Top Ad 728x90

Friday, August 7, 2015

Perjalanan 4 Tahun Produsen Smartphone China Xiaomi

Xiaomi, Smartphone Xiaomi, Harga Smartphone Xiaomi, Xiaomi Produsen Nomor 1 di China, HP Murah Xiaomi, Xiaomi Versus Oppo, Xiaomi Versus Samsung, Bagus Xiaomi atau Oppo, Bagus Xiaomi atau Samsung, Xiaomi di China, Produk HP Bagus Merek China, Xiaomi Adalah iPhone China, Xiaomi Saingan iPhone, Xiaomi Pesaing iPhone di China, Xiaomi versus iPhone, Ketangguhan Xiaomi,

Xiaomi - Androidandme.com
Tiada yang mustahil di dunia ini!

Awalnya, sejarah menunjukkan kelas rendah untuk mereka yang memasarkan perangkat elektronik dengan sistem penjualan online. Kemudian, berbondong-bondong produsen lain mengikuti hal serupa karena pangsa pasar produsen ini semakin hari semakin berkembang. Produsen yang digadang-gadang mengekor salah satu produsen besar dunia lain ini tampaknya tak pernah patah arah. Laju mereka kian kencang, setelah bebas mengekspansi China, tanah kelahirannya, produsen ini mengepakkan sayapnya secara global yang dimulai dengan gempuran besar-besaran di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Xiaomi tak lain sebuah perusahaan “kecil” yang didirikan pada 6 Juni 2010 oleh delapan mitra seperti Termatek Holdings, China IDG Modal, Qiming Venture Partners dan Qualcomm. (wikipedia.org.id, 7/8/15). Karena teramat kecil perusahaan ini, di awal kemunculan smartphone, mereka “tidak” melakukan kerjasama dengan toko retail untuk menjual produk mereka. Perusahaan ini fokus pada penjualan online yang lebih gampang dan mudah dicari oleh siapa saja.

Empat tahun perjalanan Xiaomi setelah meluncurkan produk pertama pada Agustus 2011, perusahaan ini teramat cepat menjadi besar. Namanya tidak hanya terdengar membumi di tempat asalnya saja namun di luar negeri tirai bambu pun taringnya cukup bernyali. Xiaomi memiliki slogan yang cukup bijak untuk melangkah lebih cepat selangkah ke depan. Slogan tersebut tak lain berhubungan dengan hal sensitif, yaitu harga. Dengan harga relatif murah dan spesifikasi “tinggi” di kelasnya, produk-produk Xiaomi laris manis di pasaran.

Bukti konkret Xiaomi sedang berada di atas awan adalah masuknya Pendiri sekaligus CEO Xiaomi, Lei Jun, ke dalam daftar 100 orang terkaya di dunia versi Forbes. Forbes mencatat rangking 16 untuk Lie Jun sebagai orang terkaya dalam ranah teknologi dengan total kekayaan USD 13,4 miliar. (detik.com, 6/8/15).

“uang” yang terkumpul ke tabungan Lei Jun menjadi sebuah keberkahan dalam waktu singkat. Survey yang dilakukan oleh Canalys menempatkan Xiaomi sebagai produsen dengan pangsa pasar 14% di China daratan. (inilah.com, 6/8/14). Xiaomi menjadi satu-satunya produsen yang menanjak ke posisi puncak dalam waktu cepat di China dengan meraih 31,6% pangsa pasar pada kuartal kedua 2014 menurut analis Kantar Worldpanel Comtech Dominic Sunnebo. Smartphone yang berhasil dikapalkan Xioami adalah 15 juta buah. (detik.com, 9/815).

Xiaomi diprediksi kembali merajai bisnis smartphone global dalam waktu dekat. Karena langkah pertama untuk menaklukkan dunia telekomunikasi adalah merengkuh dengan erat pangsa pasar China dan India. Dua negara besar ini merupakan negara yang pertumbuhan smartphone paling pesat.

Xiaomi hanyalah nama kecil yang besar mendadak. Banyak pelajaran yang bisa dipetik untuk para pelaku teknologi termutakhir. Kunci sukses dari Xiaomi kemudian diikuti oleh banyak produsen smartphone lain dengan menjual produk mereka secara online. Banyak produsen yang membuka toko online khusus, ada pula yang kerjasama dengan toko online lain untuk mendongkrak penjualan. Tidak hanya itu, penjualan smartphone yang variatif membuat produsen-produsen dan pemilik toko online mengadakan diskon untuk smarphone tertentu.

Langkah paling bijaksana yang di ambil oleh Lei Jun adalah dengan menciptakan smartphone murah. Walaupun di kemudian hari produk yang digadang-gadang murah tidak lagi masuk ke dalam produk murah seperti Mi Note yang harganya tak mudah didapat oleh golongan kelas bawah.

Xiaomi unggul di bagian lain karena membuat tampilan smartphone dengan inovatif. Pada 16 Agustus 2010 Xiaomi meluncurkan interface untuk smartphone mereka yang diberi nama MIUI. Interface ini tak lebih hampir sama dengan TouchWiz pada jajaran Galaxy Samsung atau iOS pada produk Apple.

Nama Xiaomi yang semakin besar membuat produsen ini tidak hanya terpaku pada smartphone saja. Xiaomi melebarkan sayapnya ke ranah tablet dengan meluncurkan Mi Pad, bersaing dalam memasarkan televisi cerdas dengan Mi TV, penyimpanan data online dengan Mi Cloud, layanan perpesanan online dengan Mi Talk, pengisi daya baterai dengan Mi Power Bank, gelang elektronik dengan Mi Band, maupun kamera cerdas dengan Yi Action Camera serta beberapa produk lain. (wikipedia.org, 7/8/15).

Ekspansi yang dilakukan Xiaomi tak lain adalah keberanian. Lei Jun cukup berani bermain di banyak lini karena mereka telah diperhitungkan dalam memasarkan smartphone. Xiaomi adalah raksasa China yang kian diperhitungkan oleh banyak kalangan.

Xiaomi melajukan kendaraannya dengan semakin kencang. Semangat dan kerja keras mereka patut dijadikan contoh untuk berkembang lebih baik. Smarthpone Xiaomi semakin banyak dipakai dari masyarakat kelas menengah sampai masyarakat kelas atas. Sebagai gambaran, saya lampirkan beberapa smartphone Xiaomi yang menjadikan produsen ini sebagai salah satu perusahaan besar hingga kini.

Xiaomi Redmi - Tabloidpulsa.co.id
Xiaomi Redmi Note - Tabloidpulsa.co.id
Xiaomi Mi 4 - Tabloidpulsa.co.id
Xiaomi Mi Note - Tabloidpulsa.co.id
Xiaomi Mi 4i - Tabloidpulsa.co.id

4 komentar:

  1. Canggihnya lagi Xiaomi bisa edit focus setelah jepret-jepret hanya dengan menyentuhkan ujung jari ke objek yang ingin diedit. Btw Bai twitternya nge block aku loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Xiaomi trs melakukan pembaruan ya.

      Ohya? Entah ni twitternya knp bs bgt. Sya cek lg ya :(

      Delete
  2. cie cie cie si bai udah beli xiomi :D

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90