Top Ad 728x90

Saturday, August 15, 2015

, , ,

Tentang Singapore Airlines yang Membalas Komentar Facebooker

Singapore Airlines, Maskapai Terbaik Dunia, Singapore Airlines Maskapai Terbaik Dunia, Pelayanan Singapore Airlines, Jenis Pesawat Singapore Airlines, Harga Tiket Termurah Singapore Airlines, Rute Penerbangan Singapore Airlines, Pesawat Bagus Singapore Airlines, Media Sosial Singapore Airlines, 10 Maskapai Terbaik Dunia 2015, 10 Maskapai Terbaik Dunia 2014,

Singapore Airlines - Sumber Facebook
Sebuah media sosial memang besar pengaruhnya terhadap banyak hal. Banyak akun berlomba untuk mengejar para liker, komentaror dan shared terbanyak. Apalagi yang jika informasi tersebut sangatlah penting, berharap sekali banyak dibagi-bagikan oleh akun berbeda. Terlebih pada akun resmi yang digunakan oleh sebuah lembaga besar yang ingin banyak dikunjungi oleh pengunjung. Karena akan berkenaan dengan iklan, promosi maupun aneka tawaran lain. Namun, tak jarang akun resmi ini melempar sebuah permasalahan tapi tak digubris setelah itu. Komentator saling perang argumen, bahkan sampai menyalahkan, sayangnya admin media sosial akun dimaksud tak pernah merespon sama sekali.
Pramugari Singapore Airlines - Sumber Facebook
Saya termasuk korban tak digubris oleh Admin sebuah media sosial milik entah siapa itu. Saya pun tak bosan untuk meninggalkan kesan dan pesan pada akun resmi sebuah lembaga. Hitung-hitung supaya jadi terkenal. Kali ini saya pun meninggalkan “jejak” di salah satu akun media sosial milik maskapai penerbangan negara tetangga. Singapore Airline. Maskapai penerbangan ini sedang merayakan ulang tahun negaranya – Singapura – yang ke 50 tahun pada 9 Agustus 2015, lantas mengajukan sebuah pertanyaan di wall Facebook mereka. Ada banyak yang memberi komentar dan dibalas oleh Admin media sosial maskapai penerbangan yang termasuk ke dalam salah satu maskapai terbaik dunia menurut Skytrax. Maskapai penerbangan ini termasuk salah satu maskapai terbaik, tersukses di Asia menurut penilaian lembaga yang sama. (wikipedia.org, 15/8/15).
Caption Balasan Komentar dari Fanpage Singapore Airlines - Bai Ruindra
Prestasi yang membanggakan untuk maskapai dengan kru dan pelayanan terbaik. Tahun 2015, maskapai penerbangan ini tetap bertahan sebagai maskapai terbaik dunia. Dalam penghargaan tahunan Skytrax, World Airlines Awards 2015, dilaksanakan di Le Bourget, Paris, Perancis tanggal 16 Juni 2015, Singapore Airlines menempati posisi dua terbaik dikalahkan oleh Qatar Airways dan mengalahkan Cathay Pacific Airways. ((detik.com, 17/6/15) dan (kompas.com, 20/6/15)).

Kembali ke topik awal. Mengenai media sosial yang tak bisa diabaikan. Saya termasuk di antara pemilik akun Facebook yang mendapatkan perlakuan yang sama dari Singapore Airlines. Apakah ini penting? Sekilas memang tidak penting. Namun sangat penting untuk “kalangan” korporat untuk dihargai oleh banyak kalangan. Media sosial tak lain salah satu wadah untuk mendekatkan diri dengan beragam kalangan. Tak semua kalangan menerima, namun perlakuan yang baik akan mendapatkan penilaian baik pula.

Dua kali saya meninggalkan komentar di salah satu status fanpage Singapore Airlines, dua kali pula komentar saya dibalas oleh penjaga gawang fanpage yang disukai oleh pemilik akun Facebook hampir mencapai angka dua juta orang. Pertama seperti yang saya sebutkan di atas, dan kedua saat promosi tiket ke Korea Selatan. Memang terkesan “biasa” saja atas dibalasnya komentar ini, namun itu sangat penting karena akun resmi ini termasuk salah satu akun yang akurat dengan tanda centrang biru. Artinya, Facebook telah menyetujui laman ini sebagai laman resmi dan dijaga dengan baik oleh media sosial terbesar di dunia ini.
Caption Balasan Komentar dari Fanpage Singapore Airlines - Bai Ruindra
Satu status terbaru saja, jumlah like mencapai ratusan sampai ribuan orang. Admin fanpage Singapore Airlines menjawab satu persatu komentar di status mereka yang lengkap dan memberi semangat, serta harapan supaya terbang bersama mereka suatu saat nanti.

Untuk saya sendiri, termasuk golongan yang “susah” sekali duduk manis di dalam badan pesawat Boeing maupun Airbus yang dimiliki Singapore Airlines. Karena, selain harga tiketnya mahal, rute dari tempat saya tinggal pun tak ada. Singapore Airlines hanya membuka rute dari kota-kota besar saja.

Media sosial sungguh sangat berpengaruh terhadap sebuah lembaga. Orang bebas berekspresi terhadap apapun. Sikap yang dilakukan oleh Admin fanpage Singapore Airlines menandakan bagusnya manajemen sebuah laman media sosial (mencerminkan bagusnya perusahaan mereka). Padahal, jika ditinjau lebih dalam, maskapai ini bahkan bukan maskapai (perusahaan) dari Indonesia. Saya langsung membandingkan dengan akun media sosial – khususnya fanpage – lembaga-lembaga besar lain, berulang kali ditinggalkan komentar namun tak pernah terlihat etikat baik dari Admin untuk membalas bahkan menekan like terhadap komentar yang masuk.

Pentingkah sebuah Like atau Komentar?

Penting sekali. Karena dari jumlah like dan komentar itu dapat dilihat berapa “bagusnya” sebuah status, atau berapa “menariknya” sebuah status. Dan, jangan pernah abaikan mereka yang like atau komentar di status akun. Karena like dan komentar itu menandakan bahwa akun itu diperhatikan oleh akun-akun lain. Apalagi untuk sebuah fanpage yang notabene dijaga oleh Admin media sosial yang dibayar (digaji) untuk itu.

Tindakan Admin Singapore Airlines patut dicontoh oleh Admin-Admin media sosial lembaga lain. Baik atau tidak baik, silakan nilai sendiri. Ada yang tidak setuju?

Referensi:
Wikipedia Indonesia https://id.wikipedia.org/wiki/Singapore_Airlines
Detik.com http://travel.detik.com/read/2015/06/17/121506/2944709/1382/10-maskapai-terbaik-dunia-di-2015-garuda-indonesia-nomor-8
Kompas.com http://travel.kompas.com/read/2015/06/20/103500727/Inilah.Maskapai-maskapai.Terbaik.di.Dunia
Facebook Singapore Airlines https://www.facebook.com/singaporeairid?fref=ts

4 komentar:

  1. Beberapa brand besar menerapkan aturan reply maksimal berapa menit setelah komentar pembaca masuk. Biasanya itu udah masuk SOP. jadi kayaknya memang bisa jadi nilai tambah ya dibanding brand lainnya yang tidak menerapkan hal itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak Ila. Respon itu sngat penting lho. Cb kta lihat brp byk fanpage dr produk-produk di Indonesia. Mrka lempar masalah eh gk digubris lg sm pelempar masalah. Inilah yg dinamakan pelayanan bagus atau tidak.
      Terima kasih Mbak Ila.

      Delete
  2. Semoga Bang Bai dapat tiket gratis Singapore Airlines kelak. Amiin... #doaharijumat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga ya Makmur. Terima kasih doanya :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90