Top Ad 728x90

Wednesday, September 16, 2015

, , , , , ,

Ada Orang Bertanya Pada Pemilik Smartphone #goforit

4G, 4G LTE, Smartfren 4G, Smartfren 4G LTE Advanced, Smartfren, Smartfren 4G LTE Advanced, internet cepat, Lomba Blog, Lomba Blog Gaya Hidup Digital di Era Internet Cepat, Lomba Blog Smartfren, Lomba Blog Blogdetik, Lomba Blog Smartfren dan Blogdetik

Ada anak bertanya pada bapaknya,
Buat apa berlapar-lapar puasa,
Ada anak bertanya pada bapaknya,
Tadarus tarawih apalah gunanya,

…….
…….
(Kutipan lagu Anak Bertanya Pada Bapaknya dari Bimbo)

Apaan sih?

Kayak nggak penting banget menulis cuplikan lagu tersebut. Namun jangan salah. Lagu ini menginpirasi saya menulis tentang Gaya Hidup Digital di Era Internet Cepat.

Hidup selalu berada dalam sebuah tanda tanya. Ini ditanya. Itu ditanya. Semua butuh jawaban. Semua butuh penjelasan panjang. Walaupun sebuah tanya bisa saja tidak membutuhkan jawaban karena orang yang bertanya bisa menganalisa sendiri jawabannya.

Melirik lagu Bimbo, lagu ini cukup familiar dan semenjak dirilisnya sampai sekarang tetap diputar saat bulan Ramadhan. Begitu pentingnya sebuah pertanyaan mengenai puasa, tarawih dan tadarus. Tanya kenapa? Karena tiga hal ini hanya istimewa di bulan puasa saja. Anak-anak yang belum paham tentu harus mendapatkan penjelasan akurat mengenai ketiga hal tersebut.

Benang merah dengan artikel ini, tak lain pada orang yang bertanya kepada pemilik smartphone. Untuk apa mengarahkan kamera smartphone ke objek ini dan itu? Untuk apa suka sekali foto diri sendiri? Istilah kerennya selfie. Untuk apa melototi smartphone tiap saat? Apa tidak pegal mengetik terus di atas layar smartphone?

Bahkan, kucing tidur dijepret, katak meloncat difoto, kupu-kupu terbang diklik. Kayak nggak ada kerjaan saja ya pemilik smartphone ini. Lantas untuk apa hasil jepretan tersebut?

Ayolah, masa telah berubah. Orang-orang di sekitar memang bertanya terus-terusan karena terkadang tidak tahu manfaatnya. Saya sendiri sering tersindir dengan pertanyaan-pertanyaan demikian.

Kok asyik bawa-bawa buku agenda ke mana-mana?” sebuah tanya saat saya menenteng smartphone 5 inci atau tablet.

Padahal, dari kedua gadget ini saya menerima banyak sekali manfaat. Hasil foto bisa diupload ke media sosial. Tiba-tiba dapat ide menulis, tinggal buka aplikasi office dan menuliskan sebuah artikel sebelum dipublish dengan foto pendukung yang telah dipotret sebelumnya.

Sebenarnya, gampang-gampang susah menjawab orang bertanya mengenai untuk apa handphone canggih?

Ada orang bertanya, ini jawabannya!

Gaya Hidup
Sebagai penunjang aktivitas, smartphone di era digital begitu penting. Seperti yang telah saya sebutkan, katak loncat pun difoto. Untuk apa? Manfaatnya memang belum dapat dirasa secara tiba-tiba. Upload ke media sosial pun menjadi pertimbangan tersendiri untuk menjaring like & share. Lambat-laun akun kita dikenal orang karena hasil bidikan kamera smartphone dengan sudut pandang berbeda. Siapa yang tidak mau terkenal?

Masihkah ada orang yang bertanya?

Gaya hidup berubah karena perubahan masa yang kian pesat. Di saat smartphone menawarkan hardware mumpuni untuk berinternet, maka operator pun berlomba mengencangkan sabuk pengaman ke ranah internet cepat. Internet cepat lebih dari cukup untuk mengupload sebuah foto berukuran besar ke media sosial. Setiap foto mempunyai makna. Mengutip pernyataan Denny Herliyanto, Fotografer Femina Group, “Pada umumnya, sebuah foto diambil dengan teknik yang baik. Meskipun pada sebagian foto, pemilihan objek dan ide foto mudah ditemukan. Ada pula foto yang cenderung “bisu” sehingga harus diperkuat dengan keterangan. Idealnya foto tanpa caption (keterangan) harus tetap bisa bercerita…” (femina, No.32/XLIII 15-21 Agustus 2015).

Foto selalu bercerita. Makna yang tersimpan dalam sebuah foto adalah kebiasaan-kebiasaan di kehidupan terkini. Dengan membagikan ke media sosial foto-foto tersebut menjadi pelajaran untuk berbuat kebajikan. Setiap pertanyaan bisa terjawab dengan hadirnya foto karena foto memberikan jawaban lebih dibandingkan kata-kata yang bisa berubah-ubah dari mulut ke mulut.

Dari sekarang, arahkan kamera smartphone canggih Anda ke mana saja. Inilah gaya hidup sebenarnya. Kuliner di kotaku, tentu berbeda dengan kotamu. Pakaian adat di desaku, tentu tak sama dengan pakaian adat di desamu. Orang-orang di rumahku, tak akan sama dengan orang-orang di rumahmu. Abadikanlah dia karena tak selamanya ia bercerita dan bernyawa!
Menanti Matahari Terbenam - Bai Ruindra
Bunga Liar - Bai Ruindra
Bunga Liar - Bai Ruindra
Matahari Terbenam yang malu pada mendung - Bai Ruindra
Kisah Perjalanan
Istilah traveler semakin hari semakin sempurna di ranah teknologi. Para pencari kesenangan hidup ini terus menapaki dunia dari kota besar sampai ke pelosok-pelosok. Mencari tahu kehidupan sebenarnya. Kisah perjalanan ini tak pula cukup diceritakan saja tanpa ada penjelasan penting dari sebuah foto. Lagi-lagi foto yang mendulang sukses menceritakan semua. Kisah perjalanan tersebut kemudian dikisahkan dalam artikel blog yang didampingi dengan foto-foto dari berbagai sudut pandang. Ada foto yang tanpa perlu diceritakan detailnya. Ada foto yang mesti dijelaskan secara gamblang mengenai apa yang terjadi. Semua kisah ini tidak gampang diinput ke internet jika jaringannya lelet. Internet cepat seyogyanya telah sampai pada taraf 3G atau pada tingkat 4G LTE seperti yang ditawarkan oleh Smartfren 4G LTE Advanced.

Ada yang bertanya untuk apa internet cepat? Ini mah sering kita dengar.

Untuk seorang blogger atau traveler yang semua mesti buru-buru, internet cepat itu sangat perlu. Jangan salah, setiap traveler itu diburu waktu untuk mencapai tempat lain. Ketika berada di suatu tempat harus segera mengupload foto atau cerita di blog. Karena ketika sampai di tempat lain, cerita dan foto yang hadir akan beda. Tumpang-tindih cerita sungguh tidak menarik karena pengalaman di tempat semula akan sangat jauh berbeda dengan di tempat kedua.

Smartphone dengan hardware mumpuni; mulai dari kamera, dapur picu, ketahanan baterai dan kecepatan internet, merupakan pilihan yang tepat menemani sebuah perjalanan. Kamera yang “bagus” dengan mudah menerima dan mengunci objek foto. Dapur picu yang kencang membuat smartphone tidak cepat drop tiba-tiba saat dijalankan banyak apliaksi. Baterai tahan lama justru diperlukan oleh traveler yang tidak mudah menemukan aliran listrik untuk mengisi daya. Kecepatan internet dari smartphone jauh lebih penting dibandingkan jaringan yang disediakan oleh operator. Smartphone dengan kecepatan internet 4G LTE misalnya dengan mudah menerima jaringan yang disediakan oleh operator. Memadukan empat hal ini dalam sebuah kisah perjalanan adalah wajib bagi traveler.

Hal-hal yang tidak penting misalnya, bagi saya justru sangat penting. Sebagai contoh saat berada di atas ketinggian, mengabadikan sesuatu di bawah itu justru lebih menarik. Keluarkan smartphone yang telah diaktikan Mode Penerbangan lalu ambil foto dari jendela pesawat. Apalah itu terserah. Ada orang bertanya bagaimana rasanya naik pesawat, perlihatkan salah satu foto ini.
Dari ketinggian - Bai Ruindra
Memang, terkadang saya tidak bisa mendapatkan objek yang sangat bagus dari sebuah tempat karena alasan ini dan itu. Tetapi sebagai traveler saya wajib memotretnya. Ada orang yang bertanya apakah pernah mengunjungi tempat ini. Jawabannya adalah foto yang dimaksud. Lebih gampang lagi karena foto telah diupload ke media sosial. Walaupun saya belum sampai ke rumah, anggota keluarga yang memiliki smartphone bisa melihatkan gemerlap malam di suatu tempat, misalnya di Malioboro ini.  
Kepadatan Malioboro, Yogyakarta - Bai Ruindra
Saat perjalanan yang sangat jauh pun saya bisa dengan mudah berkomunikasi melalui foto. Upload foto di media sosial atau kirim melalui pesan gambar dari aplikasi chatting populer, keluarga dapat melihat langsung saya telah berada di tempat dimaksud. Pantai Senggigi yang menghadap Bali bisa dilihat dengan decak kagum keluarga.
Perahu di Senggigi, Lombok - Bai Ruindra
Smartphone dan internet sama-sama memudahkan menulis kisah perjalanan. Foto atau cerita adalah dua hal yang berbeda. Foto yang paling utama dibagikan melalui jaringan internet cepat lebih cepat pula diterima. Jangan pernah berpikir, orang tua tidak khawatir. Walaupun traveler sering berkemas ke mana-mana. Keluarga tetap nomor satu yang khawatir keselamatan kita. Bagikan semua kisah melalui foto kepada keluarga dari jauh. Laksana rindu tak berperi, foto menjawab semua tanya yang tak ditanya!

Teknologi
Bagian ini begitu penting ya saat ini. Teknologi yang dihadirkan smartphone dan internet cepat tak lain perpaduan yang memukau. Anda bisa langsung mengetahui informasi terbaru pada detik itu juga. Saya sendiri sejak menggunakan smartphone aplikasi wajib untuk kategori media massa adalah Detikcom. Aplikasi ini cukup menarik bagi saya yang haus informasi. Selain cepat dan akurat aplikasi ini menyuguhkan kanal-kanal informasi sesuai kebutuhan. Kanal yang paling sering saya kunjungi adalah Teknologi. Asyik saja membaca informasi mengenai ini, apalagi jika membaca komentar yang bisa menimbulkan tawa.

Aplikasi berita semacam Detikcom penting untuk pemilik smartphone. Ada yang bertanya mengenai berita terbaru, tinggal buka aplikasi berita dimaksud. Teknologi serba cepat. Namun informasi yang diterima mesti dipilah supaya tidak salah pengertian. Aplikasi yang tersedia untuk Android ini merupakan salah satu aplikasi berita yang memiliki redaksi dan bisa dipertanggungjawabkan. Teknologi bisa gampang menipu, belum lagi berita di media sosial yang belum tentu benar.

Jika dulu, membaca berita harus menunggu sehari baru muncul di koran lokal atau nasional, sekarang benar-benar berubah. Saya hanya butuh smartphone dan internet cepat. Membaca berita pun perlu internet cepat karena aplikasi yang dibuka butuh loading untuk masuk ke berita yang diklik. Teknologi sangat memudahkan saya mengetahui banyak hal; negatif dan positif. Kebutuhan ini bisa dengan mudah didapat jika kecepatan jaringan internet telah sampai ke 4G LTE.

Musik
Mari kita putar lagu Bimbo dari Youtube ini.

Bosan menunggu buffering video ini? Smartfren 4G LTE Advanced bisa menjadi alternatifnya.

Musik telah menjadi bagian dari hidup saya. Mendengar musik karena saya butuh kesenangan dan ketenangan. Setiap musik menghadirkan aura tersendiri yang menempatkan saya sebagai manusia yang hanya memikirkan bahagia semata.

Musik yang berhubungan dengan internet ya menonton video di Youtube. Ini adalah salah satu pilihan karena saya menggunakan Android, mau tidak mau Youtube merupakan aplikasi bawaan dari Google. Satu akun Gmail bisa berguna untuk semua aplikasi dari Google. Setelah mengaktifkan Android dengan email yang sama, Youtube maupun PlayStore secara otomatis membaca akun yang sama. Masuk ke Youtube, tinggal pilih lagu-lagu kesukaan. Mulai dari lagu-lagu nostalgia sampai lagu-lagu masa kini. Dari lagu-lagu berbahasa inggris sampai ke bahasa hangul.

Menikmati Youtube bisa di mana saja asalkan internet cepat dan terhindari dari buffering. Penat dan lelahnya perjalanan bisa teratasi dengan lagu-lagu dari Youtube.

Ada orang bertanya pada pemilik smartphone lagi ngapain?

Ini lho manfaatnya, salah satunya mengintip matahari terbenam dari balik kacamata!
Mengintip Sunset - Bai Ruindra
***
Masih ragu dengan kecepatan internet 4G LTE, simak video di bawah ini!

***
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Gaya Hidup Digital di Era Internet Cepat. Tertarik dengan lomba ini, yuk klik banner di bawah!

25 komentar:

  1. itu deadline lomba nya sampai tanggal berapa ya pak?

    ReplyDelete
  2. Keren banget ulasannya.... colorful .... sering travel yah mas Bai .... aku juga ikutan nih... main-main yah ke lapak ku.... makasih.... http://www.rephiandhi.com/2015/09/smartfren-4g-lte-advanced-Internet-cepat-goforit.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Rephi, terima kasih ya. Traveling itu sungguh menyenangkan bukan 😀

      Delete
  3. Cukup panjang tulisannya..
    btw memang sangat mantab smartfren 4G LTE Advanced

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Sutopo, tidak bisa berhenti ini saking asyiknya. Yuk berbagi kecepatan internet 4G LTE dari Smartfren 😊

      Delete
  4. kalau udah LTE, pasti kenceng dah koneksinya :D eh tapi paket internetnya nggak mahal kan?

    ReplyDelete
  5. Mantep tulisanya Gan, moga menang ya ? Jangan lupa kunjungan baliknya ya, klik http://amir-silangit.blogspot.co.id/2015/09/ku-pilih-smartfren-untuk-internet-cepat.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Amir. Semoga bermnfaat ya 😀

      Delete
  6. Keren kak.. Panteslah jadi salah satu juaranya. Selamat yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Bocah, smoga bermanfaat ya :)

      Delete
  7. salam kenal, selamat ya atas menjadi pemenangnya :) salam hermanbagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Herman, salam hangat ya :)

      Delete
  8. Salam Traveler.. Hehe.. Emg buat traveler pun berguna banget ya Mas, internet cepat dan coverage luas.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam traveler Mas Dimas, iya sangat berguna banget :)

      Delete
  9. Jangan lupakan juga memori internalnya Mas Bai, btw selamat ya atas artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, betul Mbak Rani. Memori internal sngt berpengaruh bngt ya. Terima kasih banyak, ayo semngat menulis :)

      Delete
  10. Bener banget ulasannya, masyarakat jaman sekarang hampir segala aktivitas yang dianggap menarik di dokumentasikan kemudian di upload di sosial media. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas Jefry kita abadikan semua momen berharga :)

      Delete
  11. Tulisan dan foto-fotonya bagus. Selamat ya mas telah menjadi salah satu pemenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya, semoga bermanfaat 😀

      Delete
  12. artikelnya keren :) faktanya masyarakat sekarang telah membuktikannya sendiri :D

    ReplyDelete
  13. makasih gan infonya dan salam sukes

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90