Top Ad 728x90

Friday, October 7, 2016

, , , ,

Keindahan Bunga dari Kamera Smartphone ASUS Zenfone 3

Keindahan Bunga dari Kamera Smartphone, Tips dan Trik foto bunga, Cara foto bunga dengan HP, Hasil foto bunga, hasil foto bunga dari HP, hasil foto bunga dari smartphone, hasil foto bunga dari ASUS Zenfone 3, Hasil kamera ASUS Zenfone 3, kamera ASUS Zenfone 3, Kamera ASUS Zenfone 3 autofocus, Kamera ASUS Zenfone 3 jernih, Kamera Asus Zenfone 3 detail, keunggulan kamera ASUS Zenfone 3,

foto kamera ASUS Zenfone 3
Foto bunga kamera smartphone yang detail dan fokus - photo by Bai Ruindra
“Bunga kok difoto!”

Sindiran yang ngena jika saya sangat sensitif terhadap segala rasa. Benar sih, ngapain foto bunga? Konteks keindahan itu sebenarnya terletak pada bunga. Jika saya kembali bertanya, siapa yang nggak suka bunga?

Baca Juga

Eksplore Bali dengan Kamera Zenfone 3

Apapun alasannya, setiap orang suka bunga. Jika tidak bunga hidup, suka kepada bunga mati, atau aroma bunga di parfum. Intinya, suka atau tidak dengan bunga itu sangat universal sekali. Bukan pula seorang pria suka bunga karena hidupnya melankolis, melodrama, sensitif atau berperangai seperti wanita. Ada alasan yang membuat seorang pria mengarahkan indera ke bunga, membidik kamera ke bunga, dan itu hanya pria tersebut yang tahu.

Bidikan kamera smartphone saat ini tidak bisa lagi dimanipulasi. Memang, banyak aplikasi pemanis yang bisa diinstal dari Google Play atau App Store. Seiring perkembangan teknologi, smartphone yang digagahi dengan segenap fitur menarik, fitur-fitur kamera DSRL kemudian juga diboyong ke kamera ponsel pintar. Smartphone high end yang laris bagai kacang rebus membuat produsen berlomba-lomba dalam memamerkan hasil tangkapan kamera ponsel tersebut. Salah satu fitur yang dibenamkan adalah autofocus. Bunga menjadi salah satu objek yang mudah didapat, mudah ditangkap oleh autofocus kamera ponsel, warna yang mencolok, dan detail yang rapi.
Bunga ini ada di Terima 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten - Photo by Bai Ruindra
Bunga ini biasa saja tetapi tampak sangat detail dari kamera smartphone yang dibekali fitur autofocus - Photo by Bai Ruindra
Sudut pandang yang berbeda membuat bunga juga tampil unik dan menaik. Bunga ini ada di Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul, Bali - Photo by Bai Ruindra
Kamera smartphone high end yang ada saat ini telah mampu menangkap detail bunga dengan jelas, jernih dan tidak pecah walau dilakukan pembesaran. Memotret bunga pada dasarnya tidak memerlukan teknik khusus, kamu hanya memerlukan kamera yang “bagus” dengan autofocus, objek bunga akan langsung ditangkap dengan mudah. Teknik-teknik dasar dalam memotret bunga sebenarnya kembali kepada pembiasaan kamu. Seberapa sering memotret, mau atau tidak mencoba memotret bunga, nyaman nggak dengan hasil foto tentang bunga, dan tentu kendala lain.

Belajar fotografi untuk kamera smartphone dapat dimulai dengan memotret bunga. Toh, di mana-mana kamu dengan mudah bisa melihat bunga. Bunga yang sedang mekar menjadi objek yang begitu menarik. Pertama kali mengarahkan kamera smartphone ke bunga sedang mekar, kamu memang tidak akan mendapatkan detail yang akurat. Mengejek orang sedang memoret bunga memang sangat mudah, memoret bunga sehingga dapat hasil yang benar-benar fokus, detail, unik dan backgroud yang blur tidak mudah.
Fokus ke langit dengan bunga kecil juga menjadi menarik. Ranting dan bunga ini ada di Pura Taman Ayun, Bali - Photo by Bai Ruindra
Belajar fokus dan blur bisa diawali dari memoret bunga. Kebiasaan ini bisa diterapkan pada objek yang lain. Bunga ini terdapat di Pura Taman Ayun, Bali - Photo by Bai Ruindra
Gampanglah memotret bunga!”

Benar. Sederhana pula. Tetapi lihat dulu hasil tangkapan kamera smartphone mahal kamu itu. Sudah fokus? Masih goyang? Sudah detail? Sudah blur bagian belakang?

Syarat memoret bunga adalah mendekatkan kamera smartphone ke objek. Kamera smartphone seperti ASUS Zenfone 3 yang telah dibekali autofocus dengan mudah akan mengunci objek. Saat mengambil foto bunga berbeda dengan foto alam. Bunga adalah objek yang sederhana namun belum tentu mudah ditangkap dengan kamera. Bunga adalah objek biasa saja sehingga memerlukan sudut pandang yang berbeda sehingga hasilnya tampil lebih manis.

Mengapa kamera ponsel harus didekatkan dengan bunga? Karena tangkapannya akan lebih detail, lebih fokus dan juga latar belakang yang dapat disamarkan atau tidak sesuai selera pemotret.
Rangkaian bunga yang sudah layu ini terdapat di kamar kecil Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali - Photo by Bai Ruindra
Keindahan bunga dari kamera smartphone sangat beragam. Semua ini tergantung dari sudut pandang kamu mengarahkan kamera. Sudut pandang dalam mengambil foto dengan objek bunga juga sangat diperlukan. Sekeliling bunga tentu memiliki pemandangan tersendiri. Apakah kamu mengabaikannya. Apa akan dijadikan latar belakang. Apa akan dibiarkan sekenanya saja.

Proses coba-coba yang saya lakukan dalam memotret bunga perlahan-lahan mendapat hasil. Dukungan kamera smartphone mumpuni membuat bunga lebih hidup di layar ponsel maupun laptop.

Apakah saya memotret semua bunga? Tentu tidak. Ibarat menyukai seseorang, feeling itu juga datang dengan sendirinya. Bunga ini layak nggak difoto. Bunga ini memiliki sudut pandang yang bagus atau nggak. Bunga ini memiliki rentang yang luas atau kecil. Latar belakang bunga ini akan seperti apa. Semua pertimbangan ini akan muncul tiba-tiba saja begitu melihat bunga sedang mekar. Tak heran jika ada hasil foto yang biasa-biasa saja padahal sudah sangat yakin dengan objek yang dimaksud.

Baca Juga

Pura Ulun Danu Bratan Ikon Lima Puluh Ribu Rupiah yang Bersih dan Nyaman

Bunga memang selalu indah. Belajar memotret terutama soal fokus, detail, dan insting tentang objek, bunga bisa menjadi pilihan. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi. Teori perlu dipelajari seperlunya saja. Praktik jauh lebih penting dari itu. Saya tidak mempelajari teori ini dan itu. Smartphone dengan kualitas kamera bagus ada di tangan, coba-coba itu perlu dilakukan. Soal keindahan, begitu saja seadanya, mengalir seperti air!

2 komentar:

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"

Top Ad 728x90