Berkenalan dengan Musik Indie di Indonesia

Loop Channel gaya bermusik anak muda kreatif

Bagi anak muda yang menggemari musik, pasti tidak asing dengan istilah indie di dunia musik tanah air. Indie berasal dari kata “independen” yang artinya berdiri sendiri. Label ini merujuk pada suatu jenis musik yang tidak mainstream atau tidak umum. Pada dasarnya, musik indie sebenarnya bukanlah suatu jenis atau genre musik tertentu. Musik indie tidak seperti musik pop, rock, folk, atau bahkan jazz. 

Pengkategorian musik indie lebih merujuk pada bagaimana seorang musisi itu berkarya. Musik mainstream umumnya adalah mereka yang berkarya di bawah label besar dengan jenis musik yang banyak dinikmati oleh pasar. Dalam berkarya, mereka biasanya memproduksi album dengan jumlah fantastis, karena memang jangkauan distribusinya yang luas. Tak hanya itu, mereka tak segan-segan melakukan promo tour ke berbagai kota atau bahkan di luar negeri karena kekuatan modalnya yang cukup besar.

Sementara, berbeda dengan musik mainstream, musik indie lebih memilih berkarya secara underground. Mereka tidak riuh dalam hiruk-pikuk dunia permusikan, karena karyanya memang diproduksi untuk dirinya sendiri tanpa ada tuntutan dari pihak label dan semacamnya. Makanya, biasanya musisi-musisi indie ini lebih banyak menelurkan karya yang benar-benar datang dari hati dan apa yang menjadi passion.

Kalau dibilang musisi indie itu nggak profesional seperti musisi mainstream yang bernaung di bawah label, hmm sebenarnya tidak juga. Di Indonesia ini ada banyak sekali musisi indie yang karya-karyanya diakui bahkan hingga di ke mancanegara. Jika melihat tren di dunia, musisi indie bahkan selalu mendapat tempat tersendiri bagi penikmatnya yang mengklaim mereka menikmati musik sebagai sebuah karya bukan barang dagangan.

Namun, meski demikian banyak juga musisi yang awalnya berkarier secara indie, lalu memutuskan bergabung di label besar agar distribusi karyanya semakin masif karena mendapat support dari pihak-pihak tertentu. Misalnya saja di Indonesia, kita mengenal nama Vidi Aldiano, Isyana Sarasvati, atau Float Project. Mereka awalnya mengawali karier dengan memproduksi album indie. Namun, lama-kelamaan mereka memutuskan bergabung di label seiring dengan semakin berkembangnya karya-karya mereka di blantika musik tanah air.

Memilih Tempat Paling Sesuai untuk Menuangkan Karya
Indonesia bisa dikatakan sebagai salah satu negara dengan musisi indie yang membludak. Terlebih di era digital di mana banyak sekali tempat untuk musisi-musisi baru membagikan karyanya agar bisa dinikmati banyak orang. Bagi kamu yang menyukai musik, pasti tak asing dengan nama-nama band indie seperti PAS Band, Pure Saturday, atau bahkan Mocca. 

Keberhasilan mereka di ranah musik tanah air membawa pengaruh besar pada perkembangan musisi-musisi indie di Indonesia. Umumnya mereka hadir dari project iseng sekumpulan teman atau bahkan penyanyi-penyanyi YouTube dan SoundCloud.

Di era digital yang semakin berkembang ini, setiap orang memiliki kebebasan untuk berekspresi. Termasuk jika kamu menyukai musik dan ingin berkarya. Satu hal yang harus kamu lakukan pertama adalah bikin karyamu agar bisa dinikmati orang lain. Jika awalnya karyamu cukup dinikmati oleh sekelompok teman sekolah atau teman kampus, mungkin ini saatnya kamu untuk mengunggahnya di berbagai channel populer yang membantumu untuk meraih lebih banyak perhatian orang.

Jika kamu anak muda yang ingin mengembangkan bakat di bidang musik, memilih channel yang paling sesuai untuk kamu membagikan karya bisa dibilang gampang-gampang susah ya guys. Untungnya sekarang banyak pilihan channel di internet yang bisa kamu manfaatkan untuk mengupload karyamu agar bisa dinikmati lebih banyak orang. Salah satunya adalah melalui Loop Channel.

Loop Channel merupakan salah satu wadah anak muda kreatif yang bisa jadi tempat paling sesuai bagi kamu yang ingin berkarya secara indie. Karena, di sini kamu bisa bebas mengupload video karyamu, apakah itu cover music, profil band, atau bahkan film indie yang pastinya asyik untuk dinikmati. Kamu akan menemukan berbagai tips dan trik menarik mengenai cara berkarya digital dari mentor-mentor keren di Indonesia.

Konon katanya keterbukaan era informasi memudahkan kita untuk menjadi apa saja dan siapa saja yang kita inginkan. Termasuk jika kamu bercita-cita untuk menekuni dunia musik independen. Mungkin ini bisa jadi saatnya untuk kamu mulai unjuk gigi guys! So, tunggu apa lagi. Yuk segera bikin dan upload karyamu di Loop Channel!

Comments

  1. ngga tau yang dalam negeri. Kalo di luar negeri banyak ada indie birdy, coldplat, image dragons, onerepublic, m83, american author dan echosmith

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"