Top Ad 728x90

Friday, July 10, 2015

,

Cara Menanamkan Backlink di Google+

Cara Menanamkan Backlink di Blog, Cara Menanamkan Backlink, Cara Menanamkan Backlink dari Media Sosial, Cara Menanamkan Backlink dari Social Media, Cara Menanamkan Backlink dari Google+, Tutorial Menanamkan Backlink Blog

Backlink Google+
Backlink sudah menjadi keharusan bagi seorang blogger. Backlink sama juga dengan kepercayaan orang terhadap pemilik blog. Backlink juga menentukan arah tulisan di dalam sebuah blog; semakin banyak yang membagi, semakin banyak pula backlink. Inti dari share maupun backlink tersebut karena blog yang dituju bermanfaat. Blog tersebut dicari-cari. Blog tersebut memang dibutuhkan oleh orang ditandai dengan masuk ke laman pertama mesin pencari (contohnya Google).

Tidak gampang mendapatkan backlink. Seperti yang pernah saya singgung; ikut lomba, share media sosial, kirim link ke kanal berita (seperti Vivalog), namun tidak semuanya akan berhasil. Menanamkan backlink itu ternyata harus melalui proses panjang dari sebuah blogger. Berharap saja pada panitia lomba blog yang menanamkan URL blog di laman lomba, itu pun satu dua lomba yang diikuti. Share media sosial yang dilakukan oleh pembaca tentu karena pembaca memikirkan manfaat lebih baru akan dibagi-bagikan postingan dimaksud. Kirim postingan blog ke kanal berita, tentu juga harus melalui proses seleksi oleh editor.

Hal yang tidak gampang justru jadi gampang jika terus menulis yang bermanfaat dan usaha sedikit. Ada ilmu baru. Praktikkan! Terkadang, malas berurusan dengan tutorial yang panjang dan malas pula takut tak terbaca setelah usaha. Nama juga usaha. Usaha tak mesti terlihat hasilnya dalam seketika.

Salah satu cara mendapatkan backlink adalah dengan menanamkan URL blog di Google+.

Segitu hebatkah Google+?

Walaupun media sosial milik Google ini belum meraksasa seperti facebook maupun twitter, backlink di anak Google itu terasa sangat perlu. Google+ sendiri cukup kuat dalam ranah Page Rank yang berada diangka sembilan secara global. Tertanam satu backlink saja di media sosial ini ya bisa diartikan sendiri bagaimana maksudnya.

Sama halnya dengan facebook, menanamkan backlink di Google+ ternyata tidak hanya dengan share di laman utama lalu dibaca maupun disukai banyak orang. Ada langkah-langkah yang mesti diikuti untuk mendapatkan backlink dari Google+. Langkah-langkah ini lebih mudah diikuti.

Pertama; login ke laman Google+, bagi yang belum punya silahkan daftar terlebih dahulu. Namun, untuk Anda yang memiliki akun Gmail otomatis bisa menikmati semua layanan dari Google; menghidupkan Android, streaming video Youtube, Google+, dan lain-lain.

Kedua; masuk ke laman Profil di sebelah kiri. Halaman Profil terbuka maka pilih  About.

Ketiga; pada bagian bawah kanan terdapat Story di mana isinya mengenai Tagline, Introduction, Bragging rights  dan Edit berwarna biru di bagian paling bawah kotak dialognya. Pilih Edit dan tunggu sesat kemudian akan diarahkan ke kotak dialog lain untuk mengisi kekosongan yang perlu diisi.

Keempat; kotak dialog Story yang telah terbuka menampilkan tiga bagian yang mesti diisi. Pada bagian Tagline isikan judul yang kira-kira mudah diingat dan menarik perhatian banyak orang. Pada bagian samping kanan pilih publikasi Public supaya dapat dilihat oleh semua orang. Pada bagian Introduction isi satu paragraf penjelesan mengenai judul yang telah tentukan tadi. Klik di area dengan tulisan “Put a little about youself here so people know they’ve found the correct Bai.” Bai itu nama saya, jika Anda login melalui Google+ sendiri maka yang keluar nama Anda. Pada bagian Bragging rights tentukan juga tag apa mengenai isi paragraf yang telah ditulis. Pada bagian kanan juga bisa memilih publikasi untuk diri sendiri atau publik.

Kelima; jika ketiga bagian kosong tersebut telah diisi maka Klik Link yang terdapat dibawah Intriduction diatas kolom yang ditulis paragraf. Kotak dialog lain akan muncul dan mengarahkan pada hyperlink yang dimaksud. Kotak dialog Edit Link berisi Text to display yang bisa diisi dengan judul yang sama dengan di Tagline atau berbeda. Link to terdapat dua pilihan, ke alamat blog/website atau ke email. Pilih ke Web address dan masukkan alamat blog yang ingin ditanamkan backlink. Setelah semua selesai maka pilih tombol OK. Kotak dialog Edit Link akan tertutup dan kembali ke kotak dialog Story. Pilih SAVE untuk menyimpan semua perubahan.

Keenam; kembali ke laman Profil Google+, coba lihat pada bagian Story sudah berubah atau belum. Jika isinya sudah berubah dan terdapat tulisan yang berwarna biru, klik tulisan itu apakah sudah diarahkan ke alamat blog atau belum. Jika sudah diarahkan ke laman blog yang dimaksud maka penanaman backlink di Google+ telah berhasil.

Masih bingung?


Perhatikan screenshot di bawah ini. Selamat mencoba! 
Screenshot - Bai Ruindra
Screenshot - Bai Ruindra
Screenshot - Bai Ruindra
Screenshot - Bai Ruindra
Screenshot - Bai Ruindra
Screenshot - Bai Ruindra
Screenshot - Bai Ruindra
Screenshot - Bai Ruindra

8 komentar:

  1. Wah... sangat bermanfaat ilmu yang di share. Masih pemula nih, cocok nih buat coba di terapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari Mas Timur. Silakan diterapkan ya. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. Okeh bang. Akan segera diobak terapkan.

    ReplyDelete
  3. trims gan ilmunya.. ane coba dahulu,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Mas Aryo, semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  4. masih bingung... tp save dulu ah link-nya... buat dibaca ulang nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari Mbak Ria. Semoga bermanfaat ya :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90