Wisata Halal di Korea? Jangan Khawatir, Coba Saja ke Tempat Ini

Wisata Halal Korea Selatan
Suasana romantis di Nami Island, tempat Winter Sonata pernah berbunga - trazy.com
Wisata halal di Korea Selatan apakah benar ada? Tentu, kita terkadang terlalu khawatir setiap minuman adalah soju yang memabukkan. Mau makan di restoran pada umumnya tidak berani karena menu yang disajikan didominasi oleh babi. Bahkan, ramyeon yang begitu menggiurkan di drama-drama Korea Selatan belum tentu halal untuk kita cicipi.


“Korea Selatan!” saya akan menjawab itu jika kamu tanya negara apa yang sangat ingin saya kunjungi. Memang, saya seorang pria yang mau diajak adu senjata untuk membela drama Korea Selatan dibandingkan drama dalam negeri. Perkenalan singkat saya dengan drama Korea Selatan sekitar tahun 2010. Mungkin, karena drama pertama yang saya tonton itu unik dan menarik sehingga ke depannya saya enggan menonton drama dalam negeri bahkan dari negeri seberang yang rutin di tayangkan televisi swasta dengan ratusan sampai ribuan episode. Saya baru tersadar saat ini bahwa drama Korea Selatan ini layak ditonton karena memiliki keunikan tersendiri selain episode yang pendek.

“Kamu tonton deh, Bai!” begitu promosi Diana, sahabat saya. Diana memang telah terlebih dahulu terjun bebas ke dalam dunia hiburan Korea Selatan. Pada masa itu, Diana dan teman-temannya masih jingkrat-jingkrat dengan TVSQ, Super Junior dan para idola lain. Belakangan, saya baru tahu adanya SNSD, BoA, sampai beberapa grup lain.

Saya kemudian mulai meleburkan diri dalam drama Korea Selatan. Sejak 2011 saya rutin menagih drama terbaru ke Diana. Tiap kali ke Banda Aceh saya selalu menyiapkan eksternal harddisk untuk menyalin drama sebanyak-banyaknya. Baru awal 2015 saya sudah tidak menagih lagi kepada Diana karena telah mendownload sendiri di beberapa situs layanan gratis. Tabiat yang susah dibuang tapi mengenakkan daripada harus live streaming di layanan berbayar dengan harga mahal.

wherever whenever you are… lirik ini selalu saya dengar melalui earphone menjelang tidur. Penggemar drama Korea Selatan tentu tahu petikan lagu ini. Benar sekali, Always yang dinyanyikan dengan sangat merdu oleh Yoon Mi-rae. Backsound untuk suasana romantis big boss Yoo Shi-jin dan beauty Kang Mo-yeon. Adik sepupu saya, Haikal, yang masih 7 tahun juga menjadi bagian penting dari lagu ini. Mungkin karena tema tentara sehingga anak kecil suka dengan drama ini. Penggalan lagu Always bahkan dihapal oleh sepupu saya ini. Saat menonton berulangkali, ia sengaja mengulang adegan helikopter di atas gedung dan bernyanyi lirik ini saja.

Drama-drama yang saya tonton semakin hari semakin heboh saja. Selain tema unik, ide brilian juga promosi besar-besaran di dalam sebuah drama. Pemerintah Korea Selatan tampaknya tidak mau membuang kesempatan tersebut. Saya lalu terlena dengan panorama alam, musim salju yang berseri-seri, keteraturan kota, jalanan yang tidak macet, gedung-gedung dengan arsitektur unik, lalu pintu rumah dengan kunci pakai kode dan terkunci otomatis begitu ditutup, serta smartphone terbaru produksi dalam negeri yang mewah.

Kamu perhatikan saja, tiap drama populer pasti akan memakai smartphone merek negeri sendiri dan dengan bangga dipamerkan oleh pemain. Tak segan-segan mereka membocorkan smartphone high end terbaru apalagi jika telah menjadi sponsor utama program tersebut. Korea Selatan begitu bangga dengan kehebatan mereka di segala sisi. Bahkan, di tahun 2000-an nama Korea Selatan masih belum ada apa-apa dibandingkan India atau negara-negara Barat yang telah terlebih dahulu terjun ke dunia hiburan dan teknologi.

“Korea Selatan itu nggak begitu bersahabat dengan muslim!” cerita Diana suatu ketika saat Imaide baru pulang dari sana. Saya tidak bertemu langsung dengan Imaide namun Diana mendapatkan kesempatan mendengar cerita dari sahabatnya itu. Diana sendiri belum mendapat izin terbang jauh ke Korea Selatan karena alasan tertentu.

“Orang Korea Selatan masih anggap jilbab itu aneh,” cerita Diana. “Mereka stylish tetapi kalau lihat orang berjilbab dengan sebelah mata!”

Cerita Diana kemudian terbukti benar saat KBS TV menghadirkan seorang wanita muslim dalam program Hello Counselor, 05 Desember 2016. Hong Hana adalah wanita keturunan Korea Selatan yang telah muslimah. Wanita 32 tahun ini pernah menetap di Uzbekistan dan menguasai beberapa bahasa seperti Korea Selatan, Uzbekistan, Inggris dan Rusia. Hana mengaku mengalami diskriminasi sejak pulang ke Korea Selatan. Ia menerima intimidasi tersebut dengan lapang dada namun merasa semakin tertekan ketika anaknya mengalami perlakuan yang sama. Program KBS ini sejatinya untuk meraup simpati penonton agar tidak lagi mendiskriminasikan seseorang.
Wanita berjilbab memang masih belum diterima dengan baik di Korea Selatan. Namun wisata halal di negeri K-Pop telah ada sejak lama. Sejarah mencatat bahwa Islam masuk ke Korea Selatan pada abad ke-9 di masa Kerajaan Silla Bersatu. Para pedagang dari Persia, Irak dan Arab membawa Islam sebagai bendera kedamaian. Kerajaan Silla Bersatu menerima Islam sebagai budaya baru di Korea Selatan. Pemeluk Islam selama masa itu berbaur dengan ajaran Buddhisme dan Shamanisme. Di dalam manuskrip Kerajaan Silla dapat dengan mudah ditemui patung-patung khas Persia yang menandakan bahwa pernah menetap umat Islam pada itu. Ajaran Islam kemudian berkembang sampai abad ke-15 di masa akhir Kerajaan Goryeo. Islam kemudian seperti dihapus dari ingatan orang-orang Korea Selatan dan baru muncul kembali pada abad ke-20 dan mulai ‘naik daun’ sampai sekarang. Salah satu tempat yang akan saya kunjungi dan kamu wajib kunjungi jika ke Korea Selatan suatu saat nanti adalah Seoul Central Mosque.

Seoul Central Mosque yang Megah
Masjid di Korea Selatan ini merupakan salah satu masjid yang terbesar yang didirikan tahun 1976.  Masjid ini dibangun berkat kerjasama dengan Turki melalui bantuan kemanusiaan Korea Selatan Muslim Society pada tahun 1955. Seoul Central Mosque terletak di kawasan Itaewon, salah satu daerah yang cukup dekat dengan kota metropolitan, Seoul. Cita rasa Timur Tengah begitu kentara sekali mengingat etnis – imigran – dari negara-negara Arab mendominasi daerah ini. Saya dapat merasakan sendiri suasana yang penuh keberkahan begitu memasuki masjid di negeri terasing. (cheria-travel.com, 04/13).

Masjid yang juga dibuka untuk umum ini memiliki dua menara tinggi. Kekentalan Islam langsung terasa begitu menginjakkan kaki di depannya. Kalimat dengan tulisan besar berwarna hijau menegaskan bahwa masjid ini akan dijaga selamanya oleh-Nya. Kalimat Allahu Akbar berada di pintu masuk masjid Korea Selatan ini. Saya begitu merinding melafalkan kalimat kebesaran tersebut. Bagaimana jika benar saya berada di sisi pintu masuk masjid ini? Bulu kuduk bisa berdiri seketika. Inilah wisata halal di Korea Selatan yang sesungguhnya. Jika pun kamu ke sini bukan dalam waktu salat wajib, sempatkan salat sunat dua rakaat untuk mengucapkan rasa syukur bahwa kebesaran Islam masih ada di belahan dunia mana pun.
Kalimat Allahu Akbar - pre10.deviantart.net
Seoul Central Mosque terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar adalah kantor Federasi Muslim Korea (KMF) dan pusat pengkajian Islam. Di lantai dasar ini pula urusan ‘halal dan haram’ dimulai. Para ahli di bidang Islam akan memberikan solusi terbaik kepada masyarakat muslim di sana dan turis muslim yang datang ke Korea Selatan. KMF juga merupakan satu-satunya lembaga Islam Korea Selatan yang memberikan sertifikasi halal kepada restoran bagi kaum muslim di sana. Selain sebagai Pusat Penelitian Kebudayaan Islam, Masjid ini juga tempat untuk mendalami Islam lebih baik serta tempat berkumpulnya organisasi Islam. Jika lantai dasar digunakan untuk kebutuhan umat, maka di lantai dua dan tiga adalah tempat beribadah.
Suasana di dalam masjid - seoulistic.com
Seoul Central Mosque membuka kesempatan untuk umat Islam dan masyarakat umum (nonmuslim) untuk berkunjung. Wisatawan yang dibenarkan masuk ke  dalam masjid untuk melihat arsitektur yang indah, adalah mereka yang berpakaian sopan atau dapat meminta pakaian ganti yang telah tersedia di masjid ini.
Masjid yang ramai - islam.ru
Masjid pertama di Korea Selatan ini tidak pernah sepi dan selalu dipadati oleh umat Islam terutama pada bulan Ramadhan, hari raya maupun hari Jumat. Selama bulan puasa, masjid ini menjadi pusat peradaban Islam dan jajajan halal untuk menu berbuka maupun sahur. Kedamaian muslim di Korea Selatan tampaknya belum terusik oleh isu miring di negara-negara maju lainnya. Intimidasi yang diterima oleh muslim Korea Selatan sebatas perbedaan dalam cara berpakaian seperti yang dialami Hong Hana. Namun soal peribadatan kembali kepada pribadi masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa Korea Selatan menjadi destinasi halal dunia dan aman untuk umat Islam. Belum lagi jika kita berbicara bahwa penggemar K-Pop wanita berjilbab yang dengan usaha keras berkunjung ke Korea Selatan. Dilihat dari berbagai pandangan, keuntungan akan kedatangan turis muslim penggemar K-Pop cukup membawa angin segar pada pariwisata Korea Selatan.

Data yang dihimpun oleh Korea Selatan Tourism Organization (KTO), menyatakan bahwa pasar wisata Muslim di Seoul semakin diminati. Pada tahun 2015 tercatat ada 740 ribu wisatawan muslim yang mengunjungi negeri ginseng. KTO optimis angka ini akan terus bertambah dengan gelombang K-Pop yang semakin membludak. Hal ini pula yang menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu negara nonmuslim yang sangat giat memasarkan wisata ramah muslim atau wisata halal. Salah satu daerah yang menjadi pusat wisata halal di Korea Selatan adalah kawasan Itaewon. Itaewon kemudian dikenal sebagai global village di mana kehidupan multietnis sangat kentara sekali. Kawasan ini pula yang menjadi pusat Islam di Korea Selatan dan salah satu destinasi favorit para turis muslim. (viva.co.id, 5/11/16)

Kamu yang sedang atau akan bertandang ke Korea Selatan dan singgah di Itaewon, bisa saja mampir ke restoran halal Korea Selatan yang cukup terkenal, Ied Restaurant. Restoran ini akan memberikan kenyamanan untuk kamu dengan menyajikan aneka makanan halal di Korea Selatan. Kamu bisa menikmati makanan sejenis samgyetang (ayam ginseng), bulgogi, bibimbap, dan berbagai kuliner halal Korea Selatan lainnya. Kuliner halal di Korea Selatan telah mendapatkan sertifikat halal dari Korea Muslim Federation. Makanan dan minuman ini pun tidak menghilangkan ‘rasa Korea’ seperti kuliner yang ada di Korea Selatan pada umumnya. Selain di Itaewon, Nami Island – daerah yang terkenal berkat drama Winter Sonata – juga telah berdiri restoran halal mengingat kawasan ini masih menjadi primadona turis yang datang ke Korea Selatan.
Samgyetang - tong.visitkorea.or.kr
Bulgogi - koreanbapsang.com
Bibimbap - koreanbapsang.com
Saya sudah tidak sabar untuk mencicipi nikmatnya wisata halal di Korea Selatan dan juga gemerlap tata kota yang asri. Di tengah dentuman musik keras dan glamornya kehidupan selebriti di sana, Islam pun berkembang semakin pesat. Paket Tour Wisata Halal Korea Selatan selama 6 hari dari Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia bisa menjawab tantangan berwisata halal ke Korea Selatan.

Ke mana Saja selama di Korea Selatan?
Pesona Korea Selatan telah merasuk ke seluruh negeri sejauh ini. Dunia hiburan dan teknologi telah digenggamnya dengan mudah. Ekspansi lagu-lagu telah bertengger di tangga lagu dunia seperti Billboard. Histeria penggemar K-Pop bagaikan lautan kembang api malam pergantian tahun. Nah, Cheria datang dengan liburan yang menyenangkan selama di Korea Selatan. Promo yang ditawarkan bersama Garuda Indonesia akan mengantarkan kamu ke beberapa destinasi menarik selama di negeri Descendants of the Sun. Ke mana saja Cheria membawa kamu selama di sana?

Perjalanan Malam dari Jakarta – Incheon
Kamu akan menikmati penerbangan malam hari bersama Garuda Indonesia untuk liburan yang mengasyikkan. Perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara Internasional Incheon. Kamu akan mendapatkan tiket penerbangan internasional kelas ekonomi dari Garuda Indonesia, akomodasi sesuai dengan harga yang berlaku, makan, tour & transfer, tour leader dari Jakarta (minimal 15 orang), dan Jakarta Airport Tax. Penawaran dari Cheria ini tidak berlaku untuk Internasional Airport Tax & Flight Insurance, telepon, mini bar, laundry, tips untuk local guide, supir & tour leader dari Jakarta dan VISA Korea Selatan.
Bandara Internasional Incheon - flight-hub-reviews.com
Kamu tentu harus menyiapkan segala sesuatu yang penting nggak penting untuk sebuah penerbangan. Jadwal penerbangan dari Cheria dapat berubah-ubah sewaktu-waktu dengan konfirmasi hotel maupun penerbangan domestik jika ada. Harga, Airport Tax & Fuel Surcharge bisa berubah sewaktu-waktu dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kamu akan mendapatkan penginapan di area Mt. Sorak berupa Tradisional Style (Ondol) atau Western Style (Bed). Kebutuhan kamu selama di penginapan tergantung pada ketersediaan jenis kamar saat check-in.

Nami Island yang Romantis
Nami Island merupakan salah satu pulau yang menarik sejak penayangan Winter Sonata tahun 2002, dibintangi oleh Bae Yong-joon dan Choi Ji-woo dan pemeran lain. Nami Island menjadi destinasi yang wajib dikunjungi untuk menemui suasana romantis ala drama Korea Selatan. Kamu akan mendapatkan patung kedua karakter utama drama ini di bawah pepohonan nan hijau dan suasana alam yang indah. Nami Island terletak di utara kota Seoul, berada di tengah Sungai Han, dibatasi dua provinsi yaitu Gyeonggi-do dan Gangwon-do.
Karakter tokoh dalam Winter Sonata yang diabadikan di Nami Island - amkortravel.wordpress.com
Nami Island telah menjadi ikon pariwisata Korea Selatan dan dipadati turis tiap tahun. Pesona Nami Island berada pada puncaknya antara bulan Mei, Juli, Agustus, dan Oktober. Kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar 8000 KRW untuk menyeberangi sungai dengan ferry yang tentu saja bagus seperti di drama. Ferry tersebut menampung lebih kurang 20.000 orang setiap kali berangkat dengan waktu operasional sepanjang hari. Kamu cukup menikmati suasana Sungai Han selama 10 sampai 30 menit sebelum sampai di Nami Island.

Sejak kepopulerannya, Nami Island bermain dalam dunia khayalan dengan mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 2006. Naminara Republic memiliki passport, mata uang, stempel, kartu telepon, sebagai tujuan untuk mempromosikan destinasi menarik ini ke negara lain.

Seoul yang Gemerlap
Ibu Kota Korea Selatan ini memberikan pelayanan terbaik untuk turis. Kamu dapat menikmati beragam destinasi yang menarik, rapi, bersih, unik dan kental akan sejarah Korea Selatan. Seoraksan National Park di Provinsi Gangwon merupakan salah satu tempat wisata menarik, berada di ketinggian 1.700 mdpl, tempat ini menjadi gunung tertinggi di Korea Selatan. Di sini kamu dapat menikmati gunung-gunung pucat yang seperti salju abadi.
Ari terjun di Seoraksan National Park - trazy.com
Gyeongbok Palace adalah tempat yang wajib kamu kunjungi. Berbeda dengan museum lain yang biasanya sepi, Pemerintah Korea Selatan memilih versi berbeda. Kamu akan lebih banyak menjumpai orang-orang berpakaian khas Korea Selatan (hanbok) dibandingkan patung dengan tema serupa. Belajar sejarah dengan menyelami langsung tentu berbeda dengan membaca. Atraksi-atraksi yang terdapat di sini mempunyai cita rasa tersendiri. Walaupun tidak sama menegangkan seperti di drama dengan tema serupa, setidaknya kamu dapat menikmati panorama Goryeo.
Kesenian di Gyeongbok Palace - lexiskorea.com
Datang saja ke Sungai Cheonggyechon untuk membuat permohonan kepada lampion yang berterbangan. Mungkin demikian filosofinya. Sungai Cheonggyechon merupakan sungai buatan yang berada di tengah kota. Sungai ini tak lain sebagai tempat termenarik untuk melihat lampion di malam hari, payung diterbangkan, lampu-lampu yang temaram, dan gedung-gedung pencakar langit yang angkuh. Suasana romantis akan mudah ditemui di dekat sungai ini karena tempat nongkrong ala anak mudah mudah ditemukan.
Sungai Cheonggyechon yang mewah - onedaykorea.com
Subway Keliling Kota
Mau ketemu aktor dan artis yang sedang syuting di dalam subway? Semoga saja kamu beruntung. Selama liburan ini, kamu mempunyai hari bebas untuk jalan-jalan ke mana suka selama di Seoul. Subway menjadi salah satu sarana transportasi yang tidak ada matinya di Korea Selatan. Karena ini pula kota besar yang ramah wisatawan tersebut tidak macet separah Jakarta. Subway juga sudah lumrah menjadi setting drama Korea Selatan. Mereka dengan bangga mempopulerkan transportasi umum di tengah gempuran mobil-mobil mewah. Naik subway keliling kota Seoul tentu menjadi kesenangan tersendiri. Selain mencoba keberanian juga berbaur dengan masyarakat modern Korea Selatan yang rata-rata tidak bisa berbahasa asing.
Suasana di dalam subway di Korea Selatan - diarysivika.com
Saatnya Pulang dengan Bahagia
Cheria yang telah memanjakan kamu selama di Korea Selatan tak lupa mengajak kamu mampir ke Local Product Supermarket di Seoul. Kamu puas-puas diri untuk berbelanja oleh-oleh. Pada sebagian orang tidak wajib membawa pulang oleh-oleh. Saran saya, beli saja oleh-oleh berupa cinderamata khas suatu daerah karena belum tentu kamu akan kembali ke sini suatu saat nanti. Oleh-oleh yang dibeli tentu saja barang yang tidak terlalu berat karena akan berkenaan dengan berat timbangan waktu check-in di bandara. Kebiasaan saya, berangkat dengan koper seperempat isi, pulang dengan isi penuh.

Lepas dari Local Product Supermarket di Seoul kamu langsung diterbangkan kembali ke Jakarta melalui Incheon Internasional Airport. Nikmati juga beragam hiburan yang ada di bandara sibuk ini.

Kenapa Harus Paket Tour dari Cheria?
Cheria Tour Travel merupakan salah satu travel tur yang terpercaya dan berpengalaman, terutama dalam wisata halal dunia. Cheria Travel melalui situs resmi www.cheria-travel.com sering bertabur promo untuk wisata halal ke beberapa negara. Cheria Travel memiliki 10 destinasi dunia yang sangat populer dan selalu diincar oleh wisatawan. Kamu dapat memilih destinasi sesuai keinginan, di antaranya adalah Korea Selatan, Jepang, Beijing, Turki, Hongkong, Australia, Spanyol, Eropa, Uzbekistan dan Alaska. Kamu juga dapat mendapatkan paket umroh khusus yang murah dan pasti lebih menyenangkan bersama keluarga.

Alasan ini cukup untuk kamu memilih Cheria Travel untuk liburan mendatang, termasuk ke Korea Selatan. Apa saja?

Alasan pertama; Cheria Travel mempunyai reputasi dan kredibilitas cukup baik bagi para traveler karena telah memberangkatkan ribuan dari mereka ke destinasi halal dunia.

Alasan kedua; Cheria Travel memiliki tujuan yang terarah yaitu wisata halal dunia terbaik sehingga kita yang muslim tidak perlu khawatir soal makanan, penginapan, sampai hal-hal kecil apapun karena travel tur ini telah menjaminnya.

Alasan ketiga; Cheria Travel mempunyai paket FIT Grup dan Private di mana kita yang menentukan sendiri tempat dan waktu tujuan.

Alasan keempat; Cheria Travel telah memberangkatkan umat muslim yang melaksanakan umrah sekaligus traveling ke beberapa negara terdekat seperti Turki dan lain-lain.

Korea Selatan telah menanti dengan wisata halalnya. Siap-siap untuk melaju dengan kencang ke negeri para idola. Catat alamat dari Cheria Travel untuk kemudahan perjalanan kamu.

Cheria Travel
Gedung Twink Lt. 3

Jl. Kapten P. Tandean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, 12790
Telepon: 021-7900 201 (hunting)
E-mail: info@cheria-travel.com
***
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Artikel Kreatif Pulau Derawan oleh Cheria Travel. Klik banner untuk informasi lebih lanjut. 
Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

Comments

  1. korea emang daebak ya bg.... ahhh semoga bisa S2 disana 2018 haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Perkembanganya cepat sekali.
      Amin, saya doakan semoga terlaksana ya Irfan :)

      Delete
  2. Sungai Cheonggyechon bikin iri bang,semoga sungai-sungai di Indonesia bisa sekece itu...aamiin

    ReplyDelete
  3. Korea memang keren, banyak sekali tempat wisata menarik disana. Yang paling saya suka yaitu Nami Island, tamanya keren banget, warna daun pepohononya kuning kuning sejuk gitu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget, smoga bisa ke sana suatu saat nanti :)

      Delete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"