Top Ad 728x90

Monday, August 31, 2015

,

Samsung Galaxy Note 5; Multitasking and Camera for Blogger

Samsung, Galaxy, Note, Note 5, Terbaru, Galaxy Note 5, Samsung Galaxy Note 5, Keunggulan Samsung Galaxy Note 5, Percaya Tidak Percaya Samsung Galaxy Note 5, Untuk Apa Membeli Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy Note 5 di Indonesia, Harga Samsung Galaxy Note 5 di Indonesia, Memori Samsung Galaxy Note 5, Galaxy Note 5 for Blogger, Galaxy Note 5 for Writer, Galaxy Note 5 for Reporster, Multitasking Galaxy Note easy for Blogger, Camera Galaxy Note 5 similiar for Blogger, S Pen Galaxy Note 5 for Blogger,

Kesan pertama; Samsung Galaxy Note 5 adalah produk serbaguna!

Walaupun sebenarnya saya belum menyentuh Galaxy Note 5, saya bisa membayangkan bagaimana rasanya menggunakan smartphone keluaran Samsung ini. Apalagi untuk ukuran smartphone high end dengan layar SuperAmoled 5,7 inci, ditunjang RAM 4 GB serta dapur picu Exynos 7420 buatan Samsung sendiri, bisa dipastikan Note 5 termasuk jajaran produk terbaik terhitung mulai tanggal dirilisnya yaitu pada acara Samsung Unpacked 2015 di Lincoln Center, New York pada 13 Agustus 2015.

Kenapa saya berani bertaruh untuk pendapat ini? Karena saya percaya Samsung menyuguhkan yang terbaik di kelasnya. Dan karena saya pun termasuk salah seorang konsumen yang sedang menggunakan produk Samsung dari keluarga Galaxy.
Caption Spesifikasi Galaxy Note 5 - GSMArena.com
Sebagai blogger, saya membutuhkan sesuatu yang lebih menantang dalam rangka kecepatan menangkap ide dan posting tulisan. Kebutuhan ini tak bisa saya rasakan dengan laptop yang musti dibawa ke mana-mana dalam ukuran besar maupun fasilitas kamera yang tidak memadai. Saya butuh yang segar, yang cepat, yang simpel, yang mudah menulis, gampang mengupload foto maupun menyimpan ide-ide menarik sebelum ditulis kemudian hari.

Samsung Galaxy Note 5 sungguh berguna untuk blogger yang kerap melakukan aktivitas di luar atau kegiatan lain selain fokus ngeblog. Karena apa?

Internet Kencang
Dengan dukungan 4G LTE, Samsung Galaxy Note 5 mampu membuat saya – kami – para blogger mudah memposting sebuah tulisan. Jaringan kencang tak hanya cukup berlaku di jaringan operator saja, perangkat keras sebuah smartphone sangat mendukung hal ini. Blogger yang rajin menulis mau tidak mau membutuhkan konektivitas yang kencang karena menulis tidak karena mengejar deadline semata. Kapan pun ada ide, tulis dan posting. Jaringan yang kencang ini membuat saya enjoy saja dan tak takut sebuah postingan tidak terpublish.

Selain jaringan kencang, blogger yang tiba-tiba galau dan tidak ingin langsung memposting tulisan, tak perlu khawatir karena tulisan yang tersimpan di draf blog bisa kembali direvisi di laptop atau perangkat lain.

Hancom Office
Sama halnya dengan produk high end Samsung lain, perangkat lunak bawaan paling penting untuk blogger adalah Hancom Office. Aplikasi ini bisa diupgrade untuk dapat menulis dan merevisi tulisan, tidak hanya sekadar membaca saja. Hancom Office terasa sangat wajib bagi seorang blogger di Samsung Galaxy Note 5, karena ide menulis itu bisa datang kapan-kapan dan butuh segera ditulis sebelum lupa.

Hancom Office sangat memudahkan saya dalam menulis. Apalagi dengan layar super jernih dari Samsung Galaxy Note 5 membuat mata tidak perih. Menulis di aplikasi Hancom Office di Note 5 sama persis dengan menulis di program office di laptop. Pengaturan dasar mengetik telah ada dan saya cukup menulis dengan rapi sebelum dicopi lalu dipindahkan ke blog.
Hancom Office - hancom.com
Camera
Kamera menjadi kebutuhan wajib bagi blogger untuk saat ini. Sebuah tulisan yang menarik dan bagus menurut banyak orang karena ada foto penunjang. Untuk sebuah liputan mustinya memasang foto hasil bidikan sendiri, tidak cukup mengopi dari dokumen orang lain. Kamera Samsung Galaxy Note 5 tentu tak main-main. Samsung menawarkan resolusi 16 megapixel dengan bukaan f/1.9 akan menghasilkan foto yang lebih jernih dan terang.

Saya sendiri tidak lagi menggunakan kamera sebagai alat bersenang-senang saja. Kamera telah menjadi kebutuhan khusus karena apa-apa wajib diabadikan. Jika ide menulis tentang foto itu belum ada, pasti ada waktu untuk menulis tentang itu. Saya tidak perlu khawatir foto itu lenyap karena aplikasi Foto dari Google telah tertanam otomatis di semua perangkat Android. Saya cukup login dengan email yang sama, maka foto-foto lama pun bisa terambil kembali.

Kualitas foto dari Samsung Galaxy Note 5 tak lain sebagai penunjang cerita yang saya bagikan melalui blog. Sudut pandang yang jeli tentu mengundang cerita yang menggugah. Saya tak perlu lagi memindahkan foto ke laptop karena bisa langsung diposting ke blog dari Galaxy Note 5 ini.
Hasil Kamera Galaxy Note 5 - Techradar.com
Hasil Kamera Galaxy Note 5 - Techradar.com
Huh! Tak sabar ingin segera membuka Crome, mempaste tulisan yang telah diketik dari Hancom Office, mengupload foto yang jernih hasil kamera yang telah mendukung optical image stabilization dan auto real time HDR.

Eit! Semua jadi gampang saat mengaktifkan multitasking (multi window). Cukup menarik bagian notifikasi dari atas ke bawah maka pilihan ini bisa langsung diaktifkan, dari warna gelap akan berubah warna hijau.

Aktivitas blogger yang membuka tiga program penting seperti Hancom Office, Crome dan Galeri berisi foto-foto, perlu sekali mengaktifkan multitasking. Dari layar Galaxy Note 5 akan ada pilihan untuk menggeser dari kanan ke kiri atau sebaliknya untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang bisa dibuka secara bersamaan. Multitasking ini membantu sekali karena saya tidak musti menutup salah satu aplikasi, atau menekan tombol Home untuk kembali ke menu. Saya cukup menarik layar dan menemukan aplikasi-aplikasi lain. Cukup berpindah-pindah saja, jadi terasa gampang sekali mengopi dan mempaste tulisan dari Hancom Office ke laman blog di Crome.
Contoh Multitasking - Androidauthority.net
Dan, sebagai blogger yang senang menyimpan data di smartphone, Samsung Galaxy Note 5 tentu saja menjawab tantangan itu. Dengan pilihan memori internal sebesar 32 GB atau 64 GB (khusus untuk Indonesia hanya dua pilihan memori ini), saya tak perlu khawatir memotret banyak objek atau menulis banyak artikel di Hancom Office, maupun sering-sering mengakses Crome. Belum lagi daya tahan ponsel ini yang cukup besar yaitu 3.000 mAh dengan teknologi isi cepat dan wireless charging. Tak hanya isi cepat saja, daya tahan baterai bisa ditanding dengan 16% saja tersisa saya masih bisa menyelesaikan satu artikel ringan dengan durasi waktu tulis sampai satu jam lebih.
Memori Galaxy Note 5 - Techradar.com
Kondisi Baterai Galaxy Note 5 - Techradar.com
Blogger kerjaannya memang ngetik saja di atas keypad. Samsung Galaxy Note 5 memudahkan saya untuk menghindari mengetik. Saya bisa menggunakan S Pen. Kesannya, seperti masa-masa sekolah dulu. Menulis menggunakan S Pen membuat saya jadi lebih tekun untuk memperbaiki tulisan cakar ayam. Jika selama ini saya sering mengetik di atas keypad saja, saat menggenggam Note 5 tak ada salahnya mencoba kembali menulis menggunakan pensil elektronik ini. Nama juga penulis, wajar saja ya menulis tangan kembali. S Pen pada Samsung Galaxy Note 5 akan memudahkan saya memindahkan artikel dari Hancom Office ke laman blog di Crome. Saya pun mudah mengeklik bagian tag maupun kategori yang berukuran kecil dengan S Pen. Saya juga mudah mengambil foto-foto dari Galeri dengan kemudahan sentuh dari S Pen. Saya juga mudah berpindah aplikasi dari Hancom Office ke Crome saat sedang proses posting tulisan. S Pen sangat membantu kegunaan multitasking yang terkadang jadi salah tekan jika menggunakan telunjuk yang jauh lebih besar dari ujung pena S Pen.
Fungsi S Pen Galaxy Note 5 - Techradar.com
Intinya sih, saya akan lebih banyak menggunakan Samsung Galaxy Note 5 untuk menulis blog. Rasanya, unpacked “di sini” tak bijaksana tanpa barangnya langsung. Saya baru akan tahu keunggulan Note 5 ini nanti – jika smartphone berbahan bukan plastik (lagi) ini saya genggam. Karena, selama ini saya menggenggam smartphone Samsung berbahan plastik. Tak elok rasanya pencinta Samsung tak memegang versi premium.

Hahaha!

Cukup lucu jika berharap ya. Kesannya jadi garing sekali. Eh, jangan salah. Jika Anda melihat smartphone kelas atas ini, dijamin pasti tergiur!
Keluarga Galaxy Note, Atas (1, 2, 3), Bawah (4, Edge, 5) - GSMArena.com
***
Simak juga yuk acara Samsung Galaxy Unpacked 2015 di New York
*** 
Referensi:

8 komentar:

  1. Duuuh...hari ini udah 5 postingan tentang Note 5 yang aku baca utuh wkwk...tambah mupeng dan dari kemaren ngerayu suami buat upgrade Note 1-ku yang udah pingsan batrenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari dulu saya selalu iri lht org pake Samsung gede dn ada pensilnya, smp skrg pun blm kesampaian utk memilikinya.
      Duh... Mbak Lina, smg kita ada rejeki ya utk dapat Samsung tipe ini 😊

      Delete
  2. Bnr bgt ^^ gadget canggih macam Samsung Galaxy Note 5 memang sgt membantu blogger dlm berkarya *tosh dl dong

    http://dhe-ujha.blogspot.com/2015/08/how-important-is-scrapbooking.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari semangat menulis Mbak Nuzhatul, apapun perangkatnya tetp produktif ya 😊

      Delete
  3. Mantep memang ini hape, asli pasti cocok buat saya yang sering banget bikin catetan untuk berbagai keperluan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bngt. Bisa untuk apa aja deh ini smartphone ☺

      Delete
  4. Replies
    1. Sangat keren Mbak Han, saya pecinta Samsung, susah move on deh pokoknya 😊

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90