Top Ad 728x90

Tuesday, August 11, 2015

,

Untuk Apa Makan 7 Jenis Buah Dalam 7 Hari?

Buah Segar, Tata Cara Makan Buah, Manfaat Buah, Manfaat Apel, Manfaat Melon, Manfaat Jeruk, Manfaat Guava, Manfaat Pisang, Manfaat Pepaya, Manfaat Semangka, Lomba Blog Sunpride.co.id, Buah-buahan di Sunpride.co.id, Sunpride Indonesia, Sunpride Lampung, MY 7-DAYS FRUITS DIARY, 7 Hari 7 Buah, Makan Buah Setiap Hari


Salah satu makanan yang nyaman dikonsumsi, tidak ribet sampai membutuhkan wadah besar, bahkan memasak kembali menggunakan api adalah buah. Jenis buah yang beragam membuat sebagian besar orang menyukainya. Buah bisa menjadi alternatif terbaik dalam rangka membuat tubuh tetap sehat dan kenyang. Buah yang terdapat di Indonesia pun sangat banyak. Untuk memilihnya tentu sesuai selera dan gampang-susahnya mendapatkan buah tersebut.

Buah yang dikonsumsi akan bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang. Berbeda jenis buah, berbeda pula manfaatnya. Buah-buahan yang beragam bentuk tak hanya enak disantap mentah saja. Ada beberapa jenis buah yang bisa dibuat juice, ada jenis buah yang bisa dipadukan sebagai pemanis tampilan kue tart, ada pula buah yang bisa dibaur dengan adonan kue sehingga rasa dan aromanya menyatu. Tentu saja kita pernah mencicipi kue aroma dan rasa nenas maupun durian.

Aneka manfaat buah yang menggiurkan bisa pula dijadikan es buah atau soup buah dengan mencampur beberapa jenis buah seperti Apel, Melon, Semangka, Pepaya maupun beberapa buah sejenis yang dapat dihidangkan di saat cuaca panas. Membuat soup buah ini pun gampang, buah-buah ini dipotong kecil-kecil lalu dicampur dengan susu dan gula. Jika ingin menambahkan pewarna dan pemanis lain tidak masalah.

Buah-buahan seperti Guava, Semangka, maupun Pepaya bisa dijadikan menu rujak colek yang nikmat. Caranya tentu saja dengan mencincang buah kecil-kecil lalu dicolek dengan sambal buatan sendiri atau dibeli di pasar rakyat. Sambal buatan sendiri terdiri dari campuran gula aren, gula, kecap dan cabai merah. Rasanya sungguh membuat lidah ingin segera mencicipinya, bukan?  

Makan buah tak perlu khawatir gemuk atau malah semakin kurus. Mengonsumsi buah aman-aman saja asalkan pencernaan masih bisa menerima. Untuk Anda yang bermasalah dengan lambung, tentu harus mengurangi buah dengan rasa asam seperti jeruk secara berlebihan. Asam itu berakibat tak baik untuk pencernaan penderita sakit ambung. Salah sedikit, perut langsung sakit, masih syukur jika bolak-balik ke kamar kecil, jika harus dilarikan ke rumah sakit, bisa jadi masalah yang lebih merepotkan. Dan, untuk Anda yang tidak menyukai aroma menyengat tentu akan menghindari buah sejenis durian karena tak hanya selagi di makan saja membawa bau tak sedap tetapi setelah mengonsumsinya pun masih tetap sama. Siapa saja yang baru makan durian setidaknya menghindari kentut maupun bernapas panjang di depan orang banyak.

Ngomong-ngomong, jangan khawatir untuk mengonsumsi buah.

Kapan dan di mana saja tak masalah. Saya sendiri membuat perencanaan yang matang untuk jadwal makan buah. Buah ini bisa berganti di minggu berikutnya, atau pun sesuai dengan musim atau sesuai dengan mudah tidaknya mendapatkan buah. Untuk minggu ini, saya memilih 7 Buah berbeda dalam 7 Hari.

Apel  
Buah berwarna merah dan hijau ini termasuk salah satu jenis buah ekslusif di daerah saya. Rata-rata harga perkilo mencapai angka dua puluh ribu rupiah lebih. Kebanyakan penjual menjual Apel merah yang warnanya memberi semangat jika dikonsumsi di hari Senin. Apel bisa dikonsumsi di pagi hari sampai malam hari karena dagingnya yang keras bisa sebagai pengganti makanan berat. Apel tak hanya mengenyangkan saja namun para penyuka Apel bisa senang sekali jika mendengar buah ini bisa mengurangi gejala kolesterol sampai 16 persen jika dimakan dua buah saja setiap hari. Penelitian dari Archives of Internal Medicine pada tahun 2003 menegaskan bahwa Apel dapat membantu mencegah serangan jantung karena Apel termasuk salah satu buah yang memiliki serat. Walaupun Apel memiliki kadar lemak yang rendah namun serat di dalamnya tak bisa diabaikan begitu saja. Selain menurunkan kolesterol, Apel mampu mencegah diabetes. Caranya dengan memakan Apel selama dua sampai tiga bulan dalam setiap harinya. Alasan mengapa Apel dapat mengurangi diabetes karena kandungan di dalam buah ini mampu mengembalikan fungsi pangkreas untuk memproduksi insulin. Orang menderita diabetes karena pangkreas terganggu sehingga tidak bisa menghasilkan insulin dengan baik.

Banyak manfaat lain dari Apel yang bisa didapati. Mengonsumi buah merah ini cukup mudah. Bagi Anda yang suka memakannya dengan kulit tinggal mencuci sampai bersih. Jika tak suka kulitnya, tinggal dikupas dan disantap dengan santai. Jika tak terburu-buru, kupas saja buah Apel lalu potong kecil-kecil, santap sambil menonton berita pagi. Dan, jika ingin mengonsumsi Apel beserta sarapan pagi lain seperti nasi goreng maupun sepotong roti, tinggal juice buah Apel sebagai minuman segar.

Menikmati Apel di Senin pagi cukup membuat atmosfer kerja positif. Berminat menikmati Apel di Senin ini?
Apel - Sunpride.co.id
Melon
Hari Selasa membutuhkan sesuatu yang padat dan cair. Buah Melon adalah alternatif terbaik. Karena buah Melon mengandung daging yang mengenyangkan dan cairan yang melancarkan pencernaan. Melon dipercaya sebagai salah satu buah yang menjadi antisipasi terjadinya kanker. Melon tak hanya bikin perut kenyang namun membunuh bibit-bibit kanker yang bisa menyerang siapa saja.

Manfaat pertama memang tak terasa namun manfaat kedua ini pasti sangat mudah dirasakan. Melon itu tak lain adalah buah yang dapat melancarkan proses buang air besar. Kadar air yang tersimpan di dalam Melon mampu melancarkan pencernaan dengan baik. Buah berwarna hijau dan berbentuk seperti labu ini ternyata mengandung Vitamin C dan Vitamin A. Kebutuhan orang dewasa akan Vitamin C sekitar 90 mg perhari. Dengan mengonsumsi buah Melon setidaknya dapat menampung kekurangan Vitamin C tersebut. Akibat kekurangan Vitamin C tak lain adalah panas dalam. Melon yang rasanya dingin tak akan menambah panas semakin membara bahkan sampai demam namun mengurangi resiko panas dalam tersebut.

Cara mudah mengonsumsi Melon adalah mengupas kulitnya, membuang anaknya, potong kecil-kecil lalu hidangkan di meja makan pagi, siang maupun malam hari. Jika Anda ingin merasakan kehikmatan lain, cukup membuat Melon menjadi juice segar yang bisa dihidangkan dalam waktu cepat.
Melon - Sunpride.co.id
Jeruk
Rabu yang “panas” di tengah minggu adalah Jeruk sebagai penangkal emosi. Mungkin ini hanya anggapan saja. Namun buah berwarna orange ini adalah salah satu pemasok vitamin termasuk besar untuk tubuh. Walaupun beberapa orang tidak dianjurkan makan Jeruk karena pencernaan bermasalah, namun Jeruk adalah pilihan tepat dan mudah dihidangkan di meja keluarga maupun meja ruang tamu.

Semua pada tahu Jeruk itu menyimpan Vitamin C. Satu Jeruk saja bisa memiliki 116,2 persen dari kebutuhan sumber Vitamin C harian tubuh manusia. Vitamin C yang dikandung dalam Jeruk adalah obat mujarab dalam rangka mengusir radikal bebas yang berakibat resiko kanker usus besar. Selain Vitamin C, Jeruk juga memiliki Vitamin B6 yang membantu produksi hemoglobin dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Selain murah dan mudah didapatkan, cara mengolah Jeruk pun gampang. Jeruk bisa disantap mentah dengan mengupas kulitnya atau dibuat juice. Juice Jeruk enak dinikmati di siang hari dan mampu mengurangi kekurangan cairan akibat hawa panas.
Jeruk - Sunpride.co.id
Guava
Kamis yang mendekati akhir pekan butuh sesuatu yang “keras” untuk disantap. Guava atau lebih dikenal lagi dengan sebutan Jambu Klutuk atau Jambu Biji adalah pilihan tepat. Jenis buah ini sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Buah berwarna hijau ini pun menyimpan banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Guava dapat membantu proses pencernaan karena di dalamnya mengandung serat yang mudah larut sekitar 5,4 gram pada 100 gram buah. Buah yang bisa dikonsumsi dengan kulitnya ini ternyata mengandung Vitamin C, Vitamin B3 dan B6. Vitamin B3 tak lain adalah salah satu vitamin yang dapat merangkang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah. Sedangkan Vitamin B6  berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak dan saraf.

Menikmati Guava bisa dengan beragam cara. Guava bisa dimakan mentah maupun dibuat manisan. Guava yang dimakan mentah bisa dipadukan dengan sambal dari gula aren, cabai dan kecap. Guava yang dibuat manisan tentu saja bisa dinikmati setelah disimpan dua sampai tiga hari.
Guava - Sunpride.co.id
Pisang
Pisang. Buah ini umum sekali ya? Di mana-mana ada. Murah meriah. Dan ternyata, manfaatnya sangat banyak sekali. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung serat dan karbohidrat tinggi. Dengan mengonsumsi Pisang dapat membantu gerakan usus karena buah ini seperti pelumas yang membuat usus mudah dalam mencerna makanan. Bagi Anda yang bermasalah dengan lambung, penderita penyakit maag, Pisang adalah pilihan tepat karena buah ini mengandung efek antasid yang mampu mencegah penyakit maag kambuh kembali. Daging Pisang yang padat dan berserat sangat baik untuk menurunkan bahkan menaikkan berat badan.

Pisang tak hanya bikin kenyang dan melancarkan pencernaan, namun sebuah pisang ukuran sedang memiliki kalsium (potasium) sekitar 467 mg dan sodium (natrium) sekitar 1 mg. Jika mengonsumsi Pisang sebanyak 100 gram maka efeknya akan menerima 5 mg untuk yang disalurkan ke seluruh tubuh. Pisang juga menyimpan Vitamin C yang disinyalir dalam mengurangi resiko stress.

Masih banyak manfaat dari Pisang bagi tubuh manusia. Karena mudahnya didapat buah ini bisa diracik dengan berbagai kebutuhan. Pisang itu bisa diolah menjadi gorengan yang enak dinikmati di pagi maupun di malam hari yang dingin. Pisang juga dapat ditambah sebagai menu penting kolak yang rasanya dapat mempermanis kolak. Pisang juga dapat dijadikan isi dalam kue seperti kue yang telah diparut. Ubi parut yang telah ditambahkan gula dan garam kemudian membalut pisang sebelum dipanaskan di atas api sedang. Proses menanak kue sederhana ini gampang saja dengan menunggu perubahan warna daun pembungkus dan lembeknya pisang di dalam balutan ubi tersebut.

Menikmati Pisang bisa kembali pada selera masing-masing. Disantap mentah pun lebih nikmat karena kadar vitamin maupun karbohidrat tak berkurang. Anda pilih yang mana?
Pisang - Sunpride.co.id
Pepaya
Sabtu ceria adalah waktu yang cocok untuk mengonsumsi Pepaya. Karena buah berwarna kuning ini adalah buah yang menyimpan Vitamin C lebih besar dari Apel. Pepaya yang mudah dicerna sangat bagus untuk pencernaan. Pepaya juga dapat menyegarkan kulit dari dalam karena mengandung detoksifikasi. Pepaya termasuk salah satu buah yang menghambat proses penuaan dini dan membuat kulit lebih cerah dan kencang.

Menikmati Pepaya cukup dengan mengupas, membuang anaknya, memotong kecil-kecil lalu menghidangkan di atas meja makan. Pepaya juga bisa menjadi teman menonton acara televisi favorit karena mudah dikonsumsi. Pepaya yang dikonsumsi sebaiknya Pepaya muda karena dapat menghasilkan dua kali lipat enzim dibandingkan Pepaya yang sangat matang. Enzim ini berguna untuk mengurai lemak di dalam tubuh dan dipercaya dapat melangsingkan tubuh. Bagi Anda yang sedang dalam proses diet, Pepaya adalah alternatif terbaik. Tertarik mencobanya?
Pepaya - Sunpride.co.id
Semangka
Buah hijau dengan isi dalam merah ini sungguh besar khasiatnya untuk pencernaan. Tidak percaya? Coba saja makan Semangka dalam jumlah besar di malam hari, sebentar-sebentar akan diminta ke kamar kecil. Berbeda dengan Melon, kadar air yang dikandung Semangka justru lebih besar. Semangka yang dikonsumsi setidaknya telah mengandung Vitamin C dan Vitamin A. Semangka yang tidak perlu dimasak lagi untuk menyantapnya itu ternyata menyimpan 40 persen kandungan antioksidan lebih banyak dari tomat. Semangka juga tak lain adalah buah yang mampu mengontrol tekanan darah karena merupakan potasium yang baik.

Mengonsumsi Semangka lebih enak di hari yang santai seperti Minggu. Menghabiskan akhir pekan bersama keluarga tak lain adalah hal yang wajar karena butuh lebih banyak waktu dan kebersamaan. Semangka bisa dihidangkan di atas meja keluarga, atau sambil menemani anak-anak bermain di halaman rumah, atau sebagai pencuci mulut sehabis makan besar.
Semangka - Sunpride.co.id

7 Buah Dalam 7 Hari. Variasinya bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk mengetahui manfaat buah sebelum memakannya. Karena apa? Kembali lagi kepada pencernaan yang masih sanggup atau tidak menerima buah tertentu dalam jumlah besar.

Bingung cari buah di mana? Pilih saja toko buah yang terpercaya dan melayani pelanggan dengan baik.

Masih ragu mengonsumsi buah?

Referensi:

9 komentar:

  1. Masih pake kemasan makanan yang terbuat dari plastik atau styrofoam? Hati-hati orang yang sering makan dengan kemasan tersebut sangat memiliki resiko besar terjangkit kanker. Segera berlih menggunakan kemasan makanan yang aman untuk makanan serta tubuh dan lingkungan. Informasi lebih lanjut dapat anda temukan di sini <a href="http://www.greenpack.co.id/</a>

    ReplyDelete
  2. Masih pake kemasan makanan yang terbuat dari plastik atau styrofoam? Hati-hati orang yang sering makan dengan kemasan tersebut sangat memiliki resiko besar terjangkit kanker. Segera berlih menggunakan kemasan makanan yang aman untuk makanan serta tubuh dan lingkungan. Informasi lebih lanjut dapat anda temukan di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete
  3. Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.

    ReplyDelete
  4. makasih bos buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  5. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  6. Even though it was late but the spirit should keep the spirit morning guys

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90