Top Ad 728x90

Wednesday, July 1, 2015

THR Lebaran Tahun Ini

THR, Tunjangan Hari Raya, Istilah lain dari THR, Baju Koko, Baju Koko Diskon, Baju Koko Motif Bagus, Baju Koko Untuk Lebaran, Baju Koko Buat Lebaran, Baju Koko Putih, Baju Koko Cokelat, Setelan Baju Koko, Belanja di www.shopious.com, Baju Koko Bagus di www.shopious.com, Cerita si Koko Ingin Baju Koko

Baju Koko - Shopious.com
Lebaran sebentar lagi. Persiapan belum ada. Bingung malah bertambah banyak. Apalagi, tunggu THR juga tak kunjung tiba. Eh, Tunjangan Hari Raya itu, memanglah sangat jauh dari jangkauan seorang pekerja freelance. Tapi berkah apapun tetap harus disyukuri selama bulan Ramadhan. Tak ada THR dari kantor (atau apapun namanya itu), pastilah ada THR-THR lainnya dari manapun. Misalnya, Tunjangan Hidup Rukun, Tunjangan Hidangan RumahTangga, Tunangan Hidup sejahteRa, Tantangan Hadapi Rugi…

Tapi, mau dapat THR mau tidak. Baju baru tetap harus beli dong ya. Terutama baju koko yang sudah lama tak enak dipandang lagi. Baju koko mesti terbeli di lebaran tahun ini. Alasannya, sudah enam kali lebaran, tiga Idul Fitri dan tiga Idul Adha masih saja mengenakan baju koko yang sama. Bahkan, baju koko itu dipakai pula hampir tiap shalat Jumat.

Nasib ya nasib.

Entahlah apa yang terjadi. Baju koko selalu diluar definisi dalam menghitung budget. Selalu saja tak pernah ada dalam daftar belanja si baju koko. Padahal, tiap kali ke pusat perbelanjaan, baju koko terlihat dengan gagah dengan berbagai corak dan warna. Baju koko yang warna putih dengan corak garis-garis vertikal maupun horizontal cukup simpel dikenakan dalam waktu-waktu tertentu. Baju koko berwarna cokelat muda dengan motif garis bunga-bunga mawar kecil di bagian dada juga lebih menarik dilihat. Belum lagi baju koko yang terbuat dari bahan batik, terasa lebih mencintai produk-produk buatan dalam negeri dan berbangga karena batik merupakan salah satu warisan negeri kita ini.

Baju koko di lebaran kali ini. Lupakan THR dan fokus saja pada baju koko itu. Mau ngutang dulu sama tetangga; eh tetangga beranak banyak yang mesti beli baju lebaran untuk semua anaknya. Mau pinjam dulu sama orang tua; eh tidak tahunya “gaji” orang tua sebagai petani cuma cukup nutupi menu buka puasa dan sahur. Mau jual telur atau ayam di kandang yang selalu berkokok; eh mereka malah ngambek, si ayam tak mau bertelur, di telur tak terlihat lagi bisa dijual abis merem di bawah pundak induknya dan tak lama sudah mengetuk pintu jadi anak ayam.

Cara harus didapat walaupun THR tak ada. Orang lain pakai baju koko baru, kenapa tidak dengan si tak dapat THR. Ngulik sana-sini, kali saja ada tukang bangunan yang mencari tenaga tambahan. Bekerja sama dia setengah bulan lagi cukuplah untuk membeli satu baju koko di malam lebaran nanti, jika harganya masih pun murah, mana tahun di malam kepepet harganya menjuntai ke langit-langit toko saking ramainya pembeli.

Datanglah ke mandor bangunan yang belum jadi; eh ditolak karena fisiki kurus dan badan tak terurus. Menunduk kepala memikirkan pekerjaan lain. Si tetangga panggil suruh panjat kelapa, terbirit-birit lari ke sana. Kelapa selesai dipanjat, dikasih ongkos panjat dua puluh ribu dan satu kelapa muda. Pulang ke rumah dengan wajah ceria, tahunya si emak bilang cabai dan bawang merah tak terlihat satu pun di rak dapur. Terbirit lagi ke kedai depan rumah, beli dua ons cabai dan bawang merah tahunya sisa uang kembalian tak melebihi sepuluh ribu.

Nasib ya nasib lagi…

Sambil mengiris bawang merah terus pikir bagaimana membeli baju koko. Airmata mengalir tanpa dibendung. Si emak berujar, “Mau kawin kau, Koko!”

“Tak sekaranglah, Mak!

“Kenapa pula kau menangis,”

“Bawah ini merah sekali,”

“Itu tandanya kau mau kawin,”

“Bukannya mau kawin itu jika makanan asin, Mak!

“Itu lain cerita!”


Ceritaku juga lain, Mak. Koko ini mau baju koko untuk lebaran besok! 

8 komentar:

  1. punya nama panggilan baru nih, Bang Koko hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Sepintas aja di tulisan ini, Isni. Biar kece gitu :)

      Delete
  2. Sabar bro, pasti dapet bakan dapet kok THR nya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Semoga diberi jalan ya. Hihihi :)

      Delete
  3. Udaaaah, abis lebaran nanti kawin ya bai. Biar lebaran tahun depan dapat THR dan baju koko yang baruuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih ih. Saran Eki itu lho. Ntarlah dipikir-pikir lg, mahar lg mahal soalnya :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90