Top Ad 728x90

Thursday, October 8, 2015

, , ,

Cara Menambahkan Page Menu di Blogspot

Cara Menambahkan Page Menu di Blogspot, Apa Page Menu Blog, Pentingnya Page Menu di Blog, Pentingnya Kategori Artikel Blog, Pentingnya Tag Artikel Blog, Rumus Tag Artikel Blog, Cara Ubah Template Blogspot, Template Blogspot yang SEO, Template Blogspot Paling SEO, Template Blogspot SEO, How to Add Page menu at Blogspot, Tutorial SEO Blogspot, Tutorial Ubah Template Blogspot, Tutorial Ubah Page Menu Blogspot, tutorial change the template blogspot, blogspot tutorial SEO, Tutorial Page Menu Change Blogspot

Aktivitas Seorang Blogger - btechwire.com
Bingung saat berkunjung ke sebuah blog tanpa ada Page Menu?

Dalam sebuah blog – website ­– kita mengenal kategori (tag) artikel. Tujuan dari kategori artikel agar pembaca mudah untuk mengakses setiap kanal tulisan. Setiap pembaca mempunyai jenis bacaan tersendiri, ada yang suka teknologi, wisata, maupun hiburan. Page Menu di blogspot tak lain kategori yang ditentukan sendiri oleh blogger. Hanya saja, jika tidak diatur dengan semenarik mungkin, Page Menu ini bisa tidak enak dilihat.

Page Menu yang menjurus pembaca ke kanalnya langsung sebaiknya ditempatkan pada bagian yang tepat, misalnya di bagian paling atas atau di bagian samping (kiri atau kanan). Namun, Page Menu yang mudah dibaca oleh pengunjung blog adalah di bagian atas. Hal ini lebih user friendly karena ketika menggulir mouse ke bagian bawah, Page Menu tidak tertutup oleh artikel yang sedang dibaca, sehingga ketika selesai membaca maupun memberi komentar, pengunjung bisa mengeklik pada salah satu Page Menu untuk membaca artikel berikutnya.

Bagaimana membuat Page Menu di blogspot?

Sebenarnya mudah, hanya saja saya baru menemukan triknya sekarang. Di artikel ini saya bagikan bagaimana cara menambahkan Page Menu untuk blogspot, baik yang masih menggunakan blogspot.com maupun telah mengubah ke domain pribadi (berbayar).

Pertama: cari template yang sesuai keinginan. Anda bisa menemukan template dengan cara googling saja. Setelah cocok dengan isi blog, silakan download template dimaksud lalu pasang untuk blog Anda. Cara memasangnya dengan memilih Cadangkan/Pulihkan di bagian kanan samping ikon Setting. Biasanya, template yang diunduh berbentuk ZIP. Ekstrak terlebih dahulu ke dalam bentuk folder. File yang harus diupload ke dalam blog adalah file berbentuk XML Document. Upload file tersebut lalu simpan template.
Cara Menambahkan Page Menu di Blogspot - Bai Ruindra
Kedua: biasanya setiap template telah menyediakan Page Menu tersendiri. Tugas blogger adalah mengubah atau menghapus rumus-rumus rumit tersebut. Jika dihapus maka di laman blog tidak akan muncul Page Menu bawaan dari tamplate yang telah diupload. Rasanya memang mengganggu jika Page Menu bawaan masih ada, dengan mengubah sedikit bagian saja, Page Menu akan menyesuaikan dengan tag (kategori) artikel dari blog.

Ketiga: saya menyebutnya rumus rumit karena hanya baru sedikit yang dipahami. Untuk masuk ke rumus ini, cukup menekan CTRL+F lalu mengetik kata kunci dari bagian Page Menu bawaan yang masih tersedia. Misalnya, Page Menu bawaan terdapat Home, cukup ketik itu lalu enter. Kata Home ini juga memudahkan Anda karena rumus yang dimasukkan berikutnya persis berada dibawah rumus ini. Kemudian akan diarahkan ke bagian rumus yang mesti diubah sesuai selera blogger.  

Rumus yang harus diubah adalah…

<li><a href='masukkan link yang mengarah ke menu artikel'>berikan judul sesuai kategori artikel</a>
</li>

Yang boleh dihapus adalah tulisan berwarna merah saja, sedangkan yang lain tidak boleh termasuk tanda kutip.

Contohnya…

<li><a href='http://www.bairuindra.com/search/label/Teknologi'>Teknologi</a>
</li>

Untuk menambahkan menu yang lain, cukup menggunakan rumus yang sama, ubah link tujuan dan judulnya.

Untuk menambahkan submenu, rumus yang digunakan kurang lebih seperti ini, diletakkan di bagian bawah rumus menu.

<ul class='sub-menu'>
<li>
  <a href='http://www.bairuindra.com/search/label/Android'>Android</a>
  </li>
<li>
<a <href='http://www.bairuindra.com/search/label/Smartphone'>Smartphone</a>
  </li>
<li>
  <a href='http://www.bairuindra.com/search/label/Laptop'>Laptop</a>
  </li>
  </ul>

Submenu ditambahkan jika ingin lebih spesifik, ubah tulisan warna merah dengan link lain yang mengarahkan ke submenu dimaksud di blog.
Cara Menambahkan Page Menu di Blogspot - Bai Ruindra
Cara Menambahkan Page Menu di Blogspot - Bai Ruindra
Cara Menambahkan Page Menu di Blogspot - Bai Ruindra

Jika semua proses selesai, maka simpan template lalu lihat hasilnya. Apabila terjadi kesalahan pada penulisan rumus maka tamplate tidak bisa disimpan dan akan keluar peringatan untuk mengubahnya kembali. Jangan lupa mengingat bagian mana yang mesti diubah atau menyimpan tamplate sebelumnya untuk jaga-jaga. Namun, yakin dan percaya saja, setelah mengubah bagian-bagian yang saya sebutkan di atas, blogspot akan tampak lebih manis dari sebelumnya. Selamat mencoba! 

8 komentar:

  1. Replies
    1. Halo Mbak Dian, semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  2. pasti bermanfaat, terutama buat yang mau mendalami dunia blogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Fahmi, berbagi sedikit tips saja ini :)

      Delete
  3. Replies
    1. Salam kenal kembali Mas Yulian, semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  4. Wah bermanfaat nih mas, btw salam kenal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Shudai, salam kenal kembali ya. Selamat mempraktikkan ya :)

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90