Top Ad 728x90

Wednesday, June 24, 2015

Perang Kekuatan Oppo dan Xiaomi

Oppo, Xiaomi, Produk Cina, Pocin, Keunggulan Oppo Dibanding Xiaomi, Bagus Kamera Oppo atau Xiaomi, Bagus Oppo atau Xiaomi,

Ponsel Cina selalu terdepan!

Berikut istilahnya: Pocin.

Jangan pernah meremehkan Cina (sekarang Tiongkok). Karena Cina punya sejuta pesona. Bahkan, Nabi Muhammad sendiri pernah mengatakan, “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina!” karena Cina punya sejuta pesona, terlebih mengenai ilmu pengetahuan yang sudah diakui sejak dulu. Karena pengetahuan pula mereka menjadi negara besar, tak begitu mengubris peperangan dan tidak sirik terhadap negara lain. Kita lihat sekarang ini, hampir semua negara tergantung kepada Cina. Termasuk di ranah teknologi, di mana Cina menguasai segalanya. Boleh-boleh saja – siapapun itu – berbangga menggunakan merek Amerika seperti iPhone maupun iPad, namun produksinya tetap di Cina. Dirakit di Cina, di Foxconn. Yang tertulis, Made in Cina.

Tidak salah kemudian produsen Cina berbondong-bondong memproduksi perangkat teknologi dengan harga miring. Tanya kenapa? Karena Cina memiliki segalanya. Bahan baku dan bahan produksi ada. Sumber daya manusia terpenuhi; terlepas dari katanya upah kerja murah.

Di ranah smartphone, Cina sangat perkasa. Dua nama besar Cina bersaing ketat dengan produsen lain, seperti raksasa Samsung maupun produk “Cina” lain dari Apple.

Produk Cina tidak murahan!

Siapa yang berani mengatakan murahan, coba lihat lagi di smartphone Anda tempat produksinya. Jangan-jangan di Cina juga.

Tanpa Cina hidup jadi hampa!

Apalagi dua produk Cina yang “gila-gilaan” menggempur pasar global, Oppo dan Xiaomi. Oppo dikenal sebagai produsen yang menelurkan smartphone kelas atas dengan harga premium. Cara penjualan Oppo bekerja sama dengan retail yang mau menjual produk-produk mereka. Xiaomi sendiri semula bermain di ranah aman, dengan memproduksi smartphone “kelas atas” dengan harga murah. Xiaomi juga bermain “aman” dengan menjual produk mereka secara online, belakangan Xiaomi malah mengeratkan tangan dengan retail tertentu supaya tidak ketinggalan. Apalagi di Indonesia, masyarakatnya tidak semua berkeinginan membeli produk-produk dari toko online.

Oppo dan Xiaomi hanya dua produsen yang berjaya dari Cina. Produk-produk mereka sangat dikenal luas. Oppo memang tidak jor-joran seperti Xiaomi yang terlihat sangat rakus melahap semua pasar. Produk Oppo dan Xiaomi pun bisa dibandingkan, mulai dari casing luar sampai bagian software dan hardware. Tampaknya, dari semua penilaina, Oppo masih menang dibandingkan Xiaomi.

Oppo memang banyak menelurkan produk unggulan. Produk yang paling anyar dengan spesifikasi tinggi dan harga cukup mahal untuk sebuah produk Cina adalah Find 7. Namun, nama besar Oppo membuat produk ini dilirik pasar dunia, termasuk Indonesia. Terlihat jelas bahwa Oppo tidak bermain aman. Find 7 sendiri dijual dengan harga mendekati tujuh juta rupiah.

Apakah harga itu sepadan?

Ponsel pintar yang telah mendukung jaringan LTE ini merupakan keluaran tahun 2014. Cukup populer karena bentuknya yang ciri khas Oppo. Find 7 dibekali CPU Snapdragon 801, dengan kekuatan Quad-core 2,5 GHz Krait 400, GPU Adreno 330. Ponsel yang didukung oleh baterai 3000 mAh ini memiliki kamera belakang sebesar 13 MP dan kamera depan 5 MP. Dengan layar IPS LCD media penyimpanan internal adalah 32 GB dengan RAM 3 GB yang mendukung penyimpanan eksternal sampai 128 GB. Ponsel ini berbentuk premium di kelasnya untuk melawan produk-produk unggulan lainnya.
Find 7
Find 7
Lawan dari Oppo, Xiaomi menghadirkan kelas premium yang setingkat dengan Find 7, yaitu Mi Note. Baik CPU maupun RAM sama dengan Oppo Find 7. Hanya saja memori internal 64 GB tanpa dukungan memori eksternal. Perbedaan lainnya adalah kamera depan sebesar 4 MP. Soal harga, Mi Note dipatok sebesar 5,7 juta rupiah. Pada produk ini, Xiaomi tidak mau “aman” bukan? Dengan semua perangkat yang “besar dan mahal” tentu saja Xiaomi tidak mau rugi. Apalagi Xiaomi telah bekerja sama dengan retail untuk menjual produk-produk mereka. Pasar online belum sepenuhnya bisa dipercaya karena tidak semua orang suka berbelanja tanpa melihat produk fisik terlebih dahulu.
Mi Note
Mi Note
Oppo maupun Xiaomi tak bisa memungkiri bahwa keberadaan mereka sangat penting di Cina. Ditengah-tengah gempuran produk unggulan lain, Oppo dan Xiaomi berlomba menghadirkan sesuatu yang lebih menarik. Apalagi Xiaomi tidak begitu perkasa dari bahan baku ponsel, hal ini terlihat jelas dari casing Xiaomi yang tidak sekokoh maupun seelegan Oppo. Wajar saja Oppo mematok harga tinggi karena konsumen butuh kepuasan. Namun, Xiaomi hanya membutuhkan kepuasan diri mereka sendiri dengan menghadirkan produk unggulan dengan casing bahkan hampir sama dengan ponsel biasa – bukan smartphone.

Banyak hal yang membedakan kedua produk ini. Untuk membelinya tidak sekadar lihat-lihat di internet saja. Ada baiknya mencolek di toko terdekat untuk membedakan kecepatan kerja ponsel, kerapatan atau kejernihan layar, bidikan kamera maupun hal-hal lain yang patut diuji coba.


Mau pilih Oppo atau Xiaomi? Silakan saja. 

2 komentar:

  1. perang kantong nih namanya bai :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Benar tu. Siapa yang tebal bisa milih siapa :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90