Top Ad 728x90

Monday, November 30, 2015

, , ,

Kehidupan Gelap Sales Promotion Girl

Kehidupan Gelap Sales Promotion Girl (SPG), Kisah Kehidupan SPG, SPG adalah, Arti SPG, Pengertian SPG, Singkatan SPG, Pekerjaan sebagai SPG, Bonus SPG, Gaji SPG, SPG PSK, SPG adalah PSK, SPG bekerja menjadi PSK,

“Kami bisa dipakai, Bang!” ujarnya.
Sebut saja namanya Dia. Seorang perempuan cantik, murah senyum, bertutur teratur, memamerkan segala pesona pada dirinya – apapun itu. Dia adalah seorang Sales Promotion Girl (SPG). Sama-sama kita ketahui bahwa seorang SPG itu begitulah cara bercakap-cakap dan berpenampilan. Barangkali, jika di luar Aceh, mereka yang menjajakan beragam produk ini berpakaian lebih minim untuk menarik minat pelanggan. Berbeda dengan kondisi Aceh yang menerapkan syariat Islam yang menuntut penampilan para SPG ini lebih tertutup. Namun dalam keadaan tertutup kesan “seksi” dalam diri perempuan cantik ini tak bisa dibuang percuma. Pakaian mereka tetap ketat walaupun kepala telah tertutup jilbab.
“Jika berkata jujur, saya lelah sekali, Bang!” lanjut Dia.
Alasan ini saya jabarkan di bagian berikutnya. Padahal, tugas Dia sebagai SPG rokok cukup manja. Para SPG cantik dan tinggi gemulai ini bekerja berdasarkan waktu yang telah ditetapkan oleh manager mereka. Istilah bekennya shift; apakah bekerja pagi, siang atau malam. SPG ini memiliki gaji tetap dan akan mendapat bonus apabila penjualan mereka melebihi target.
Sebagai SPG rokok, perempuan cantik ini telah ditugaskan di beberapa daerah, mulai dari Medan yang penuh kemelut, Batam yang menggoda, sampai Aceh yang adem-ayem. Dia bercerita tantangan sebagai SPG rokok yang kerap dijahili di berbagai tempat. Tahu sendiri bagaimana kondisi Medan dan Batam yang gemerlap siang maupun malam. Colek-mencolek sudah hal biasa yang dialami oleh para SPG. Berbeda dengan di Aceh yang cenderung lebih sopan dan menghargai perempuan lebih dari definisi mereka mau; kata Dia.

Baca Juga Menikahi Gadis Aceh!

Lelah Dia karena pekerjaan sebagai SPG menuntut profesionalisme tinggi dan tidak cacat dalam bekerja. Mau sedang galau. Mau ada masalah besar. Mau utang menumpuk di mana-mana. Mau belum makan. SPG harus memberikan senyum terbaik mereka ketika sedang bekerja. Dan Dia mengatakan bahwa, “ SPG itu harus mau diapa-apain!”
“Apabila ingin hidup tetap sejehtara,” bisiknya.
Antena saya menjulang tinggi. Saya paham betul maksudnya. Para SPG ini bermain cantik sebagai perempuan panggilan. Memang, tidak semua mau berperilaku demikian. Namun tuntunan pekerjaan, gaya hidup, serta mendapat bonus besar seakan-akan melupakan kodrat sebagai perempuan baik-baik. Semula, Dia hanya melakukan “itu” karena dirinya merasa bahwa gaji tidak cukup. Belum lagi untuk mengirim ke orang tua dan kebutuhan lain yang mendesak. Ada yang booking, harga pas maka lanjut saja. Toh, sama-sama SPG telah saling tahu dan hampir melakukan pekerjaan “sampingan” ini sebagai penunjang penampilan dan gaya hidup mereka. Bahkan, ada pula secara terang-terangan para manager menjadikan perempuan cantik ini sebagai ladang meraup keuntungan lebih banyak.
SPG ini tidak menolak. Kenikmatan double kok ditolak? #eh.
Manusiawi memang. Rahasia ini menjadi sangat umum di kalangan SPG dan mereka menjalani sebagai pelengkap serta “gaya hidup” supaya tidak mendapat ejekan dari sesama. Syukur-syukur dapat bonus besar. Paling apes yang dikasih jatah sesuai perjanjian awal setelah napsu birahi terlampiaskan. Nama juga “sampingan” ya disyukuri saja. Katanya sih begitu.
Beda bodi beda harga. Bodi “artis” dibayar mahal. Bodi “kampung” banting stir ke mana suka di bawa oleh pembooking. Tidak salah saat SPG ini berlomba-lomba mempercantik diri. Untuk tampil “cantik” sesuai definisi mereka dan maunya “konsumen” butuh biaya besar dan tidak tertutupi dengan gaji dari perusahaan atau bonus penjualan. Dia dan teman-temannya yang telah merangkap jabatan ini mesti memutar otak supaya penampilan mereka menarik. Semakin menarik semakin besar bonus pekerjaan “ranjang” tersebut.
“Di Aceh sedikit berbeda, Bang!”
Kata Dia, laki-laki Aceh cenderung tidak peduli atau lebih tepatnya tidak secara terang-terangan apabila ingin membooking mereka. Bahkan, di warung kopi yang sering SPG cantik ini singgahi sungguh tak pernah mereka mendapat perlakuan tidak mengenakkan, yang paling ringan misalnya minta nomor handphone atau PIN BlackBerry Messenger, hanya satu dua saja.
Karena Aceh berbeda, Dia sedikit tersiksa ketika ditugaskan ke daerah bekas tsunami ini. Dia ingin cepat-cepat mendapat “SK” penugasan di daerah lain yang mudah baginya terbang ke pangkuan para laki-laki hidung belang. Gaji “sedikit” menurutnya dan penjualan rokok yang melempen di Aceh, walaupun warung kopi cukup banyak, membuatnya dan SPG lain kelimpungan menopang gaya hidup. Laki-laki Aceh memang perokok namun sangat jarang membeli pada SPG yang menawarkan pada mereka di warung kopi terbuka. Rata-rata perokok di Aceh yang duduk di warung kopi telah membeli rokok di tempat lain. Menawarkan rokok kepada laki-laki Aceh dengan cara mendesah-desah atau merajuk manja bisa-bisa mendapat sorotan tajam dari pengunjung lain, bahkan bisa dihardik sebagai perempuan tidak benar walaupun Dia mengaku dirinya memang telah “tidak benar”.
“Paling enak di Batam,” Dia mengenang masa-masa tugasnya di daerah kepulauan itu.
Batam menawarkan sejuta pesona untuk SPG. Pelabuhan bebas membuat mereka bebas sebebasnya mengekspresikan diri tanpa dikekang aturan. Bonus dari hasil penjualan meningkat tajam karena para laki-laki mudah dirayu untuk membeli rokok bahkan “dirinya” sendiri. Rata-rata laki-laki yang mau memakai jasa SPG ini adalah mereka telah membeli rokok terlebih dahulu bahkan langganan tetap. Cara bookingnya melalui telepon atau pesan instan BlackBerry Messenger. Ada saja cara untuk mengetahui dan mendapatkan SPG mana yang mau diajak “kencan” lengkap dengan tarifnya.
“Sampai kapan?” Dia balik bertanya pertanyaan saya. “Entahlah, Bang!”
Sebuah jawaban klise. Dia berkata sambil mencoba tersenyum semanis mungkin. Dia tahu betul bahwa tubuhnya tak selamanya semampai, dirinya tidak selamanya cantik dan mau dipakai orang. SPG itu adalah pekerjaan yang mengutamakan faktor umur, faktor kecantikan dan kekencangan kulit. Lepas dari itu semua, pekerjaan ini hanyalah mimpi bagi mereka yang buruk rupa. Namun, jika menelaah cerita Dia – mungkin – lebih baik buruk rupa dengan pekerjaan pas-pasan asalkan perut terisi tiga kali sehari dari pada memuaskan batin orang lain.
Dia hanya satu, di antara berjuta kupu-kupu yang ingin cepat pulang ke kandangnya. Saya tidak tahu berapa banyak kupu-kupu serupa Dia yang merintih, menghentak-hentakkan kaki meminta pertolongan saat tubuh laki-laki ganteng, gendut, jelek, gagah atau sejenisnya menindih tubuh Dia tanpa ampun. Saya sangat awam tentang data perempuan seperti Dia yang merajuk-rajuk manja pada laki-laki di warung kopi atau tempat umum lainnya supaya membeli rokok dari mereka. Saya hanya menulis tentang Dia yang termenung di salah satu warung kopi selepas dinasnya di sore hari. Dengan pakaian santai Dia menyeruput kopi Aceh yang membuatnya tak bisa tidur semalaman nanti.
“Kopi tidak berpengaruh pada saya, Bang!”
Lantas? Karena kemelut pikirannya yang ingin segera berlabuh ke tempat lebih aman yang membuat Dia tak bisa tidur. Tentang masa depan yang diungkit Dia walaupun dia mengaku begitu sensitif sekali membicarakan ini.
“Apakah ada yang mau dengan saya jika mereka tahu kisah ini?”
Saya? Diam saja.
Jodoh bukan urusan saya. Tetapi manusia selalu menuntut sesuatu yang normal. Yang lumrah dalam masyarakat. Yang diterima agama dan adat-istiadat.
Dia?
Profesinya mungkin benar, tetapi pekerjaan “sampingannya” tidaklah menarik untuk diperbincangkan. Banyak hal yang membuat saya enggan mengetahui lebih banyak lebel perempuan malam ini. Pilihan hidup boleh apa saja namun urusan rejeki tetaplah ada. Profesi sebagai perempuan panggilan entahlah berada di posisi berapa dalam kitab yang isinya hanya perempuan saja di hati saya.
Bukankah Dia masih bisa bertahan hidup sebagai SPG rokok saja?


*** 

128 komentar:

  1. Hidu INI keras ya, baca artikrl ini membuat diri ini bersyukur .

    Semoga semua SPG yg bekerja ganda diluar sana bisa keluar Dari kemelut Hiram ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Zulfa, pandai-pandai kita membawa diri dan menempatkan posisi. Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
    2. saya bukan menentang SPG tetapi kadang-kadang mereka gak tahu diri, gak tahu menempatkan diri..
      misalnya neh ya.. saya duduk2 ama cowok saya di cafe naah SPG itu nawarin udah tahu cowok saya gak merokok kok di tawarin.. Khan aneh.., jadi dari situ saya mengambil kesimpulan mau SPG Obat kek, SPG Motor atau Mobil, Parfum apalagi rokok sama aja.. sama2 gatel.. hehehe...

      Delete
    3. Kasihan benar Spg rokok ini telah menjual Rokok barang haram lagi pula jual diri . Apalagi hidup dizaman akhir ini tak kuat iman bisa keneraka?

      Delete
    4. Halo semua.. saya ingin mengkarifikasi, saya adalah seorang SPG yang sudah menjalankan hampir 7 tahun, saya juga seorang mahasiswa. saya dan teman-teman saya memang seorang SPG, tapi kami tidak memiliki pekerjaan sampingan seperti dia. Saya pun, tidak pernah mengambil job mejadi SPG rokok, hanya sebatas SPG gadget, otomotif, makanan, dsb (yang menggunakan pakaian sopan).
      Disini saya ingin menjelaskan bahwa hanya karena dia seorang SPG, bukan bearti semua SPG centil, nakal, dan melakukan hal-hal yang tidak benar. Banyak ko, diluar sana yang pekerjaannya kantoran juga yang memiliki pekerjaan "sampingan" seperti itu.

      Saya ingin menjelaskan dan meluruskan pada masyarakat, kalau SPG tidak semua sama dan TIDAK SHARUSNYA DI JUDGE SEPERTI DIA.

      Saya seorang SPG yang dituntut untuk memiliki wajah yang cantik, body bagus, namun JUGA MEMILIKI OTAK YANG PINTAR. Bahkan, setiap saya mengambil pekerjaan saat event, kami semua yang menjadi SPG/USHER mendapatkan training untuk tidak meggoda customer, menerima ajakan-ajakan sampingan seperti tersebut, dan lain-lain yang berupa negatif.

      Semua hal itu tergantung dari SI WANITA nya, apakah ia memilih hidupnya menjadi yang benar atau tidak. :) Ingat, SPG tidak selayaknya selalu di JUDGE BURUK,

      Thank you.

      Delete
    5. anda hebat mbak SPG...jadi pengin kenalan deh sama mbak nya.

      Delete
    6. Tenang mbak jangan terpancing emosi dulu, mungkin yg di maksud penulis hanya SPG rokok saja,

      Delete
    7. Hai teman-teman, saya berharap tulisan ini bermanfaat dan mengubah perilaku dari mereka yang telah jauh melangkah. Tidak ada alasan untuk memvonis si dia atau si dia yang lain. Kebetulan saya bertemu dengan SPG rokok - maaf - sehingga cerita ini berbentuk seperti teman-teman baca. Saya tahu mbak yang tidak menyebut namanya telah lama bekerja sebagai SPG, seperti yang saya singgung di tulisan, si Dia juga mengakui tidak semua teman-temannya melakukan pekerjaan sampingan ini. Semoga kita saling menjaga ya. Terima kasih atas masukannya.

      Delete
    8. jodoh di tangan Tuhan. jika ada yang sayang ama Dia, apakah Dia bisa meninggalkan "kebiasaan" Dia itu?" toh dia juga sudah sering hidup glamour .... terkadang pria memikirkan itu.

      Delete
    9. Betul sekali, heheh..... Pengalaman pribadi kayanya..

      Delete
  2. Replies
    1. Hahaha, tapi pasti ditanya "apakah merokok?" begtu mereka melintas.

      Delete
  3. walopun udah kayak rahasia umum, tetap aja ngeri baca info2 gini, sedih jg :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai MBak Rahma, mari kita doakan untuk mereka lebih baik ya :)

      Delete
  4. Bagus cara mengulasnya, seperti cerita pendek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, selamat membaca ya, semoga bermanfaat 😀

      Delete
  5. Di mana-mana yang namanya profesi dunia hitam itu selalu ada dan profesi SPG ini rawan sekali tergiring ke dunia tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Wijna. Kesempatan tak bisa ditolak jika gaya hidup terus meningkat.

      Delete
  6. mahasiswi saya banyak yang berprofesi seperti ini, semoga mereka tidak seperti ini, sya yakin mereka baik buat kuliah :)

    ReplyDelete
  7. Gaya menulis nya bagus. Saya jadi ingat mingguan minggu pagi di Yogya tahun 1999

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Jarwadi, terima kasih. Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
    2. Halo mas Jarwadi, terima kasih. Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  8. Hukum penawaran dan permintaan berlaku untuk urusan dunia "hitam" kayak begitu, dan alasan ekonomi biasanya jadi fakor kuat pembela diri. Miris juga kalo ngeliat fakta begini, tapi memang itulah yang terjadi. Tuntutan pekerjaan yang membuat mereka "membuka aurat", dan mau ngga mau efek sampingnya adalah terjerumus ke dunia hitam.

    Semoga tidak semua SPG rokok kayak begitu, dan semoga mereka lebih pintar menjaga diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Smoga dibuka jalan rejeki lebih baik lagi :)

      Delete
  9. Saya miris ya membaca ini. Tuntutan ekonomi dan gaya hidup memang sebegitu membelitnya. Saya pernah baca kalau di Batam juga memang banyak calon TKW yang dijadikan PSK. Kalau SPG mungkin bisa jadi kemauan sendiri atau kembali lagi pada tuntutan ekonomi itu ya.
    Jadi salah siapa dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Realita memang demikian mbak Eka. Kehidupan yang selalu ingin terlihat sempurna.

      Delete
  10. Diliat-liat kasian juga ya, harga dirinya terinjak-injak. Tapi mereka sudah berusaha agar bisa mendapat uang tanpa meminta-minta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasihan sekali mas Zaki. Smg diberi jalan terbaik ya...

      Delete
    2. Kasihan sekali mas Zaki. Smg diberi jalan terbaik ya...

      Delete
  11. pernah ketemu SPG di salah satu cafe di Banda. pas sampe ke satu meja, dua anak muda yg duduk di situ langsung bilang " ngak beli, ngak ngerokok".. trus spg bilang " Bentar dulu, belum juga ngomong..."..

    ReplyDelete
  12. Saya kalau didekati SPG rokok juga serbasalah, Bang. Selain bukan perokok, saya tak tega mereka mengiba sementara saya tak bisa bantu. Kalau jualan lain, okelah. Tapi rokok tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun demikian, susah membantu pd hal ini.

      Delete
  13. wah indonesia negara yang penuh misteri.... mari terus dikuak... gaya nulisnya asik dan mengalir....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari mas kita kuak :)
      Terima kasihnya semoga bermanfaat

      Delete
  14. kadang saya merasa kasian dengan SPG, gaji gak seberapa namun dituntut berpenampilan cantik, ya jadinya mencari bisnis tambangan dengan menjadi wanita panggilan. Kasian

    ReplyDelete
  15. SPG memang sering dikaitkan dengan kehidupan gelap seperti prostitusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ada pengalaman yang mengajarkan demikian.

      Delete
  16. Begitulah kehidupan SPG memprihatinkan

    ReplyDelete
  17. Yang diceritakan bang Ruindra ini SPG rokok merek apa ? Merk " D " bukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk rokok biar jadi rahasia saya dan narasumber ya mas Prince :)

      Delete
  18. beruntunglah kita karena masih bisa hidup layak...jangan silau dengan kemewahan...doakan mereka spy bsa bebas dri semua kemelutx...amin

    ReplyDelete
  19. Collection Kytha adalah sebuah toko online dengan katalog produk yang belum banyak, tetapi kami terus belajar dan berusaha memberikan pelayanan maksimal dan terbaik bagi setiap pelanggan kami smile emoticon

    Semua produk kami ready stock dan berkualitas baik dan memiliki harga yang kompetitif di pasaran.

    Saat ini kami hanya melayani transaksi secara online|dan saat ini kami hanya melayani penjualan secara online saja.

    Catatan: kami tidak memiliki contact info lain di luar contact info yang telah kami sebutkan dibawah, silahkan konfirmasi pada kami apabila anda ragu.

    Silahkan melihat-lihat koleksi kami dan hubungi kami kapan saja dan semoga anda puas.
    website : http://www.stockytha.semuawanita.com/

    ReplyDelete
  20. TOUR KE BALI MURAH....085237758479 - 085333307489
    Hubungi kami KSS Bali - ( www.dikutabali.com )
    Sewa Mobil dengan harga murah - Paket Tour - Paket Wisata Lain Banyak tersedia !!!

    ReplyDelete
  21. PROMO BESAR BESARAN VITA SHOP ELEKTRONIK. TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
    JIKA MINAT HUB/SMS 0858 2463 6227 ATAU KUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI DI
    http://vitashopelektronik.blogspot.com
    Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.800.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.700.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.300.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.4.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.000.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.900.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.3.100.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.900.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. mo ganti nama ma alamat blog ak tep tahu mb, jangan suka nipu, modelnya keliatan banget, cari uang halal!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      Delete
  22. Kebetulan dimana saya kos, ada 2 kamar yang di isi oleh SPG dari merk ternama dan 3 kamar yang di isi oleh wanita malam, memang sangat kontras, SPG sangatlah aduhai, namun begitulah kehidupan mereka sangat tertutup, masuk kamar pintu jendela tutup, ga pernah sosialisasi dengan tetangga kos, mereka terlihat hanya jika ada mobil yg jemput atau mobil yg antar. Lain dengan wanita malam, mereka mau bersosialisasi. Sama sama anak kos dan merantau, jadi susah senang saling berbagi tanpa mengganggu kehidupan pribadi.

    Saya melihatnya kasihan atas ke sombongan mereka, tapi ya sudahlah jalan hidup masing masing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena mereka merasa lebih tinggi ya :)

      Delete
  23. saya sering ketemu SPG2 itu krn lumayan sering ke tmpat kerjaku tp yang bikin sakit hati tuh mrk sering memaksa utk beli dagangan mereka bhkan tdk malu2 minta duit walaupun aku g beli juga, yang menyakitkan tuh sdh bersikap bgt kalau dimintai nmr tlpn aja sok g mau kasih, padahl diluar sering aku dngr kalau mrka tuh sbnrnya bs diajak jalan, namun knp juga hrs bgt kalau sama saya. selain itu yang bikin jengkel juga kalaupun akhirnya ngasih di hubungi g bisa

    ReplyDelete
  24. Padahal kalaupun mgkn saya pngn ngajak mereka jalan cuma pngn ngajak ngobrol dg santai dan enak saja kok. Krn saya masih menghargai dan andaipun mgkn dia nawarin yang lain mgkn sayanya yang masih pikir2. Buat mbak2 SPG yang suka cari duit tambahan dg cara bgt pesan saja kalau emang maunya ditambahi, mgkn suatu saat kita ktmu saya mau aja sih kasih lbh tp mhn dg sangat kalau ktm saya suatu hari nanti jika saya pngn ngajak jalan sbg teman mbok ya jngn brsikap sok pilih kasih bgt, wong toh kalaupun mgkn ntar kamu minta uang transport kalau emng kamu mau nemani saya skdr utk ngobrol psti saya kasih. Jangan mntang2 saya orgnye jelek trs kmu jadikan obyek peras kamu paksa beli rokok kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sabar Mas, semoga diberikan kemudahan di setiap jalanya ya :)

      Delete
  25. Secara pribadi saya pernah menjadi SPG ROKOK dan gak sejauh itu pemikiran saya untuk meraup untung yang sangat menguntungkan diri sendiri. Dengan banyaknya tuntutan yang harus saya penuhi saya tetap memilih di jalur yang semestinya, yap hidup itu pilihan. Bagaimana kuatnya kita para perempuan menjaga harga diri dan memenuhi kebutuhan hidup dari jalan yang lebih HALAL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Saya doakan Mbak Dea semakin tenang dan nyaman di kehidupan sekarang ya :)

      Delete
  26. itulah hidup penuh perjuangan sudah terjerumus kedalam dunia hitam
    jadi jgan sampai tergoda kedalam lembah hitam yang menawarkan ke indahan kebahagian kekayaan itu semua tipuan sebentar
    mau hidup bahagia bekerjalah dengan keirngat walau sedikit tapi itulah rejeki yang halal
    yasirmaster

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita doakan bersama mas Yasir, semoga dibukakan pintu keberkahan untuk mereka :)

      Delete
  27. Pekerjaan yang membuat dilematis, bila dibandingkan pekerjaan ini sama (dalam arti lain. baca: keberkahan) seperti pekerjaan seorang pegawai bank. Bekerja dan digaji dari hasil keuntungan bunga. Pernah saya tanya kepada salah satu teman saya yg bekerja di bank "apakah kamu tahu Riba?" .. sambil sedikit merenung seakan tahu maksud pertanyaan saya, dia menjawab " apabila ada kesempatan utk mendapatkan pekerjaan lain, mungkin saya akan berhenti disini.."

    Sadar atau tidak bahwa pekerjaan yang kita kira baik pun tak menjanjikan kebarokahan.
    wallahu 'alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua ada resiko mas Afwan, saya berharap kita mencari rejeki sesuai kemampuan dan halal sesuai agama.

      Delete
  28. AgaricPro Obat Herbal Untuk Bermacam Penyakit adalah salah satu obat herbal yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit seperti Obat Sinusitis , Obat Darah Tinggi , Obat Insomnia , Obat Stroke. terbuat dari ramuan herbal yang sangat berkualitas dan terjamin, dapat juga menyembuhkan penyakit seperti penyakit Obat Maag , Obat Asam Urat , Obat Stroke. Jika Anda tidak menyukai obat kimia, jangan khawatir karena produk kami terbebas dari bahan kimia, jadi AgaricPro , Obat Asam Lambung , Obat Asma , Obat Herbal dapat disembuhkan dengan produk kami. Produk best agaric AgaricPro Sebagai Solusi Untuk Hidup Lebih Sehat, AgaricPro Untuk Mengatasi Berbagai Macam Penyakit dengan kualitas yang sangat tinggi ini mampu menyembuhkan penyakit-penyakit yang ganas seperti penyakit Obat Ambeien , Obat Ginjal , Obat Hematuria. Banyak orang yang sudah menggunakan produk kami dan memberikan testimoni positif, karena produk kami memberikan efek yang sangat besar untuk menyembuhkan penyakit Obat Kanker , Obat Kencing Darah. Produk kami bisa didapatkan di Tasik Store. Jika Anda mempunyai keluhan tentang kewanitaan, maka Obat Keputihan Crystal X adalah solusinya. tidak hanya penyakit Obat Darah Kental , Obat Darah Rendah tetapi juga bisa menyembuhkan penyakit Obat Liver , Obat Migren , Obat Tumor , Obat Vertigo. Jika anda mempunyai keluhan wanita keputihan maka Nes V sulusinya untuk Penyakit Wanita dan Obatnya . Mulailah dari sekarang untuk hidup Healthy Life Indonesia . Segeralah lakukan pengobatan jika Anda mempunyai keluhan Obat Rematik , Obat Sesak Nafas , Obat Kurang Darah , karena jika dibiarkan penyakit Anda akan semakin parah. Obat Hernia , Obat Herpes , Obat Insomnia , Obat Jantung dan juga Obat Kolesterol , Obat Komplikasi . Dengan kualitas yang aman ampuh dan terjamin bisa menyembuhkan berbagai penyakit Obat Ambeien, Asam Urat, Asma, Hepatitis, Jantung, Maag, Rematik, Stroke. Obat Penyakit Asam Urat Ampuh

    ReplyDelete
  29. saudara-saudari yang saya hargai, sebenarnya kalo kita menghargai orang lain dan membalikkan posisi itu ke diri kita hal semacam yang namanya menggoda atau pu hal lain yang termasuk dalam prostitusi. contoh: kalo ada kita ketemu perempuan cantik terus kita kebayang akan kemolekan itu perempuan, nah! yang muncul di pikiran pasti pikiran jelek, tetapi kalo kita balikkan ke diri kita, "bagaimana kalo itu saudara perempuan kita yang diperlakukan orang, apa tanggapan kita?". inilah yang membuat orang jadi salah arah. tetapi bagi perempuan juga harusnya menjaga dirii dalam bersikap ataupun berpakaian karena saya sendiri pun pernah bertemu dengan seorang perempuan yang notabenenya memiliki suami dan anak, ini perempuan malah menunjukkan kemaluannya ke saya, waktu itu lagi di mc' donald! saya sontak kaget? tidak berapa lama pasangan saya datang dan langsung kami pulang. intinya: kalo memang orang baik, mau kayak apapun itu sulitnya hidup tetap akan melakukan yang baik, sebaliknya kalo memang dasar perempuan yang gak benar pasti melakukan yang tidak baik? sekalipu mereka tahu itu salah!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari kita doakan Mas Timbul semoga diberikan kelapangan hidup mereka.

      Delete
  30. Aktual sih! saat dia menjual barang di depan orang banyak, dia berlagak seperti wanita terhormat, saat tidak terlihat sama orang, dia pun berlagak bak wanita panggilan! Tapi apakah semua SPG seperti itu?? termasuk di Aceh kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua.Pengakuan Dia, ada temannya yang bekerja sesuai prosedur dan tidak main mata dengan laki-laki.

      Delete
  31. Halo semua.. saya ingin mengkarifikasi, saya adalah seorang SPG yang sudah menjalankan hampir 7 tahun, saya juga seorang mahasiswa. saya dan teman-teman saya memang seorang SPG, tapi kami tidak memiliki pekerjaan sampingan seperti dia. Saya pun, tidak pernah mengambil job menjadi SPG rokok, hanya sebatas SPG gadget, otomotif, makanan, dsb (yang menggunakan pakaian sopan).

    Disini saya ingin menjelaskan bahwa hanya karena dia seorang SPG, bukan bearti semua SPG centil, nakal, dan melakukan hal-hal yang tidak benar. Banyak kok, diluar sana yang pekerjaannya kantoran juga yang memiliki pekerjaan "sampingan" seperti itu.

    Saya ingin menjelaskan dan meluruskan pada masyarakat, kalau SPG tidak semua sama dan TIDAK SHARUSNYA DI JUDGE SEPERTI DIA. Terutama adalah SPG rokok, teman saya memilih dirinya menjadi spg rokok namun dia bisa kok menjaga dirinya.

    Saya pun seorang SPG yang dituntut untuk memiliki wajah yang cantik, body bagus, namun JUGA HARUS MEMILIKI OTAK YANG PINTAR. Bahkan, setiap saya mengambil pekerjaan saat event, kami semua yang menjadi SPG/USHER mendapatkan training untuk tidak meggoda customer, menerima ajakan-ajakan sampingan seperti tersebut, dan lain-lain yang berupa negatif.

    Semua hal itu tergantung dari SI WANITA nya, apakah ia memilih hidupnya menjadi yang benar atau tidak. :) Ingat, SPG tidak selayaknya selalu di JUDGE BURUK,

    Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak. Salam hangat ya. Seperti yang telah saya sebutkan, tidak semua melakukan pekerjaan sampingan ini. Semoga diberikan kemudahan dalam hari-harinya mbak :)

      Delete
  32. Hidup itu pilihan, semua kembali ke pribadi masing-masing jadi jangan asal ngejudge krn tidak ada yang salah dengan pekerjaan sebagai spg. jangan pernah menyalahkan pekerjaan seseorang tetapi yang harus disalahkan disini adalah orangnya/manusianya itu sendiri. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Kita yang menentukan masa depan lebih baik :)

      Delete
  33. ya begitulah spg.. sudah tak ada harga lgi..

    ReplyDelete
  34. Tergantung pada akhlak masing masing sebenarnya sih!!!

    God Bless for you!!

    ReplyDelete
  35. Hayyooo baii nikahin si dia hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Hidup ini gk selalu ngomongi nikah deh :)

      Delete
    2. Hihihihi..padahal baru aja mau komentar gini. Udah ada toh :D

      *piss ^^v

      Delete
  36. semoga mereka yang seperti itu diberi hidayah oleh Allah SWT, aamiin...

    ReplyDelete
  37. gara gara satu titik rusak susu sebelanga,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah hidup yang ada baik dan tidak baiknya.

      Delete
  38. @penulis: "Profesinya mungkin benar, tetapi pekerjaan “sampingannya” tidaklah menarik untuk diperbincangkan." tp menarik untuk dberitakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Agoez, begitulah realita yang terjadi saat ini. Apapun profesinya semoga dimudahkan rejeki ya :)

      Delete
  39. Kurangi tagihan listrik anda dengan PANEL SURYA, tenaga matahari yg gratis. www.Agensolar.com atau 087777801076

    ReplyDelete
  40. makanya mas, kalo bikin berita yang jelas,tempat kerjanya,dll jangan kaya bikin novel, karna banyak spg tidak seperti yang mas maksud, saya juga spg, tapi tidak terpikir sama sekali utk seperti itu, Kalau pun ada seperti itu, itu adalah pilihan si SPG tsb,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, tulisan ini dihadirkan sebagai pencerahan. Semoga bermanfaat ya,

      Delete
  41. waduh bacanya jadi semakin miris aja ya , jaman sekarang tuh pekerja seks udah bukan hal yg tabuh lagi buat kita malah sebagian orang sudah merasanya itu hal yang wajar mengingat faktor ekonomi yg skarang sangat sangat lah menderita untuk orang kelas menengah , untuk menghindari itu smua gak cuma butuh tekad dan kemauan aja tapi iman dan motivasi yang kuat saya pikir insha allah kita semua bisa mencegah hal-hal seperti itu datang ke diri kita masing -masing .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pandai-pandai kita beradaptasi ya, semoga dibrikan jalan terbaik.

      Delete
  42. Sebagian besar emang. ane punya Temen yg kebetulan SPG juga. bodynya emang mantabb, untung cuma temen (ga sampe punya niat wk wk). gajinya kalo lg ada event apalagi PRJ di jakarta bs sampe Rp.20jt tp gatau knp kok yo masih mau aja di booking orang. mungkin udah biasa, krna udah terbiasa jg :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati orang tidak ada yang tahu mas Fajar.

      Delete
  43. Bagus Dan biasa bermanfaat ada pengalaman yang harus di pelajari dari ini Hikmah Dan Dalam kehidupan.. Dia juga Beriman seperti saya dan kalian ... Amin

    Mkasi

    ReplyDelete
  44. Wau.... Mengharukan, Menyedihkan dan Mengherankan yah hidup ini... Tapi Semoga semua akan cepat Berlalu dan bisa menjalani Hidup ini dengan Tenang Dami serta Terpenuhi segala Norma yang ada. Dalam Artian, yang salah bisa mendapatkan Jalan Lurus dan yang Sudah Lurus tidak Berbalik Arah..

    ReplyDelete
  45. ane laki-laki yang udh beristri dan kadang-kadang merokok tp bkn perokok aktif,dipikir2 makin lama harga rokok bakalan makin mahal ya

    ReplyDelete
  46. Padahal Allah sudah menjamin rejeki untuk setiap hamba-Nya. Semoga ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari tulisan ini....

    Terima kasih untuk penulis.....

    ReplyDelete
  47. kalau mau bahas soal SPG, prostitusi dsj, jangan bawa2 aceh atau syariat islam segala dong...!! anda ini sprtinya punya maksud tersembunyi yg ingin disampaikan dg gaya bahasa yang halus...SPG yg bisa di"pakai" lalu tempelkan ke Aceh dan syariat islam...apa maksudnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, saya tinggal di Aceh dan merasa nyaman dan aman dengan syariat Islam. Bagaimana menurut Anda?

      Delete
  48. Dulu saya seorang SPG produk P&G selama 2 tahun. Cukup waktu lah untuk ngerti kehidupan di market itu seperti apa. Yah banyak SPG bisa dibooking. Seperti yang dibilang orang-orang. Tapi jauh berlipat lipat lebih banyak yang bekerja mencari uang halal walau dari pekerjaan yang dianggap miring ini. Saya mengenal banyak orang baik, SPG yang taat solat, SPG yang berhijab, SPG yang berjuang keras buat emaknya didesa. Banyak. Sekarang saya kerja sebagai pramu di RS Pemerintah. Disini belum pernah dengar saya ada karyawan bisa di booking. Kayaknya gag ada. Tapi yang selingkuh banyak.... yang jadi istri simpenan ada.... yang suka booking juga banyak... Well, jadi menurutku ini bukan masalah profesi ya, tapi masing masing individu. Jangan lah dikasih judul "Begini Kehidupan SPG" seperti menyamaratakan. Tapi ku rasa SPG yang mencari rizki dengan cara yang halal di luar sana tidak akan merasa tersinggung juga. Mereka udah pusing mikir target jadi gag sempat mikir pandangan orang lain. Hehehehe. Yah salam sukses buat para SPG. Jualan terus, tutup target, tapi jangan menghalalkan segala cara. Ingat keluarga dirumah jangan sampai tersentuh hasil dari duit haram ya. Banyak tapi barokah. Fighting...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Diah telah berbagi. Saya juga percaya bahwa tidak semua mereka demikian. Soal profesi yang melekat krn begitu sensitif sekali sehingga menjadi bumerang. Semoga mbak Diah mendapatkan kehidupan lebih baik ya.

      Delete
  49. Ada resiko di setiap pekerjaan,,,
    Terima kash sudah berbagi bang.... Salam kenal

    ReplyDelete
  50. saya lebih menghargai dan menghormati wanita seperti Mbak Dia ini, dia "jual diri" karena keadaan, dari pada seorang istri yang "menjual diri/selingkuh" karena napsu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.... tambah rumit masalahnya ya Mas Andri, hehehe

      Delete
  51. Memang sich.. itu semua tergantung kepada si Wanitanya. Tapi ketika Pekerjaan tersebut sudah banyak yang menilai negatif. Walaupun gk melakukan pekerjaan sampingan ya masyakat tetap saja menuduhnya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang memiliki pandangan masing-masing, kembali kepada kita menilai seperti apa. Terima kasih telah berbagi :)

      Delete
  52. Awal mula permasalahannya sih cuma karena dia kurang bersyukur, merasa kurang atas apa yang dia dapatkan sehingga ia menginginkan lebih dan lebih lagi. Sayangnya, dia menempuh cara yang salah, sebuah jalan pintas cara tak pantas. Sedih ya kalo liat kenyataan seperti itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati orang nggak ada yang tahu mas Pandu, mungkin juga benar karena kurang bersyukur....

      Delete
  53. semoga mereka bisa cepet dapet pekerjaan yang menghindarkan mereka dari tatapan lapar pria-pria mata keranjang nggeh mas

    ReplyDelete
  54. Setelah membaca tulisan ini, ingin rasanya untuk berkata "hidup ini keras bung!" memang begitulah adanya

    ReplyDelete
  55. TOKO ONLINE RESMI TERPERCAYA 100% BEBAS
    RESIKO BEBAS PENIPUAN MELAYANI PARTAI GROSIR DAN ECERAN PROMO TERMURAH HARGA TERPERCAYA DI DELIMA 100% KAMI JAMIN UANGX KAMI KEMBALIKAN APA BILA BARANGX TIDAK SAMPAI DALAN JANGKA 2 HARI
    PONSEL:HUB/SMS:0852-4004-4475 PIN BB:5B3C6CE6 website:http://delima-ponsel.blogspot.com
    NIKMATI BERBAGAI KEUNTUNGAN DAN KEISTIMEWAHAN BERBELANJA DISINI:
    * Barang berkualitas, dan harga lebih murah,
    * Dapat diantar keseluruh Indonesia.pengiriman barang melalui jasa TIKI/JNE
    * Keamanan dijamin karena setiap pengiriman disertai asuransi
    * Proses cepat dan sederhana
    * Dan Semua produk yang ditawarkan merupakan
    * Produk baru 100% (Tersegel), Original dan Bergaransi Resmi.
    * Kualitas Terjamin
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.5.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.700.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 I9500 Putih Rp.2.200.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note 3 PUTIH Rp.3.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Gold Rp.3.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 A300H 16GB Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 A500F Silver Rp. 2.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.700.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.900.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 4 16GB - Black Rp.1.800.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel) Rp.2.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.1.200.000
    Ready Stock ! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB-64GB Rp.2.700.000,
    Ready Stock ! Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue Rp 2.700.000
    Ready Stock ! Acer Aspire One AOD270 10.1 Rp. 2.000.000,-
    Ready Stock ! Acer TravelMate TM8481-2462G32 Rp. 2.400.000
    Ready Stock ! Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook Rp. 2.100.000,
    Ready Stock ! Nikon D7000 kit 18-105mm Rp.3.700.000
    Ready Stock ! Nikon D90 Kit 18-105mm Vr Rp 2.500.000
    Ready Stock ! Nikon Coolpix L 120 Red Rp. 2.500.000
    Ready Stock ! Nikon Coolpix P 500 Black Rp 2.500.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yg ini contoh sales promotion bot .. haha...

      Delete
  56. شركة الطيب تعتبر افضل شركة تنظيف كنب بالرياضنقوم بتلك الخدمة الصعبة لاننا نعرف ان جميع الشركات الموجودة بالكامل في الرياض و بالمملكة العربية السعودية لا تستطيع القيام بما نفعلة فنحن شركة الطيب افضل شركة تنظيف كنب بالرياض و بالمملكة العربية السعودية نقوم بتنظيف الكنب كالاتي اولا نقوم بتنظيفة من الاتربة التي لا تحتاج الي آلتين هما الة الشفط و الاخري الة الطرد فنحن نقوم بتنظيف الكنب بدقة عالية من الاتربة و هذا يدل علي ان شركة الطيب افضل شركة تنظيف كنب بالرياض معتمدة فيجب ان تثق بها بنسبة 100% فنحن نمتلك في شركة الطيب افضل طاقم من العمالة المدربة علي اعلي مستوي و كما اننا نقوم بغسيل الكنب بدقة و كفاءة فنحن نستخدم مواد للتنظيف عالية الجودة و ليس لها اي تأثير علي الاقمشة فنحن افضل شركة تنظيف كنب بالرياض عزيزي العميل اذا كنت تحتاج الي شركة للقيام بالاعمال المنزلية فنحن موجودين اربعة و عشرون ساعة متتالية لاننا نمتلك اكثر من مائة عامل منهم من يعم في الصباح و الاخر يعمل في المساء فنحن افضل شركة تنظيف كنب بالرياض ان الخدمات المنزلية تحتاج الي شركة بارعة و يجب ان تكون شركة ذات خبرة عالية و كفاءة فشركة الطيب تعمل في تلك المجال من الف و تسعمائة و تسعون فنح شركة الطيب افضل شركة تنظيف كنب بالرياض نمتلك ي شركتنا العديد من الخدمات المنزلية التي تحتاجها في منازلك مثل شركة تنظيف مجالس بالرياض و شركة تنظيف منازل بالرياض فنحن شركة الطيب افضل شركة تنظيف كنب بالرياض كما اننا نقوم بتنظيف الحمامات و المطابخ و الستائر و المجالس غرف النوم الكبيرة و الاطفال و ايضا نقوم بخدمة جلي البلاط و ايضا نقوم بخدمة تنظيف المسابح و الخزانات فعليك ان تكون ذو خبرة في تلك الاعمال حتي لا تغشك اي شركة فنحن افضل شركة تنظيف كنب بالرياض متخخصة في غسيل الكنب بدقة عالية و ايضا نقوم بتنظيف المجالس و الموكيت و غيرها فاذا كنت تريد خدمات تنظيف الكنب فنحن شركة الطيب افضل شركة تنظيف كنب بالرياض كما اننا نقدم لكم ايضا
    شركة تنظيف كنب بالرياض
    شركة تنظيف كنب بالرياض
    شركة تنظيف كنب بالرياض
    شركة تنظيف كنب بالرياض
    اتصل الان علي شركة الطيب لانها افضل شركة تنظيف كنب بالرياض و بالمملكة العربية السعودية
    نهتم نحن شركة الطيب بخدمة التنظيف فنحن اليوم نتحدث عنشركة تنظيف كنب بالرياض ان تلك القسم يعد من افضل الاقسام التي نحتاجها في ايامنا الممتالية فنحن شركة الطيب افضل شركة تنظيف كنب بالرياض نمتلك فش شركة الطيب افضل طاقم من العمالة المدربة و الفلبينية علي اعلي مستوي ممكن حيث اننا نمتلك في الشركة فريق مخصص يعمل في قسم شركة تنظيف كنب بالرياض فنحن شركة الطيب الاولي في خدمات التنظيف

    ReplyDelete
  57. Nama saya Doctor Philipson seorang nephrologist dan direktur medis utama di ST. LOUIS INDIA. Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena istirahat keuangan turun dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini melalui dr.louisclinic@gmail.com atau hubungi: +918870421469 dan kami akan menawarkan baik jumlah untuk Ginjal Anda
    HARGA: $ 145,000USD

    ReplyDelete
  58. Gaya hidup yang gelamor sehingga terjerumus dan suka saya sama tulisan di atas
    cheer

    ReplyDelete
  59. Selamat Datang di Rumah Sakit Umum Toronto, rumah sakit Spesialis yang membeli ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda dalam pertukaran uang? Jika ya, maka hubungi dokter Anthony Craig hari ini untuk mendapatkan handal dan baik transaksi untuk uang yang baik dan untuk Bedah baik, Hubungi kami Via: torontogeneralhospital@aol.com

    Menunggu respon Anda ... ..
    Salam Hormat….
    Dr Anthony Craig

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90