Top Ad 728x90

Thursday, October 1, 2015

, , ,

Sebuah Buku dan Cita-cita Mengelilingi Nusantara

Blogger, Blogging, Blog, Keuntungan Blogger, Keuntungan Blogging, Blogger Terbaik Indonesia, Blogger Travel dari Indonesia, Traveler dari Indonesia, Agustinus Wibowo Penulis Blog Terlaris, Agustinus Wibowo Traveler ke Timur Tengah, Tantangan Menjadi Blogger, Tips-tips menjadi Blogger, Blogger Emak Gaoel, Smartfren Go For It, Go For It, #GoForIt, Blogger Menerbitkan Buku, Buku dari Blogger, Book Blogger,

Blogger Sejati - microweber.com
Terlalu naif jika tak bermimpi setinggi-tingginya saat sedang mengerjakan sesuatu. Atau lebih tepatnya, hidup tanpa ambisi itu rasanya hambar sekali, kawan!

Ibarat punguk merindukan bulan, begitulah sebuah cita-cita digantung setinggi angkasa.

Saya tak pernah bermimpi menjejaki langkah di tanah Lombok. Karena aktivitas blogging saya bisa melihat Bali dari Senggigi, merasakan padatnya aktivitas di pasar ikan Mandar pagi hari, melihat puncak Gunung Rinjani dari dinginnya lembah Sembalun, meratapi kekeringan di Semoyong. Ini hanya sebagian kecil saja dari manfaat ngeblog.  
Mandar, Nusa Tenggara Barat - Bai Ruindra
Sunset di Senggigi, Lombok  - Bai Ruindra
Gunung Rinjani dari Lembah Sembalun - Bai Ruindra
Perjalanan ini menjadi pemicu untuk melangkah lebih mantap sebagai blogger. Saya yakin, menulis bisa menerbangkan saya ke tempat lain suatu saat nanti. Entah kapan itu terjadi. Walaupun saat ini, blog saya masih dikunjungi oleh beberapa orang saja, masih belum mendapatkan rangking yang bagus menurut aturan yang berlaku dalam aktivitas blog, belum mendapatkan pengikut dalam jumlah banyak, belum ini dan itu. Tetapi ada sedikit saja yang baca tulisan di blog membuat saya menemukan kesenangan tersendiri.

Saya terus berambisi. Tak mau lagi duduk diam dan mencurahkan isi hati ke orang-orang tanpa usaha. Saya menulis, karena dari sinilah ambisi itu bisa menuai hasil tentang

Perjalanan mengelilingi nusantara
Semakin sering ngeblog dan mengunjungi laman blog lain, kacamata saya terbuka lebar untuk mencapai sebuah asa. Blogger Indonesia telah malang-melintang ke seluruh dunia. Sebutlah Agustinus Wibowo yang mengelilingi negeri nan keras di Timur Tengah. Lalu seorang mantan reporter televisi yang kini rajin ngeblog, Marischka Prudence. Seakan-seakan kisah perjalanan para blogger ke belahan dunia – entah di mana pun itu – menghentakkan kaki saya untuk mengapainya. Ekspektasi saya, hanya ingin mengelilingi nusantara saja terlebih dahulu.
Agustinus Wibowo - agustinuswibowo.com
Marischka Prudence - indonesia-feature.blogspot.com
Kenapa saya tidak bermimpi mengelilingi dunia?

Karena negeri saya ini menyimpan sejuta pesona yang sulit ditinggalkan begitu saja. Orang-orang selalu mendengungkan keindahan Pantai Kuta. Mereka memotret banyak pemandangan dari Pulau Derawan. Mereka menulis dengan apik tentang keindahan Raja Ampat. Mereka melukiskan keangkuhan Gunung Semeru. Mereka yang datang ke Danau Toba tak henti-hentinya memposting foto maupun video ke media sosial.

Tidak hanya keindahan alam saja, budaya dan bahasa juga menjadi tantangan tersendiri mengelilingi nusantara. Di Aceh saja terdapat ragam suku dan bahasa. Bagaimana dengan tempat-tempat lain? Bahasa resmi negara boleh saja sama, tetapi bahasa daerah patut didengar untuk menambah khasanah pengetahuan mengenai suatu bangsa dan peradaban. Tak hanya itu, adat perkawinan di daerah Anda tentu berbeda dengan di daerah saya. Rumah adat di kampung halaman Anda tak akan sama dengan rumah adat kami di Aceh.

Begitulah kisah yang menguatkan saya untuk mengelilingi nusantara. Belum lagi citarasa makanan yang mengantarkan kelezatan suatu bangsa. Saya yang terbiasa makan gulai asam pedas tentu wajib membiasakan diri menikmati sagu jika ke Maluku atau Papua.

Dari perjalanan mengelilingi nusantara saya akan menulis banyak kisah. Tentang mereka yang terabaikan. Tentang lezatkan kuliner. Tentang dinginnya pengunungan. Tentang putihnya pasir di pantai berombak tenang. Tentang bahasa yang lembut dan kasar. Tentang pergaulan di suatu daerah. Tentang  adat-istiadat. Tentang semua; bahkan monyet meloncat dari pohon juga wajib saya tulis!

Tentang sebuah buku
Bagi saya, blogger itu harus menerbitkan buku. Terlalu bermimpikah ini? Aktivitas menulis yang dilakoni dari blog bisa membuahkan manfaat jika dilakoni dengan serius dan kerja keras.

Ingat Raditya Dika bukan? Penulis yang telah menjadi selebriti ini awalnya hanya seorang blogger yang menulis tentang kesehariannya saja. Raditya Dika membuktikan bahwa blogger bisa menjadi sesuatu. Buku Raditya Dika best seller, sudah difilmkan dan follower di salah satu media sosial sampai jutaan.
Raditya Dika - gambar-katakata.com
Buku apa yang harus saya tulis? Kisah perjalanan seperti Agustinus Wibowo? Kisah lucu seperti Raditya Dika?

Menulis saja. Itu kuncinya. Tanpa perlu mengikuti kedua blogger yang telah melahirkan buku laris tersebut. Saya menulis lalu ditawarkan ke penerbit. Ditolak? Revisi dan kirim ke penerbit lain. Ditolak lagi. Tulis kisah yang lain!

Saya tidak takut kehilangan ide. Jika kata orang bijak, mungkin saja belum ada chemistry! Saya yakin setiap buku pasti ada pembacanya. Hanya waktu yang belum memihak padanya.

Saya beruntung mau menulis. Tulisan ringan di blog merupakan sebuah pencapaian tertinggi dalam rangka mengasah imajinasi. Aktivitas menulis saya ditunjang oleh aplikasi Hancom Office for Android. Di mana saja bisa menulis dan memposting artikel ke blog. Aplikasi ini tak ubah dengan office for desktop dari Microsoft. Untuk memindahkan artikel cukup menyalin dan menempel di laman blog.

Ambisi saya ini, kata Emak Gaoel sih Go For It Saja! 
***
Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition, Go For  It  with Blog Emak Gaoel. Tertarik dengan lomba ini, klik banner di bawah ya! 
Go For It Blog Competition

32 komentar:

  1. Setuju Mas, dengan menulis apa pun bisa raih kok. Asalkan jujur dan tidak poatah semangat....semoga menang ya dan terwujud mimpinyua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya. Mari terus berbagi melalui tulisan 😊

      Delete
  2. Menulis dan keliling nusantara. Saya setuju sekali. Wonderful indonesia. :-D

    ReplyDelete
  3. Aku sudah menulis dan akan terus menulis hingga jari-jari tak bisa lagi digerakkan. Dan sudah merasakan manfaatnya perlahan-lahan baik secara materi dan immateri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Lina. Semangat menulis ya, pasti ada bnyak manfaat dari ini 😊

      Delete
  4. Setidaknya kegiatan menulis sudah membukakan banyak dunia indah yang belum kuketahui sebelumnya. Terima kasih menulis dan orang-orang luar biasa yang telah dipertemukan dengannya. Alhamdulillah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Azhar, kenal dengan orang-orang yang luar biasa itu menarik sekali. Ayo kita terus berbagi dgn tulisan ☺

      Delete
  5. semangat ngeblognya, pasti nanti bisa kemana-mana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih semangatnya Mas Fahmi, semoga kita bisa bertemu ya suatu saat nanti ☺

      Delete
  6. Ah ada agustunis ama prue kesayangan akoh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Saya juga suka mereka Mas Toro :)

      Delete
  7. katanya pengunjungnya masih sedikit, tapi full aja nih koment :D.. mba bisa jadi cahaya kok. insya allah. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Syukur, sebelumnya saya laki-laki lho bukan mbak-mbak, hehehe.
      Mohon doa ya smg dimudahkan dalam menulis :)

      Delete
  8. terus semangat! semoga cita2nya terlaksana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Inna, semoga segera tercapai ya :)

      Delete
  9. Demgam menulis semua pemikiran bisa terdokumentasi dengan baik, syukur2 kalau banyak yang setuju dengan buah pemikiran kita itu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Saya yakin setiap tulisan ada pembacanya Jefry. Mari terus menulis ya :)

      Delete
  10. Keren Mas, dari blog bisa jalan jalan, saya mah belum pernah, maklum masih amatiran, he he he...kunjungan baliknya ya, terimakasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Amir, insya Allah pasti bisa. Mari terua menulis 😁

      Delete
  11. ciiee... mantap bisa traveling itu, mas... hehee smoga saya juga bisa berkesmpatan untuk itu, hee
    selamat juuga krna menang lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Rohma, saya doakan mbak punya kesempatan yng sama. Mari semangat menulis 😀

      Delete
  12. Selamat ya dapat juara 2, semangat terus...terus semangat

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Terima kasih Mas Ihwan. Ayo semangat yuk :)

      Delete
  14. Asiikkkk Mas Bai Juara 2.
    Mlayan dapat Andromax :)
    Selamat yahhhh

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Arinta. Juara 3 nim hehehe.
      Terima kasih ya, yuk terus berbagi :)

      Delete
  15. Replies
    1. Terima kasih Syarfina, semoga bisa menang di lain lomba ya 😊

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90