Top Ad 728x90

Friday, June 26, 2015

Menikmati Kolak Jagung W’Dank Bajigur

Menu Berbuka Puasa, Wedang, Kolak Menu Favorit Berbuka Puasa, Kolak Menu Terbaik Berbuka Puasa, Kolak Menu Buka Puasa, Kolak Kolang-Kaling, W'Dank Bajigur, Minuman Hangat Indonesia, Resep Kolak Terenak, Resep Kolak Kolang-Kaling, Kolak Jagung, Minuman Nutrisari, Minuman Sari Jahe, Minuman Sarabba, Minuman Pletok ala Betawi, Takjil W'Dank Bajigur, #TakjilWDankBajigur, Menu Sahur Terenak

Menu berbuka apa hari ini?

Menu berbuka tentu sesuai selera. Macam-macam; ada yang suka makan ini itu, ada yang minum air dingin dan sepotong kue, ada yang langsung makan nasi, ada yang berbuka dengan sebiji kurma…

Waktu berbuka tak lain adalah waktu terindah selama bulan Ramadhan. Tidak hanya menu berbuka saja yang dapat melegakan tubuh, kebersamaan bersama keluarga besar menjadi kehangatan tersendiri. Untuk lebih menghangatkan suasana berbuka, menu istimewa menjadi pilihan untuk dihidangkan. Saya suka makanan yang simpel saja. Untuk kolak saya tidak menyukai banyak campuran ini itu. Saya senang dengan empat bahan baku ini saja; jagung, kolang-kaling, pisang, nangka.

Bagaimana membuat empat bahan ini terasa lezat?

Cukup memasaknya dengan W’Dank Bajigur.
Minuman Hangat Indonesia - W'Dank
W’Dank Bajigur merupakan minuman tradisional khas dari Jawa Barat. W’Dank Bajigur terbuat dari pandan, gula merah dan santan. Membuat kolak dari W’Dank Bajigur lebih tepat dan praktis karena tidak perlu menambah bahan lain seperti gula untuk pemanis aroma maupun daun pandan sebagai pewangi makanan. Dan yang paling penting ada santan yang terdapat dalam W’Dank Bajigur. W’Dank Bajigur cukup praktis karena kita tidak perlu bersusah payah mengupas kelapa, memarutnya, dan memeras sampai santan keluar. W’Dank Bajigur telah menyimpan manis dan aroma rasa luar biasa untuk menambah kenikmatan makanan. W’Dank Bajigur juga tidak encer dan tidak terlalu kental.
Bajigur - W'Dank
Saya sudah tidak sabar untuk memasak kolak rasa W’Dank Bajigur. Siapkan bahan yang terdiri dari:

-          2 jagung manis.
-          Kolang-kaling 2 ons.
-          2 pisang tanduk (pisang disesuaikan selera).
-          Nangka secukupnya.
-          5 sachet W’Dank Bajigur.
-          Air sebanyak 1000 mililiter.

Bahan disiapkan sesuai kebutuhan dan hidangan besar atau kecil.

Bahan sudah siap, saatnya mulai memasak Kolak Jagung W’Dank Bajigur. Apa yang harus dilakukan dengan bahan-bahan tersebut?

-          Kupas jagung lalu pisahkan dari bakalnya (diiris-iris), cuci hingga bersih.
-          Cuci kolang-kaling dengan air bersih.
-          Potong pisang tanduk sebesar satu jari (sesuaikan keinginan).
-          Pisahkan nangka dari kulitnya lalu potong kecil-kecil, anak nangka boleh ditambahkan setelah dikupas jika suka, cuci hingga bersih.
-          Siapkan wadah yang dapat menampung 1000 mililiter air dan semua bahan.

Memasaknya dengan…
-          Mencampur 1000 mililiter air dengan W’Dank Bajigur, jika kurang manis bisa ditambah gula dan tambahkan sedikit garam.
-          Panaskan di atas api sedang.
-          Masukkan kolang-kaling dan jagung lalu panaskan hingga mendidih.
-          Setelah mendidih pertama, masukkan potongan pisang dan nangka, jika anak nangka diikutsertakan maka dimasukkan beserta kolang-kaling dan jagung sebelum mendidih pertama.
-          Aduk sesekali untuk membuat bahan-bahan bercampur merata, terutama pada saat mendidih.
-          Waktu memasak antara 10-15 menit, namun kembali pada insting matang atau belum kolang-kaling maupun anak nangka. Kolak-kaling dan anak nangka termasuk bahan yang lebih lama matang.
-          Matikan api dan biarkan sesaat untuk membuang panas.

Menyajikan Kolak Jagung W’Dang Bajigur…
-          Baik disajikan dalam keadaan panas atau hangat.
-          Tambahkan es batu jika suka kolak dingin.
-          Simpan di dalam kulkas supaya kolak tidak cepat basi.
Kolak - Ilustrasi
Ah, tak sabar rasanya menunggu waktu berbuka puasa!

Sudahkah menyiapkan Takjil W’Dank Bajigur?
***
Nutrisari menghadirkan minuman yang cukup bertaji untuk dinikmati di bulan Ramadhan. Minuman dari W’Dank sangat cocok dihidangkan karena selain dapat melegakan tubuh juga bagus untuk kesehatan karena terbuat dari rempah-rempah pilihan Indonesia. Minuman khas dari Nutrisari antara lain Sari Jahe, Sarabba, Pletok ala Betawi dan Bajigur.

Sari Jahe adalah minuman khas Jawa Tengah dan Jawa Timur, dikenal juga dengan Wedang Jahe. Sari Jahe terbuat dari jahe, gula merah dan rempah-rempah yang dapat menghangatkan badan dan memberikan tenaga. Sari Jahe sangat cocok diminum untuk mereka yang kurang enak badan; deman atau masuk angin.

Sarabba adalah minuman khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari jahe, gula aren dan santan. Rasanya yang manis dan gurih tak ubah dengan Sari Jahe.

Pletok ala Betawi adalah minuman khas Betawi (DKI Jakarta) yang terbuat dari jahe, pandan, kayu manis dan sereh. Minuman ini cocok diminum pada musim dingin atau malam hari karena dapat menghangatkan badan. Rasanya yang “sedikit” pedas mampu membuat badan terasa panas.
***  

Simak juga penyajian W'Dank Bajigur melalui video dari W'Dank di bawah ini!

***
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog #TakjilWDankBajigur

3 komentar:

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90