Top Ad 728x90

Saturday, October 24, 2015

,

5 Keuntungan Ngeblog di Blogger

5 Keuntungan Ngeblog di Blogger, Keuntungan Ngeblog di Blogger, Perbedaan Blogspot dengan Wordpress, Keuntungan Blogspot, Kekurangan Blogspot, Blogspot mudah diterima Google Adsense, Cara mendaftar Google Adsense, cara memasang Google Adsense di blogspot, cara memasang Google Adsense otomatis, bagaimana membuat konten berkualitas,

Keuntungan Blogger - bjgp-rizal.com
Ngeblog telah menjadi aktivitas sehari-hari para penulis masa kini. Menulis tidak hanya berlaku untuk mereka yang telah menerbitkan puluhan sampai ratusan buku. Menulis bisa dilakukan oleh apa saja, termasuk blogger yang teramat sering pusing dengan urusan layanan blog mereka. Blogger pemula terkadang masih bingung memilih konten maupun penyedia layanan blog gratis. Padahal, di dunia blogging telah dikenal dua nama besar yang menyediakan layanan blog cuma-cuma, yaitu Blogspotsekarang dikenal Blogger – dan Wordpress. Kedua layanan ini memiliki konteks yang berbeda namun sama-sama userfriendly. Bagi mereka yang telah menggunakan Wordpress, akan mengatakan bahwa di sanalah tempat terbaik untuk membuka laman blog. Bagi mereka yang telah lama berkecimpung di Blogspot, akan berargumen bahwa layanan yang diakuisisi Google inilah yang paling tepat. Keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Saya merasa nyaman menggunakan Blogspot karena…

Satu akun Gmail untuk semua
Saya memiliki akun di Gmail, yang merupakan layanan email gratis dari Google. Semula saya pikir sama dengan layanan email gratis lainnya semisal Yahoo maupun Plasa (sudah almarhum). Lambat-laun, seiring berjalan waktu, ternyata satu akun di Gmail membawa banyak perubahan yang cukup signifikan. Saya cukup mempunyai satu akun untuk menghidupkan smartphone maupun tablet Android, menonton video di Youtube, membeli aplikasi di PlayStore, sampai mendapatkan laman blog di Blogspot. Hal ini penting sekali bagi saya yang cenderung suka menggunakan satu email saja. Terlalu banyak email tidak bisa ditampung dalam memori saya yang cepat lupa. Saya cepat sekali lupa akun baru yang baru diaktifkan untuk keperluan tertentu. Apalagi jika akun tersebut jarang digunakan maka semuanya mudah sirna.

Satu akun di Gmail membuat saya gampang sekali mendeteksi sifat lupa tersebut. Saya cukup login sekali di Crome maka semua layanan Google otomatis akan dibaca, termasuk Blogspot. Notifikasi dari Blogspot pun akan segera masuk ke email saya yang digunakan untuk nyawa Android. Saya dengan mudah bisa membaca komentar dari pembaca blog ataupun pemberitahuan lain mengenai aktivitas blog. Tidak hanya itu, jika melakukan liputan video, saya tinggal upload ke Youtube dengan akun yang sama dan bisa tersinkronkan dengan blog jika suatu saat saya ingin menuliskan cerita mengenai video tersebut.  
Caption satu akun Gmail untuk semua - Bai Ruindra
Data tersimpan di database Google
Siapa yang tidak kenal dengan Google untuk saat ini? Walaupun mesin pencari lain semisal Yahoo maupun Bing masih aktif, namun keduanya seakan-akan telah separuh nyawa. Sebagai raksasa teknologi saat ini, Google termasuk menguasai berbagai ranah digital. Semenjak Blogspot di bawah naungan Google banyak kemudahan yang didapat. Misalnya, database seorang blogger yang tersimpan di bank data Google. Jika suatu saat “hilang” atau ingin menarik kembali data tersebut maka tinggal masuk ke akun yang sama. Selama database Google aman dari penjahat dunia maya, data user di blog mereka juga tetap aman. Hal ini penting sekali untuk mengantisipasi kasus plagiatisme yang semakin marak di dunia kepenulisan. Tayangan tulisan online mudah saja dilacak waktu diupload pertama sekali. Penulis aslinya tentu saja lebih cepat sedetik dari pada para plagiat.
Database Google lebih aman - blog.hackerrank.com
Sinkronisasi data mudah
Para blogger ke mana-mana menenteng kamera, baik DSLR maupun smartphone. Jika menggunakan smartphone Android dengan mudah melacak hasil bidikan dengan layanan Google Photo. Layanan ini akan menyinkronkan semua foto lama jika menggunakan akun yang sama walaupun berbeda smartphone. Bagi blogger yang mengupdate tulisan dari smartphone foto-foto tersebut tinggal dipilih saja dengan mudah dari perangkat tanpa perlu “upload” terlalu lama seperti yang sering dilakukan selama ini. Google tidak hanya menyinkronkan data berupa foto saja, dokumen-dokumen lain pun akan disinkronkan melalui layanan Drive. Walaupun mengetik di perangkat berbeda, apabila menyimpan di Google Drive, cukup membuka layanan ini di perangkat lain dan bisa melanjutkan ketikan atau langsung diupload ke blog.
Caption sinkronisasi data Gmail mudah - Bai Ruindra
Template sederhana
Template blog yang responsif merupakan pilihan tepat untuk sebuah blog saat ini. Selain menggunakan template blog original dari Blogspot, template dari pihak ketika bisa diupload dalam bentuk .XML. Googling saja beberapa template untuk mempercantik blog. Template gratis pun banyak sekali dan cukup cepat respon terhadap blog yang memuat foto maupun video. Template yang telah dipasang pun mudah saja diubah sesuai keinginan di Edit HTML. Pemangkasan bagian-bagian tertentu dari template pihak ketiga bisa dilakukan dengan mendeletenya. Menginput kode-kode unik lain pun bisa ditempel di bagian-bagian tertentu supaya blog makin tambah manis.
Contoh Template Blog Responsif - blogsiryan.web.id
Cepat diterima Google Adsense
Katanya, buat blog di Blogspot akan mudah diterima oleh Google Adsense. Saya tidak tahu pasti. Namun beberapa pendapat dari sesama blogger mengatakan hal demikian. Benar atau tidak, bagi saya konten dari sebuah blog sangat menentukan Google menjatuhkan pilihannya dalam memasang iklan mereka. Walaupun menggunakan Blogspot tetapi isinya “amburadul” atau menyalin tulisan orang lain saja, lama-kelamaan Google akan mengetahuinya. Memang benar Blogspot milik Google namun tidak selamanya dianak-emaskan. Saya cukup lama menunggu sehingga iklan dari Google mejeng dengan indah dalam blog ini.

Apakah iklan Google Adsense cepat mendapat penghasilan? Tentu saja tidak jika hanya nol klik. Google Adsense akan membayar jika ada yang tersentuh hati dengan iklan mereka. Pembayaranya pun dilakukan jika telah mencapai batas limit tertentu.
Blogspot mudah diterima Google Adsense - haktansuren.com
Layanan blog apapun yang Anda gunakan kondisinya tetap sama, akan dianggap ada oleh Google jika terus-menerus mengupdatenya. Saya menggunakan blog milik Google karena saya menggunakan yang sederhana saja. Lima keuntungan ini telah saya rasa sendiri. Bagaimana dengan Anda? 

19 komentar:

  1. Hmmm kalau saya sih pengalaman ngeblog gonta ganti platform mas,dulu awal-awal makek wordpress.com. Karena wordpress versi tersebut kurang bisa di custom jadi saya pindah ke blogger. Berkali kali sih bikin blog di blogger, entah sudah berapa banyak blog yang saya buat lalu saya hapus.

    Hmm kalau saya hapus sih karena tiba-tiba males ngeblog ajah. Kalau sekarang lebih memilih menggunakan self host karena segala kemudahan customnya. Ya walaupun harus ngeluarin uang sih. :) Btw salam kenal mas, semoga sukses selalu dan tetap semangat ngeblognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Jefry, salam kenal ya. Saya berharap bisa menjalin silaturahmi, terima kasih telah berbagi. Mari terus menulis apapun layanan blognya :)

      Delete
  2. Replies
    1. Betul mas Achmad, saya jg mrasa demikian :)

      Delete
  3. Sy suka juga sama Blogger, gak pusing mikir sewa ini dan itu, gak ada limitnya juga.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Brando, kita cuma memikirkan konten saja yg menarik 😊

      Delete
  4. Selama ini saya pakai blogger blogspot, satu saja sudah ribet apalagi pakai plaform lain,,,Gak mampu kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, saya juga pakai Kompasiana sebagai blog warga. Mari kita terus menulis 😊

      Delete
  5. ya betul, salah keuntungan bagi pemblogger,,http://mbiliyoraruben.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  6. saya pake keduanya, tapi yang lebih sering dipake sih wordpress self hosted. Bukan nggak suka blogger, tetapi lebih karena ada beberapa kebutuhan yang nggak bisa diakomodasi sama platform blogger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cuma aktif di blogger dengan Kompasiana Mas, soalnya belum bisa fokus untuk banyak blog. Kalau wordpress saya punya akun hanya saja belum aktif seperti ini.

      Delete
  7. benar bnget nih,blogger wadahnya orang yg mau belajar nulis,untuk curhat dll

    ReplyDelete
  8. Kalau saya si tetep pakai keduanya mas karena punya kekurangan kelebihan masing-masing tapi kalau ngomongin simpel tergantung prespektif masing2 si, kalau pakai wordpress + hosting sendiri menurut sy si malah lebih enak karena full kontrol dan gampang memodifikasinya karena theme wordpress pakai php + css beda dengan theme blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Semua tergantung kenyamanan masing-masing. Saya belum nyaman dengan wp dan jg belum bisa fokus nulis di banyak blog. Mari terus berbagi :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90