Top Ad 728x90

Monday, November 9, 2015

, , ,

6 Pertimbangan sebelum Upgrade ke iPhone 6

6 Pertimbangan sebelum Upgrade ke iPhone 6, Pertimbangan Upgrade ke iPhone 6, Kekurangan iPhone 6, Kelebihan iPhone 6, Mengapa membeli iPhone 6, Alasan memilih iPhone 6

Apple iPhone 6 Plus - gsmarena.com
Booming iPhone di mana-mana sama, di kota besar. Begitu Apple Inc. meluncurkan produk terbaru mereka, fanboy akan memburu dengan ganas. Tak ada yang peduli apakah tipe yang baru lahir sama dengan tipe sebelumnya. Tak ada yang gubris apakah harganya melambung tinggi atau tak ada diskon sama sekali.

Mengapa para pecinta gadget memburu iPhone?

Tak ada alasan yang mendetail sekali mengapa pemburu ini rela berkemah di depan Apple Store. Apabila dikatakan karena keamanan produk Apple lebih terjamin, tampaknya cukup keliru saat foto selebriti dunia seperti Jennifer Lawrence bisa dihack. Karena gaya hidup, barangkali bisa dipertimbangkan. Namun untuk fanboy yang sangat mencintai produk-produk terbaru Apple 6 pertimbangan ini bisa dipertimbangkan sebelum upgrade ke iPhone terbaru sekelas iPhone 6 atau iPhone 6 Plus.

Layar lebih besar
Tak pernah ada yang lupa saat Steve Jobs mengejek produsen lain yang terlebih dahulu melahirkan produk layar besar. Di generasi terbaru, Apple telah memakan omongan sendiri. Produk-produk iPhone yang berjaya dengan layar ukuran 3.5 sampai 4 inci kalah menarik dibandingkan dengan produk lain yang telah bermain di angka 5 sampai 6 inci.

Para fanboy yang dulu sangat bangga dengan iPhone 4 inci mereka, ke mana-mana menenteng dengan senyum merekah, mengatakan bahwa layar besar tidak menarik, mesti gigit jari karena iPhone 6 lahir dengan layar 4.7 inci dan iPhone 6 Plus dengan layar 5.5 inci. Layar sebesar itu, telah lama berwara-wiri dengan berbagai produk lain dari produsen ternama.


Bagi fanboy, ukuran besar tentu jadi boomerang tersendiri karena tidak menyukai ukuran besar – katanya. Namun laporan penjualan dari Apple mengatakan bahwa generasi terbaru dari iPhone ini tetap laris manis di pasaran. Tetapi, jika Anda kurang senang dengan iPhone layar besar, ini menjadi pertimbangan khusus untuk pindah smartphone.

Memori standar
Memori telah menjadi faktor utama untuk sebuah smartphone masa kini. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang memakan memori lebih besar. Bagaimana dengan iPhone generasi terbaru ini?

Sayang sekali, Apple masih bertahan di memori terkecil 16GB tanpa ada slot memori eksternal. Padahal memori begitu penting untuk seorang pengguna smartphone karena banyak sekali data tersimpan, mulai dari lagu sampai foto bahkan video. Memori kecil yang dihadirkan iPhone tampaknya kurang bagus karena produsen lain yang mengandalkan memori internal yang sama tetapi menyediakan slot khusus untuk memori eksternal. Untuk Anda yang senang sekali menyimpan banyak data di smartphone – supaya gampang mengaksesnya di mana-mana – upgrade ke iPhone generasi ini tentu menjadi pertimbangan lagi.

Design monoton
Kali ini, saya berani mengatakan bahwa iPhone kalah saing dalam hal design. Memang, Apple mempertahankan ciri khas iPhone dari semenjak awal terbit sampai sekarang. Namun pilihan ini telah membuat iPhone kurang berinovasi di saat para produsen lain menelurkan beragam produk dengan design menarik.

Design sebuah smartphone menjadi pertimbangan khusus untuk orang mau membelinya. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus hanya “menang” di layar besar saja karena untuk mengikuti perkembangan zaman. iPhone diciptakan dengan ukuran lebih besar karena Apple takut jika produk mereka tak laku mengingat jejeran Android rata-rata berukuran besar. Bagi Anda yang ingin design berbeda dari iPhone mungkin ini menjadi pertimbangan khusus sebelum meminang produk terbaru Apple ini.

Fungsi sama
iPhone yang sedang Anda pegang akan sama fungsinya dengan iPhone 6 atau iPhone 6 Plus apabila Anda berencana mengupgradenya. Fungsi iPhone – smartphone – rata-rata tetap sama bagi seorang user. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus tetap akan difungsikan sebagai alat telekomunikasi, baik telepon, pesan singkat maupun internetan.

Pertimbangan fungsi ini cukup masuk ke dalam list Anda karena iPhone lama masih bisa dipakai. Toh, walaupun Anda mengupgrade ke iPhone generasi terbaru ini media sosial yang wajib terinstal tak lain akan sama seperti, facebook, twitter, maupun instagram.

Slot simcard cuma satu
Ini salah satu kekurangan dari iPhone generasi terbaru. Di saat para produsen lain mengebom dengan smartphone dual sim, iPhone masih bermain “aman” dengan satu sim saja. Seberapa perlu dua simcard ini?  

Memang, zaman telah berubah. Rata-rata orang menggunakan dua ponsel saat ini. Satu untuk internetan, satu lagi untuk fungsi konvensional. Pada soal internetan, ada dua faktor utama yaitu smartphone cepat habis baterai dan urusan kuota internet. Sebagian besar orang lebih senang membeli kartu perdana dengan kuota internet lebih besar dibandingkan mengisi pulsa di kartu sim lama. Agar tidak ribet maka pilihan jatuh pada smartphone dengan dual sim. Jika Anda siap dengan satu slot kartu sim, tak ada masalah memilih iPhone 6 atau iPhone 6 Plus. Jika keberatan, mengapa tidak menggunakan iPhone yang lama untuk internetan dan mencoba ponsel biasa untuk urusan tradisional (telepon dan SMS).

Harga mahal
Soal harga, iPhone memang juara mahalnya. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dijual dengan harga di atas 10 juta. Cukup menguras kantong untuk kalangan kelas menengah ke bawah. Makanya, iPhone dikenal sebagai produk kelas premium walaupun ada pula istilah kreditboy untuk mereka yang membeli iPhone dengan sistem cicilan bulanan.

Harga mahal justru menjadi pertimbangan untuk mengupgrade ke iPhone 6 atau iPhone 6 Plus. Selagi iPhone lama masih bisa dipakai kenapa mesti berpindah ke iPhone terbaru sedangkan kebutuhan lain masih mendesak. Namun, apabila harga tidak menjadi masalah sah-sah saja menggenggam iPhone generasi terbaru ini.

Banyak sekali pertimbangan memilih smartphone, jika dituruti tak akan pernah habisnya. Bagaimana pendapat Anda?
Generasi Apple Iphone - gsmarena.com

Referensi:

10 komentar:

  1. halo om, sayangnya gak punya i phone, tapi saya akui apple memang produsen mobile dan lappy keren yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dhanang, pertimbangan aja ni kalau mau upgrade. Betul kalau tdk akan digilas terus oleh produsen lain.

      Delete
  2. Walaupun ada kekurangan di sana sini, saya tetep upgrade ke 6 karena terlanjur suka dengan barangnya (tapi nggak bisa dibilang fanboy juga karena nggak se-ngefans itu haha).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Eky, terima kasih ya telah mampir 😀

      Delete
  3. aku mau iphone 6 kalo di kasih gratisan, kalo beli ???? OGAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mau, yang namanya gratisan itu istimewa banget lho, hehehe

      Delete
  4. Blom kepikiran punya iphone :) selain karena harga, sy juga ga terlalu butuh2 amat
    Android aja kepake cuma buat kerjaan doang sisanya nganggur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Semua sesuai kebutuhan ya 😀

      Delete
  5. Menurut saya pribadi, banyak orang yang mengupgrade ke iphone6 agar terlihat 'wah' bukan dinilai dari fungsinya.

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90