Cara Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Bisnis Melalui Social Media Endorsement

Tahu dong istilah endorse? Lumrah sekali saat ini mendengar istilah tersebut. Kalangan publik figur adalah sebagian besar yang menerima endorsement produk-produk unggulan. Belum lagi jika berbicara selebriti ini yang jadi brand ambasassdor suatu produk. Semua itu bisa bermula dari endorse, lalu menjalin kerjasama lebih dalam. Untuk melangkah ke jenjang para idola memang butuh pengorbanan berat. Enak saja melihat para artis dan aktor pakai pakaian baru, tas mewah, sepatu elegan, padahal rata-rata produk tersebut adalah untuk mempromosikan jasa.


Seiring perkembangan teknologi, endorsement memiliki dampak yang cukup signifikan. Semakin ke sini, tidak hanya selebriti dengan beragam gaya dan model saja dapat mempromosikan produk-produk di media sosial. Kini dikenal dengan sebutan selebgram, seleb media sosial sampai blogger. Masing-masing profesi ini memiliki keunggulan tersendiri. Uniknya, produsen-produsen lebih tertarik untuk mempromosikan produk mereka ke blogger. Karena apa?

Cara mempromosikan produk secara online oleh seorang blogger berbeda dengan media sosial lain. Keuntungan yang nyata adalah tulisan di sebuah blog akan terindeks di mesin pencari. Hal ini tentu berbeda dengan media sosial yang tidak bisa dengan mudah terindeks di mesin pencari. Seorang blogger nggak perlu follower sampai ribuan dan jutaan, satu saja tulisan yang ngena di kata kunci mesin pencari, maka produk yang diendorsenya akan langsung dibaca banyak orang. Selebgram hanya memiliki modal media sosial yang tentu saja butuh pengikut dalam jumlah banyak agar produk yang diendorse banyak like atau komentar. Tagar tertentu juga diperlukan untuk menaikkan popularitas sebuah produk atau akun pemiliknya sendiri.

Memang, banyak cara untuk mempromosikan produk di media sosial. Namun untuk orang yang jeli, mereka akan membidik sasaran yang dapat diendorse dalam waktu lama, atau ‘abadi’ di ranah internet. Postingan di media sosial hanya bersifat sementara, semakin banyak yang posting maka post tersebut akan tenggelam. Ada juga yang memasang tarif untuk pemasangan selama sebulan. Berbeda dengan sebuah tulisan yang ditulis oleh blogger. Endorse produk yang dilakukan sama-sama untung. Blogger tentu tidak mau menurunkan artikel yang tayang. Hal ini karena faktor-faktor yang cukup rumit; view yang banyak, tidak mau kehilangan view, sudah terindeks di mesin pencari, sudah banyak komentar dan lain-lain. Efek ini akan berimbas kepada produsen yang menggaet blogger ke dalam promosi produk di internet bukan saja media sosial.
Saya beri contoh begini, kamu ingin membeli sebuah smartphone baru dengan harga murah namun spesifikasi tinggi. Kamu akan menyasar mesin pencari untuk mendapatkan ulasan produk. Mesin pencari akan memberikan beberapa alternatif dari tulisan blogger yang terindeks bagus di database mereka. Ulasan ini tidak hanya menampilkan gambar-gambar saja namun sisi baik (kelebihan) dan tidak baik (kekurangan) dari sebuah produk. Kesimpulan yang positif akan diambil untuk membeli atau tidaknya produk yang dimaksud.

Contoh lain, saat kamu ingin mengetahui pakaian yang akan tren di tahun depan, kamu juga akan menyasar mesin pencari. Mesin pencari yang kurang ‘bersahabat’ dengan media sosial hanya akan menampilkan ulasan dari blog-blog fashion. Dalam blog ini baik produk endorse maupun bukan disajikan dengan lengkap dan gambar-gambar yang menarik. Kamu cukup memilih atau membandingkan dengan ulasan dari blogger lain agar produk yang akan dibeli tepat sasaran.

Promosi yang baik melalui endorsement di media online menjadi senjata paling kuat untuk saat ini. Blogger dengan segenap kemampuannya akan memberikan ulasan semenarik mungkin sehingga pembaca tertarik untuk mendapatkan produk tersebut. Tidak hanya itu, blogger yang melakukan endorse sebuah produk tidak memiliki tarif yang terlalu mahal dan juga memakai jangka waktu. Kecuali ada kesepakatan penghapusan link hidup ke website produk tersebut, namun sekali lagi blogger tidak akan menurunkan ulasan mereka karena akan mengurangi jumlah view.

Siapa atau tidak siap, dunia bisnis telah menggunakan media sosial sebagai cara promosi yang efektif dan efisien untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah lebih besar. Kamu siap menerima tantangan ini? Ayo gali potensi sebagai selebgram atau blogger. Keduanya sama-sama akan mendapat endorse produk. Percaya atau tidak, buktikan sendiri dengan aktif di kedua media online ini!
Tertarik menjadi endorsement? Kamu dapat menjalin kerjasama dengan SociaBuzz karena mereka memberikan solusi terbaik yang dapat digunakan untuk mencari blogger atau selebgram untuk mempromosikan produk-produk unggulan.

Blogger endorsement mendapatkan tempat yang khusus saat ini. Bagaimana agar bisnis kamu dilirik oleh blogger? Kamu cukup mendaftarkan diri di SociaBuzz. Di sini kamu hanya perlu menulis detail promosi dengan menarik lalu influencer yang berjumlah lebih kurang 10.000 di SociaBuzz akan mengajukan proposal kepada kamu sebagai pemilik bisnis. Kemudahan lain yang diberikan SociaBuzz adalah pemilik bisnis dengan influencer yang telah disetujui proposalnya dapat langsung bercakap-cakap secara personal melalui room chat yang telah disediakan. Kami dan influencer bisa mendiskusikan segala kemungkinan termasuk revisi tulisan. Untuk pembayaran sendiri, SociaBuzz menggunakan escrow yang nyaman dan aman. Kamu tidak perlu membayar influencer satu persatu karena SociaBuzz yang akan melakukan tahap ini. Jika kerjasama batal kamu tetap akan mendapatkan keuntungan berupa refund 100% dana yang telah diberikan kepada SociaBuzz.

Influencer marketing di SociaBuzz sebenarnya memiliki keunggulan tersendiri. Marketing yang ditawarkan mudah, cepat dan nyaman. Konten yang berupa artikel, video maupun foto selamanya ada di internet jadi jejaknya akan tersimpan dan bahkan bisa berada di page one mesin pencari jika blog tersebut mampu bersaing dalam kata kunci mesin pencari. Pemilik bisnis mudah menemukan influencer sesuai kebutuhan karena rentang budget untuk sekali promosi mulai dari Rp.50.000 per postingan per influencer.

Blogger Endorsement semakin hari semakin diincar oleh pemilik bisnis. Kamu hanya perlu menyiapkan sedikit amunisi untuk pertarungan ini. Siap-siap saja bisnis kamu berada di laman pertama mesin pencari!


Comments

  1. Sociabuzz memang keren. Saya udah bergabung di Sociabuzz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita bisa pilih jenis kerjasamanya :)

      Delete
  2. sudah mendaftar sociabuzz niih,tinggal nunggu kerjaannya, hehehe

    ReplyDelete
  3. Blogger saat ini memang bisa menjadi salah satu ladang penghasilan, dengan endorse 2 pihak saling menguntungkan.

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"