5 Penulis Indonesia Ini Seorang Traveler

Agustinus Wibowo seorang traveler di negeri perang - dinoybooksreview.wordpress.com
Baca saja buku untuk menikmati dunia luar!

Anggapan ini masih berlaku karena buku menghadirkan suasana berbeda. Jika dulu novel-novel dengan setting luar negeri atau suatu daerah hanya sebatas pengetahuan penulis saja, saat ini beberapa penulis menghabiskan waktu untuk melakukan survei. Tidak hanya novel, tips maupun kisah perjalanan kemudian menjadi buku best seller baik di Indonesia maupun dunia. Tiap penulis memiliki pendekatan masing-masing, ada yang mengimplementasikan kejadian di suatu daerah dalam fiksi, ada pula menulis secara terang-terangan dalam nonfiksi. Beberapa penulis Indonesia juga dikenal sebagai seorang traveler sejati dengan buku-buku karya mereka yang meledak di pasaran.

Saat ini, aktivitas traveling bukan lagi milik mereka yang suka tantangan dan ingin merasakan sepi di tempat-tempat jauh. Traveling telah menjadi sesuatu yang lumrah dan mudah saja dilakukan oleh banyak orang. Tidak hanya itu, penulis-penulis beken Indonesia bahkan rela melakukan traveling ke negeri jauh, penuh tantangan, bahkan berkorban banyak hal untuk mendapatkan ide dalam menulis atau menguatkan ide sebuah tulisan.

Penulis-penulis ini adalah sosok yang telah melakukan traveling ke lintas negara. Kisah perjalanan mereka, baik fiksi maupun nonfiksi, memberikan inspirasi lebih besar dalam dunia traveler. Nah, siapa saja para penulis yang melakukan perjalanan jauh demi sebuah ide menulis ini?

Asma Nadia
Asma Nadia dikenal sebagai seorang penulis wanita best seller dengan karya-karya inspiratif. Banyak buku dari Asma Nadia diangkat ke layar lebar dan drama seri televisi. Tahukah kamu bahwa Asma Nadia juga seorang traveler? Asma Nadia telah melintasi puluhan negara dan ratusan kota di seluruh dunia. Bekal menulis yang dimilikinya membuat Asma Nadia menjadi traveler sejati. Tidak hanya itu, sebagai seorang muslimah, Asma Nadia termasuk sosok yang nekad ke mana-mana seorang diri. Akhirnya kita mengetahui dan membaca beberapa buku Asma Nadia dengan kisah di Tiongkok bahkan Korea Selatan. Buku Asma Nadia yang lahir dari kisah perjalanan antara lain Jilbab Traveler: Love Spark in Korea, Assalamualaikum Beijing dan lain-lain.
Asma Nadia penulis best seller Indonesia - profilpedia.com
Trinity
Wanita ini rela melepas image orang kantoran demi hobi traveling. Dan terbukti, kisah perjalanan seorang Trinity yang semula hanya dimuat dalam blog pribadinya kemudian dipinang oleh penerbit mayor dan meledak di pasaran. The Naked Traveler menjadi buku yang ditulis Trinity secara kocak dan ringan menjadi pertimbangan pembaca. Tidak hanya itu, Trinity tak lain seorang traveler tangguh yang mampu jalan-jalan selama satu tahun tanpa pulang ke Indonesia. Kisah perjalanan dalam setahun ini pula ditulis dalam buku best seller.
Trinity The Naked Traveler - pergidulu.com
Agustinus Wibowo
Agustinus Wibowo merupakan seorang traveler keturunan China yang cukup nekad. Bayangkan saja, ia traveling ke negeri-negeri terasing di Timur Tengah dengan skala keselamatan cukup mengerikan. Agustinus Wibowo seorang traveler yang tahan banting dan nekad ke negara-negara berakhiran Tan untuk mencari inspirasi menulis dan menyelami kehidupan di sana. Terbukti bahwa buku-buku yang telah dihasilkan oleh Agustinus Wibowo menjadi salah satu buku perjalanan yang patut diperhitungkan. Selimut Debu atau Titik Nol menjadi buku ‘essay’ kisah perjalanan yang mendebarkan untuk dibaca. Agustinus Wibowo menjadi traveler yang membuat kita terbuka akan tabu di suatu negara. Kisah perjalanan yang dirangkum dalam bukunya terkadang membuat buku kuduk berdiri. Deskripsi kisah perjalanan yang ditulisnya cukup detail dan kadang-kadang mengerikan serta menimbulkan penasaran akan bab berikutnya di kehidupan nyata orang-orang yang didatangi oleh Agustinus.
Agustinus Wibowo penulis yang bermain dengan realita - detik.net.id
Claudia Kaunang
Claudia Kaunang merupakan seorang penyiar radio di Jakarta. Namun ia juga seorang traveler yang cukup menarik untuk diketahui kisah perjalanannya. Karena apa? Claudia menuliskan beberapa buku tentang perjalanan murah ke beberapa negara. Buku-bukunya kemudian menjadi acuan oleh pembaca untuk berkunjung ke negara-negara yang dimaksud. Buku yang ditulis oleh Claudia seperti buku panduan di suatu negara. Claudia melakukan perjalanannya dengan biaya yang cukup murah dan ia bisa mengelilingi banyak negara dalam satu waktu.
Claudia Kaunang penulis buku traveler murah - pergidulu.com
Ahmad Fuadi
Ahmad Fuadi dikenal dengan serial Negeri 5 Menara. Buku ini adalah kisah perjalanannya dari sekolah sampai keliling dunia dengan beasiswa. Dari akun media sosialnya dapat dipantau negara-negara yang telah didatangi untuk mengajarkan menulis, bisa dikatakan demikian karena perjalanan yang dilakukan oleh Fuadi lebih banyak berkaitan dengan dunia menulis. Dari menulis Fuadi dapat mengelilingi negeri. Fuadi banyak memposting foto-foto menarik dan unik di media sosial miliknya. Fuadi masuk ke dalam seorang traveler karena sejauh ini ia juga seorang petualang ulung. Hanya saja, Fuadi belum memulai sebuah naskah yang lebih menarik tentang kisah perjalanan. 
A. Fuadi dikenal dari buku Negeri 5 Menara -berkuliah.com

Comments

  1. saya gak kenal yang Agustinus Wibowo..hehehe..Ga gaol bener deh saya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,coba deh mbak cari bukunya. Saya yakin akan ternga-nga hehehe

      Delete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"