Top Ad 728x90

Tuesday, June 21, 2016

, , , ,

Kerajinan Eceng Gondok dan Pandan Cita Rasa Industri Rumah Tangga

Z240IC with Intel Core I 7 Processor, Kerajinan Eceng Gondok dan Pandan Cita Rasa Industri Rumah Tangga, Industri rumah tangga, Home industry, Asus Zen AiO S, harga Asus Zen AiO S, harga termurah komputer Asus, Komputer Asus terbaik, Komputer Asus termurah, Start Up, Now! W R I T I N G C O M P E T I T I O N, Lomba blog Asus, start up, now! writing competition, lomba blog Asus UKM,


Bicara usaha kecil, kaitannya tak akan jauh dari industri rumah tangga. Sederhana saja namun dapat menghasilkan hasil yang menggugah. Akhir Mei 2016, Ibu saya bersama sembilan wanita lain mendapat kesempatan emas belajar kerajinan tangan. Bahannya tak jauh dari alam sekitar. Pelatihan yang berlangsung seminggu ini pada dasarnya hanya untuk menghaluskan pekerjaan yang selama ini pernah dilakukan. Misalnya, tikar pandan yang jauh hari – bahkan sebelum saya lahir – Ibu telah menganyamnya. Hanya saja, anyaman tikar pandan saja tanpa modifikasi menjadi produk lain. Tikar pandan yang dianyam pun biasanya untuk konsumsi pribadi.


Ilmu dari pelatihan ini menjadi bekal untuk menghasilkan produk-produk rumah tangga lain. Pihak penyelenggara pelatihan hanya menyediakan wadah untuk berkreasi selama seminggu dengan tutor profesional. Lepas dari pelatihan ini, sepuluh orang wanita yang menjabat sebagai ibu rumah tangga mau tidak mau mengepakkan sayapnya untuk membuat kerajinan yang lebih baik dan memiliki nilai jual.

Kerajinan tikar pandan sudah sangat umum karena daun pandan begitu mudah didapatkan. Selain pandan, eceng gondok juga menjadi satu bahan baku lainnya untuk mendapatkan kerajinan lain. Eceng gondok yang berbentuk lebih keras dapat dikreasikan menjadi banyak kerajinan.
tas eceng gondok
Kerajinan eceng gondok - Photo by Bai Ruindra
Tahap awal, pandan dan eceng gondok diambil dari rawa-rawa atau di sungai. Pandan yang tumbuh liar mudah sekali di dapat dan begitu bersemak sehingga membuat kabur pandangan. Eceng gondok merupakan salah satu tanaman yang cepat tumbuh di dalam air sehingga mengotorkan air sungai. Kedua bahan yang telah diambil ini kemudian dijemur sampai berubah warna. Sebelumnya, duri di pandan dibuang terlebih dahulu. Eceng gondok dan pandan dijemur sampai benar-benar kering. Karena kadar air dan garam di dalam eceng gondok lebih besar maka lama waktu jemurnya mencapai seminggu lebih.
kreasi tas pandan
Kerajinan eceng gondok dan pandan - Photo by Bai Ruindra
Daun pandan dan eceng gondok yang telah kering tersebut bisa langsung dianyam. Daun pandan dianyam seperti menganyam tikar. Kemudian baru dibentuk dengan memotong sesuai ukuran. Untuk memperindah hasil karya, daun pandan bisa dibubuhi pewarna buatan sehingga tampil lebih menarik. Eceng gondok langsung dianyam sesuai bentukan kerajinan dan anyamannya pun sesuai dengan keinginan pengrajin. Umumnya, para ibu ini membuat kreasi tas, dompet, tikar maupun sajadah.

Kerajinan eceng gondok dan pandan memang tergolong cukup mudah. Bahan yang tidak mesti dibeli. Proses pembuatannya tidak rumit. Dan satu sisi, dengan mengambil pandan dan eceng gondok lingkungan tampak lebih bersih. Namun usaha kecil yang tidak ditunjang oleh modal besar serta promosi lebih giat, hasilnya tidak akan menjadi apa-apa.
Tas pandan - Photo by Bai Ruindra
Sepuluh wanita ini memang telah memiliki usaha kecil. Lepas dari pelatihan yang telah dilakoni, baik tas pandan maupun eceng gondok tidak lagi dianyam karena tidak ada yang minta. Mereka membuat kerajinan karena kebutuhan pelatihan dan kebutuhan lain seperti pameran yang diadakan setahun sekali. Mereka tetap membuat kerajinan terutama tas jika ada waktu luang dan tidak disibukkan oleh pekerjaan rumah tangga lain. Bahan baku yang cukup banyak tidak lantas membangkitkan semangat mereka untuk membuat hasil karya lebih banyak pula.
Hasil karya ibu-ibu - Photo by Bai Ruindra
Kebingungan justru muncul begitu tumpukan kerajinan yang telah dibuat. Tas yang dibentuk dengan manis, tikar pandan warna-warni, dompet, sajadah tebal, maupun tempat buah yang dibuat dari eceng gondok tampak kokoh, semuanya meradang sendiri tanpa ada yang sentuh. Mau dibawa ke mana atau siapa yang akan membeli produk ini. Peluang bisnis mana yang mesti diambil. Tentu, untuk kawasan yang industri rumah tangga dipandang biasa-biasa saja, kerajinan ini menjadi tidak menarik. Pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut tidak menghasilkan apa-apa. Para wanita ini butuh sesuatu yang lebih besar untuk menjual hasil kerajinan ke luar daerah di mana pandan dan eceng gondok belum familiar.

Kerajinan yang dibuat sekarang tampak seadanya karena pangsa pasar belum mampu menyerap. Pasar yang bermain, semangat kerja ikut melambung ke angkasa. Pasar berhenti, semangat kerja juga terjun payung.

Ibu-ibu ini membutuhkan sebuah terobosan untuk memasarkan produk kerajinan mereka. Asus datang menawarkan terobosan tersebut dengan menghadirkan produk-produk yang bersahabat dengan usaha kecil. Salah satu produk tersebut adalah Zen AiO S. Komputer dari Asus ini merupakan penggabungan kesederhanaan aluminium murni dengan kecanggihan teknologi canggih untuk menciptakan keindahan abadi namun praktis. Zen AiO S sangat cocok untuk kebutuhan pekerjaan rumah, termasuk mengelola industri rumah tangga dalam skala kecil. Zen AiO S dibalut dengan aluminium anodized elegan dan sangat tipis yang berbahan dasar aluminium padat. Zen AiO S tampak indah dan menakjupkan dengan Gold Icicle, pola konsentris lingkaran yang terinspirasi Zen. Tampilan menawan ini dibekali layar kaca sempurna yang memadukan kemulusan bezel untuk memberikan area tampilan maksimal.
Zen AiO S
Z240IC with Intel Core I 7 Processor - Asus Indonesia
Industri rumah tangga yang dimulai dari hal-hal ringan membutuhkan tenaga lebih besar untuk menunjangnya. Zen AiO S tak lain kekuatan untuk menguatkan kekuatan lain yang telah tersimpan dari semangat dan keuletan kerja para wanita ini. Kekuatan komputasi Zen AiO S dapat menunjang bisnis rumah tangga menjadi lebih sempurna karena didukung oleh teknologi terkini berupa layar sentuh 10 jari. Para ibu yang masih gagap dengan teknologi begitu mudah menginput data ke dalam komputer dengan sekali sentuh. Cukup diajarkan bagaimana cara mengoperasikan dengan baik sehingga tanpa operator para ibu dapat mengecek informasi dengan sendirinya.

Zen AiO S telah dibekali dengan koneksi port serial (COM), modul NFC dan pembaca Smart Card untuk mendukung aplikasi bisnis. Hal ini mempermudah pekerjaan industri rumah tangga yang pada dasarnya hanya membutuhkan sedikit bantuan komputer. Aplikasi bawaan seperti ini sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas jual beli dan penataan barang.

Industri rumah tangga yang dijalani oleh ibu-ibu ini tidak memiliki tempat khusus – area kantor. Keterbatasan ini kemudian menjadikan rumah salah satu anggota sebagai tempat berkumpul. Zen AiO S yang memiliki bodi ramping dan kompak, bisa ditempatkan di mana saja dalam situasi yang memiliki keterbatasan ruang area kerja. Selain itu engsel Zen AiO S tampil sempurna yang seimbang memungkinkan layar untuk dimiringkan sesuai dengan arah pandang. Kabel untuk port belakang dapat dialihkan sehingga terlihat rapi dan teratur. Ciri khas wanita ada dalam komputer dengan ukuran layar 24.0"(61.0cm) Full HD (1920x1080) dibekali LED-backlight, dan 178° wide viewing angle.

Sama dengan ibu-ibu ini yang membuat anyaman secepat mereka berbicara saat bekerja, Zen AiO S (Z240IC) bersama prosesor Intel® Core™ i7 6700T dan Intel® Core™ i5 6400T dengan chipset Intel® H170 dan Intel® H110, bekerja lebih baik dan kencang. Kemampuan komputasi kedua prosesor Intel ini tergolong sangat baik dan cocok untuk usaha kecil. Dengan performa tinggi, kebutuhan dasar pekerja rumah tangga yang selalu berkaitan dengan program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dapat bekerja maksimal. Sebagaimana diketahui bahwa semua prosesor intel dengan Core i dibangun dengan dasar arsitektur Nehalem. Keuntungannya adalah memberikan performa yang lebih tinggi dan pengaturan konsumsi daya yang lebih baik. Industri rumah tangga yang cuma mengandalkan satu komputer saja sangat diuntungkan dengan komputer berjenis prosesor Core i.

Industri rumah tangga ini memang memiliki keterbatasan ruang namun tidak dengan Zen AiO S yang hadir dengan memori sebesar 8 GB – dapat ditingkatkan menjadi 16 GB – dengan DDR4 pada 2133MHz. Penyimpanan data diberikan ruang sebesar 1TB – bisa ditambah menjadi 2TB SATA 1TB HDD dan 2TB HDD. Ruang penyimpanan sebesar ini lebih dari cukup untuk menampung ribuan foto hasil kerajinan tangan para ibu dan data-data penunjang lain.

Bagaimana Zen AiO S bekerja dengan kerajinan eceng gondok dan pandan?

Penataan Barang
Hasil kerajinan yang telah dibuat kemudian disusun rapi di dalam komputer. Susunan ini berupa jumlah yang dihasilkan, jumlah yang terjual dan jumlah yang belum laku. Penataan barang ini penting dilakukan untuk menilai sejauh mana kerajinan pandan dan eceng gondok diminati pasar. Selain jumlah dalam bentuk angka-angka, penataan yang paling penting adalah semua hasil kerajinan di foto lalu disimpan dengan baik sebagai bukti telah menghasilkan produk.

Grafik hasil penjualan juga perlu dibuat sehingga di waktu ke depan dapat memahami pasar mana yang cocok untuk memasarkan kerajinan ini. NVIDIA® GeForce GTX960M 2GB dalam Zen AiO S sangat membantu untuk menampilkan grafik lebih nyata. Kamera pendukung 1 megapixel dan 2 megapixel  RealSense  dapat digunakan apabila kamera lain tidak ada. Namun apabila kamera lain ada kekhawatiran teratasi dengan adanya Port I/O di bagian belakang yang terdiri dari USB 3.1 *1, USB 3.0, USB 2.0, atau 2 -in-1: SD/ MMC. Cukup menyambungkan sesuai kebutuhan maka transfer data lebih muda. Jika pun ingin yang lebih cepat bisa mengandalkan Bluetooth V4.0.

Bisnis Online
Ini adalah solusi terbaik untuk memasarkan kerajinan eceng gondok dan pandan. Bisnis online telah menjadi satu-satunya daya tarik dan bersaing cukup ketat. Beragam produk dijual dengan harga murah dan tentu saja industri rumah tangga bisa bermain aman di sini. Para ibu yang tidak membuat kerajinan dalam skala besar lebih untung karena bisa membuat produk sesuai pesanan. Konsumen memesan dalam skala besar, maka ibu-ibu ini siap tenaga untuk melahirkan produk tepat waktu.

Zen AiO S tak hanya membantu mendata produk kerajinan rumah tangga ini namun merealisasikan menjadi nyata. Zen AiO S telah didukung oleh Wireless Data Network 802.11 b/g/n dan LAN 10/100/1000/Gigabits Mbps. Kecepatan internet di layar dengan berat 7.3 kg bisa diandalkan. Toko online yang telah diaktifkan dengan cepat bekerja untuk melayangkan surat pemberitahuan kepada Google bahwa ada produk terbaru yang layak diperhitungkan. Kinerja komputer ini juga tampil kuat dengan daya 120 W Power adapter dan 180 W Power adaptor.

Asus juga menyediakan ASUS WebStorage untuk menyimpan data di awan. Data yang belum diinput ke toko online atau ingin disimpan di awan bisa mengandalkan media penyimpanan ini.

Inilah saatnya bersenang-senang dengan kerajinan industri rumah tangga!
Foto usai pelatihan - Photo by Bai Ruindra

5 komentar:

  1. dulu seingat saya 2014, ketemu dengan ibu2 yang buat kerajinan dari ginian mas. dan beliau sampai mendapatkan penghargaan nasional.
    kerajinan semacam ini, memang harus terus digalakkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Sandi harus digalakkan, apalagi bahan bakunya mudah.

      Delete
  2. Saya pernah berkunjung ke desa teman di kawasan Sleman, Yogyakarta. Rupanya desa tersebut penghasil mendong, dan malah sawah-sawahnya ditanami mendong. Produksinya banyak sekali orang satu kampung rata-rata menanam mendong di sawah.

    Sayangnya warga setempat lebih memilih menjual langsung mendong-mendong kering tersebut, alih-alih menjadikan kerajinan tangan yang nilai jualnya lebih bagus dan juga bisa memberdayakan masyarakat setempat. Contohnya seperti kerajinan-kerajinan tas begini.

    Btw, salam kenal dari Pemalang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali Mas Eko. Semga ke depan industri rumah tangga dapat digalakkan dengan serius dan mendapat dukungan dr berbagai pihak ya.

      Delete
  3. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90