Top Ad 728x90

Sunday, July 5, 2015

Buka Toko Online Dalam 20 Detik di Jejualan.com

Kisah si Koko dan si Kaka, Tutorial Membuat Toko Online, Cara Buat Toko Online, Buat Toko Online Murah dan Cepat di Jejualan.com, Toko Online Mudah dan Cepat di Jejualan.com, Buka Toko Online Dalam 20 Detik di Jejualan.com, Buka Toko Online Cepat dan Murah, Platform Toko Online, Membuat Toko Online, Affiliate Toko Online, Toko Online murah, Jasa Pembuatan Toko Online

Si Koko dan si Kaka pada kisah sebelumnya di blog ini…

Ingin beli baju baru atau baju koko untuk hari lebaran!
Si Koko dan Si Kaka - Ilustrasi
Si Koko termenung karena uang hasil keringatnya telah habis membeli menu berbuka kemarin, nahasnya menu tersebut hilang di pom bensin. Si Koko mau menyalahkan si Kaka tetapi tak kunjung ingin karena sedang puasa. Marah-marah ke si Kaka bisa-bisa puasanya batal!

Si Kaka sedang mengiris bawang merah di samping Mak. Niatnya bantu-bantu Mak buat kue lebaran. Tak tahunya airmata si Kaka terus mengalir tak karuan.

“Kenapa pula kau menangis, Kaka?” tanya Mak.

“Tak tahulah ini kenapa,” jawab si Kaka tanpa tersendak. Dia menangis bukan karena haru. Dia pula menangis bukan karena baju barunya belum terbeli.

“Dia mau kawin, Mak!” celutuk si Koko tanpa melirik ke arah Mak dan si Kaka.

“Benarlah kau mau kawin?”

“Apa pula Mak ini,” ujar si Kaka sewot. “Dia tuh yang mau kawin!”

“Oh, benarlah itu. Kemarin lusa dia menangis pula sama kayak kau ini!”

“Apa pula yang sama, Mak!

“Kau dan dia kan bujang. Kata orang tua dulu, bujang iris bawang nangis itu mau kawin!”

“Bukannya makanan asin mau kawin, Mak?”

“Dia pun bilang begitu,” kata Mak santai. “Sudahlah. Kau taruh saja bawang di situ. Kau kerja lagi sama paman kau itu!”

“Si Koko tak sudi lagi balik ke sana, Mak,” ujar si Kaka pasrah.

“Apa pula alasannya?”

Dikit kali kami dikasih gaji,”

“Kau jadi tauke saja kalau begitu!”

Tauke. Benar apa yang dikatakan Mak. Si Kaka sumringah. Menarik lengan si Koko ke kamar mereka. Banyak sekali baju dan celana yang dibeli tahun-tahun lalu kekecilan. Ada pula sandal dan sepatu yang berukuran besar maupun terlalu kecil. Tak satu pun pakaian itu bisa dipakai kedua bujang itu. Itu karena Mak beli tidak tanya-tanya kepada kedua bujangnya.

“Bagaimana kalau kita jual saja!” si Kaka penuh semangat.

“Tak ada gairahnya hidupku!” si Koko lesu.

“Kau ini! Kita tawarkan ke tetangga-tetangga!” si Kaka makin senang.

“Tak mau malu aku!”

“Kau bilang-bilang saja ke orang-orang,” mungkin maksud si Kaka promosi ke orang lain.

“Tak mau aku diketawain orang!”

“Jadi kek mana?”

Kek mana pula, aku tak berani!”

Ah, payah kali hidup kau itu!”

Si Kaka merebahkan tubuhnya di kasur. Matanya menerawang. Kaka baru teringat si Miski – cewek tetangga itu – berjualan dari ponselnya. Si Miskin dibeli ponsel bagus oleh Maknya yang seorang guru. Dia dan si Koko cuma dibeli sebuah laptop oleh Mak dari hasil jual si kerbau jinak tahun lalu.

Si Kaka membuka laptop. Pura-pura cari inspirasi. Dicoloknya modem untuk konek internet lambat di kampungnya itu. Penuh kesabaran si Kaka membuka facebook. Status-status tak jelas memenuhi laman media sosial kebanggaannya. Ada pula berita rumah terbakar; amit-amit si Kaka merinding. Ada pula banjir di pulau Jawa; kasihan mereka. Ada pula berita-berita selebitri yang kurang suka ia baca. Eh, ada sebuah berita menarik!

Si Kaka menggoyang-goyang tubuh si Koko yang telah tertidur.

“Apalagi kau ni!”

“Kita buat toko online gimana?”

Gimana caranya itu?” terlihat si Koko tertarik.

“Kita daftarkan saja toko online kita di Jejualan.com,” kata si Kaka sambil menunjuk ke layar laptop.

“Tak payah ajak orang-orang beli, kan?”

“Tak ada. Kita jualan di rumah saja!”

Si Koko semakin tertarik. Mulailah mereka mengeklik Jejualan.com. Lalu mencoba peruntungan dengan mendaftar gratis selama 15 hari pertama. Jejualan menawarkan beragam kemudahan dengan banyak pilihan desain menarik, dapat gratis domain cukup dengan membayar mulai 99ribu/bulan. Di toko online yang dibuat Jejualan akan memberikan fitur-fitur seperti, SMS Report, Ubah Desain Sendiri, Halaman Pertama Google, Konsultasi Langsung dengan Pakar Ecommerce, Mobile eCommerce, Ongkos Kirim Otomatis, Layanan 24 Jam, Upload Produk dari Instagram, Marketing Tools, Terima Pembayaran dari manapun, Banyak Pilihan Theme, dan Ratusan Fitur Ecommerce.

“Banyak kali pilihan itu,”

“Iyalah. Semua itu punya kegunaan masing-masing dalam meningkatkan penjualan barang kita nanti!”
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra 
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra 
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra 
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
“Tak payah kita antar-antar barang lagi?” si Koko masih ragu.

“Kita antar ke jasa pengiriman saja!”

“Asyik kali kalau gitu. Mari kita buat!”

Si Kaka dan si Koko mulai mendaftarkan nama toko mereka di Jejualan.com. Pendaftaran cukup mudah hanya dengan memasukkan Nama, Email, No. Handphone, Nama Toko dan pilih Paket. (Alfa 99ribu/bulan, Beta 199ribu/bulan, Gamma 499ribu/bulan dan Delta 999ribu/bulan). Si Kaka mengeklik Buat Toko setelah menentukan pilihan.

“Macam simbol matematika saja nama Paket itu,”

Kok macam pula? Itulah nama simbol yang tak pernah kau hapal bentuknya sampai tamat SMA!”

Si Koko cekikikan.
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
“Tada!!!” ujar si Kaka sambil membentangkan kedua tangan. “Selamat Datang di Toko Anda!
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
“Sudah jadi?”

“Sudah,”

“Cepat kalilah,”

“Sekarang kita ubah tampilan dan tambah produk,”

Kanal yang disediakan oleh Jejualan.com antara lain Home, Penjualan untuk menampilkan produk yang dipesan pelanggan, Katalog Produk untuk menampilkan produk-produk yang dijual pada toko, Layanan untuk interaksi langsung dengan pelanggan berupa keluhan maupun masalah lain, Newsletter untuk membuat surel kepada pelanggan setia mengenai produk terbaru dan lain-lain, Statistik untuk mencatat penjualan, Konfigurasi untuk pengaturan mendasar seperti mengubah Tampilan, Pembayaran, Pengiriman, Kontak, Halaman Web, Berita/Blog, Emasil dan SMS.

Si Kaka menentukan tema yang digunakan dan dipilih alhambra. Tema telah diganti dan mereka berdua mulai memilih baju dan celana mana yang diinput terlebih dahulu. Si Kaka dan si Koko bingung menentukan harga. Tambah bingung lagi, mereka tak punya kamera untuk memfoto produk-produk yang ingin mereka jual.

“Ah, kau ni. Macam mana pula aku yang minta sama si Miski!” si Kaka terus membujuk si Koko untuk meminjamkan kamera digital si Miski. Si Koko tak mau, si Kaka berhenti memohon. Nanti saja dimintanya pada si Miski. Sebelum itu, si Kaka mempelajari seluruh aspek penting di toko online mereka.

Si Koko berbaring pasrah. Si Kaka mulai mengutak-atik toko online mereka. Dasar si Koko pemalu, kata si Kaka dalam hati.

Si Kaka mulai tahu apa saja yang dibutuhkan dalam memasarkan produk di toko online, tidak hanya nama saja tetapi harus menjelaskan detail produk, sampai berat di timbangan karena berhubungan dengan ongkos kirim yang dibaca otomatis. Tugas si Kaka tambah berat saja. Tidak hanya meminjam kamera digital pada si Miski, tapi juga meminjam timbangan pada Nyak Cut di kedai ujung jalan sana. Si Kaka tidak mau main-main dalam memasarkan produk mereka. Salah-salah mereka akan rugi, terlebih pada estimasi harga dengan biaya pengiriman.
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Si Kaka mengeklik Konfigurasi dan memilih Halaman Web untuk masuk ke toko online mereka. Si Kaka menghelas napas panjang. Masih belum tersedia produk yang dijual di laman toko online itu. Prosesnya tidak berat, namun butuh waktu dan perlengkapan yang lengkap sebelum mulai memasarkan sebuah produk.
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Si Koko telah mendengkur kuat. Aih, santai kali dia!

Si Kaka mengarahkan mouse ke bagian paling bawah. Tanpa sengaja si Kaka mengeklik Affiliate.

“Dua juta sebulan!” pekik si Kaka. Si Koko terkejut dari tidurnya dan berlari ke pintu.

“Apa pula kau ini?” tanya si Koko dengan mata membulat. Mungkin dikiranya telah terjadi gempa bumi atau bencana alam lainnya.

“Kau lihat itu! Kita bisa dapat 2 juta perbulan cuma dengan mempromosikan Jejualan.com!”

“Kau daftar lagi, cepat-cepat!” si Koko tak lagi kantuk. Matanya membulat seperti kelereng. Asal tak bilang-bilang ke orang mau saja dia, giliran kasih tahu orang malu lagi, sinis si Kaka memandang saudaranya. Tapi, mereka cuma berdua, kekurangan si Koko tertutupi oleh si Kaka. Si Kaka akan butuh si Koko saat mangga depan rumah berbuah. Tak ada si Koko, si Kaka hanya menunggu kapan mangga itu jatuh dari pohon.

Si Kaka mendaftarkan diri pada program Affiliate Jejualan.com. Selain keberuntungan dua juta perbulan, mereka juga dapat mendapatkan komisi sebesar 30% jika ada pembeli melalui alamat yang mereka bagikan nanti. Pendaftarannya cukup dengan memasukkan Email, Password, Nama dan No.Handphone, lalu mencentrang syarat dan ketentuan sebelum mengeklik Submit. Berhubung si Kaka belum mempunyai blog, link yang didapat dibagikannya ke facebook berkali-kali. Mana tahu ada yang tertarik. Jika nanti si Kaka membuat blog, sudah tersedia banner yang bisa dipasang di blognya.
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Screenshot Jejualan - Bai Ruindra
Si Kaka mematikan laptop. Menarik celana panjang yang tersangkut di belakang pintu dan dikenakannya dengann cepat.

“Mau ke mana kau?”

“Ke rumah si Miski dan kedai Nyak Cut. Kau mau ikut?”

“Tak apalah,” si Koko kembali merebahkan diri. Tidur berlama-lama termasuk ibadah pula di bulan puasa, kan?

Si Kaka penuh semangat meminjamkan kamera digital si Miski dan timbangan Nyak Cut. Jika tidak nanti malam, besok si Kaka telah memenuhi produk-produk di toko online mereka. Sudah tak sabar si Kaka menerima hasil dan bisa membeli baju baru dari kerja di kamar saja lebaran ini!

8 komentar:

  1. Wah cara yang sangat unik dan asyik buat ngejelasin buat toko online. Sukses yaa... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Azhar. Tetap semangat menulis :)

      Delete
  2. Halooo, Kak!

    Yuk, ikuti Lomba Blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure".
    Tiga blogger terbaik akan diajak menjelajah Kalimantan dan berkesempatan mendapatkan grand prize, MacBook Pro.

    Info selengkapnya: http://log.viva.co.id/terios7wonders2015

    Jangan sampai ketinggalan, ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih informasinya ya. Sangat bermanfaat :)

      Delete
  3. Wah, jejualan emang keren, btw kunjungan balik ke artikelku ya ? klik http://amir-silangit.blogspot.com/2015/07/ledakan-omset-bisnis-offline-dan-Offline-Dengan-Jasa-Pembuatan-Toko-Online-Murah-dan-Terbaik-No-1-di-Indonesia-Jejualan.com.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Terima kasih sudah mampir ya. Salam kenal :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90