Top Ad 728x90

Sunday, December 20, 2015

, ,

5 Penulis Wanita Paling Populer Sepanjang 2015

5 Penulis Wanita Paling Populer Sepanjang 2015, Penulis Wanita Indonesia Terkaya, Penulis Wanita Indonesia Terpopuler,


Siapa bilang menjadi penulis akan “miskin”?

Tak usah jauh-jauh melangkah ke luar negeri di mana profesi menulis telah sangat dihargai. Penulis dunia yang bukunya bestseller dan telah difilmkan sekarang ini hidup bagai di negeri dongeng. Kekayaan mereka berlimpah. Kepopuleran mereka pun tak kalah dengan para selebriti yang memerankan tokoh antagonis dan protagonis dari buku mereka.

Dunia kepenulisan Indonesia pun tampaknya telah menuju ke arah sana. Apabila penulis bestseller dunia dikuasai oleh penulis wanita, maka dunia tulis-menulis Indonesia juga demikian. Penulis wanita di Indonesia cukup banyak. Jika dulu terdengar bahwa penulis wanita hanya sebagai pelengkap saja namun saat ini penulis wanitalah yang menguasai perbukuan Indonesia. Lima nama yang saya sebutkan di bawah ini adalah para penulis yang bukunya laku bak pisang goreng di pasaran. Bahkan, baru dibuka pre-order saja buku mereka bisa dikatakan telah habis dijual!

Asma Nadia
Asma Nadia memulai karir kepenulisannya sejak kecil, dan namanya dikenal banyak orang semenjak tulisan wanita berjilbab ini sering muncul di majalah Annida. Genre Islami yang diusung Asma membuat bukunya disukai banyak kalangan, terutama ibu-ibu. Asma Nadia saya tempatkan di posisi pertama karena karir wanita dua anak ini sangat mulus di tahun 2015. Bukunya tidak hanya bestseller dan difilmkan saja, buku-buku dari pendiri Forum Lingkar Pena (FLP) ini telah dijadikan sinetron kejar tayang di salah satu televisi swasta Indonesia.

Nama Asma Nadia cukup populer dibandingkan penulis wanita lain semenjak buku Assalamualaikum Beijing dan Surga yang Tak Dirindukan difilmkan serta mendapat apresiasi dari banyak kalangan. Namanya semakin meroket sejak Catatan Hati Seorang Istri dibuat drama seri yang mengalahkan sinetron lain di masa tayangnya. Bahkan, sampai saat ini rumor CHSI, Hana dan Hello Kitty masih ramai dibicarakan.

Asma Nadia juga termasuk salah seorang penulis – bukan saja penulis wanita – yang telah mengikuti banyak aktivitas kepenulisan tingkat dunia. Tidak hanya sebagai peserta, Asma juga menjadi pembicara di belahan dunia yang disinggahinya. Selain itu, sosoknya yang religius kerap kali menimbulkan kontroversi begitu sebuah isu dikaitkan dengan agama. Tampaknya, Asma tak pernah goyah dan terus melahirkan karya-karya fenomenal sepanjang tahun ini. Dua bukunya yang sedang difilmkan adalah Pesantren Impian dan Love Sparks in Korea.
Asma Nadia - detik.com
Dewi Lestari
Nama Dewi Lestari – lebih dikenal Dee – sebenarnya telah lama dikenal sebagai penulis buku-buku berkualitas negeri ini. Serial Supernova masih ditunggu-tunggu pembacanya sampai kini. Dee dikenal sebagai penulis yang tidak terlalu produktif melahirkan karya dan gemar sekali melakukan riset mendalam sebelum menulis. Contohnya saja, saat menulis Gelombang ia harus bersemedi terlebih dahulu bersama orang-orang Batak. Hasilnya? Seperti yang Anda baca. Setiap kata dalam buku serial Supernova ini bermakna sekali.


Dee tidak hanya menulis buku saja namun menulis lagu dan menyanyi. Dulu kita mengenal Rida Sita Dewi yang bisa dikatakan girlband di eranya. Kesibukan Dee dalam menulis membuat grup bermusik itu vakum dan tenggelam entah ke mana. Namun Dee membuktikan bahwa dirinya adalah penulis sejati dengan melahirkan karya-karya spektakuler. Perahu Kertas merupakan salah satu buku Dee yang pertama diedarkan dalam bentuk “pesan singkat” oleh salah satu provider di Indonesia. Buku ini pula yang mengantarkan kesuksesan Dee dalam mengantarkan buku-buku lainnya untuk difilmkan. Sebut saja Supernova seri pertama dan Filosofi Kopi yang menggebrak perfilman Indonesia. Buku-buku Dee masih diburu pembaca karena kekayaan bahasa dan alur cerita yang menarik. Saat ini Dee sedang fokus melanjutkan seri Supernova yang sangat ditunggu-tunggu oleh pembacanya.
Dee - idwriters.com
Hanum Rais
Hanum Salsabila Rais tiba-tiba mengobrak dunia kepenulisan dengan buku kisah perjalanannya di Eropa. Mantan presenter televisi ini menuliskan kisah perjalanan dalam bentuk novel yang langsung bestseller di Indonesia. Bersama sang suami, Rangga Almahendra, Hanum memulai pertualangan di Austria dan bermain api dengan mereka yang mengucilkan Islam. Sama halnya dengan Asma Nadia yang mengantarkan Islam sebagai ruh dalam setiap bukunya, Hanum berjaya dengan tulisan “ringan” yang semula dianggap hanya roman picisan suami istri.

99 Cahaya di Langit Eropa merupakan cikal-bakal sebuah film yang akan kontroversi di luar negeri, jika ditayangkan di sana. Hanum menulis kisah ini dengan sangat apik sehingga pembaca terkesima. Pesan sejarah, renungan, pencarian jati diri, nilai-nilai keislaman merupakan titik awal dari kisah Hanum. Sukses dengan buku yang filmnya syuting di Eropa, Hanum kembali bertualang dalam buku Bulan Terbelah di Langit Amerika yang tak lain mengisahkan tentang keterasingan Islam setelah 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Bekal sebagai reporter membuat Hanum bebas bercerita dalam bukunya. Tidak hanya buku yang populer namun film yang diangkat dari bukunya masuk ke dalam jajaran box office di Indonesia.
Hanum Rais - indonesianfilmcenter.com
Ilana Tan
Sosok misterius ini saya masukkan saja ke dalam jenis kelamin wanita. Nama Ilana Tan memang dikenal sebagai Mira W di era modern. Karya-karya Ilana Tan memang tidak seambisius tiga penulis yang saya sebutkan di atas. Namun karya-karya Ilana Tan merupakan buku mega bestseller. Penulis yang entah bagaimana rupanya – benar nggak dia manusia? – menulis ringan sekali namun disukai oleh banyak pembaca terutama para pecinta buku-buku teenlit. Gaya bahasa yang ringan dan tidak bertele-tele membuat karya Ilana Tan cepat habis dalam sekali baca walaupun bukunya cukup tebal.

Nama Ilana Tan akan populer sepanjang tahun 2015 karena Sunshine Becomes You akan segera ditayangkan ke layar lebar. Sosok Ilana Tan akan diburu oleh paparazi kesiangan yang haus akan informasi mengenai dirinya. Saya pun cukup ini saja menulis karena tak pernah tahu, siapa Ilana Tan sebenarnya!

Ika Natassa
Kenapa saya memasukkan Ika Natassa ke dalam penulis wanita paling populer sepanjang tahun ini? Ika termasuk penulis yang konsisten menulis dan menghasilan karya berkualitas. Walaupun belum ada buku Ika yang difilmkan namun kehadiran Antologi Rasa maupun Critical Eleven cukup menarik perhatian. Buku-buku Ika laris manis di pasaran karena penjabaran yang kuat dan gaya tulisan yang asyik. Ika hadir dengan nuansa tersendiri dan jauh berbeda dari empat penulis wanita di atas. Ika menggebrak sesuatu yang biasa namun ditulis dengan tidak biasa. Itulah kekuatan Ika Natasha.

Critical Eleven salah satu contoh tema ringan namun dikemas dengan apik oleh Ika Natassa. Karakter yang kuat, ilustrasi yang menarik, serta alur memukau membuat buku ini sebagai track record Ika mencapai kesuksesan di tahun depan. Memang, perjalanan Ika masih sangat panjang tetapi kekuatan yang telah dimilikinya untuk menuju kesuksesan empat penulis di atas tidaklah sulit. Ika akan melaju sebagai penulis wanita selanjutnya yang karya-karyanya ditunggu oleh pembaca.
Ika Natassa - idwriters.com
Lima penulis wanita ini, siapakah idola Anda? 

16 komentar:

  1. Replies
    1. Halo Mbak Dian, kita tunggu yuk buku-buku beliau selanjutnya :)

      Delete
  2. Replies
    1. Ada sesi berikutnya Mas Irwin, yg pnting bukan kita berdua hehehe

      Delete
  3. Aku suka Asma Nadia dan Mira W, tapi kenapa Mira W gak masuk ya, bukankah banyak novel-novelnya yang telah di sinetron dan di filmkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mira W memang produktif sejak dulu tetapi tidak populer pd tahun ini.

      Delete
  4. Replies
    1. Terima kasih telah berbagi Mbak Tira :)

      Delete
  5. Replies
    1. Sudah diedit ya Mbak Ann. Terima kasih masukannya :)

      Delete
  6. Foto Ilana Tan mana? *konon memang tidak suka publikasi* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliau kan tertutup, biar aja demikian.

      Delete
  7. Aku suka Ilana Tan.. Novelnya romantis :D

    Kalo Mbak Dee agak berat sih.. Kurang cocok buat ku :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak. Bagi mereka yang suka novel ringan karya Ilana Tan solusinya.

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90