Top Ad 728x90

Wednesday, August 31, 2016

,

Penting Nggak Sih Ngeblog Sesuai Ejaan Bahasa Indonesia?

Penting Nggak Sih Ngeblog Sesuai Ejaan Bahasa Indonesia, Blogger taat EYD, Blogger Paham EYD, Blogger Paham EBI, Ngeblog sesuai Ejaan Bahasa Indonesia, Pentingnya EBI untuk blogger, Ejaan bahasa Indonesia di blog

Ejaan bahasa Indonesia di blog
 Tulisan Blog sesuai Ejaan Bahasa Indonesia - Ilustrasi - alittleobsessed.co.uk

Blog itu catatan harian seseorang dalam menyampaikan unek-unek, kisah galau, atau coretan lain. Masuk ke era digital, ngeblog bukan lagi urusan galau-galau saja. Blog bisa menjadi sarana untuk terkenal, dapat uang banyak, jalan-jalan gratis maupun lahirnya sebuah buku best seller. Semua ini tidak terlepas dari curhatan yang awalnya hanya melepas kesedihan semata atau memang nggak ada kerjaan lain selain main internet.


Ngeblog itu memang suka-suka kamu mau ngapain. Kamu mau coret sana-sini, mau marah-marah ke mantan, mau kesal ke teman, kecewa sama orang tua yang nggak mau beli smartphone mahal, ngambek sama adik kamu yang dibelikan mobil-mobilan baru, semuanya bisa kamu tuangkan dalam sebuah artikel sepanjang 500-1000 kata. Ulasannya sesuai dengan gaya bahasa kamu, mau kaku, baku atau ala remaja masa kini. Sah-sah saja karena kamu yang akan mengendalikan blog itu ke arah mana. Namun, jangan lupa bahwa ngeblog saat ini bukan kamu seorang. Banyak sekali blogger yang cetar membahana badai ala Tante Syahrini. Jam tayang mereka bukan main-main. Ada yang telah melahirkan buku laris seperti Trinity, Agustinus Wibowo dan Raditya Dika. Ada yang masih jalan-jalan gratis di bawah naungan Kemenpar. Ada yang jalan-jalan gratis karena menang lomba. Bahkan, ada yang dapat pundi-pundi “amal” puluhan sampai ratusan juta dari Google Adsense.

Pembaca blog butuh yang segar di mata. Tulisan kacau beda dengan ngeracau. Mau kamu menulis dengan sangat alay sekalipun Ejaan Bahasa Indonesia (Ejaan yang Disempurnakan) harus tepat sasaran. Titik koma harus teratur. Tanda kutip harus benar. Hal ini akan berkaitan dengan pemahamanan dasar kamu dalam menulis. Ngeblog sih iya tetapi jangan asal nyemplung saja tetapi lupa daratan. Main blog bukan lagi main lempar batu sembunyi tangan. Setiap tulisan yang dilempar ke pasaran, itu bukan lagi milikmu. Kata kunci yang tepat di mesin pencari akan mampir ke blog kamu dan itu harus hati-hati. Pakai bahasa yang umum sehingga semua orang paham maksudnya. Bahasa yang cuma dipahami oleh kelompok kamu saja, tentu tidak cocok dengan blog karena pembaca akan mencari blog lain yang mudah dipahami dan enak dibaca.

“aq cayank qamu” sudah nggak berlaku lagi dalam menulis blog. “Aku sayang kamu,” gunakan koma jika masih ada percakapan lanjutan dan titik jika putus di situ saja. Jelasnya begini:

“Aku sayang kamu.”

Selesai sampai di situ.

“Aku sayang kamu,” ujar Cinta sambil merajuk.

“Sejak kapan?” Gagah membulatkan mata.

Cinta dan Gagah diawali dengan huruf Kapital karena sebuah nama. Setelah tanda tanya (?) tidak lagi dibubuhi titik begitu juga dengan tanda seru (!).

Kenapa Ejaan Bahasa Indonesia itu penting untuk seorang blogger? Nasib nggak ada yang tahu. Penerbit buku sangat tertarik dengan penulis blog semenjak buku kisah perjalanan Trinity dan Agustinus Wibowo sukses di pasaran. Tulisan yang menarik dan nggak ada bunga-bunganya akan mudah dibaca oleh editor sehingga mudah pula lolos di sidang redaksi. Tidak hanya itu, majalah, tabloid dan koran juga senang memuat tulisan blogger. Tulisan yang “ancur” bukan “hancur” lagi tentu nggak akan diterima oleh editor. Ketikan yang rapi, tanda baca yang jelas, kutipan yang padat dan spasi yang sesuai akan memudahkan tulisan kamu dinilai oleh editor. Tiap hari editor menerima banyak tulisan. Jika kamu masih menulis dalam posisi ngegombal soal ejaan, tulisan kamu akan langsung dicampakkan oleh editor.

Ejaan Bahasa Indonesia yang benar juga mencerminkan identitas seorang penulis blog. Blogger yang sayang kepada blognya tidak akan mau artikel yang dipublikasikan miring kiri dan kanan. Sebuah artikel utuh yang tertayang di blog sudah melalui tahap revisi dari seorang penulis. Revisi ini perlu untuk menghilangkan typo, tanda baca dan kutipan lain yang harus diberantas sampai ke akarnya.

Memang, semua kembali kepada seorang blogger mau menulis dengan gaya jongkok atau duduk manis manja. Sekali lagi saya katakan bahwa, blog di Indonesia sudah ribuan, aktif dan tidak aktif. Blog tidak aktif saja masih bisa terdeteksi oleh mesin pencari Google, bagaimana dengan blog aktif?

Semakin hari, kehidupan blogger semakin menggiurkan. Tulisan kamu yang lupa titik di akhir kalimat bisa menghilangkan rejeki yang datang kemudian hari. Rutin ngeblog tidak tertutup kemungkinan perusahaan nasional maupun multinasional menggaet kamu untuk mempromosikan produk mereka. Perusahaan-perusahaan ini tentu saja mencari tulisan yang rapi, enak dibaca dan sopan. Tulisan kamu yang masih, “cantek amat kakak itu yach!!!!!!!!!!” nggak akan masuk list undangan mereka. Kamu bisa mengubah kalimat ini menjadi, “Cantik banget kakak itu ya?”

Ejaan Bahasa Indonesia memang remeh sekali untuk seorang blogger. Dari yang remeh ini pula pembaca bisa menilai sejauh mana kemampuan kamu memahami EBI (EYD) sejak mulai menulis, bahkan sejak kamu menerima pelajaran tentang ini dari SMP. Galaunya Raditya Dika tetap tidak meninggalkan ejaan yang benar sehingga begitu masuk dapur penerbit, editor tidak mesti membuang tanda seru yang ratusan.


Mulai sekarang, coba deh ngulik lagi artikel menarik di komputer kamu. Jika belum siap tayang, tahan dulu. Jika benar-benar telah matang, siapkan serangan untuk berperang di jagad maya! 
Baca Juga Kopi Jessica, Kopi Sianida yang Dibesarkan dari Janin Hingga Dewasa

8 komentar:

  1. Wah benar sekali mas, EYD itu sangat penting. blog adalah lautan dan daratannya adalah EYD. Terimaksih Mas

    ReplyDelete
  2. Baiklah,mari belajar tata bahasa lagi, mari peduli pada EBI! Paling tidak tanda baca itu berpengaruh pada arti atau maksud kalimat kan? Untuk menghindari ambigu dan salah paham.

    Btw itu kalimat aku di atas ada yang salah tanda bacakah? Haha jadi kagok.

    ReplyDelete
  3. Bener banget. Ejaan dan tanda baca yang baik dan benar bikin betah yang baca. :)

    ReplyDelete
  4. Benar sekali bang, apalagi kini mic. office menyediakan spelling word yang memudahkan penulis. Hanya saja kalimat yang enak dan mengalir kembali ke gaya setiap blogger.

    ReplyDelete
  5. hahaha aku dah mulai nulis yang rada eyd tapi tetap seperti yang aku mau :))

    ReplyDelete
  6. memang sih benar, tapi masing - masing blogger juga mempunyai gaya khas nya untuk menulis dengan gaya nya

    ReplyDelete
  7. Cukaaa deh cama tulisan ini *kemudiandigeplak*

    Well, emang iya kok. Karena makin ke sini, tulisan di blog juga kudu EYD. Itu kalau kita emang niat profesional *ceileh* hihihi ^^v

    ReplyDelete
  8. kalo banyak typo juga nanti makin merosot di mesin pencari ya bang..makasi remindernya

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90