Top Ad 728x90

Tuesday, June 28, 2016

, ,

Tiga Pantai Favorit Keluarga Tiap Hari Raya di Aceh Barat

3 Pantai Favorit Keluarga Tiap Hari Raya di Aceh Barat, Pantai di Aceh ramai dikunjungi lebaran, Pantai di Aceh cantik, pantai di Aceh indah, Pantai di Aceh sunset bagus, sunset di Aceh, matahari terbenam di Aceh, panorama pantai Aceh,

sunset di Aceh
Sunset di Aceh Barat sungguh indah sekali.
Lebaran sebentar lagi. Hari Raya kemenangan untuk seluruh umat muslim yang telah berpuasa selama sebulan penuh di Ramadhan. Lebaran adalah waktu bersantai bersama keluarga, menjalin kembali silaturahmi, makan besar dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang indah. Salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi di Aceh adalah pantai, termasuk di Aceh Barat. Walaupun pantai di Aceh pernah terkontaminasi oleh tsunami namun tetap saja menjadi objek wisata.


Hari Raya nggak ramai jika belum ke pantai. Begitu kira-kira. Duduk manis di bibir pantai memang memesona apabila bersama orang tersayang. Di Aceh Barat setidaknya terdapat 3 pantai yang menjadi favorit keluarga tiap lebaran tiba.

Pantai Kuala Bubon
Pantai Kuala Bubon terletak di Jalan Banda Aceh – Meulaboh, Desa Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga. Lokasinya masuk ke dalam sehingga hanya orang-orang kawasan Meulaboh saja yang tahu. Sejatinya pantai ini telah punah saat tsunami. Pohon-pohon banyak yang tumbang, karang yang bertabrakan di bibir pantai dan aroma laut yang lebih gahar. Pantai ini tampil lebih eksotis karena nggak ada yang jualan maupun keramaian khusus seperti di pantai lain. Orang yang datang ke pantai ini khusus untuk bersantai, makan-makan yang dibawa sendiri dan mandi laut.  Mandi di pantai ini pun sangat hati-hati karena karang yang tajam bisa menimbulkan luka. Belum lagi bicara binatang laut yang bermain di antara karang seperti lintah laut dan lain-lain.

Pantai Kuala Bubon menjadi salah satu pantai favorit untuk bakar-bakar ikan karena tempatnya yang mudah menemukan peralatan bakar. Tempurung kelapa begitu mudah didapatkan di sini. Suasana sepi ini membuat orang-orang sibuk dengan aktivitas masing-masing tanpa merasa terganggu dengan yang lain. Orang-orang yang datang ke pantai ini membawa semua perlengkapan dari rumah. Terlihat kelompok-kelompok di bawah pohon kelapa. Apabila tempat yang teduh telah tidak kosong lagi, pengunjung lain tidak akan singgah.

Pantai Suak Geudubang
Pantai Suak Geudubang terletak di Jalan Banda Aceh – Meulaboh, Desa Suak Geudubang, Kecamatan Samatiga. Pantai ini terletak di lintas jalan menuju Banda Aceh. Pantai yang mudah dijangkau ini membuat keramaian tak dapat dibendung. Tidak hanya di hari lebaran saja, hari-hari libur lain pantai ini cukup ramai. Pada hari tertentu akan terlihat orang-orang jualan baju, permainan anak-anak, sampai dengan aneka permainan anak-anak yang bisa disewa seperti kereta api, mandi bola dan main pancing.

Siapkan dana lebih besar jika ingin duduk santai di pantai ini karena semua kebutuhan anak-anak tersedia di segala sudut. Belum lagi kafe-kafe yang menyediakan makanan mulai dari mi Aceh, gulai kambing, dan aneka minuman. Tak dapat dilupakan penjual keliling yang datang seperti penjual es krim, roti, buah-buahan dan lain-lain. Macetnya pantai ini cukup terasa karena walaupun nggak kebagian tempat duduk di kafe-kafe orang-orang masih bisa duduk lesehan dengan modal membawa tikar dari rumah. Tempatnya yang asri dan teduh membuat keluarga lebih memilih pantai ini daripada pantai lain.

Pantai Ujung Karang
Jika nggak mau ke tempat yang jauh, Pantai Ujung Karang bisa menjadi alternatif untuk mereka yang tinggal di Kota Meulaboh. Letaknya di dalam kota membuat pantai ini ramai dikunjungi anak-anak muda. Pantai Ujung Karang memang terkesan untuk memfasilitasi anak-anak muda yang sedang naik darah dalam bercinta. Terlihat dari kafe-kafe di pantai ini yang diperuntukkan untuk kelas anak muda. Namun untuk keluarga pantai ini juga bisa dimanjakan. Untuk yang suka berduaan, pantai sebelah barat adalah solusinya. Untuk yang ingin ramai-ramai bersama keluarga pantai sebelah timur adalah pilihannya.


Pantai sebelah barat menghadap ke matahari terbenam. Di sini selain kafe-kafe juga terdapat pemandangan lain seperti orang memancing menjelang malam. Pantai sebelah timur, bersebelahan dengan pelabuhan barang, lebih cocok untuk keluarga karena terdapat arena mandi. Di pantai ini menu makanan yang dapat dipilih antara lain jagung bakar, mi Aceh, dan aneka minuman segar.


Inilah tiga pantai favorit keluarga di Aceh Barat. Silaturahmi ke pantai telah menjadi tradisi di sini. Bagaimana dengan di daerah kamu? 

1 komentar:

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90