Top Ad 728x90

Thursday, May 12, 2016

, ,

Aceh Coffee Festival Cita Rasa Aceh dalam Kopi

Aceh Coffee Festival Cita Rasa Aceh dalam Kopi, Aceh Culinary Festival (ACF) dan Banda Aceh Coffee Festival 2016, Acara besar di Aceh tiap tahun,


Aceh dan kopi, dua hal yang tak bisa dipisahkan. Kopi Aceh dikenal cukup kentara dan nikmat. Tak hanya itu saja, kopi Aceh memiliki beragam gaya suguhan yang membuat pencinta kopi ingin menikmati kekentalan rasa kopi dari nanggroe. Kopi Aceh juga menjadi salah satu candu yang bisa membuat kamu nggak akan tidur semalam suntuk jika mengonsumsi dalam jumlah banyak, bahkan jika tak terbiasa dengan kopi secangkir saja bisa membuatmu sakau.

Tak mau terlena dengan kepopuleran kopi saja, Aceh menggebrak dengan menggelar Festival Kopi Aceh dan Festival Kuliner Aceh tahun 2016. Acara ini telah resmi dibuka pada Selasa, 10 Mei 2016 dan berakhir pada Kamis, 12 Mei 2016. Masih banyak kesempatan untuk ngulik aneka makanan dan rasa kopi di ajang bergengsi Aceh ini. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh cukup menggiurkan dengan rasa kopi khop misalnya, atau kue apam yang telah menjadi ciri khas kuliner Aceh itu sendiri.



Aceh Culinary Festival (ACF) dan Banda Aceh Coffee Festival merupakan dua ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh dengan Kementerian Pariwisata Indonesia.


Aceh Culinary Festival diikuti oleh 33 pengusaha kuliner, restoran, cafĂ©, street food, home industri, praktisi, dan penikmat kuliner. Setiap harinya ACF yang dibuka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam, akan dihadirkan 500 jenis makanan bagi penikmat kuliner,” – Reza Pahlevi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh –


Tahun ini Aceh Culinary Festival mengangkat tema Melestarikan Budaya dan Tradisi Legenda Kuliner Aceh. Kamu dapat menikmati pembuatan apam (seurabi) dengan 1000 tungku yang dirancang untuk memecahkan rekor MURI Indonesia.


Aceh Culinary Festival bukan hanya menjadi kegiatan pameran biasa, namun juga ajang nostalgia bagi masyarakat yang telah jarang menemui beberapa masakan khas Aceh resep nenek moyang tempo dulu dan mengajak berbagai komunitas dan anak-anak muda agar lebih melestarikan berbagai kuliner yang menarik di Aceh.” – Reza Pahlevi dikutip dari Serambi Indonesia.


Kamu bisa mencicipi beragam kuliner dari Aceh di sini. Kuliner yang nggak mudah didapatkan lagi di beberapa tempat kembali dipamerkan untuk melestarikan yang hampir terlupa dari Aceh.


“Aceh adalah salah satu daerah penghasil kopi terbaik di dunia. Pihak penyelenggara menawarkan pameran yang menghadirkan 25 stand yang akan diisi oleh warung kopi tradisional, pabrik roasting kopi, distributor produk kopi, para ahli dan komunitas pencinta kopi.” – M. Rizha, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh.


Festival kopi memang mengundang cita rasa tersendiri bagi penikmat kopi di Aceh secara universal. Yuk, nikmati beberapa suguhan manis dari sahabat saya Diana yang ngulik kegiatan tahunan ini di beberapa lembar foto di bawah ini. Apabila kamu masih penasaran, masih ada kok kesempatan datang ke acara ini.




Aceh akan terasa dalam secangkir kopi jika kamu berada di tengah-tengah acara ini. Aceh dan kopi tak pernah bisa dipisahkan sejak dulu, kini dan nanti. Rajikan kopi akan terasa sangat nikmat jika dinikmati dalam acara besar ini. Jika tahun ini belum kesampaian untuk menikmatinya bersama kerabat terdekat, tahun depan bisa dicoba kembali. Percaya deh Aceh memang sesuatu, dari beberapa sisi menurut saya pribadi. Hehehe.



Menikmati suguhan manis di acara ini membuat kamu berada dalam suasana Aceh yang sesungguhnya. Dan memang, sudah saatnya Aceh mempromosikan lebih besar segala sesuatu yang ada di dalam dirinya untuk dinikmati oleh masyarakat luas.



Aceh Culinary Festival (ACF) dan Banda Aceh Coffee Festival
Festival Kopi Aceh 2016 - Photo by Nasri Diana
Aceh Culinary Festival (ACF) dan Banda Aceh Coffee Festival
Aneka kue tradisional di Aceh Culinary Festival (ACF) dan Banda Aceh Coffee Festival - Photo by Nasri Diana

Aceh Culinary Festival (ACF) dan Banda Aceh Coffee Festival
Ibu-ibu sedang mencoba kuliner Aceh - Photo by Nasri Diana
Sejumlah stand di Aceh Culinary Festival (ACF) dan Banda Aceh Coffee Festival - Photo by Nasri Diana
Deretan kuliner khas Aceh di Aceh Culinary Festival (ACF) dan Banda Aceh Coffee Festival - Photo by Nasri Diana
Aneka Kuliner - Photo by Nasri Diana
Pengunjung beristirahat di tempat yang adem - Photo by Nasri Diana
Jalan masuk yang menarik - Photo by Nasri Diana

Kuline ini boleh dicicipi - Photo by Nasri Diana
Ada juga kue - Photo by Nasri Diana
Menikmati Festival Kopi Aceh - Photo by Nasri Diana

0 komentar:

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90