Top Ad 728x90

Thursday, June 18, 2015

,

Rentang Waktu Puasa di Seluruh Dunia

Rentang Waktu Puasa di Seluruh Dunia, Lama Waktu Puasa di Dunia, Puasa Terpendek dan Perpanjang di Dunia, Negara Terpendek Puasa, Negara Terpanjang Puasa, Islandia Negara Perpanjang Puasa, Chile Negara Terpendek Puasa, Puasa 22 Jam, Puasa 9 Jam, Waktu Puasa di Indonesia, Indonesia Puasa Selama 13 Jam, Lama Waktu Puasa di Indonesia, Lama Waktu Puasa di Aceh


Sumber: Bagus Edi
Bagaimana rasanya puasa sampai 22 jam?

Pasti enak jika puasa hanya 9 jam?

Begitulah adanya. Ketentuan puasa yang mewajibkan menahan haus, lapar dan hawa napsu semenjak terbit fajar sampai terbenam matahari, seperti tidak imbang di seluruh dunia. Namun, tidak ada yang protes. Seluruh umat Islam tetap menjalankan ibadah puasa meskipun ada di antara kita yang menjalankan puasa dalam waktu yang cukup lama, dan dalam waktu yang lumayan singkat.

Puasa di belahan dunia tentu berbeda – waktunya. Namun faedah puasa itu sendiri tetap sama. Jika puasa dalam waktu singkat namun tak dapat menahan napsu sama saja tidak berpuasa. Jika puasa dalam waktu yang sangat lama namun mampu menahan napsu lebih kuat, maka dialah pemenangnya.

Brilio.net, mengutip dari IslamicFinder.org, merangkum rentang waktu puasa di seluruh dunia. Adalah sebuah daerah di negara bagian Islandia, Reykjavik, menjadi salah satu negara yang menjalani puasa terlama, yaitu 22 jam. Bukankah sehari itu 24 jam? Benar sekali. Mereka hanya punya waktu 2 jam untuk berbuka, tarawih dan sahur. Daerah kutup utara yang dingin itu memang membuat godaan luar biasa untuk menjalani puasa di sana.

Bagaimana dengan negara-negara Gurun Sahara? Negara yang berada ditengah gempuran panas dan luasnya gurun itu tidak memiliki waktu puasa sepanjang di Islandia. Sebut saja Iran yang memiliki waktu puasa sekitar 16 jam. Mesir dengan 15 jam. Dan Arab Saudi dengan 15 jam.

Coba kita ke Eropa, di Turky waktu puasa adalah 17 jam. Di Inggris waktu puasa 18 jam. Di Jerman waktu puasa 19 jam.

Di negara adidaya, juga tidak mengalami waktu puasa sangat lama, walaupun dibandingkan dengan negara Asia Tenggara, mereka tetap terlama. Di New York waktu puasa 16 jam. Di Chicago 16 jam. Di Los Angeles 15 jam.

Bagaimana dengan Indonesia?

Ternyata, waktu puasa di Indonesia tidaklah 12 jam. Angka 24 itu tidak berarti dibagi dua. Waktu puasa di Indonesia adalah 13 jam. Sedang-sedang saja karena satu jam lebih dari jumlah jam sehari/semalam. 13 jam saja kita sudah menderita batin luar biasa, tentu saja jika puasa tidak ikhlas. Namun, jika puasa dilaksanakan dengan ikhlas, waktu tidaklah menjadi pengaruh utama.

Puasa adalah puasa. Menahan segala napsu. Menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya. Karena dengan beraktivitas dan beribadah, waktu akan terlupa dengan sendirinya. Makanya, di bulan puasa dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, bahkan tidur pun jadi ibadah.

Dan, negara mana yang memiliki rentang waktu puasa terpendek?

Dia adalah Chile. Sama-sama di benua Amerika, Chile menempati posisi terpendek puasa yaitu 9 jam. Disusul Sydney 11 jam dan Brazil 12 jam.

Mengapa waktu puasa berbeda?
Inilah yang diakibatkan oleh rotasi bumi. Ingat dengan perbedaan 4 musim? Musim itu dipengaruhi oleh perputara bumi terhadap matahari. Bulan Juni merupakan salah satu bulan yang membuat kutub utara terus disinari matahari hampir 24 jam penuh. Makanya masyarakat di Islandia yang dekat dengan kutub utara menerima waktu puasa yang teramat lama. Tetapi, musim itu  terus berganti. Tahun ini Islandia menerima waktu puasa terlama, tahun depan bisa berubah. Siapa tahu kuasa Ilahi mengubah kondisi alamnya.


Panjang pendek waktu puasa tidak menjadi perbedaan. Yang terpenting adalah keikhlasan dalam berpuasa. Sudahkah kita ikhlas?
Sumber: Brilio

0 komentar:

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90