Top Ad 728x90

Sunday, June 12, 2016

, , ,

Pisang Awak Bantu Pencegahan Penyakit Lambung

Pisang Awak Bantu Pencegahan Penyakit Lambung, Pisang Awak bagus untuk penyakit lambung, pisang awak untuk penyakit lambung, pisang kaya vitamin dan mineral, pisang bagus untuk bayi, pisang bermanfaat untuk kesehatan, kandungan vitamin dalam pisang, kandungan mineral dalam pisang,

pisang awak untuk sakit lambung
Pisang Awak bagus untuk mencegah sakit lambung. Pisang Awak dapat dikonsumsi dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan nasi atau dimakan sendirinya saja. Saya tidak dapat mempraktikkan pisang yang telah dihaluskan dan dicampur nasi karena sedang berpuasa. - sumber gambar 123rf.com
Setahun ini, saya kerapkali merasakan sakit berlebihan pada perut. Sakit ini bisa tiba-tiba terjadi dan membuat saya benar-benar kacau untuk melakukan banyak hal. Di kesempatan lain, saya enjoy saja karena tidak merasakan apa-apa. Sakit yang tiba-tiba ini biasanya karena salah makan atau makan makanan yang pedas dan asam, bahkan karena terlambat makan dan perut dalam keadaan kosong. Solusi yang dilakukan adalah langsung mencari makanan. Namun masalah yang muncul tidak langsung lega, makanan yang dikonsumsi dalam keadaan perut sakit malah membuat tidak mudah dicerna. Perut semakin sakit dan makanan yang dimakan kebanyakan dimuntahkan.

Kejadian terparah, Ramadhan tahun lalu di mana usai berbuka dan setelah sahur saya muntah-muntah tak karuan. Apapun makanan yang saya makan, tetap dimuntahkan. Perut terasa perih dan memanas sampai ke dada bahkan di setiap persendian. Mau tidak mau saya harus makan walaupun dalam jumlah sedikit untuk energi dan tidak drop total. Keadaan yang tidak memungkinkan untuk puasa akhirnya saya konsultasi ke dokter dan mendapat vonis lambung bermasalah. Sebab pertama karena makan tidak teratur. Saya mendapat resep untuk diminum selama masa penyembuhan. Dan apabila sudah kuat saya dianjurkan untuk kembali berpuasa.

Ternyata, sakit ini tidak hanya berurusan dengan perut kosong saja. Pikiran yang terkontaminasi dengan hal-hal negatif kadangkala membuat gundah berlebihan. Akibat dari gundah ini sakit di bagian perut terasa sampai ke kepala, mata juga ikut-ikutan kabur. Sedikit saja psikologis kena, maka sakit akan langsung dirasa. Obat-obatan yang diberikan dokter kemudian tidak lagi dikonsumsi karena tidak membawa pengaruh apa-apa selain rasa kantuk. Saya menerima saran di sana-sini untuk berobat secara tradisional. Ragu saya ketepikan dan berangkat ke tujuan dimaksud.

Saya menemui seorang pandai agama yang biasa mengobati penyakit lambung dan gundah hati. Beliau mengurut perut saya dengan minyak zaitun diikuti dengan doa-doa dan beberapa penggalan ayat al-Quran yang saya tidak tahu dari surat mana dan ayat berapa.
“Orang sakit lambung itu kembali lagi seperti bayi. Bayi dikasih makan pisang waktu kecil karena buah ini mudah dicerna oleh usus. Obat orang sakit lambung itu adalah pisang. Begitu sakit, makanlah pisang. Pisang yang bagus adalah jenis pisang Awak!” – Ummi, begitu kami menyebut nama beliau –
Pisang Awak merupakan salah satu pisang yang sangat mudah didapatkan dengan harga murah. Satu sisir pisang ini bisa didapat dengan harga lima ribu rupiah. Pisang ini biasanya juga dibuat untuk gorengan yang dijual sore dan malam hari.

Resep yang alami ini kemudian saya terapkan sesuai anjuran dari Ummi. Wanita ini sebenarnya bukan seorang yang tahu benar soal penyembuhan penyakit. Bekal yang dimilikinya adalah terapi diri sendiri ketika sakit lambung. Beliau makan pisang Awak sampai sekarang dan terbukti sudah jarang merasakan sakit lambung.

Jadwal makan pisang Awak ini wajibnya dua kali dalam sehari. Sunatnya bisa kapan saja apabila perut terasa kosong atau tiba-tiba merasa sakit. Jadwal wajib pertama adalah di pagi hari. Cara makan pisang Awak di pagi hari adalah dengan dihaluskan kemudian dicampur dengan nasi dan garam secukupnya. Cara menghaluskannya adalah dengan menumbuk menggunakan gelas atau sejenisnya. Pisang yang kira-kira telah halus dicampur dengan nasi kemudian dihaluskan kembali untuk ukuran tidak akan sakit begitu masuk ke dalam perut. Jangan salah bahwa orang sakit lambung, makanan yang keras, atau makanan yang tidak tepat bisa membuat sakit seketika. Jadwal wajib kedua adalah menjelang tidur. Mau tidur jam sepuluh malam. Mau tidur jam dua dini hari. Perut tidak boleh dibiarkan kosong. Sedangkan jadwal sunat antara jam sepuluh pagi sampai jam dua belas siang dan antara jam empat sore sampai jam enam. Jadwal lain saat terasa sakit dengan cara makan pisang Awak saja, satu atau dua.
Pisang adalah salah satu manfaat terbaik dan nyaman untuk usus. – bayikusehat.com –
Saya menerima cukup banyak manfaat setelah mengonsumsi pisang Awak secara rutin. Saya seperti seorang bayi yang harus mengunyah makanan lembut dan pisang tiap hari. Selama saya merasakan nyaman dengan kondisi ini, nggak malu pula saya bawa pisang Awak di dalam ransel. Perut terasa lebih nyaman dan saya bebas untuk melakukan aktivitas. Pisang Awak yang saya konsumsi juga membuat usus lebih mudah bekerja karena selama ini dipaksa untuk tidak menggiling apa-apa atau hanya menggiling makanan seadanya dalam waktu tidak teratur.
Kalsium dalam pisang bermanfaat untuk tekanan darah yang sehat serta fungsi jantung sehat. Orang yang mengonsumsi pisang akan memiliki tekanan darah lebih baik dan stabil. – bayikusehat.com –
Resep dari Ummi tidak terlalu berat untuk saya jalani. Resep ini juga tidak membawa efek samping sampai sekarang. Buah – termasuk pisang – merupakan salah satu makanan sehat dari berbagai kacamata. Jika sebelumnya saya sering lemas dan merasa sakit luar biasa, setelah menjalani kehidupan dengan pisang Awak ini saya merasa tenaga lebih dari cukup untuk beraktivitas. Kondisi tubuh yang semula tidak terkendali kian hari semakin terkontrol. Selama sakit saya sering marah-marah nggak tentu, selama mengonsumsi pisang Awak saya malah lebih sabar.

Sekarang, saya mengonsumsi pisang Awak bukan lagi untuk menyembuhkan sakit lambung namun sudah ke taraf pencegahan agar tidak kembali sakit. Rutinitas yang nggak memakan waktu lama ini membuat saya tidak lagi merasa sakit berkepanjangan. Memang, saya tidak bisa mengatakan telah sembuh total namun saya sangat terbantu dengan menu pisang Awak ini. Menu yang semula saya remehkan, menu yang sejak awal saya nggak mau makan sama sekali karena merasa nggak enak, seperti bayi dan alasan lain.

Saya malah tertawa sendiri karena nggak bisa lepas dari pisang Awak. Dan ternyata, bukan hanya saya saja yang merasakan hal serupa. Setiap ketemu dengan orang yang pernah sakit lambung, selalu saja pisang ini solusinya.

Benar kata orang tua dulu, pisang menyimpan segudang manfaat. Nggak salah orang tua kita menyumpal pisang Awak yang telah dihaluskan ketika masih bayi. Kandungan vitamin dan mineral lebih dari cukup untuk membangun stamina. Kandungan vitamin dan mineral secara terperinci saya jabarkan di bawah ini (dikutip dari bayikusehat.com).

Kandungan vitamin pisang
Vitamin A sebesar 144 IU
Vitamin C sebesar 19,6 mg
Folate (penting selama hamil) sebesar 45 mcg
Vitamin B6 sebesar 82 mcg
Niacin sebesar 1,49 mg
Pantothenic Acid sebesar 31 mg
Vitamin E sebesar 22 IU

Kandungan mineral dalam pisang
Potassium sebesar 806 mg
Magnesium sebesar 61 mg
Phosphorus sebesar 50 mg
Calcium sebesar 11 mg
Iron sebesar 58 mg

Referesnsi:
bayikusehat.com
Wikipedia – Pisang Awak 

3 komentar:

  1. walah itu mirip penyakit magh bang kalo berhubungan sama lambung?
    pisang awak ya,, kalo dijawa apa ya namanya bang? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya dr mag, lama-lama jd lambung jika dibiarkan.
      Googling aja pisang awak namanya, kalau di Jawa kurang tahu biasa juga dibuat gorengan.

      Delete
    2. walah..bahaya berarti ini..soalnya saya punya magh juga bang tapi seakan meremehkan...
      hehe iya :D

      Delete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90