Top Ad 728x90

Monday, October 19, 2015

, ,

Ikan Asin Pengharum Jalanan di Aceh Besar

Ikan asin Aceh, Ikan Asin Lhok Seudu Aceh Besar, Lezatnya ikan Asin di Aceh, Rasa ikan Asin Aceh, harga ikan asin di Aceh, harga ikan Asin di Lhok Seudu Aceh Besar


Ikan asin? Rasanya tentu saja asin. Namun, sebelum digoreng, ikan ini tak enak dicium sama sekali. Pada sebagian orang, ikan asin adalah menu pelengkap dalam menemani nasi dan sayur ubi, misalnya. Pada sebagian lagi, ikan asin menjadi menu utama yang sayang dilewatkan. Tapi, ada pula yang tak mau menyentuh ikan asin sama sekali, karena memang tidak suka dan pengaruh kesehatan, darah tinggi misalnya.

Percayakah Anda jika ada ikan asin yang harganya ratusan ribu bahkan sampai jutaan?

Pemandangan yang tak biasa di jalan lintas provinsi Aceh menuju wilayah barat. Pemandangan ini semakin semerbak harumnya sepuluh tahun terakhir. Dahulu, sebelum tsunami masih belum seperti ini. Di kawasan Lhok Seudu, Aceh Besar, dengan mudah dijumpai penjual ikan-ikan asin dengan rentang harga beragam. Ikan asin ini memiliki terdiri dari beragam jenis ikan. Dengan pemandangan laut yang luas, jalanan berliku, persawahan, tempat berjualan ikan asin ini menjadi salah satu tempat untuk berteduh.

Biasanya sopir L300 enggan berhenti di sini. Ikan asin yang telah dibeli secara tidak tertulis, tidak dibenarkan dimasukkan ke dalam mobil. Anda tahu maksud saya. Baunya sungguh luar biasanya menyengat. Jika pun ingin membeli, maka harus dibungkus berlapis-lapis dan menghindari terpaan sinar matahari. Ikan asin semakin mengeluarkan bau jika intensitas cahaya matahari dalam jumlah besar. Alternatif lain bisa dengan menyangkut ikan asin di bagian belakang mobil, syukur-syukur tidak diterpa angin begitu sampai ke tempat tujuan.

Bagaimana rasa ikan asin ini?

Kembali lagi ke selera masing-masing, namun ikan asin di Lhok Seudu ini terkenal dengan rasanya. Selain bisa digoreng, ikan asin dari ikan besar bisa dimasak dengan santan dicampur dengan daun-daun seperti ubi muda atau sejenisnya.


Penasaran dengan bentuk ikan asin di Lhok Seudu, Mujiburrizal mengabadikan momentum tersebut di laman facebooknya. 
Ikan Asin Aceh - Photo by Mujiburrizal
Ikan Asin Aceh Besar - Photo by Mujiburrizal
Nikmatnya Ikan Asin di Aceh - Photo by Mujiburrizal
Lhok Seudu Aceh Besar - Photo by Mujiburrizal

8 komentar:

  1. Wow seru banget bai saya senang juga ke sana tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Icha, ada rencna beli dlm jumlah banyk, hehehe :)

      Delete
  2. wow, ikan asinnya banyak ya. kalo di sini ikan asin kecil2, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ila, yang besar-besar itu "ekslusif" lho :)

      Delete
  3. Wuaaah...aku suka banget ikan asin. Kalau jalan-jalan ke Aceh nanti, berarti ikan asin ini oleh-oleh yang harus kubawa pulang :D Yihaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak Lina, ditunggu kedatangannya ya :)

      Delete
  4. makan sama ikan asin di tambah sambel mantap

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90