megapro, Tiger, Spidometer, PGM-FI, Engine Control Module (ECM), Sepeda Motor,

Sepeda motor Honda semakin berinovasi dalam memberikan kepuasan kepada konsumen. Produsen sepeda motor yang memiliki slogan One HEART ini telah banyak menelurkan mahakarya mereka. Memang, Astra Honda Motor (AHM) merupakan salah satu perusahaan sepeda motor tertua di Indonesia. Wajar saja semua orang menyebut “Honda” untuk semua merek sepeda motor. Nama besar Honda terus diagung-agungkan setelah beragam produk memanjakan pelanggan setianya. Honda terkenal sangat “irit” dalam berbagai hal. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1971 telah menghasilkan 15 juta unit sepeda motor sampai dengan tahun 2005.

Salah satu produk unggulan Honda pada masanya adalah Honda Astrea Grand. Sepeda motor ini merupakan salah satu suksesor AHM yang masih dijumpai di beberapa tempat. Honda Astrea Grand tercatat salah satu sepeda motor tangguh dan disayang pengguna. Penerus berikutnya adalah Honda Supra X. Supra X termasuk salah satu sepeda motor ramping yang tahan terhadap rintangan. Pada masanya, Supra X menjadi produk bestseller Honda. Bahkan, Supra X masih berseliweran di mana-mana sampai saat ini. Honda juga menciptakan sepeda motor gede, sebut saja Honda Megapro dan Honda Tiger. Kedua sepeda motor Honda ini sangat terkenal di kalangan petualang yang ingin memiliki sepeda motor tangguh.

Tahun 2006, Honda mulai mengebrak dengan melahirkan sepeda motor tak biasa. Honda mulai melahirkan sepeda motor matic yaitu Honda Vario. Sepeda motor berbodi besar ini cukup populer dan berhasil mengalahkan sepeda motor “bergigi”. Tak mau berpuas dengan model gemuk, Honda menciptakan Honda Beat pada tahun 2008 yang memiliki postur lebih ramping dan ringan. Varian sepeda motor ini pun laku keras di pasaran dan salah satu model yang mempopuleri irit bahan bakar minyak. Untuk saat ini istilah matic dan Honda adalah dua bagian yang tidak bisa dipisahkan.

Lalu, mengapa Honda tetap menjadi pilihan sampai saat ini? Dalam ulasan blog kali ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman menggunakan sepeda motor Honda yang terkenal sangat irit bahan banyak minyak.
Sumber: www.welovehonda.com
Honda selalu menghadirkan teknologi pintar dalam setiap produk. Sebagai pelanggan – pengendara sepeda motor – hal pertama yang menjadi faktor penentu kelulusan layak dan tidak memiliki sepeda motor adalah irit bahan bakar. Setiap orang pasti menginginkan hal yang sama di saat harga bahan bakar minyak naik turun tak tentu. Sepeda motor yang irit bahan bakar akan membuat kita lebih hemat dan dana yang tersisa dapat dialokasikan ke kebutuhan lain.

Sepeda motor Honda yang menemani aktivitas saya sekarang adalah Honda Beat warna hitam keluaran tahun 2013. Honda Beat ini termasuk salah satu kendaraan roda dua yang benar-benar irit dalam arti sebenarnya. Sering kali saya membuat perhitungan mendalam setelah mengisi bahan bakar, lalu membandingkan dengan sepeda motor matic merek lain. Aktivitas saya tergolong “jalanan”. Dalam sehari, saya menempuh jarak 15 kilometer ke tempat biasa nongkrong, pulang pergi jarak tempuh saya adalah 30 kilometer. Jarak bukanlah faktor selama saya bisa berhemat dan sepeda motor jarang mogok. Saya sudah mengatur waktu pengisian bahan bakar di POM bensin terdekat, tiga hari sekali saya mengisi “nyawa” sepeda motor ini sampai penuh. Aktivitas saya berlangsung setiap hari dan sangat bergantung pada ketahanan sepeda motor. Saya juga harus berhemat karena kebutuhan lain juga membutuhkan biaya khusus. Sepeda motor yang boros bahan bakar minyak juga ikut-ikutan membingungkan saya. Sejauh ini, saya sangat tertolong dengan iritnya bahan bakar minyak yang diserap Honda Beat.

Honda Beat kesayangan saya membuktikan diri benar-benar tangguh. Walaupun spidometer sudah mendekati skala merah namun kendaraan ini masih mampu membawa saya ke pusat kota dalam jarang yang sudah disebutkan di atas. Dalam menjaga kesuburan Honda Beat Injeksi ini, saya bertarung dalam harap cemas untuk tetap mengisi bahan bakar di POM bensin, di pusat kota.
Photo by Bai Ruindra
Apa penyebab Honda Beat ini sangat irit? Ternyata, Honda Beat ini merupakan salah satu model yang menerapkan teknologi PGM-FI. Sepeda motor matic ini kemudian mendapat slogan tambahan Honda injeksi, istilah untuk sepeda motor yang irit bahan bakar. PGM-FI merupakan teknologi pintar untuk menjaga ketahanan sepeda motor sehingga ramah lingkungan. Sistem pengontrol dari PGM-FI adalah Engine Control Module (ECM) yang memberi sinyal ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien.

PGM-FI sangat dibutuhkan oleh sepeda motor. Teknologi terbaru ini umpama “dokter” yang mempunyai kontrol kuat dalam menyehatkan Honda Beat. Teknologi yang dikendalikan secara elektronik kemudian mengkonveksi bahan bakar supaya lebih irit dari pada sepeda motor non PGM-FI. Kesehatan sepeda motor tak ubah dengan kesehatan manusia. Apa yang dimakan atau minum itulah yang akan meresap ke dalam tubuh. Tubuh memiliki daya tahan (antibody) yang menangkis serangan berbahaya. Serangan ringan bisa mudah dibuang. Namun, serangan besar bisa melumpuhkan kesehatan kita. PGM-FI adalah antibody sepeda motor Honda. PGM-FI menyeleksi minuman segar yang diminum lalu meneruskan ke seluruh bagian yang membutuhkan penyegaran.

Honda sangat memahami kebutuhan pelanggan setia. Dengan menyematkan PGM-FI di Honda Beat menjadi alternatif berbaik dalam menjawab kegalauan hemat bahan bakar minyak. Tidak hanya kita – masyarakat – yang menginginkan hemat bahan bakar minyak, pemerintah juga mensosialikan hal yang sama. Semakin berhemat maka semakin lama cadangan minyak bertahan di negeri ini. Secara tidak langsung, Honda telah mendukung anjuran pemerintah yang sedang “beririt”.
Sumber: www.welovehonda.com

PGM-FI hanya salah satu keunggulan yang dimiliki Honda dalam produk terbarunya. Honda masih memiliki banyak kelebihan lain yang bisa Anda baca di sini dan bisa Anda tonton dalam video di akhir artikel ini. Selayaknya, kita harus berterima kasih kepada Honda yang telah banyak membantu gaya hidup hemat selama ini. 
***
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Teknologi Pintar Honda. Tertarik dengan lomba ini? Silahkan klik banner berikut. 

6 komentar:

  1. Cakep Bro! Saya punya honda beat tahan lama euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  2. Saya cinta honda matic, karena saya tak bisa bawa motor bergigi, hahaa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Ini salah satu alternatif bagi yang tidak bisa motor bergigi ya. Orang pada bisa bawa sepeda motor karena matic lebih kurang kayak sepeda :)

      Delete
  3. ulasan yang menarik mengenai honda new teknologi esp ini mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas. Teknologi ini sngt bermanfaat utk kesehatan mesin dan kita semkin nyaman dibuatnya :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90