Top Ad 728x90

Tuesday, June 16, 2015

,

Meugang di Aceh yang Menjadi Tradisi

Meugang di Aceh, Meugang, Tradisi Aceh, Daging Sapi, Daging Kerbau, Lemang Ketan, Lemang Labu, Lemang di Aceh, Tape Ketan, Silaturahmi di Aceh Menjelang Puasa, Ramadhan,

 
Sumber: TribunNews
Apa arti sebuah kebersamaan?

Bicara Aceh. Mengingat konflik maupun tsunami. Mengagungkan sejarah. Melupakan luka yang pernah bersimbah darah. Menjadikan semua kenangan sebagai pelajaran karena hidup terus mengalir seperti air, mencari dataran rendah menuju lautan lepas.

Aceh tidak hanya sebatas kengerian semata. Aceh menyimpan sejuta pesona. Termasuk tradisi menjelang puasa. Dua atau tiga hari sebelum Ramadhan, sejenak akan terjadi ketenangan di seluruh negeri. Pertikaian hilang. Perdekatan berganti keceriaan. Makanan lezat terhidang di setiap rumah. Sanak-keluarga saling silaturahmi. Permusuhan hilang entah di mana.

Karena, hari itu adalah meugang.
Sumber: Viva
Hari meugang hanya sebuah tradisi makan besar. Seluruh masyarakat Aceh akan membeli daging sapi atau kerbau. Padahal, di hari biasa kami pernah makan daging. Namun, di meugang sejak turun-temurun, daging kerbau atau sapi menjadi keharusan yang mau tidak mau harus terhidang di setiap dapur orang Aceh. Daging sapi maupun kerbau yang mahal tidak menjadi kendala bagi semua masyarakat Aceh. Sejak dulu, sekilo daging meugang selalu tersedia di semua rumah besar maupun sempit. Entah dari mana rejeki itu datang. Meugang senantiasa membawa kebahagiaan yang tak terkira dan menjunjung tinggi rasa syukur. Tuhan pernah menjanjikan rejeki, inilah pembuktian bahwa rejeki-Nya membentang luas, asalkan usaha. Orang Aceh berusaha lebih – bahkan usaha seperti di hari biasa – tetapi uang untuk membeli daging meugang tetap ada.

Tradisi meninggalkan jejak di relung hati terdalam. Karena tradisi semua menjadi abadi. Meugang tidak hanya sebatas tradisi yang mesti dilupakan. Meugang telah mengajarkan perihal silaturahmi dan kerja keras untuk mendapatkan hasil. Meugang merupakan sebuah pesta yang sulit dilupa karena hanya Aceh yang merayakannya.

Selain daging, meugang akan dihiasi oleh makanan khas, seperti lemang ketan, lemang labu maupun tape ketan. Tiga atau dua hari sebelum daging kerbau dan sapi dijual di mana-mana, makanan khas ini sudah dimasak seluruh negeri. Makanan ini dihidangkan untuk siapa saja yang datang ke rumah, walaupun orang tersebut sering datang di hari biasanya.
Lemang Ketan 
Lemang Ketan dan Labu 
Lemang Ketan dan Tape Ketan 
Tape Ketan 
Lemang Ketan dan Labu 

Tidak ada cara untuk mengubah tradisi. Tidak perlu pula menghancurkan tradisi. Karena setiap tradisi memberi penghargaan kepada hidup untuk lebih baik. Selamat menikmati santapan lezat di hari meugang. Selamat mengunjungi kami, di Aceh yang akan membuat tawamu berada antara suka dan lara! 

1 komentar:

  1. Mau usaha kuliner kamu makin cepat dikenal? Coba deh kamu gunakan packaging makanan Greenpack. Yakni packaging makanan yang terbuat dari kertas foodgrade aman untuk makanan serta ramah terhadap lingkungan. Lebih lengkap tentang Greenpack dapat Anda temukan di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90