Top Ad 728x90

Thursday, July 16, 2015

,

7 Hal Yang Wajib Dilakukan di Idul Fitri

Yang Wajib di Idul Fitri, Hari Raya Idul Fitri, Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin, Ucapan Hari Raya Idul Fitri, Ucapan Idul Fitri, Hari Kemenangan, Idul Fitri 1436 H, Ucapan Lebaran, Hasil Sidang Isbat, Penentuan Idul Fitri, Malam Takbiran, Takbir, Zakat Fitrah Wajib, Banyak Zakat Fitrah, Penerima Zakat Fitrah, Lafal Takbir, Shalat Ied, Berapa Rakaat Shalat Idul Fitri, Tata Cara Shalat Idul Fitri, Maaf-maafkan di Idul Fitri, Silaturahmi di Idul Fitri, Makan Besar di Idul Fitri

Idul Fitri - SapuJagad
Idul Fitri telah tiba!

Hari kemenangan bagi seluruh umat Islam setelah sebulan berpuasa. 1 Syawal 1436 Hijriyah bertepatan dengan 17 Juli 2015. Hari Raya dilaksanakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Hari ini jiwa-jiwa dalam Islam kembali suci dan membuka lembaran baru setelah diuji dengan puasa (menahan makan, minum dan hawa napsu). Tidak mudah melewati rintangan puasa sebulan penuh. Patut saja umat Islam merayakannya.

Apa saja yang wajib di hari raya?

Zakat Fitrah
Zakat Fitrah adalah sebagian harta yang dikeluarkan setelah bulan Ramadhan. Mereka yang wajib mengeluarkan zakat ini adalah seluruh umat Islam yang mampu. Bayi yang baru lahir di hari terakhir Ramadhan pun sudah wajib mengeluarkan zakat fitrah. Kecuali orang yang meninggal di malam hari raya tidak diwajibkan lagi atasnya mengeluarkan zakat fitrah. Fitrah berarti suci. Dengan mengeluarkan zakat fitrah artinya menyucikan kembali hati setelah berpuasa. Menurut Mazhab Syafi’i dan Imam Malik besarnya Zakat Fitrah yang dikeluarkan sebanyak 3,5 liter atau 2,7 kilogram perindividu. Zakat Fitrah yang dikeluarkan berupa makana pokok menurut negara atau daerah bersangkutan. Jika di Indonesia mayoritas mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, maka yang dikeluarkan sebagai zakat adalah beras.

Zakat Fitrah hanya dapat diberikan selama bulan Ramadhan. Waktu mengeluarkan zakat fitrah paling lambat sebelum menunaikan shalat hari raya di 1 Syawal. Dianjurkan untuk mengeluarkan zakat fitrah di malam hari raya karena zakat tersebut bisa langsung didistribusikan kepada masyarakat yang kekurangan. Apabila tidak mengeluarkan zakat fitrah sebelum hari raya dan mengeluarkan setelah shalat Idul Fitri, zakatnya dimasukkan ke dalam kategori sedekah. Dari itu, jangan menunda-nunda mengeluarkan zakat fitrah. Keutamaannya besar sekali, salah satunya; sebagai pembersih ibadah puasa selama sebulan penuh. Zakat Fitrah yang telah dikeluarkan tersebut akan diberikan kepada sedikitnya 8 golongan yang berhak; fakir, miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil.
Zakat Fitrah - Tribun
Takbir
Takbir hanya ada di bulan Syawal. Berbondong-bondong umat Islam merayakan kemenangan setelah berpuasa. Takbir merayakan kemenangan tidak hanya didengungkan dari dalam masjid-masjid saja, takbir keliling dilakukan mulai dari kampung-kampung sampai kota-kota besar. Suasana haru-biru membawa manusia-manusia ke dalam kesucian dan kemenangan. Tiada lagi perasaan bahagia selain ini karena Allah menjanjikan tempat khusus bagi mereka yang berpuasa dan merayakan kemenangan. Takbir bukanlah tempat berfoya-foya. Semarak takbir membahana di seluruh dunia, tidak hanya di salah satu daerah saja. Takbir akan terus didengungkan sampai tiga hari seusai shalat wajib. Takbir melambangkan kebersamaan, keberagaman dan kesamaan antar umat Islam. Lafal takbir tak pernah beda di seluruh dunia, tetap berbunyi; Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allahu Akbar, Laa Ilahailallahuallahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilham…
Takbiran - Achmad
Shalat Ied
Ibadah shalat sunnah ini dilaksanakan sebanyak dua rakaat di waktu dhuha, atau pada saat matahari sepenggalah di atas kepala. Lepas dari itu, tidak dibenarkan lagi melaksanakan shalat. Shalat Idul Fitri dilaksanakan dengan dua khutbah setelah shalat. Berbeda dengan shalat Jumat yang mendahulukan khutbah kemudian baru shalat. Hukum shalat di hari raya adalah sunnah; dijalankan dapat pahala, tidak dijalankan tidak berdosa. Namun, setelah sebulan berpuasa mesti menunaikan shalat yang tujuh kali takbir pada rakaat pertama dan lima kali takbir di rakaat kedua. Masing-masing selang takbir mengucapkan; subhanallah, walhamdulillah, walaillahailallah, allahuakbar!.
Shalat Ied - Tasbih
Bermaafan
Hari raya juga waktu yang tepat untuk saling bermaafan. Ada salah maupun tidak, Islam sangat menganjurkan untuk saling meminta maaf, terutama kepada kedua orang tua. Bermaaf-maafan bukanlah tradisi Arab melainkan “tradisi” Islam itu sendiri dalam rangka mensucikan sesama manusia. Jika masalah berhubungan dengan Allah sebagai pencipta, cukup berdua dan meminta maaf padanya usai shalat. Masalah yang berkaitan dengan manusia, tidak akan pernah termaafkan sebelum tangan terulur dan ucapan terucap. Kata maaf itu adalah utang yang segera dilunasi, jika tidak, di hari akhir siapapun yang belum mendapatkan maaf dari sesama manusia mesti mengejar orang yang bermasalah dengannya. Hal ini jelas terlihat dari; Hablumminallah, dan Hablumminannas. Urusan dengan Allah adalah ibadah kepadanya. Urusan dengan manusia adalah meminta maaf pada manusia.

Sudah siapkah bermaaf-maafkan di Idul Fitri ini?
Bermaafkan - Inijalanku
Silaturahmi
Berkunjung ke rumah sanak-keluarga maupun kerabat lain adalah perkara “wajib” lain di hari raya. Silaturahmi ini adalah untuk menyambung persaudaraan yang mungkin pernah terputus, maupun sudah jarang terjalin. Silaturahmi bisa dimulai dengan apa saja. Namun silaturahmi ini penting sekali dalam rangka mengeratkan hubungan antar sesama umat Islam. Di hari raya ini pula terlihat dengan jelas bahwa permusuhan hilang seketika. Tangan terulur. Pintu rumah terbuka lebar. Orang-orang saling kunjung satu sama lain. Orang yang dirantau pulang ke kampung. Merayakan kemenangan bersama-sama sungguh lebih indah dibandingkan dengan sendiri-sendiri.
Silaturahmi - Viva
Takziah
Silaturahmi dengan orang yang masih hidup mudah sekali, cukup dengan datang ke rumah mereka dan bercengkrama. Silaturahmi dengan mereka yang telah tiada yaitu dengan takziah ke kuburan mereka di hari suci. Pulang dari masjid, setelah menunaikan shalat ied, tempat teristimewa adalah peristirahatan terakhir kerabat, sahabat dan orang-orang terkasih lainnya. Doa kepada mereka di hari baik adalah pengobat rindu teramat besar karena Allah sedang membukakan pintu maaf sebesar-besarnya. Mereka yang telah tiada memang tidak meminta, tetapi kita yang masih hidup mestilah sadar diri bahwa doa lebih dari segala yang dapat kita berikan kepada mereka.

Makan Besar
Hari raya identik dengan silaturahmi dan makan besar. Poin ini saya tempatkan di akhir karena klimaks dari semua.

Ya. Makan-makan. Di mana-mana. Ke manapun kita silaturahmi akan disuguhkan makanan khas di hari raya. Biar perut kembung pun kita mesti minum secangkir minuman segar yang telah dihidangkan. Di beberapa daerah terdapat pula makanan khas di hari raya, selain kue-kue kering. Ada lontong sayur, opor ayam, rendang daging dan lain sebagainya.

Sanak-keluarga yang datang kemudian disediakn makanan lezat karena itulah keutamaan hari raya. Makan besar seperti ini hanya ada di hari raya. Berkunjung ke rumah tetangga diberi makan, makan saja. Berkunjung ke sahabat sudah terhidang makanan di atas meja, mana mungkin ditolak. Karena sebaliknya, saat orang-orang berdatangan ke rumah kita, kita akan menyuguhkan hal serupa.
Makan Besar - Freedomtolive

Idul Fitri adalah hari kemenangan. Mari bersenang-senang. Mari bersalam-salaman. Mari bermaaf-maafkan. Selamat Idul Fitri 1436 Hijriyah, Minal Aidil Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin!

2 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. akhirnya idul fitri lewat juga..
    dalam sekejap mata liburan dan hari raya sudah kita lewati bersama

    saya tetap ingin mengucapkan Minal Aidil Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin!

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90