Top Ad 728x90

Tuesday, May 26, 2015

, ,

Sudut Perempuan Dalam Iklan Rokok

Rokok, Perokok, Iklan Layanan Masyarakat, Iklan Berhenti Merokok, Jumlah Perokok di Indonesia, Global Adult Tobacco Suervey (GATS), Persentase Perokok, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Iklan Rokok Televisi Jam Berapa, Kemenkes dan Iklan Rokok, Sosialisasi Berhenti Merokok

Sumber: Kompasiana
Seberapa besar pengaruh iklan rokok?

Saya tidak tahu apakah pernah ada lembaga yang melakukan survey mengenai pengaruh iklan rokok. Tampaknya, rokok tetap menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar laki-laki di Indonesia. Dikutip dari Kompas.com, Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, Untung Suseno Sutarjo, “Jumlah Perokok di Indonesia diperkirakan mencapai 53,7 juta orang dewasa.” Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Global Adult Tobacco Survey (GATS) tahun 2008 sampai 2013 terdapat lebih 85 persen orang dewasa Indonesia terkena paparan asap rokok di rumah, lebih dari 78 persen di tempat makan, dan lebih dari 50 persen di tempat kerja. Ini adalah survey yang dilakukan oleh GATS tanpa melibatkan populasi penduduk Indonesia secara keseluruhan, di daerah-daerah terpencil yang tak bisa didatangi tanpa menyeberang sungai, di pengunungan, di kota-kota kecil yang hanya dijadikan tempat wisata, di mana-mana, semua orang yang punya keinginan merokok dengan mudah membeli rokok karena produsen rokok mati-matian menjual barang dagangan mereka dengan mudah, tanpa kebijakan atau larangan dari pemerintah.

Tanya kenapa?

Saya sendiri tidak tahu nikmat apa yang disuguhkan rokok terhadap mulut, sampai seluruh organ tubuh lainnya. Saya hanya tahu, berdekatan dengan perokok, tubuhnya bau rokok dan bau rokok melekat pada baju saya setelah itu!

Rokok tidak mengenyangkan. Kita hanya makan asap dan “api” yang itu-itu saja. Sejatinya, rokok semakin mudah diperoleh karena produsen rokok berdiri kokoh di negeri kita. Lepas jam 21.30 WIB, iklan rokok berserak di semua televisi nasional (swasta). Apakah ini mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia? Nyatanya, KPI diam saja dan iklan rokok jalan terus. Beragam model rokok terbaru terus diterbitkan dengan beragam variasi. Iklan pun dibuat lebih menarik dengan menggandeng perempuan seksi. Iklan rokok yang muncul pun saling kejar antara satu produsen dengan produsen lain. Semakin larut, semakin bertebaran iklan rokok dan mengalahkan iklan susu bayi atau iklan makanan lain. Tak ada yang gubris. Ada yang yang protes. Toh, produsen rokok membayar mahal pada televisi yang mau menayangkan iklan mereka.
Sumber: Kompas.com
Baru-baru ini, Kemenkes RI menayangkan iklan layanan masyarakat mengenai bahaya rokok. Semula, iklan tersebut adalah seorang kakek tua yang terkena imbas besar dari merokok. Iklan pertama ini tidak begitu “menarik” bagi saya karena korban adalah perokok. Namun, mulai 17 Mei 2015, Kemenkes menayangkan iklan layanan masyarakat yang lebih menarik. Seorang perokok pasif. Dalam iklan ini adalah seorang perempuan, tetapi jangan lupa, perokok pasif tidak hanya perempuan saja.

Saya mendapat dorongan yang kuat untuk menulis tentang ini. Bahwa iklan layanan masyarakat ini “terlambat” dibangun dari mati suri. Pemerintah (Kemenkes) baru bermain dengan iklan ini setelah gempuran iklan rokok di mana-mana, tak hanya di televisi maupun media online, di poster-poster dari kota besar sampai kecil terpampang nyata iklan rokok.

Siapa yang mau menurunkan poster laki-laki ganteng itu?

Iklan layanan masyarakat yang baru ditampilkan tidak cukup untuk “membunuh” perokok aktif. Pemerintah harus menekan lebih aktif dalang rokok. Saya tidak yakin, pemerintah berani meninabobokan produsen rokok yang semakin meraksasa. Penonton yang menonton iklan layanan masyarakat tidak akan terbuai apalagi jika disanding dengan iklan rokok yang menampilkan mobil balap maupun perempuan seksi.

Usaha yang dilakukan pemerintah melalui iklan layanan masyarakat patut diberi apresiasi, sedikit saja. Selama pemerintah belum mampu memberantas iklan rokok yang semakin hari semakin bertambah, iklan layanan masyarakat ini sama saja. Mau seperti apapun kesedihan, penderitaan yang ditampilkan oleh korban yang terpapar asap rokok, bungkus-bungkus rokok akan tetap dijual sesuka hati.

Selain iklan layanan masyarakat, Kemenkes jangan terlena di pusat dan bermain aman di atas kursi panas. Rokok satu-satunya pembunuh berdarah dingin yang semakin hari dikonsumsi oleh beragam usia. Sudah rahasia umum – tidak usah survey lembaga legal ­– perokok aktif di mana-mana itu ada, dari lulusan sekolah dasar sampai orang tua.

Ayolah, gunakan sedikit dana untuk terjun ke lapangan, ke daerah-daerah, berikan sosialisasi bahaya rokok. Pendekatan ini jauh lebih penting dibandingkan iklan layanan masyarakat yang muncul sekali-kali disela-sela sinetron melankolis dan tak masuk logika. Jika orang menonton, jika langsung diganti channel. Jika orang memahami, jika menganggap hanya sebagai skenario televisi. Apa yang harus dilakukan?

Tetap, sosialisasi!

Kemenkes – siapa saja dari mereka – datangkan seorang korban ke acara sosialisasi, jadikan mereka fasilitator. Bukti fisik lebih menyentuh menggambarkan kanker paru-paru akibat merokok, dibandingkan “bolong” di bagian leher pada iklan yang dianggap manipulasi bagi orang-orang “pintar” menelaah acara televisi.


Rokok lebih dari candu narkoba. Karena perokok tidak dipenjara. Karena rokok bebas dijual di mana suka. Karena pembeli rokok, boleh siapa saja! 
*** 
Simak iklan layanan masyarakat ini di video berikut!
Sumber: Youtube
*Telah diposting di Kompasiana

20 komentar:

  1. Obat asam urat is a drug that is much sought after by women and men over the age of 30 years, as many are affected by gout. Even now under the age of 30 years have been exposed to acute uric acid. If the disease is severe will result in the joints can not move. But you need not worry, because now it appears obat asam urat. Traditional obat asam urat is one of the traditional Obat asam urat nutritious high uric acid and obat asam urat potent naturally from the first. Not only can be used for obat asam urat, but it can also treat high cholesterol.

    If you are looking for a obat asam urat, here the place to sell drugs uric acid. About little discussion of obat asam urat, obat asam urat is best obat asam urat without chemicals. If you are bored with chemical drugs, do not worry because this is the obat asam urat without chemicals. Our products sell best obat asam urat. Many are already using obat asam urat and give a positive testimony. Obat asam urat best of the best

    ReplyDelete
  2. Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.

    ReplyDelete
  3. Ramuan tradisional untuk obat asam urat adalah obat yang banyak dicari oleh wanita, dan pria yang berumur di atas 30 tahun, karena banyak yang terkena penyakit asam urat. bahkan sekarang di bawah umur 30 tahun sudah terkena asam urat akut. jika penyakit sudah parah akan mengakibatkan persendian tidak bisa bergerak. tetapi anda tidak usah khawatir, karena sekarang sudah muncul obat untuk asam urat herbal tradisional berkhasiat tinggi. obat asam urat yang alami ampuh dari dulu tradisional ini adalah salah satu obat herbal asam urat dan kolesterol menahun tradisional berkhasiat tinggi, dan obat asam urat herbal tradisional terbaik alami ampuh dari dulu. tidak hanya bisa dijadikan untuk obat asam urat dan testimoni penderita asam urat, tetapi bisa juga mengobati kolesterol tinggi.
    jika anda mencari obat untuk mengobati asam urat dan kolesterol tinggi, disini tempatnya menjual cari obat untuk mengobati asam urat paling ampuh. sedikit bahasan tentang jual herbal obat untuk penyakit asam urat, obat untuk mengobati asam urat tanpa zat kimia ini adalah obat untuk penyakit asam urat terbaik tanpa zat kimia. jika anda sudah bosan dengan obat kimia, jangan khawatir karena ini adalah obat tradisional untuk penyakit asam urat akut tanpa zat kimia. produk kami menjual obat asam urat kualitas terjamin terbaik. banyak yang sudah menggunakan info tentang obat untuk penyakit asam urat dan memberikan testimoni yang positif.obat penyakit asam urat ampuh

    ReplyDelete
  4. Jika anda sedang mencari obat herbal untuk penyakit darah tinggi, di tempat kami ada obat herbal untuk darah tinggi yang paling ampuh dan juga sudah terbukti KEAMPUHANNYA

    ReplyDelete
  5. page that is extraordinary pleased to visit your page, I found your blog on google
    Jelly Gamat QnC
    Obat Tradisional Paru paru Basah
    Obat Tradisional Migren

    ReplyDelete
  6. terima kasih banyak atas informasi yang sangat bermanfaat ini senang bisa menyimak dan berkunjung !

    ReplyDelete
  7. informasi yang sangat bermanfaat dan saya sangat setuju dengan anda Buah Untuk Memutihkan Kulit Wajah

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas informasi yang telah di sampaikan, sangat bermanfaat Pengobatan Diabetes basah

    ReplyDelete
  9. Mata silinder mempunyai istilah medis astigmatism. Istilah tersebut mengacu terhadap keadaan mata yg mengalami penglihatan kabur.Definisi dan Cara Pengobatan Mata Silinder
    Bukan cuma tubuh saja yg mampu lelah tapi mata pun dapat seperti itu.Cara Alami Mengatasi Mata yang Lelah
    Sinar yg direfleksikan dari satu buah objek masuk ke mata lewat kornea, selanjutnya difokuskan oleh lensa mata ke retina.Gejala dan Cara Mencegah terjadinya Penyakit Mata Minus
    Penyakit mata amat beraneka ragam & tak semuanya akan menular.Jenis-jenis dan Pengertian Penyakit Mata
    Dengan mata Kamu sanggup menonton keindahan dunia.Cara Memutihkan Mata Kuning Secara Alami

    ReplyDelete
  10. Symptoms painful toothache on in the teeth wherein there arises a problem that was most annoying. gejala sakit gigi

    ReplyDelete
  11. Symptoms painful toothache on in the teeth wherein there arises a problem that was most annoying. gejala sakit gigi

    ReplyDelete
  12. Oral health can be an indicator of quality of life. Therefore, in order to survive humans need energy from food. pengobatan sakit gigi

    ReplyDelete
  13. Terima kasih telah menulis artikel yang sangat informatif ini

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90