Mati Suri Selama 12 Tahun, Nokia 3310 ‘Bangkit’ Kembali di Barcelona

Nokia 3310 Reborn yan baru saja di launching di Barcelona  - bgr.com
Nokia 3310 pernah menjadi idaman yang cukup lama di eranya. 17 tahun berkuasa dalam mempertahankan tahta Nokia yang di masa itu adalah raja di atas raja ponsel dunia. Seri 3310 terdahulu terjual sampai 126 juta unit, sebuah penjualan yang belum bisa ditandingi oleh produk sampai detik ini. Larisnya Nokia 3310 tidak mampu mempertahankan kedigdayaan Nokia dalam berkuasa melawan perkembangan teknologi. Tahun 2005 menjadi petaka yang tak dapat dielakkan oleh Nokia dengan matikan seri 3310.
BACA JUGA

Saat Tua dan Anggota Keluarga Menjauh, Kemana akan Melangkah?

Nokia terjungkal di tangan Microsoft dan kini dibangkitkan kembali oleh HMD Global, sebuah perusahaan China yang terkenal bertangan dingin. HMD tahu benar bahwa Nokia 3310 pernah menjadi primadona dan tahun ini adalah pembuktian dari ‘kekuasaan’ seri ini. Hadirnya Nokia 3310 pada perhelatan besar MWC di tanah Barca, setidaknya akan seperti gesitnya tim sepak bola di Barcelona yang terkenal begitu genit.

“Nokia 3310 adalah ponsel yang pertama terjual secara masif dan ada rasa nostalgia dan kasih sayang untuk itu. Jika HMD hanya mengumunkan tiga perangkat Android mereka saja, rasanya media hanya akan menyediakan beberapa inci kolom saja untuk mengulasnya. Jadi, 3310 merupakan langkah yang sangat pintar dan kami berharap mereka akan menjual dalam volume yang signifikan.” Ben Wood, Konsultan Teknologi CSS Insight, dikutip dari Detik.com bersumber dari BBC.

Keyakinan Wood tentu saja beralasan karena Nokia 3310 berkuasa cukup lama dan dipakai oleh banyak orang. Nostalgia itu pasti ada namun apakah benar-benar laris manis di pasaran? Kemungkinan bisa saja terjadi karena biarpun smartphone merajalela, feature phone juga laku keras karena daya tahan baterai yang lebih baik daripada smartphone.
Nokia 3310 generasi pertama dan reborn - cnet.com
Bangkitnya Nokia 3310 dari ‘mati suri’ menjadi sebuah ketakutan tersendiri di segmen menengah ke bawah. Tampilan cantik dari Nokia 3310 cukup menggoda walaupun belum membenamkan sistem operasi Android seperti yang selama ini diramalkan.

Bagaimana dengan Fitur Nokia 3310?
Nokia 3310 cukup kuat untuk menarik minat konsumen atau mereka yang pernah menggenggam erat seri terdahulu. Nokia 3310 memiliki Sistem Operasi S30 yang bisa dikatakan kakak kelasnya symbian. Untuk konektivitas Nokia seri ini hanya mendukung jaringan 2,5G yang sebenarnya jaringan pada rata-rata feature phone, bahkan ada ponsel konvensional yang masih berada di bawah jaringan ini.

Jika seri terdahulu adalah layar hitam putih, maka seri tahun 2017 telah berwarna dan lebih cantik dari segi bodi maupun interface. Dalam hal mendukung gaya, Nokia 3310 telah dibekali kamera 2MP (satu kamera saja) yang mampu mengungkapkan memori lebih baik atau sekadar menopang aktivitas trendi semata. HMD percaya bahwa baterai menjadi salah satu keunggulan di ranah feature phone, maka Nokia 3310 memiliki baterai yang mampu menjaga waktu siaga selama 1 bulan dan waktu bicara selama 22 jam. Selain itu, HMD juga membenamkan game terkenal, Snake, yang pada feature phone ini adalah sebuah game kebanggaan.

Berapa Harga Nokia 3310?
Hal yang menarik adalah harga Nokia 3310 yang sangat terjangkau untuk saat ini. HMD mematok harga 49 Euro atau Rp.700 ribu. Dengan harga yang lumayan murah ini, Nokia 3310 akan mampu bersaing dengan para kompetitor di feature phone. Walaupun beberapa kompetitor memasang harga jauh lebih murah daripada harga ini.

Apakah Nokia 3310 benar-benar telah bangkit dari ‘mati suri’? Tiga alasan ini cukup kuat untuk membuat nama Nokia 3310 kembali berjaya.

Pertama, feature phone masih menjadi idola rata-rata pengguna smartphone sehingga tidak bisa diprediksi Nokia 3310 kembali mati setelah lahir hari ini. Bahkan, Nokia 3310 bisa dikatakan sebagai pendongkrak popularitas Nokia yang selama ini meredup.

Kedua, nama besar Nokia akan membuat seri 3310 lebih mudah diterima karena mau tidak mau nama besar ini masih tetap awet sampai saat ini. Percaya atau tidak nama Nokia masih kuat dengungannya di tengah-tengah masyarakat. Produk-produk unggulan dan legendaris bahkan masih dipakai oleh sebagian masyarakat karena ketahanan fisik maupun alasan lain.

Ketiga, harga bersaing dengan fitur yang baik membuat Nokia 3310 sebagai pelengkap atau pendamping smartphone yang cepat habis baterai. Harga ini memang berada pada kisaran rata-rata namun orang cukup baik untuk melirik Nokia 3310 karena nama besar, fitur maupun model yang menarik.

Ada alasan orang ingin segera mencicipi Nokia 3310. Gempuran media yang selama ini meramalkan reborn dari seri 3310 telah terbukti. Meskipun beberapa prediksi melesat jauh namun HMD tampaknya mendengar dengan baik keluhan di lini masa. Sebelum semuanya meredup, HMD harus segera mengeluarkan Nokia 3310 keluar dari oven dan menyebarkan produk ini ke pasaran dalam waktu dekat. Satu catatan lagi, HMD harus mempertimbangkan kembali soal harga pada kisaran Rp.500 ribu agar Nokia 3310 kembali laris manis di pasaran! 

Comments

  1. Wuaah pengen beli. Itu yang biru tengah HP pertama saya haha. Bener ih membangkitkan kenangan :D

    ReplyDelete
  2. Judulnya greget banget!!!
    Merinding bacanya...

    ReplyDelete

Post a Comment

"terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat"