Begini Tips Hemat Paket Data Internet yang Jarang Diketahui

Ilustrasi - merdeka.com
Internet telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Beragam aktivitas dilakukan melalui internet. Aktivitas yang sebelumnya milik kaum berada, kini telah dirasakn nikmatnya oleh banyak orang, dari kelas bawah sampai ke kelas atas. Faktor pendukung kebutuhan ini salah satunya semakin beragam penawaran ponsel pintar dari banyak produsen yang dijual murah. Faktor lain adalah para operator seluler berlomba-lomba menawarkan paket internet harga terjangkau. Bahkan, dapat dikatakan komunikasi melalui internet malah lebih murah dibandingkan dengan komunikasi secara konvensional (telepon di jaringan 2G dan pesan singkat). Di lingkungan yang semakin maju, masyarakat lebih memilih membeli paket data daripada mengisi pulsa. Pada perkembangannya, generasi muda yang hidup di masa ini lebih paham soal gigabyte daripada jumlah pulsa yang tersisa.
“Paket data kok cepat habis?” keluhan ini cukup sering didengar. Paket data habis begitu cepat sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya kecilnya gigabyte yang dibeli, pengaruh aplikasi bawaan smartphone maupun aktifnya ponsel sepanjang waktu. 

Tiap operator seluler memiliki kriteria tersendiri dalam memberikan pelayanan pada jaringan internet ini. Tipu-tipu operator cukup membuat kesal, sebagai contoh disebut 4GB namun dalam 2 minggu sudah habis padahal pemakaian standar. Maka kamu perlu menyiasati atau mengakali, bagaimana paket data berjalan optimal dan tidak merugikan pengguna. 

Matikan Jaringan Seluler Jika Tidak Dipakai
“Pesan masuk bagaimana?” terkadang kita terlalu abai terhadap hal-hal kecil. Namun on off jaringan internet sangat memengaruhi kondisi maksimal penggunaan paket data. Misalnya saja, saat kamu dalam sebuah perjalanan atau sedang diskusi bersama teman-teman, kondisi smartphone standby dan kita tidak memerlukannya dalam waktu lama. Jaringan internet yang terus aktif pada masa standby ini sebenarnya menguras paket data.

“Bagaimana bisa?” faktor aplikasi bawaan yang tersembunyi menjadi hal terlupa, belum lagi media sosial yang terus memperbaharui status maupun foto-foto dan video. Kecil memang namun cukup berpengaruh terhadap kuantitas paket data. 

“Apakah aman jaringan seluler dimatikan?” cukup aman untuk kamu yang sibuk dan untuk kamu yang ingin berhemat. Saat kamu mengaktifkan kembali jaringan seluler, seluruh aplikasi akan ‘ceria’ dengan melakukan penyegaran sehingga kamu akan mendapatkan pemberitahuan panjang dari email, media sosial maupun dari aplikasi chatting. Kamu tentu tidak ketinggalan informasi dalam waktu itu. Di saat aktif ini pula, kamu bisa kembali berbalas pantun dengan teman-teman maya. Kembali lagi ke dunia nyata, dunia maya ini tentu tidak diperlukan dan off jaringan seluler menjadi pilihan terbaik.

Mute Grup Chat Itu Penting
Banyak grup chat membingungkan? Notifikasi yang tak henti kadang membuat kesal. Ingin keluar dari grup merasa tidak enak sama teman atau takut ketinggalan informasi penting. Begitu sering chatting di grup bukan tidak mungkin keluhan semakin panjang, misalnya soal baterai yang cepat habis dan paket data yang terkuras sangat cepat. Grup chat yang aktif saat ini tidak hanya berisi obrolan saja tetapi juga gambar, audio maupun video. Penetrasi yang otomatis akan mudah menguras paket data yang sebenarnya cukup diabaikan oleh banyak pengguna. 

Pada bagian ini, kamu harus mengaktifkan fitur mute agar baterai dan paket data lebih hemat. Pesan yang masuk tidak semua bisa dibuka sehingga gambar-gambar yang langsung didownload bisa dibatasi dengan mengaktifkan fitur tertentu. Fitur ini biasanya berkaitan dengan nonaktifkan unduhan gambar yang dikirim di grup. 

“Bagaimana bisa grup menguras data?” satu grup saja bisa berisi banyak chat, bagaimana dengan banyak grup. Semakin banyak grup, semakin banyak pesan masuk, semakin banyak kuota yang dibutuhkan untuk penetrasi jaringan. Grup-grup ini memiliki latar belakang yang cukup kuat dalam menguras data. Chatting biasa dengan seorang teman, habis diskusi tidak ada kelanjutan lagi di hari itu, berbeda dengan grup yang bersambung dari satu orang ke yang lain.

Hindari Live Streaming Berkepanjangan 
Youtube salah satu media yang paling populer dalam menonton video. Saat ini, video yang dihadirkan tidak hanya yang tersimpan saja namun juga dalam bentuk live streaming. 

Tontonan yang semakin menarik membuat kita enggan berpaling. Bagaimana hukum menonton video secara online? Cukup berat dalam konteks usia paket data. Saat menonton video secara online, paket data yang terkuras bagai seorang yang sedang meneguk juice terenak di dunia. Dalam kondisi ini, kamu mesti mengunduh terlebih dahulu pada jaringan Wi-Fi atau menonton jika sudah selesai unduh pada versi offline. Kemudahan menonton video versi offline tidak hanya untuk sekali tonton namun bisa ditonton berulangkali apabila masih tersimpan. 

Paket data juga sangat cepat terkuras saat mendengar radio versi online (live streaming). Radio online yang hadir saat ini cukup banyak, selain pemain lama juga pemain baru yang kini mencoba peruntungan di ranah maya. 

Off-kan Fitur Pemutar Video Media Sosial
Media sosial yang makin populer juga menyuguhkan tampilan yang semakin menarik. Pengembangan dari pengembang membuat media sosial ‘tidak bersahabat’ dengan paket data internet. Salah satu fitur yang membuat paket data terkuras adalah layanan video yang diputar secara otomatis. Fitur pemutar video ini bisa dinonaktifkan dan juga tidak, tergantung dari media sosial itu sendiri. Kamu bisa memutar video yang menarik secara manual apabila telah sampai di jaringan Wi-Fi. 

Hiburan dengan jenis video memang menarik namun sebenarnya ia simalakama. Pintar-pintar pengguna dalam memainkan peran fitur otomatis ini. Video yang tidak penting diputar secara otomatis tentu membuat kesal. Walaupun kamu telah melakukan scroll ke bawah namun jika video tersebut terlanjur diputar, paket data juga akan terkuras. Sedikit memang namun jika banyak video yang diputar sekejap saja, lama-kelamaan akan menumpuk banyak. 

Uninstal Aplikasi Tidak Penting
“Aplikasi ini kan penting,” jika boleh menelusuri, seberapa sering sebuah aplikasi itu kamu buka? Benar-benar pentingkah sebuah aplikasi sampai kamu mempertahankannya?

Pengembang begitu ingin aplikasi mereka diinstal banyak orang. Aplikasi yang demikian.belum tentu menyehatkan ponsel maupun paket data. Contohnya, apabila kamera smartphone telah dibenam fitur hemat baterai, fitur kecerahan gambar, maka kita tidak perlu menginstal aplikasi semacam beauty atau clean master. Aplikasi pihak ketiga mengandung iklan yang sejatinya memakan data internet begitu kita membukanya. Iklan-iklan baris, iklan gambar maupun animasi berjalan, tanpa diklik juga akan memakan paket internet. 

Aplikasi dari pihak ketiga ini tidak hanya menguras paket data namun juga baterai. Aplikasi yang memakan banyak memori membuat ponsel melambat dan sukar untuk menginstal aplikasi lain maupun tidak dapat lagi menyimpan gambar saat mengaktifkan fitur kamera. 

Game Online ‘Peminum’ Paket Data Terhebat
Gemar bermain game memang telah menjadi kesukaan tersendiri. Beragam game yang dihadirkan oleh pengembang membuat pengguna aktif dalam bermain baik secara offline maupun online. Game versi online sejatinya peminum paket data terhebat sejauh ini. Maka carilah Wi-Fi jika memang telah terjangkit virus bermain game online.

“Bagaimana bisa?” tanpa pembelajaran khusus pun pengetahuan ini sebenarnya dasar sekali. Game versi online dengan infografis tingkat tinggi harus maksimal dijalankan dengan jaringan stabil. Penetrasi internet pada jaringan stabil ini sebenarnya bagai seorang minum air sekali teguk. Tanpa disadari, keasyikan main game membuat pengguna kelabakan soa paket data. Tak heran jika seorang yang telah terbius game begitu mudah berganti kartu paket data. Di saat Wi-Fi semakin banyak, para pecinta game ini berbondong-bondong ke tempat ini. Game yang sehat untuk sebuah ponsel pintar adalah versi offline. Kamu mau menyimpan puluhan game tetap aman di jaringan data. 

Sadar atau tidak, penggunaan paket internet yang boros membuat kita berada di area tidak aman. Maka, tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa hal ini agar paket data internet tetap aman sampai akhir bulan.

BACA JUGA KISAHKU BAHAGIA DI HARI TUA

Comments

  1. terimakasih tipsnya Mas ... bisa berguna ni untuk memangkas pemakaina kuota intenet saya

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"