Top Ad 728x90

Tuesday, August 11, 2015

,

Ketika Duo India Memimpin Raksasa Teknologi

India Rajai Raksasa Teknologi, Duo India di Jagad Teknologi, Google dan Microsoft, CEO Terbaru Google, CEO Terbaru Microsoft, Produk Google, Produk Microsoft, Sundar Pichai Pimpin Google, Profil Sundar Pichai, Tempat Lahir Sundar Pichai, Sosok Sundar Pichai, Pendidikan Sundar Pichai, Keluarga Sundar Pichai, Umur Sundar Pichai, Sundar Pichai Gabung Google Tahun 2004, Satya Nadella Profile, Profil Satya Nadella, Satya Nadella Pimpin Microsoft, Pendidikan Satya Nadella, Tempat Lahir Satya Nadella, Usia Satya Nadella, Satya Nadella 22 Tahun di Microsoft, Kapan Satya Nadella Pimpin Microsoft, Perang Google dengan Microsoft

Google dan Microsoft - Cloudsherpas.com
India – hiburan dan teknologi!

Di dunia hiburan, seperti dilansir dari laman VOA Indonesia (12/8/15) terdapat nama-nama besar Bollywood dengan penghasilan melebihi aktor besar Hollywood di tahun 2014. Nama-nama besar ini bahkan mengalahkan aktor kawakan seperti Dwayne “The Rock” Johnson dan Leonardo DiCaprio. Tiga aktor Bollywood menempati 10 besar teratas; Salman Khan dengan harta kekayaan USD 33,5 juta, Amitabh Bachchan dengan harta sebesar USD 33,5 juta, dan Akhsay Kumar dengan berhasil mengumpulkan pundi-pundi “amalnya” sebesar USD 32,5 juta. Salman Khan dan Amitabh Bachchan menempati posisi 7 dan Akhsay Kumar pada posisi 9.  

Dunia hiburan India terus berkembang dan mampu melahirkan 1.000 film setiap tahunnya. Perpaduan teknologi dalam film India sudah jauh hari terlihat seperti sentuhan alien dalam film Koi Mil Gaya. Bahkan film Hollywood saja menganak-emaskan orang-orang India seperti pada film 2012 di mana tokoh orang India adalah pencetus ide kapal ‘NUH’ yang kemudian tak sempat naik ke kapal.

Pengakuan dunia terhadap orang-orang India terus berlanjut. Kali ini, dua raksasa teknologi dunia menempatkan duo india menjadi nahkoda jagad teknologi.

Siapa yang tidak menggunakan Google?

Siapa yang tak rela pindah dari Microsoft?

Mesin pencari Google tetap nomor satu, belum lagi gempuran smartphone Android yang mulai menyentuh kelas bawah, menengah dan atas. Tentang Microsoft memang tak bisa dibuang begitu saja. Produk Microsoft adalah otak segala otak dalam menjalankan operasi komputer (teknologi termutakhir) sebelum adanya sistem operasi tandingan lain. Windows milik Microsoft tetap saja sistem operasi sejuta umat, selain bisa diinstal pada semua merek juga mudahnya dibajak.

Dan, dua raksasa teknologi ini “dikuasai” oleh orang India!
Produk dari Google dan Microsoft - Cloudsherpas.com
Google
Perusahaan yang didirikan oleh dua sahabat, Larry Page dan Sergey Bin, merupakan salah satu perusahaan terbesar dunia dengan pendapatan USD 66,001 miliar pada tahun 2014. (wikipedia.org, 12/8/15). Sebagai mesin pencarian nomor satu dunia, perusahaan yang terletak di Mountain View, California, tak pernah diragukan kekuasaannya.

Perusahaan yang telah membesarkan Android sebagai salah satu sistem operasi kelas atas dunia dan dicintai banyak orang ini selalu mengedepankan pembaharuan. Yang baru tentu yang segar. Pemilihan orang India dalam memimpin perusahaan yang didirikan pada 4 September 1998 ini termasuk pilihan tepat.

Adalah Sundar Pichai atau Pichai Sundararajan. Pria berusia 43 tahun lahir di Tamil, Nadu India. Terpilihnya Pichai sebagai Chief Executive (CEO) raksasa teknologi ini tidak mengejutkan karena selama ini pria berkaca mata ini adalah anak emas Google. Pichai yang merupakan lulusan Sarjana dari Indian Institite of Technology, Master dari Stanford University  dan MBA University of Pennsylvania bergabung dengan Google sejak tahun 2004. Sejak tahun 2014, Pichai menjabat posisi Senior Vice President (Android, Crome, Google Apps, Maps, Google+). Lary Page memilih Pichai sebagai CEO karena pria ini memiliki kepintaran dan semangat kerja yang luar biasa. (detik.com, 11/8/15).
Sundar Pichai - Goandroid.co.in
Microsoft
Perusahaan kedua yang dipimpin oleh orang India adalah Microsoft. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen sejak 4 April 1975 ini merupakan raksasa yang tetap dikagumi. Perusahaan yang terletak di Redmond, Washinton memiliki pendapatan USD 73,72 pada tahun 2012. (wikipedia.org, 12/8/15).

Satya Nadella atau Satyanarayana Nadella. Pria berusia 47 tahun lahir di Hyderabad, Andhra Pradesh, India, adalah pegawai Microsoft yang telah berdedikasi selama 22 tahun di perusahaan ini. Pria yang meraih Master ilmu komputer dari University of Misconsin dan bidang administrasi bisnis dari University of Chicago menggantikan Steve Ballmer yang mengundurkan diri pada Februari 2014 sebagai CEO. Nadella adalah CEO ketiga Microsoft setelah Bill Gates dan Steve Ballmer.(detik.com, 11/8/15).
Satya Nadella - Geekwire.com
Duo India – dua perubahan, dua persaingan, dua otak berbeda, dari tanah yang sama!

Baik Pichai dan Nadella adalah orang kepercayaan dari dua raksasa teknologi dunia. Tak ada yang tidak mungkin selama usaha masih ada. Namun, pencapaian dua orang India dalam waktu bersamaan menunjukkan bahwa Asia begitu bertaring di jagad teknologi.

Dari dua tangan India ini akan dimulai “perang” nyata dalam persaingan mesin pencari (Google dengan Bing), maupunsistem operasi mobile (Android dengan Window Phone). Kekalahan Google – mungkin – pada satu tempat karena belum memiliki sistem operasi untuk desktop. Kekurangan Microsoft akan sedikit kerepotan menangkis serangat berbau “internet” yang terus dikembangkan oleh Google.


Dua India telah jadi “raja” di jagad teknologi. Kita tunggu saja, sejauh mana keduanya bertahan dan berperang. 

2 komentar:

  1. wah informasi yang bermanfaat nih kak, aku malah baru tahu kalo google dipimpin orang india

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih Fandhy. Mari semangat melahirkan prestasi :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90