Top Ad 728x90

Friday, August 19, 2016

, , ,

Tujuh Tips Fotografi dengan Kamera Smartphone untuk Pemula

Tujuh Tips Fotografi dengan Kamera Smartphone untuk Pemula, Tips Fotografi dengan Kamera Smartphone untuk Pemula, Tips Fotografi dengan Kamera Smartphone, Tips Fotografi, Belajar fotografi, Kamera Asus bagus sekali, Kamera Zenfone bagus sekali, Hasil kamera Zenfone, Hasil kamera Zenfone Selfie,

Tujuh Tips Fotografi dengan Kamera Smartphone untuk Pemula
Foto itu berbicara seadanya - Photo by Bai Ruindra
Sepanjang perjalanan teknologi, kamera ponsel telah menjadi sarana yang mematikan untuk mengabadikan momen-momen terindah. Smartphone atau ponsel pintar telah menjadi menjadi sarana yang menjerumuskan orang-orang awam untuk memotret fenomena alam. Kemunculan smartphone dengan kamera mumpuni bahkan sampai autofocus membuat hasil jepretannya semakin menggugah. Setidaknya, foto dari kamera smartphone dapat berbicara tentang suasana hati fotografer pemula.


Saya termasuk bagian dari fotografer pemula ini. Saya tentu tidak mau terlena dengan kamera smartphone kelas atas namun tak mampu mengabadikan momen dengan baik. Saya memakai smartphone Asus Zenfone Selfie dengan kekuatan kamera 13 megapixel dan disertai autofocus.

Sebenaranya, tidak ada tips khusus untuk dapat menangkap momen berharga tersebut. Rasa alam itu kembali ke bagaimana menarik jiwa tersembunyi untuk memotret dengan tangan tidak bergetar. Autofocus saja tidak cukup untuk dapat mengabadikan momen menarik, sudut pandang yang berbeda akan membuat sebuah hasil karya akan berbicara walaupun tidak dibumbuhi keterangan sama sekali.

Foto yang baik adalah bagian dari gubahan arti hidup. Foto yang diambil dengan kamera smartphone high end sekalipun jika tidak memahami bagaimana membidik dengan rasa tetap akan terasa hambar. Setiap foto akan menjelma menjadi informasi paling berharga kepada orang yang melihatnya. Tangkapan kamera ini benar-benar mempunyai nyali kuat agar orang datang berkunjung, jika panorama yang dihadirkan itu adalah tempat wisata. Foto tidak selalu mengangkat aroma wisata, bagi saya apapun dapat kamu foto asalkan itu menarik dan bisa dijadikan kenang-kenangan.

Saya akan membagi tujuh tips untuk kamu yang baru saja memegang smartphone dengan kamera terbaik. Tips ini mungkin akan berharga jika kamu sedang tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk dapat mengikuti kelas fotografer. Apapun smartphone di tangan kamu, pastikan sudut pandang itu menarik, abaikan jika hasilkan buram atau penuh blur. Kamu tidak sedang mengejar deadline ke editor majalah foto. Kamu cukup arahkan kamera, rasakan alam yang sedang berbicara di sekitarmu, kunci percakapan tersebut lalu klik.

Kamu telah maju selangkah dalam memulai karya foto!
Baca Juga
Gadis Aceh, Maukah Kau Kupinang dengan Mahar Selain Emas 
Tips pertama, jika kamu sudah pernah mengutak-atik kamera smartphone, kembalikan ke pabrikan agar hasilnya tidak kacau. Kamu boleh mengubah resolusi dari 8 MP ke 13 MP misalnya, tetapi tidak mengubah iming-iming lain sehingga hasil foto kamu akan diragukan keelokannya. Kamera asli dari pabrik akan menghasilkan foto sebenarnya tanpa tipu daya sehingga daya tariknya keluar sebagaimana yang diharapkan.

Tips kedua, foto apa saja. Jangan pedulikan cemoohan orang saat kamu memotret katak sedang meloncat. Tugasmu adalah bagaimana menangkap loncatan katak tersebut sehingga tampak terbang di hasil kamera. Tentu itu tidak mudah dalam sekali klik. Kamu hanya perlu berdiam diri sejenak, bersadar, dan biarkan kamera smartphone melakukan klik berulangkali sehingga tangkapan kemera itu dapat.

Tips ketiga, abaikan blur. Tangan yang belum terbiasa memotret tentu mudah bergetar. Hasil foto yang blur membuat kamu patah semangat untuk memulai buruan yang lain. Tugasmu setelah itu adalah mengambil ponsel pintar, buat dia berdiri vertikal atau horizontal lalu arahkan ke sudut yang menurutmu menarik. Dua tangan di smartphone lebih baik daripada cuma satu tangan.

Tips keempat, foto tiap saat. Jangan pernah menunggu momen lalu baru diarahkan kemera smartphone ke bidikan tersebut. Momen apapun tidak akan pernah terulang kembali. Klik saja momen itu berulangkali kemudian lihat hasilnya dan perbaiki di kemudian hari pada bagian yang goyang atau sudut pandang yang tidak menarik.

Tips kelima, hindari berhadapan dengan matahari. Kamera smartphone berbeda dengan DSLR. Fokus yang baik adalah jauh dari sinar matahari. Misalnya, saat matahari pukul sepuluh pagi, objek ada di deretan pukul sembilan, maka hasilnya tidak akan menarik karena kamera smartphone akan berbenturan dengan sinar matahari. Suatu keberuntungan apabila hasil kameranya menangkap sesuatu, sinar ultra yang berkunang-kunang, namun fotografer pemula sulit untuk mendapatkan bagian ini.

Tips keenam, dekatkan kamera dengan objek. Kamera smartphone tidak diciptakan untuk bermain dalam jarak jauh. Untuk hasil yang lebih baik, kamu perlu mendekatkan kamera ke objek bukan dengan menarik resolusi agar objek lebih dekat. Kamera smartphone dengan autofocus akan mengunci objek sehingga fotografer langsung klik di bagian itu.

Tips ketujuh, selalu landscape untuk hasil yang memuaskan. Ruang kamera akan lebih terbuka dan hasil lebih maksimal. Kamera dalam posisi horizontal akan menangkap detail semua yang ada di sekitar objek. Kamera tidak akan menampilkan semua namun bagian blur di belakang objek membuat hasil foto lebih mengelegar.

Tujuh tips ini hanya secuil pengalaman saya dalam memotret. Saya masih pemula, kamu juga pemula, mari rayakan hasil kamera dengan objek yang sedang berbicara kepada kita. Cukup itu saja!.

Ini hasil bidikan kamera saya. Saya memakai kamera smartphone Asus Zenfone Selfie yang menampilkan gambar lebih detail, fokus dan berbicara soal rasa.
Tips Fotografi dengan Kamera Smartphone untuk Pemula
Seekor kucing seakan tengah menanti ikan dari kail - Photo by Bai Ruindra
Tips Fotografi dengan Kamera Smartphone
Hasilnya tidak seberapa, namun detailnya yang mengundang selera - Photo by Bai Ruindra
Hasil foto saya yang lain dapat dilihat di akun Instagram @bairuindra
Baca JugaJalan Berliku Kehidupan Seorang Blogger

8 komentar:

  1. Aku termasuk orang yang suka fotografi dan itu menggunakan kamera ponsel. Menurutku, fotografi dengan kamera ponsel lebih simple aja, sih. Bisa langsung upload saat itu juga. Sekarang juga sudah banyak ponsel yang dilengkapi kamera sejernih kamera betulan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Zaman sekarang semua mudah ya Karen. Ayo berbagi melalui foto :)

      Delete
  2. Kamera hanyalah alat, yg penting siapa yang memotretnya. Tipsnya sangat berguna sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas. Semangat memburu foto ya :)

      Delete
  3. Poin keempat ituuuu.... momen. Itu yang paling bikin nyesel kalo nggak motret sesuatu. Soal blur-blur mah....nggak segitu-gitunya. Tinggal jepret ulang (kalo memungkinkan). Nggak perlu galau "isi filmnya tinggal berapa, ya?" seperti zaman pake tustel dulu, duluuuu sekali :D

    ReplyDelete
  4. saya pun ingin bisa fotografi, tapi hasil jepretan saya kadang bagus kadang juga jelek. untung nemu ini, thanks untuk tips-tipsnya ini.

    ReplyDelete

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90