Top Ad 728x90

Sunday, April 5, 2015

Tipuan Cover Manusia Biasa

X Factor Indonesia, Fatin, Boby Berliandika, Mirasantika, Rhoma Irama, Cover, RCTI, Ajang Pencarian Bakat, Kesuksesan, Ahmad Dhani, Rossa, Bebi Romeo, Afgan Syahreza, Hiburan, Planet Musik Award


2015 menjadi tahun yang sangat berat bagi ajang pencarian bakat, X Factor Indonesia. Ajang pencarian bakat ini “harus” mampu mendapatkan penyanyi dengan faktor x. Walaupun tidak mampu menyamai kesuksesan Fatin, paling tidak berada di antara nama besar Fatin yang telah mendapatkan banyak penghargaan dalam negeri dan Asia – Planet Musik Award.

Fatin merupakan alumni X Factor Indonesia yang cukup sukses; juga tersukses di antara alumni ajang pencarian bakat yang sama. Fatin masih tetap “gagah” ditengah gempuran penyanyi-penyanyi seksi dan memikat dengan desahan panjang maupun goyangan gemulai.

Fatin pernah menjadi salah seorang peserta yang sempat dibully oleh juri. Sebagai penonton X Factor sesi pertama kita tidak akan pernah lupa guyonan Ahmad Dhani, sikap rendahan Mulan maupun sikap cuek Rossa. Dengan malu-malu, Fatin mengenalkan diri sebagai anak SMA. Apa yang terjadi setelah itu? Rok abu-abu, bleser lusuh dan keluguan menjadi saksi kesuksesan Fatin. Hal ini membuktikan bahwa seseorang yang memiliki fashion tingkat tinggi belum tentu lebih bagus dari seseorang yang berangkat dari kelas “kumuh”.

X Factor 2015 hampir berada diambang yang sama. Bahkan, penilaian juri terhadap salah satu peserta cenderung lebih merendahkan dibandingkan Fatin. Malam pertama ajang pencarian bakat ini membuat Rossa, Ahmad Dhani, Bebi Romeo dan Afgan bertekuk lutut pada seorang freelancer dari Situbondo. Saya juga sempat menarik kesimpulan sendiri sebelum si Mirasantika ini memulai lagunya. Pemikiran saya tak jauh beda dari keempat juri. Kita menunggu hiburan menarik di audisi X Facktor, ada saja peserta yang terlanjur percaya diri maupun membawa humor segar di atas panggung.

Si Situbondo itu, Boby Berliandika. Wajahnya teramat “jelek” untuk kategori penyanyi hebat. Wajar saja Ahmad Dhani mengulang pertanyaan yang sama, tampaknya musisi ini masih ragu dengan pendapat ayah peserta kurus pendek yang mengenakan baju merah menyala dan rompi hitam. Sama sekali tidak menarik. Pandangan awal menjatuhkan pilihan yang benar-benar kasat mata. Tak hanya Ahmad Dhani, Rossa cekikikan mendapati sifat Boby yang over acting di atas panggung. Boby tidak malu-malu menjelaskan siapa dirinya. Keyakinan Boby membuat rasa malu terbuang percuma. Bobby seolah-olah sadar bahwa dirinya tidak menarik. Apa yang terjadi saat audisi yang itulah adanya.

Boby juga mengulang jawaban yang sama saat Ahmad Dhani maupun Rossa bertanya. Mirasantika. Itu saja. Seakan tak ada yang lain dalam pikirannya. Mungkin inilah yang membuat pandangan orang lain merendahkan dirinya. Mungkin juga Bobby takut disuruh menyanyikan lagu lain padahal dirinya telah menyiapkan aransement Mirasantika dengan sangat syahdunya.

Penilaian yang menipu, si Mirasantika ini begitu menggoda dan lincah di atas panggung. Sadar fisiknya tidak menarik, Boby malah melaju kencang dengan karakter suara dan alunan musik memukau. Walaupun Bobby berulang kali mengatakan “Mirasantika” namun lagu yang dinyanyikannya tersebut 180 derajat berbeda dari versi aslinya yang dipopulerkan oleh Rhoma Irama. Seorang Boby yang lugu mampu mengubah musik lagu menjadi sangat jazzi tentu saja bukan hal yang gampang mengingat itu adalah acara besar.

Empat juri – bahkan seluruh penonton malam itu – sungguh terpukul dengan penilaian awal. Termasuk saya.

Lalu, apa yang dapat dipetik dari penampilan seorang Boby “Mirasantika” Berliandika ini?

Cover depan bukanlah segala. Cover hanyalah tampilan fisik saja. Dalam memandang orang lain kita seolah-olah sangat bangga dengan kegantengan maupun kecantikan diri.


Jika Anda tidak sempat menyaksikan keluguan Boby, Anda bisa menontonnya di video yang telah diunggah penyelenggara di kanal Youtube mereka. Kita tunggu saja, kelanjutan kisah si Bobby. Lulus atau tidak ke tahap berikutnya hanya waktu yang menjawab. Semoga bermanfaat. 


8 komentar:

  1. Suaranya kereeeen.. :D

    Banyak orang yang sepele yah. Tapi dia bisa tuh buktiin kalok dia pantas diliat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak. Kesalahan terbesar jika menilai orang dari fisik saja. Semua orang punya kelebihan bukan?

      Delete
  2. iya, ini yang kemaren bikin terpana. xD sejak awal udah diremehin ama juri, sekalinya nyanyi, beh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mas. Covernya nipu banget kan?

      Delete
  3. Selalu sepakat "Don't judge book by the cover"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Tampang yang sangat menipu. Terbukti si Boby ini disukai, viewer Youtube sudah lebih 1 juta dalam seminggu saja :)

      Delete
  4. ini memang typical attitude pada acara mencari bakat kayak gini bang. sebenarnya, di inggris juga sering ditemukan hal2 yang sama.
    si boby sendiri, sebenarnya sering mengupload videonya d youtube n banyaaak itu dia punya nyanyi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Model gini lebih bagus ketimbang belas kasih drama kyk acara sebelah.

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90